INI DIA, TEMPAT TERBAIK UNTUK DIKUNJUNGI USAI PANDEMI COVID-19


Gang Pandu, musim hujan, minggu lalu.

Desa itu menarik perhatianku selama hampir sebulan ini.
Sejak 
larangan bepergian dan larangan melakukan kontak fisik ke setiap orang yang tak serumah diberlakukan, praktis kusibukkan diri dengan bekerja dari rumah. 

Ya memang, pekerjaanku sehari-hari di rumah. Namun dengan adanya social distancing -  pembatasan melakukan sosialisasi, semua seolah terjungkir balik.

Dan kumulai penat.
Penat dengan aneka tenggat, mulai dari menggambar, ilustrasi hingga deadline menumpuk karena aku terkadang malas membuka laptop yang tak lagi terkoneksi ke wi-fi.

Desa Pandu Yogya, tempat menginap yang langsung terpatri di ingatan. 


Yogya buatku selalu ngangenin.
Walau sudah beberapa kali ke sana, tapi selalu saja ada tempat yang terlewat untuk dikunjungi. Dengan aneka kuliner terkenal kesukaan, aroma mistis dan bersahaja, dan kali ini diiming-imingi beberapa lokasi wisata baru yang masih "perawan".

Memori otakku kilas balik, ingin berkunjung kembali ke kota cantik itu!

Berada di selatan Pulau Jawa, Yogya yang memiliki 4 kabupaten ini terkenal dengan aneka kriya dan kuliner yang terkenal seantero jagad. Berlebihan? Kurasa tidak. Dikenal sebagai Kota Gudeg, saking banyaknya penikmat kuliner yang satu ini.


Bukit Panguk Kediwung, Negeri di Atas Awan Yogya dan Warung Mie Bu Tumini 



Aku memang suka melakukan perjalanan bersama teman-teman. 

Sekali waktu bersama teman-teman alumni, teman-teman blogger, kali lain bersama penulis dan ilustrator, serta teman-teman Kriya Indonesia.

Tak terhitung perjalanan syafar bersama mereka. Jangan tanya rasanya, dan pasti rupa-rupa warnanya. Semua perjalanan ini mendewasakan, sekaligus belajar mengenal karakter manusia.

Nah, karena kali ini kami akan berkunjung ke tempat yang dingin, kurasa warung pertama kami yang akan kami kunjungi adalah .. Warung Mie bu Tumini. Jadi, perut sudah terisi sama mie ayam sedap yang hangat, baru deh "berdingin-dingin ria".


Pic courtesy Jogja.tribunnews.com 
So, yes.. kali ini pengennya cari tempat bersuasana tenang yang jauh dari hiruk pikuk kesibukan. 

Menurut para ahli, melihat pemandangan yang jauh dan yang ijo-ijo bisa bikin mood dan hati senang. Terapi mata turun ke hati dong ya!

Walaupun memang harus dicapai dengan mendaki gunung, tapi dijamin keindahan pemandangan yang kamu dapat nggak bakal bikin kamu nyesel. Yang jelas sih, tempat ini menjadi tempat terbaik di dalam negeri untuk dikunjungi usai pandemi Covid 18, menurutku.



Sebagai obyek wisata yang baru (tahun 2016 lalu) Bukit Panguk Kediwung yang berlokasi di Dlingo, Bantul ini -sekitar 20 km dari Yogya- mencuri perhatian pengunjung. Bukit ini menawarkan pemandangan alam dari ketinggian, sehingga kita bisa melihat sunrise atau sunset.


Gardu pandang yang menjorok ke tebing dan berbentuk kekinian telah disiapkan, sehingga pengunjung bisa swafoto dan menikmati lika liku aliran panjang Sungai Oya. Sungai ini membelah bukit hijau yang menghampar hijau. Aaah, terasa sejuk dan segar sekali di mata.


Jalan menuju Bukit Panguk Kediwung tentu saja lumayan berliku dan menanjak, namun sudah diaspal halus. Dan karena kendaraan umum belum memadai, bahkan langka, sebaiknya kita menyewa kendaraan dari Yogyakarta.

Menginap di mana?
Cari tempat menginap bagus dan murah di lokasi destinasi wisata terkenal, fiuuh... tentu saja seperti mencari jarum dalam jerami. Apa iya ada hotel murah di Yogya?

Jika pun ada penginapan murah, biasanya fasilitas yang tidak nyaman. Jika ada yang terletak di lokasi strategis, kamarnya nggak enak, banyak dapet review jelek dari orang-orang. 

Murah, enak dan fasilitasnya komplit? Lokasinya ada di ujung peradaban manusia! 

Nah, kali ini aku tentu saja sudah mengumpulkan banyak referensi dari teman-teman traveller. Yaitu dengan adanya RedDoorz di Indonesia!
Apa itu RedDoorz? 
RedDoorz adalah jaringan hotel murah asli dari Indonesia yang benar-benar baru, dari putra bangsa kita sendiri.

Dengan slogan;
"RedDoorz, comfortable rooms at great prices"
RedDoorz adalah jaringan akomodasi budget di Indonesia dengan standar pelayanan berkelas. RedDoorz berdiri pada bulan Juli 2015, dan RedDoorz saat ini sudah berhasil merambah 13 kota besar di Indonesia dengan ratusan properti di dalam jaringannya. 

Jadi, hotel murah apa yang hendak kita tuju? Tentunya di RedDoorz, lah! Dari ujung barat ke ujung timur Indonesia, sudah tersedia. 

Dan untuk yang satu ini, tidak usah pusing, tinggal buka website Reddoorz atau appsnya. Atau kamu bisa download di AppStore atau PlayStore.

So, siap jalan-jalan usai pandemi Covid 19?
Yuk!

40 komentar

  1. Yah sayangnya jauh ke Yogya. Tapi anak aku udah minta kalau nanti virusnya selesai dia minta diajak jalan-jalan dan liburan gitu ke hotel. Untung ada hotel murah redDoorz ini ya. Jadi pengen coba aku nanti. Soalnya belum pernah. Kan kalau bagus dan murah mah emak-emak seneng ya Bun ��

    BalasHapus
  2. Betul mbak, saya juga udah beberapa kali ke jogja tapi selalu pingin balik lagi... Kangen dan banyak tempat yang belum dieksplor di sana...

    BalasHapus
  3. Ya Allah kangen banget ya makkkk pengen halan2 menghirup udara di tempat asri nan segar.
    mudah2an pandemi segera berakhir dan pariwisata negeri ini bangkit kembali

    BalasHapus
  4. Kangen banget pengen piknik dan jalan-jalan rame-rame lagi makneng, semoga Corona segera hilang ya dan bisa piknik ke Jogja lagii huhu

    BalasHapus
  5. Mie ayam Bu Tumininya menggoda sekali tuh, Mba... Nanti kalau sdh bisa ke Jogja dalam kondisi yg aman bebas Corona mau coba ah... Banyak bgt tempat di Jogja yg ingin didatengin..semoga dimudahkanNya

    BalasHapus
  6. Huwaaa aku kangen banget sama Jogja, tapi kapan pandemi berakhir juga belum tahu, Mbaak
    Aku udah dua kali nginap di RedDoorz waktu di Jogja, ada kolam renangnya yang bikin asik padahal harga terjangkau banget

    BalasHapus
  7. Wahhhh jadi kangen jogja, dan saya juga udah ada rencana liburan ke sana beberapa bulan ke depan kalau suasana psbb ini berakhir. Boleh juga nih untuk hotel RedDoorz, saya waktu jalan ke Bandung beberapakali nginep di sini dan selain murah, tempat hotelnya asik-asik ko.

    BalasHapus
  8. Aku suka banget suasana dari atas bukit meski agak seram gitu ya. Dan kalau ketemu Warung Mie Bu Tumini, aduh itu menggoda banget, Mbak

    Semoga Covid-19 segera berlalu

    BalasHapus
  9. Ya ampun, itu warung mie bu Tumini, kok aku enggak pernah tau, selama beberapa kali bolak-balik ke jogjya, ya. Hiks, semoga pandemi cepat usai, aku kangen jalan-jalan dan wisata kuliner lagi, terkhusus ke jogja

    BalasHapus
  10. Sekarang Reddorz merajai hotel berbiaya miring ya mak. Salah satu kota yang mau kukunjungi juga Yogya. Kmrn tuh sbnrnya jg mau ke sana, liburan sblm anak mau masuk sekolah plus mengunjungi saudara yg baru balik dr LN dan mau menetap di sana. Semoga selesai pandemi bisa beneran ke sana kangen eui ma Yogya

    BalasHapus
  11. Cantik banget mbak viewnya! Jogja memang tiada duanya yaa...
    Semoga pandemi segera usai dan bisa jelong-jelong ke sana

    BalasHapus
  12. Ya ampun mbk, warung mie Bu Tumini kayaknya enak banget itu. Aku penyuka mie ayam, apalagi yang ada cekernya hehe. Semoga pandemi segera berakhir, jafi bisa jalan jalan dan kulineran

    BalasHapus
  13. Waaah indah banget pemandangan di bukit itu, apalagi saat sunsets atau sunrise ya. Jadi pengin ke sana bersama keluarga, tentunya setelah pandemi corona ini sudah berlalu.

    BalasHapus
  14. Aku pengen ke Jogja belum tercapai nih, awal tahun ini rencana ke Jogja jadinya malah ke Semarang.. after Pandemi Covid-19 mudah2an bisa ke Jogjaaa.. :)

    BalasHapus
  15. Waduh Mak Neng, cakep-cakep gitu pemandangannya. Mau jugalah ke sana. Iya ya, semoga pandemi ini segera berlalu. Biar bisa Traveling ke mana2 lagi ya .

    BalasHapus
  16. Pengen banget pandemi segera usai supaya bisa traveling lagi. Keren banget ya mbak pemandangan plus cuaca bersahabat gini. Jd pengen ke jogja

    BalasHapus
  17. Menarik tempatnya dikunjungi bareng ama keluarga. Tapi kayaknya masih lama kami akan travelling nunggu semua normal betul

    BalasHapus
  18. Reddoorz emang murah ya mba, cocoklah buat mau wisata dengan budget yang ga gede duh ga savar nih pengenlagi traveling

    BalasHapus
  19. Mie-nya bikin ngiler. Karena kuah yang aduhai kelihatan lezat.
    Kalau covid sudah berlalu, aku juga pgn datang ke wisata2 alam. Benar2 ingin menikmati alam setelah bersih krn bumi yg sudaj istirahat

    BalasHapus
  20. Jogja memang selalu ngangenin mba. Entah kenapa ya, semua tempat di Jogja rasanya kok membuatku ingin lagi dan lagi balik ke sana. Terutama Mirota-nya. :))

    BalasHapus
  21. Segera setelah semuanya dinormalisasi alias new normal maka orang akan menuju tempat-tempat yang dirindukan dan paling diinginkannya.

    BalasHapus
  22. Aku ndredeg paling...kalau foto di Bukit Panguk Kediwung.
    Hihii...apalagi yang motoin, phobia ketinggian.
    Aku ikut kak Tanti aja deeh...travelling bareng ilustrator keren nan kece.

    BalasHapus
  23. asli...jauh2 hari, saya dah rencana mau ke jogja sekeluarga. udah fiks rencana bulan maret. eh pandemi. yaudah budget ditabung dulu deh. padahal pengen banget, impian loh

    BalasHapus
  24. Udah sering pake RedDoorz
    Lumayan nyaman lah untuk kelas hotel yang ramah di kantong per malamnya
    Aku jadi kangen staycation baca ini

    BalasHapus
  25. Tuh begitu baca jogja aku langusng ngayaal kapaan yaa pandemik selesai biar bisa ke jogja lagi sama keluarga

    BalasHapus
  26. SIAP! Hehe semoga semua segera berakhir, kurva melandai sampai bilang sama sekali :')

    Jogja bagiku juga sangat berkesan. Sejak 2012 bolak balik Jogja setahun bisa 2-3 kali hehe.

    BalasHapus
  27. UDAH GA SABAR MAU JALAN2 lagi. List-list tempatku bertambah tapi ga bisa pergi. Semoga bisa jalan2 next or two month letter.

    BalasHapus
  28. boleh di coba neh nginep d red doorz.. otw ah nanti abis pandemi ini

    BalasHapus
  29. gawat! jadi kangen liburaaaan! Kangen jogja juga!

    BalasHapus
  30. Jogja itu bagiku berlimpah keindahan, dari pemandangan hingga hidangan. Herannya, selalu ada tempat-tempat baru yang menawan. Wajar jika banyak ke sana karena penasaran, atau karena kangen pingin datang lagi. Hotel-hotel yang bertebaran, pasti disiapkan untuk wisatawan, bahkan Red Doorz pun telah lama banyak jadi pilihan.

    Jadi, kapan kita bisa jalan-jalan bareng, Mbak Tanti? :D

    BalasHapus
  31. Jogja memang tak pernah gagal menghadirkan kenangan dan kenyamanan. Terakhir ke Jogja 2 tahun lalu dan ingin rasanya ke Sana lagi belum sempat mengunjungi negeri di atas awan

    BalasHapus
  32. Kenapa yaaa.... bolak balik ke Jogja tuh engga pernah bosan?
    Malah selalu menciptakan Momen yg amat berkesan, di tiap kunjungan selaluuu ada yg beda.
    Aku mupeng bgt main2 lagi ke Jogja.

    Coviddd, udahan yaaaa.... jangan lama2 bercokol di bumi

    BalasHapus
  33. Ahhh Gunung Kidul emang ngangenin bangeeett yaa. Tapi sayang waktu ke sana ngga sempet lihat negeri di atas awan mb, karena berangkatnya siang heheheh. Pengen padahal tapi apa daya rempong bocil belum jadi deh subuh atau dini hari. Aku pernah juga nih nginep di RedDoorz Jogja sekitar jakal jaman mo wisuda, terjangkau dan nyaman.

    BalasHapus
  34. mbak Tantiiii......bikin saya ngeces, pingin pulang ke Jogja

    hayo tanggung jawab :D :D :D

    Dibanding jalan jalan seperti ke Bukit Panguk Kediwung, saya pilih kulineran

    hahahha gembul

    BalasHapus
  35. Aku kalo pandemi selesai kayanya bakalan bener-bener tiap hari beredar dehh. Dah lelah wfh mak. Mau outing,nonton, pokonya kerjaan yg dulu pengen balik lagi 😭
    Termasuk backpakeran lagi ke jogja. Aghhhh seru..

    BalasHapus
  36. Duh cakepnya Bukit Panguk Kediwung. Sensasi banget itu berfoto dengan pemandangan hijau dan tumpukan awan plus langit yang sempurna warnanya. Jadi tambah kangen jalan-jalan deh liat ini. InshaAllah, kalau pandemi sudah punah, pengen nyetir bareng keluarga ke Bantul, Jogya.

    BalasHapus
  37. Jogja wisata, kuliner dan pendidikan tiga jadi satu cukup bagus. Makan mie disana suatu saat pengen mencoba

    BalasHapus
  38. Jogja jauh sih dari Makassar hehehe... Mupeng banget ke sana lagi jika bumi mulai pulih. Kalau sekarang masih serem akunya mbak. Keren banget tempat-tempatnya.

    BalasHapus
  39. Wah Yogya emang jadi salah satu destinasiku nih kalo pandemi berakhir liburan bareng keluarga. Indah banget ya mb dilihat dari fotonyaa, walau sulit harus mendaki gunung tapi terbayar dengan keindahannya 👍

    BalasHapus
  40. Pasca Pandemi berakhir akupun ingin sekali banyak mengunjungi tempat yang sempat tertunda.
    Aku pernah nih ke Bukit Panguk, momentum paling keren saat menyaksikan matahari terbit dengan hamparan awan yang menakjubkan

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)