Friday, November 6, 2015

TENGGELAM DI LAUTAN PERTANYAAN

"Tujuan hidup manusia adalah bahagia, dan melalui buku, 
manusia meninggalkan warisannya dan meninggal dengan bahagia."
Yandramin Halim


Satu quote yang akrab di telinga sebagian orang. Aku mendengarnya pertama kali dari seorang blogger senior, Pak Dhe Cholik, seorang mantan Jendral yang memutuskan untuk menghabiskan hari tuanya dengan menulis. 

Dan memang, sejak memutuskan untuk mulai, aku tak berhenti menulis, menulis dan menulis. Beberapa buah tulisan berhasil dibukukan menjadi antologi, buku anak, kumpulan cerpen dan puisi. Tapi ada satu tulisan yang tak pernah kubuat. Cerita misteri.

Alasan konyolnya adalah :

1. Aku penakut, dan.... 
2. Aku gak pinter cari solusi, truuusss....
3. Mmm.. ga ada pesanan bikin cerita misteri *gigit ujung jilbab*

Padahal, aku suka sekali cerita misteri. Mulai dari serial Agatha Christie, Detektif Conan, dan CSI. Suka sekali dengan cara mereka menjalin peristiwa rumit. 

Tapi berharap, satu saat aku akan membuat cerita misteri. Di Brewerkz pagi itu, kutemukan jawabnya.



Pagi usai saya mengikuti blogger camp Hulu Cai yang heboh dan mempesona #gagalfokus saya tergesa menuju Senayan City. Cafe tempat pertemuan ini diadakan di Brewkz, dan sangat mudah menemukan lokasinya. Cukup turun dari tangga eskalator, dan tadaaa.... that beautiful cafe is infront of you

Penasaran dengan tema workshop kali ini, saya mengikuti jalannya acara dengan serius. Di depan, ada empat orang narasumber (Presdir Faber Castell pak Halim, penulis cermis Risa Saraswati plus dua pemenang lomba tahun lalu. 

Wajah mereka tampak berseri-seri bahagia. Gimana enggak, karya para peserta yang menang (ada beberapa kategori) telah dibukukan. Kalau tema kemarin adalah Adventure, maka tahun ini tema besarnya adalah misteri. 



Genre misteri yang dimaksud adalah misteri cerita yang rumit, mengundang teka-teki, atau cerita misteri yang spooky alias horor. 


Kalau ada yang pernah baca kisah detektif anak seperti Pasukan Mau Tahu, Sapta Siaga, Detektif Conan, pasti tahu bahwa anak-anak di dalam cerita tersebut menghadapi satu kasus pelik. Lalu mereka akan menganalisis temuan demi temuan. 

Atau, anda penggemar Miss Marple dan Hercule Poirot di serial Agatha Christie sepertiku? Sherlock Holmes-nya Sir Conan Doyle? Nah, bagaimana dengan Imung yang fenomenal karangan Arswendo Atmowiloto?

Untuk kategori misteri klasik, tentu saja ada kriteria tertentu. 
Misteri klasik dengan tokoh utama detektif. Garis besar alur sebagai berikut : 
awalnya liburan --- ada peristiwa pencurian atau pembunuhan (suspense) --- mengumpulkan data --- menyusun fakta --- penyelesaian (biasanya dengan menemukan si tokoh atau tokohnya mengaku). Namun kadang kita juga bisa membuatnya menjadi locked room mystery (unsolved) 
Misteri supranatural, atau thriller
tidak ada kejahatan, namun ada sosok lain terlibat di dalamnya.  Solusinya kadang tidak logic atau tidak masuk akal, dan ending-nya beberapa dibiarkan menggantung. 
Untuk yang terakhir ini, populer sejak tahun 1930an dengan genre Horror, dime mystery, thrilling dan spicy mystery. Untuk genre ini, yang terkenal antara lain Mr Dracula - Bram Stoker dan melibatkan alien dari UFO.

TIPS MENULIS CERITA MISTERI 
(YANG MEMIKAT JURI *wink*)

  • Banyak menonton dan membaca kisah misteri, tentu saja. Kalau bisa nonton serial CSI dan Monk dari TV kabel, eh di youtube juga ada, kok..
  • Baca kasus forensik --- diunduh dari ebook juga bisa, avaxhome.ws (thanks to Dyah Rinni, editor cantik yang hobi membuat kisah misteri)
  • Lihat bagaimana para detektif mempelajari dead body, dan mengambil kesimpulan dari sejumlah fakta di lokasi. Well.. u have to strengthen ur mind, then!  PS : Aku pernah ga bisa tidur sesudah nonton Dragon Lady yang super duper sadis itu...
  • Banyak berkhayal. Bayangin kalau tuh mayat ditemukan di mana dalam posisi apa. Bikin skenario aneh tapi masuk akal hingga korban terbunuh.
  • Kamu suka dengan situs-situs brainfood, creative puzzlw, folj? Selamat. Kamu termasuk dalam golongan orang berpikir out of the box. Lateral thinking. So, ciptakan kasusmu yaa..

    Last but not least. Create your own character. Ciptakan karakter detektif yang berkomitmen tinggi dan 'beda'.
  • Banyak berdoa biar menang hehehee... 

Horeee... saya mendapat satu set pensil warna Faber Castell!






7 comments:

  1. sy jg suka detective conan, shinihi kudo, aakkk jd kangen doi, tp kalau mau bikin yg begitu kayaknya susah, eh tp pgn nyobak jg sih *labil orgnyah,
    tengkiu infonya mak neng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ur welcooome Inda Chakim, ikutan tuh Faber Castell ... ada hadiahnya buanyaaakkkk

      Delete
  2. Aku banget ni mbak doyananya baca dan nonton serial detektif sejak SMP dr mulai sherlock holmes agatha christie sampe CSI NCIS Criminal Minds Castle Monk Law and order... halaahh you name it deh hehehe.....
    Tp ya itu pernah cb bikin cerita misteri kok kayanya kurang canggih gitu. Pengen juga si sebenrnya ikutan lomba ni :(

    ReplyDelete
  3. Aku sih suka bacaan thriller tapi jangan yang berdarah-darah deh, yang ada jalinan cerita misteri dan susah ditemukan pembunuhnya. Yang tak terduga itu bikin penasaran, hehehe. Dan sekarang aku lagi beljar bikin novel misteri *what a day

    ReplyDelete
  4. saya doyan mak baca buku detektif apalagi nonton serial tv. Mungkin ditambahin poin seringlah nonton serial tv sebangsa CSI, NCIS, Bones, Criminal Mind hihihihih

    ReplyDelete
  5. akuuu demen bangeeet dengan yang namanya misteri...tapi kalau disuruh buat ngg bisa huahahaha..nyerah aja..menikmati hasil karya mereka yang pada brilian mengatur plot dengan rapi :)

    ReplyDelete
  6. Apakah anda menyukai masakan tradisional Indonesia? Saat ini ada banyak sekali website yang menyediakan resep untuk masakan tradisional, anda bisa belajar memasak makanan yang enak dari resep ini. Makanan tradisional yang lezat bisa anda buat di rumah.Resep masakan Khas Indonesia, Dapatkan aneka resep masakan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia dengan sajian yang menggugah selera makan anda. Dengan di temani dengan lagu Clasic makanan indonesia tidak kalah dengan makanan barat lain nya. Kehidupan kita belum lah bisa di bilang kehidupan yang lengkap kalau kita belum berumah tangga dan memiliki momongan, kadang kita juga perlu bantuan Cerita Sex atau Foto Bugil untuk merangsang kita sebelum berhubungan dengan pasangan kita maka dari itu Kunjungi blog ini. We have a great blog that provide you with lyrics and chords of the newest songs. chords and lyrics . You can browse for the latest song lyrics from this fabulous website. dapatkan berita Seputar Berita bola terbaru hanya di sini. dan kalau kamu mau lihat Prediksi Togel kamu bisa lihat disini. Jika kamu penggila Box office lokal maupun international, kamu bisa Nonton film dengan subtitle indonesia simak blognya disini.

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^