Monday, June 15, 2015

PHILIPS RAMADHAN COOKING CHALLENGE AMA CHEF YUDHA

Menara UOB Thamrin semarak dengan segerombolan emak cantik. Yup, jelang Ramadhan 2015 ini, Philips mengajak blogger, plus beberapa komunitas untuk mempersiapkan masakan sahur hingga berbuka dengan mudah.

Tak kurang dari seratus orang hadir dipandu oleh MC comel, Novita Angie dan Chef Yuda Bastara. Kali ini, peserta hadir untuk beneran masak bersama chef ganteng itu. Yang dimasak juga menunya ada empat sekaligus. Nasi Briyani, Kue Cubit, Quick Steam Bakpau pake topping ayam jamur dan Es Jeruk Coco.


KENALAN DULU SAMA CHEF YUDA BASTARA

Chef Yuda Bastara atau yang ikrib dipanggil Aa Yuda ini *dih .. Aaaa... * adalah pembawa acara Urban Cook di Kompas TV. Dia senang bikin main dish yang ga ribet dengan bahan seadanya. Laiknya chef lain, Chef Yuda ga ngajarin kita mainan MSG. 

Dari hasil tanya-tanya ma RT setempat Google , si chef Yuda lulus dari Taylor's College di Malaysia. Ia juga memulai petualangannya di dunia kuliner di Australia dan Bali.

Yang aku suka, dia tuh nerangin cara masak sambil ngejelasin..Oh ternyata si Kue Cubit itu pake self raising powder, aka tepung yang bisa ngembang sendiri. Sedang Nasi Briyani kudu pake garam masala. Haaa... kupikir garam masala ini asin, taunyaaa... jeng jeeeng... 


Garam masala adalah bubuk rempah-rempah hasil racikan untuk masakan India. Dalam bahasa Hindigaram berarti  panas (bukan pedas), dan masala berarti racikan rempah-rempah. Bubuk ini ditambahkan ke dalam masakan sebagai penambah aroma. (Wikipedia)

Sumber juga sama, dari Wikipedia
MO MASAK? 3P DULU
Mula-mula, chef Yuda membeberkan resep dan memperagakan cara masak keempat menu yang akan dilombakan. 

Tak lupa, chef Yuda mengingatkan filosofi memasak. Sebaiknya, sebelum
 cooking challenge, peserta kudu 3P : 


  • planning atau merencanakan,
  • preparation atau persiapan,
  • process atau mulai melaksanakan


Usai Chef Yuda masak, kita disuruh masak menu yang sama itu tadi. Etapi icip icip dulu laah... biar tau rasa yang dimaksud. 


Dengan semangat, peserta mulai bagi tugas. Semua sibuk masing-masing, ada yang ambil ingredients, ada yang prepare alat-alat memasak, sementara aku sibuk pencitraan...

Nasi Briyani dan Steam Bakpau ala Yuda

Icip-icip kok nempel chef Yudaaa... modus ini sodara sodara!
Aku dan mbak Sri, seorang teman baru yang membuat Bakpau, Maya dan seorang teman memasak Nasi Briyani, trus Fitri dan mbak Catur yang bikin Jeruk Coco. Terakhir, dua orang baru lainnya, Yuna dan... aku lupa *hiks... efek usia* *gayung mana gayung* yang bikin Kue Cubit. Eh, jangan heran kenapa aku ga terlalu kenal ya.. ini dari komunitas dan media dicampur aduk gitu deh.. 

Ga pake lama, semua udah selesai. Aku dah santai, ketika... pet! Mati lampu! Gubrak klonthang ga tuh namanya... nasi mo masak jadi batal... #gigit sendok.

Konyolnya,
itu grupku ternyata paling males disuruh masak. Demennya foto-foto doang. Makan sih senang... alhasil kita cuman kebanyakan gaya! #elus jenggot* dan... apa yang ditakuti terjadilah. Lampu mati bolak balik! Ya sudah, pasrah deh mo mateng apa engga.. *alesan*

Tu kan, ga boong, ada teknisi yang tugas.. 
45 menit waktu pun usai. Hadeeh ... tarik napas lega deh. Sebagian peserta ngacir maem karena sudah dipersilakan panitia, sebagian lainnya sholat.

Jam 14.00 tepat kami semua masuk lagi ke ruangan, trus pengumuman pemenang lomba. Mulai dari live tweet, tweet pic dan cooking challenge. Terakhir... doorprize! Yeaay... dasar rejeki anak sholeh, aku dapat pemanggang roti. Udah kepingin lamaaa... tapi males mo beli kalo ga merek Philips #jiaaahhh....






Alhamdulillah, peserta pulang dengan wajah berseri. Thanks Philips! Resep sederhanamu pasti kucoba selama Ramadhan!

26 comments:

  1. Jadi gimana rasa nasi biryaninya hihihi... XD

    ReplyDelete
  2. paraaaah.... hihihi.... #kerukupan apron

    ReplyDelete
  3. Seru acaranya. Baru tahu kalo alat-alat masak Philips itu banyak. Hihihi... keliatan bukan tukang masak.

    Btw, Mak Tanti keren ih. Acaranya baru beres, reportasenya langsung jadi. Selalu gitu. Jempooooool....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Niaaa. ge er tingkat dewa nih ...

      Delete
  4. Rejekinyaaaaa... mulai dr deket chef keren, ampe dpt panggangan roti. ajib2 deeeh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee hee... uni Dian, the beauty of blogging kalo kata senior blogger om NhHer . alhamdulillah... alhamdulillah....

      Delete
  5. Philips mmg selalu di hati yaaaa, dan yuda perna beberapa kali ketemu heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di hati mas, soalnya dapet, coba kalo ga dapet... huhuhuuuuu... nangis bombay, jahe, cabe lada kencur ..

      Delete
  6. masakannya uenak...acara seru abiz..apalgi kalo pulang bawa hadiah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dwiiii usul sono biar Philips bikin Bloggers meet up with Philips

      Delete
  7. pernah dikasih nasi briyani instan sama kk dari singapur, mm rasanya banyak rempah gitu ya mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokoke dijamin bau rempah maaak.... mak jleb gitu baunya

      Delete
  8. serunyaaa..ya wes hari ini lembur bikin perencanaan menu sebulan ke depan daaan semoga dibarengi dengan perssiapan dan proseeesss, boleh bu tanti mampir untuk melihat prosesnya sekalian bawa philips ituuu yang disusun kek rantaaang, heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa.. silakaan, aku tunggu loh blogpostnyaaa

      Delete
  9. nasi briyani baru denger namanya juga apalagi makanan nya heheehe pasti enak ya mba ?

    ReplyDelete
  10. wuih... aku jadi pengen punya alatnya jugaaa... *ngarepppp

    ReplyDelete
  11. kok penampakan nasi briyaninya kayak agak2 gimana gitu sih Mak Neng itu yg di piring hihihiii... tapi tetep pengin nyobain nih secara wong ndeso nih blm pernah makan briyani. klo sama nasi kebuli gitu sama atau nggak sih rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahahaha.. penampakan kayak...

      nasi kebuli buatku lebih enak, eh tapi itu selera ya, kalo nasi biryani terlalu banyak rempah, sehingga mirip makan nasi kuah karee kering!

      Delete
  12. Eh kok ga ada foto aku dan kelompok 5 sih,... ga aci nih reportasenyaaa..... *kemudian dikeplak makneng

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaks...kehapuuusss.... ntar deh kuedit lagi kalo inget

      Delete
  13. Waaah langsung praktek nih Mba Tanti resep-resep baru dari Chef Yuda, tambah menu baru buat sahur dan berbuka ya Mba, jadi lebih inovatif. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu... bener banget, ringan dan sehat!

      Delete
  14. Garam masala? Masalah buat lo?*wealah gagal fokus. Tak kira nasi biryani sm nasi kebuli sama aja. Beda to tyt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut lidah aku bedanya seperti blok timur dan blok timur laut, sih.. beda tipis. Lebih gurih nasi kebuli, tentu saja.

      Delete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^