Sunday, September 14, 2014

MENGENALKAN KONSEP PERBANKAN DIGITAL myBCA PADA ANAK-ANAK

  • GAK MAU RIBET? KUNJUNGI myBCA!

Sebagai sebuah nama besar, BCA telah beberapa kali membuktikan keunggulannya. Baik di produk maupun jasa dan layanan. Rasanya baru saja saya kagum dengan ketersediaan sarana untuk melakukan pengisian formulir pembukaan rekening secara online melalui internet. Dan sekarang, sudah timbul lagi myBCA. Ah, sama saja rasanya. Cuma beda nama, ya? 

Hmm, gak sepenuhnya salah, sih.. Tapi, yang satu ini adalah satu inovasi paling mutakhir yang dimiliki BCA di mal cantik Gandaria City. Penasaran, saya dan teman-teman blogger pun diundang untuk bisa mencobanya sehari setelah di buka untuk umum.

  • Apa yang dimaksud dengan myBCA?

Hari Kamis siang, 21 Agustus lalu saya meluncur ke Gandaria City. Agak deg-degan sih, waktu mau berangkat, karena hari itu bertepatan dengan hasil sidang MK diumumkan. Karena takut macet, saya berangkat dari Karawaci lebih awal, pukul 12.00 bbwi. 

Bertempat di lantai UG Gandaria City, saya dan beberapa orang rekan berkumpul untuk mencoba langsung layanan myBCA. Dengan konsep ruang yang bersih, myBCA ini terkesan nyaman. Kami pun mendapat penjelasan tentang apa itu myBCA.

MyBCA adalah salah satu layanan spesial dari Bank Central Asia yang memberikan berbagai kemudahan perbankan bagi masyarakat perkotaan. Kenapa demikian? Karena myBCA dilengkapi dengan berbagai perangkat elektronik teknologi terkini yang dapat diakses secara self-service

MyBCA saat ini baru hadir di dua mall, yaitu; Gandaria City Jakarta, dan Ciputra World Surabaya. Di myBCA , kita dapat menemukan beragam layanan kebutuhan perbankan. Mulai dari pembukaan rekening Tahapan Xpresi, layanan kartu kredit, pembelian & top-up kartu Flazz, Halo BCA, layanan e-Banking, cetak buku Tahapan Gold, KlikBCA, pengajuan KPR, KKB & KSM, informasi produk & promo, hingga ATM – baik untuk tarikan, setoran maupun transaksi non-tunai. 


Di depan, kami disambut oleh seorang duty officer, yang bertugas memandu pengunjung. Sebelum masuk ke ruang, telah tersedia sebuah layar flat screen yang memuat berbagai informasi.

Di sampingnya, berdiri sebuah mesin Flazz. Kartu Flazz BCA ini sekarang menjadi produk uang elektronik yang cukup populer, karena dengan satu kartu prabayar saja, bisa untuk naik kereta commuter line dan TransJakarta serta berbelanja di mana saja! Membeli, mengisi dan mengecek pulsanya juga cukup mudah. 

Uniknya, tampilan kartu bisa kita pilih. Dari beragam jenis kartu saya pun memilih desain Hello Kitty, kesukaan anak saya si cantik Icha.  Hmm.. terbayang sudah mata si kecil berbinar saat dikasih liat kartu ini.

Ini kartu Flazz Hello Kitty-nya ^_^
  • Layanan halo BCA, gratis!

Spesial di myBCA, ada layanan Video Call Halo BCA yang bisa langsung tatap muka dengan agent Halo BCA. Untuk seorang ibu seperti saya, jika urusan perbankan dilayani dengan ramah – dan tatap muka secara virtual- sungguh sangat menenangkan...

  • Masih ingin informasi khusus tapi secara pribadi? Gunakan Digital Information
Tak tanggung-tanggung, ada tiga buah iPad dan dua buah komputer touch screen berwarna putih, siap untuk melayani pengunjung yang ingin mendapatkan informasi terkait produk dan layanan BCA. 


Saya sendiri sempat mengaksesnya karena ingin tahu tentang simulasi cicilan dan informasi promo BCA. Daaan.... saya langsung mendapat email terkait dengan pertanyaan saya *take a bow* Informasi menjadi sangat mudah, interaktif dan menyenangkan.
  • Last but not least .. Buka Tabungan Tahapan Xpresi!


Ahaa! Di ujung koridor, saya melihat dua buah ruang dengan desain seperti di pesawat ruang angkasa, berwarna kuning koral kontras berpadu dengan biru benhur khas BCA. Tak sabar rasanya ingin mencoba. 

Duty officer mengarahkan saya untuk langsung berhadapan dengan customer service yang bertugas melalui layar menggunakan teknologi video conference. Nama petugas pun tertera di layar. Mula-mula saya diberi keterangan tentang kegunaan Tahapan Xpresi ini. Selanjutnya saya pun membuka rekening.
  • Pembukaan Tahapan Xpresi. Caranya cukup mudah. Saya dipandu untuk mengisi data yang disediakan dengan bantuan komputer layar sentuh. Sesudah itu, saya tinggal menyediakan KTP dan kartu NPWP. Tanpa harus repot fotokopi, kartu di scan dan tak lama telah tertera di layar juga.




  • Sesudah semua data terisi, termasuk tanda tangan digital, maka saya bersiap untuk mengambil foto dan tampilan kartu yang saya inginkan.
    Oya, untuk awal, cukup menyediakan uang sejumlah Rp. 50.000,00 saja! OMG.. betapa sangat mudahnya yaa... Untuk penyetoran selanjutnya, kita bisa memilih mulai dari Rp 10.000 sampai tak terhingga melalui e-banking atau  setoran tunai di ATM atau di cabang BCA terdekat.
  • Dengan kemudahan dan kenyamanan yang diberikan, apakah fungsi kartu Paspor Xpresi ini berbeda? Tentu saja tidak. Paspor Xpresi memiliki fungsi yang sama dengan Paspor (ATM) BCA, yakni Debit BCA dan Tunai BCA.

  • Sesudah data terisi, saya pun mendapatkan keyBCA. Selanjutnya, diaktifkan di tempat.

Cukup mudah, bukan?
Sebagai seorang ibu dengan putra dan putri empat orang, kemudahan membuka rekening ini sangat berguna untuk saya. Kemungkinan saya akan kembali lagi kesini, mengajak anak untuk buka tabungan, sekaligus mengenalkan mereka dengan teknologi perbankan.

Karena dengan mengenalkan anak  menabung sejak dini sebagai upaya orang tua mempersiapkan mentalitas anak dalam hal mengelola keuangan. Sehingga ketika sudah besar kelak, si anak di harap dapat terhindar dari budaya menghambur-hamburkan uang untuk tujuan tidak perlu alias pemboros sejati. Tapi biar lebih menyenangkan, mengenalkan konsep menabung bisa di myBCA.

Soalnya di sini anak-anak bisa belajar menabung dengan cara yang menyenangkan. Yup! Fun is a middle name for children in learning, right?


  • Kapan ya waktu yang tepat untuk membuka rekening di myBCA? 

MyBCA sendiri melayani kebutuhan aktivitas perbankan selama 7 hari penuh dalam seminggu dengan jam layanan mengikuti jam operasional mal yakni jam 10:00 – 22:00. Khusus pembukaan rekening, jam operasionalnya dilakukan hingga pukul 20:00. Jam layanannya cukup memudahkan orang-orang yang ingin melakukan aktivitas perbankan di luar jam kerja standar bank kan? 

Selain Gandaria City Jakarta, myBCA juga bisa ditemukan serta Ciputra World Surabaya. Nah, tidak susah bukan mengenalkan konsep perbankan digital ini pada anak-anak?

92 comments:

  1. Nyesel saya waktu kemari nggak sekalian bikin Flazz, padahal tuh kartu bisa buat naik busway, dan apa aja, ah ke sana lagi kapan2...

    Sepakat, invasi yg ngggak bakal ngeribetin emak-emak nih, kereen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup Mas Ahmed, the world is in your hand yaah judulnya. Bikin tapi plis jangan yg hello kitty ya mas... *kidding*

      Delete
    2. Lho Flazz ternyata bisa buat naik Busway?
      Haha, tau gitu dulu pas ke Jakarta saya pakai kartu flazz. Haddehh *efek enggak paham

      Delete
  2. Mba, fasilitas keren itu ada di semua bank BCA atau hanya di bank yang mba tanti kunjungi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah launch di beberapa bank, Lita Chan Lai. Tapi masih kurang peminat. Sayang ya....

      Delete
  3. BuAt yang males ngeprint buku cocok banget ya tahapan expresinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahapan Expresi era digital emang keyeeen

      Delete
  4. Benar jeng Fadlun Arifin

    Minimalis kertas jadi save the earth juga

    ReplyDelete
  5. Kartu flazz helkit-nya lucuuuu....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nhaaa tuh cucok bow buat si kakak yang suka warna pink ^^ (apa emaknya yee yang sebenernya suka warna pink dan hello kitty?)

      Delete
  6. Ini buka terus atau cuma event mak???Pengen buka(lagi) bca :))))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini buka terus sayangku, jadi di Gancit ada terusss thanks yaaa

      Delete
  7. Kartu flazznya hello kitty.... lucu makk...
    Cukup 50rb...mudah ya... pdhl klo tahapan bca biasa kan min 500rb... apa fungsinya beda ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedanya hanya di BCA biasa, kita pake surat, kertas dan lain-lain... disini semua serba virtual, jadi dikirim by email ^^

      Delete
  8. Aah aku jd pingin buatin Daffa dan Abyan... pake karakter lucu kesukaannya, the cars! Ada ngga yaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di kartunya deh mak Noe, kayaknya di Flazz cuman ada beberapa karakter.. ntar ya eike ngapdet jenis karakternya, maaciih

      Delete
  9. Sbg salah satu bamk swasta terbesar di Indonesia, BCA sgt memudahan nasabahnya utk transaksi perbankan. Inovasi layanan ini semoga tdk menjadikan semakin mahalnya biaya administrasinya.

    Keren liputannya Mba Tant ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul dek, semoga paperless ini bisa membantu kampanye SAVE THE EARTH yaa

      Delete
  10. Kartu flazz hello kittynya gak nahaaan. Pasti si kecil rajin nabung deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh Winny, si kecil tiap minggu sekarang minta ke BCA, nabung sisa uang jajannya (kadang sih cuman sisa 15 ribu seminggu, terpaksa emak bapaknya nambahin wkw kwkwkwk)

      Delete
  11. Cocok buat hadiah ulang tahun anak-anak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadiah ulang tahunnya "duit plastik" yaak hihihiiii

      Delete
  12. Replies
    1. Wiish.. keren ya, mana mak linknya myBCA daku berkunjung juga deh

      Delete
  13. Wuih mantep ya kecil kecil udah bisa dikenalin ama digitak tekno nih buat anak, secara gitu mereka lebih jago main gadget wekekek. tfs makk. Ntar aku ajarin anakku main di situ ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip, pasti dibantuin deh sama duty officernya ^^

      Delete
  14. Mau dong kartu Hello Kitty nya... *salah fokus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahahhaa.. bang Udin pake hello kitty.. barbie aja Bang!... DM or inbox yaaa

      Delete
  15. Maaf mbak, Judul menyebutkan "MENGENALKAN KONSEP PERBANKAN DIGITAL myBCA PADA ANAK-ANAK" tetapi isi tulisan tidak mengarah kepada pengenalan konsep tersebut.
    Satu hal yang saya tidak suka kepada BCA biaya administrasinya tinggi dan pernah ditawarin kartu kredit BCA kemudian saya batalkan setelah saya terima kartunya dan yang terjadi saya di Blacklist di BI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh.. gitu ya mas.. duh duh... inbox aku dong. Btw kalo biaya administrasi tinggi emang karena kemudahan fasilitasnya itu loh mas.. CMIIW

      Delete
    2. Ya kita sebagai orang kaum menengah ke bawah apakah perlu fasilitas tersebut?? Kaum menengah ke bawah hanya ingin menyimpan uangnya tanpa ada biaya apapun karena yang ditabung juga uangnya tidak seberapa. Beberapa bank sekarang bahkan telah menerapkan bebas biaya administrasi mbak... Oh ya inbox yang mana ya, bingung aku jadinya....

      Delete
    3. Inbox facebook ya mas, Tanti Neng Amelia aja

      Delete
  16. Aku juga udah punyaaaaa kartunya pake foto pokoknya keren, biaya adm Tahapan Xpresi juga cuma 5rb, pokoknya transaksi makin asyik deh :D
    Udah gitu dapat Digital Lock asyikkkkk buanget myBCA tiada duanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kartuku malah.... salah nomor PIN dan blom diurus lagiii huaaaa *nangis bawang bombay, bawang putih, sereh jahe ketumbar kencur*

      Delete
  17. Tapi... tapi... Di Bandar Lampung belum ada... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaah... kaciaan... sabar ya, nanti tak kasih tau BCA deh, sumprit!

      Delete
  18. Informatif banget...
    Pengin punya jg rekening di bang becea ini.. Tapi bingung setornya pake uang siape ya? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahaha... Eyang, pake uang BCA sendiri lebih mak nyus loh *lirik kalem BCA

      Delete
  19. Wouw bisa desain kartu sendiri, keren bingits...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ren, gw nunggu yang gambar kamasutra kok ga ada ya *ditimpuk

      Delete
  20. Dihhh...bikin pengen ganti kartu flazz q aja jadi bergambar Hello Kitty, secara punya q ga ada gambarnya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin ya mak - kalo bisa cari yang gratisan... eh, tapi kalo flazz tinggal dateng kok ke BCA digitalnya - ga usah top up dulu tapi ganti kartu dulu!

      Delete
  21. ahh,,,pengen flazz yg hello kitty. Sayangnya udah punya flazz yg dari mini market itu :(.

    Semoga Flazz bukan hanya utk bayar CL dan TJ aja tapi kedepannya bisa untuk bayar toll juga. Aamiin

    eh eh, sekarang saya pake Flazz lho untuk naek TJ *pengumuman ga penting* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya.. sekarang dari minimarket yang selalu depan-depanan kalo buka itu pakenya Flazz ya?

      Delete
  22. lucu kartu flash hello kitty nyaaa. Infonya lengkap banget mak Tanti, sayang cuma ada du dua kota itu saja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga bisa buka di semua kota ya- terutama kota besar...

      Delete
  23. THANKS TO ALL YANG DAH KOMEN YAA,
    berhubung kuota dah cukup aku closed dulu yaaa

    ReplyDelete
  24. Replies
    1. mak Hayaa.. aku berkunjung yaa.. btw masih bisa nyempil nih, Dm or inbox daku yaawww

      Delete
  25. Replies
    1. jiaaah bang Syaifuddin Sayuti... untung ga gagal move on :D

      Delete
  26. Iya saat di sana jadi explorasi dan akhirnya jadi buat Tahapan Xpresi deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, jadi wajib nabung ya Fitri!

      Delete
  27. Saya juga punya rekening BCA
    Belum pakai sms banking atau ebanking
    Lain kali mbuat ach
    Terima kasih artikelnya yang informatif
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul pakde, memudahkan sekali.. terimakasih banyak kunjungannya pakde!

      Delete
  28. respon bagus dari BCA tanggap akan kepentingan nasabahnya... saya dah lama jadi nasabahnya, tapi lum bikin...bikin aaahhh :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin maaasss. dapat jam digital cantik loohhhh

      Delete
  29. Telat ya, balik lagi deh.. eh iya aku juga lagi pengen buka rek BCA, yang sekarang ***di** bikin naik darah mulu. uka bete gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiiish... sebenernya semua bank tuh ada kelebihan dan kekurangan loh mbakeee

      Delete
  30. ATM hello kitty bikim motivasi gemar menabung bagi anak2.

    Semoga nti bs mampir ke ciputra world klo pas.ke Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ga cuman hello kitty loh yaaa da beberapa karakter juga

      Delete
  31. Wah, lucu banget kartunya yg gambar Hello Kitty.. yakin deh anak-anak pasti jadi rajin menabung..
    Apalagi cara bikinnya gampang nggak pake ribet.sip-sip..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sssiiiipppp....tuh kan sipnya panjang bingit!

      Delete
  32. Ini baru praktis. Sementara kalau kita ke bank kan rempong. sediakan waktu husus belum tanda tangan kudu kirip banget. Kalau bisa praktis gini, selain hemat kertas, kita juga dipermudah. Besok gue buka lagi ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Icha, special banget ya, eh kalo mau buka account bareng yaa sama mak Waya dan aku

      Delete
  33. mantaaaap....inpohnya lengkap beneeeeur :)...TFS ya saaay....

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIhi.. jauh jauh dari New York pasti di sana udah menjamur ya, tabungan denga konsep virtual seperti ini?
      sometimes I think, dunia bener bener ada dalam genggaman ya mbak Indaaah!

      Delete
  34. mbaak aku udah komen pertama kok gk muncul ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oow. kenapa ya? padahal gak dimoderasi loh

      Delete
  35. kira2 di Kudus udah ada belum ..ngiler liat Flazz card Hello Kitty yang keren. Anakku emang maniak berat si Hello Kitty :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada jeng Tanty, baru di Gandaria City dan Surabaya saja

      Delete
  36. Wah, Mak Tanti, beruntung sekali dirimu bisa hadir langsung di tekape. Question: kalo buka rekening tabungan Xpressi, apakah bisa bermodalkan KTP dari berbagai daerah, atau khusus untuk penduduk seputaran di mana service myBCA berada? Karena setau saya sekarang ini, setiap Bank mensyaratkan calon nasabah hanya bisa membuka rekening di bank terdekat dengan kependudukan mereka.
    Oya, untuk kartu Flazz, bisa didapatkan di setiap cabang BCA kah?
    Thanks banget untuk informasinya, lengkap dan gress!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara bisa, hanya NPWP dan KTP. Soalnya KTP ku juga bukan KTP Jakarta mbak Al, pake KTP Tangerang

      Delete
  37. keren mak...rekomended banget bwt anak-anak.....mudah-mudahan di Denpasar sudah ada hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara baru Surabaya dan Jakarta mbak Yuni. Minta tolong aja ama sodara *kali aja aku dianggep sodara hihihii.. etapi, sensasi buka sendiri itu loooh yang luaarrr biasaaa *lebay *abaikan*

      Delete
  38. Wah....kartunya ada gambar Hello Kitty ya? Keren banget....pasti ponakanku si Kiky suka kalau dibuatkan kartu itu... Ngomong2 nih aku belum pernah ngenalin hal2 seperti ini kepada anak2 soalnya aku belum ngerti banget, hehe... Makanya jadi kepo setelah baca artikel ini ...Ternyata penting banget nih sejak dini kita sudah mengenalkan dunia perbankan pada anak2... Selama ini mereka tahunya jajan doang dan nabung pake celengan dan itu pun tidak rutin... Mungkin bila sejak dini sudah mengenali dunia perbankan mereka nantinya akan mengerti makna dan nilai uang sehingga bisa menghargai dan memanfaatkan uang sesuai dengan fungi dan peruntukannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Ritaaa duh maaf ya baru online lagi di blog,

      iya mbak, kartu hello Kitty itu ternyata peminatnya banyak ya, gak cuman anak-anak yang suka, emak-emaknya juga hahaaa...

      Delete
  39. Mengajarkan menabung pada si kecil ya, kartu ATMnya unyu2 gitu. Tapi kalau semisal mereka sudah bisa bertransaksi dg ATM, apakah tidak boros nantinya ya..

    ReplyDelete
  40. mbak Riski Fi.. duh perasaan udah komen waktu duluuu.. :(

    ada dua mindset mbak, yang pertama anak semakin raji n menabung, dan yang kedua malah jadi berpikir ia bisa menggunakan kartunya kapan saja.

    bener bahwa peran orangtua membentuk mindset anak sangat besar! Makasih masukannnya yaaa

    ReplyDelete
  41. artikel informatif, berguna dan bikin orang jadi pengen bikin My BCA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, semoga bisa bikin tanpa ada kesulitan berarti yaa

      Delete
  42. Replies
    1. silakan mbake ^_^ ntar cerita ya di blog mu

      Delete
  43. dengan mengenalkan anak menabung sejak dini sebagai upaya orang tua mempersiapkan mentalitas anak dalam hal mengelola keuangan. Sehingga ketika sudah besar kelak, si anak di harap dapat terhindar dari budaya menghambur-hamburkan uang untuk tujuan tidak perlu alias pemboros sejati. Tapi biar lebih menyenangkan, mengenalkan konsep menabung bisa di myBCA.

    nice quotes

    ReplyDelete
  44. Oh, ini yang namanya My BCA!

    ReplyDelete
  45. Keren keren keren, asyik banget ya myBCA, aktivitas perbankan jadi mudah dan menyenangkan

    http://titialfakhairia.com/2014/10/06/mybca-ketika-perbankan-menjadi-menyenangkan/

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku merasa terbantu bangeeet mbak Titi, btw aku udah bw balik yaaa.. makasiiih

      Delete
  46. makin canggih aja ya gan teknologi jaman sekarang, semua nya serba mudah dan bisa cepat, utamanya untuk transaksi keungan dengan my bca ini, makasih banyak ya gan

    salam kenal ya gan & salam hangat dari palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalo dah ada di Palembang bikin ya mas Arif, dan mention sayaaaa . ^_^

      Delete
  47. saya pernah liat tentang info ini mbak, waktu nonton nettv, coba yang seperti ini diadain diseluruh wilayah indonesia, pasti lebih gampang

    ReplyDelete
  48. aah aku tinggal dimalang ini gak terlalu butuh

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^