Featured Post

BERAPA HONOR ILUSTRATOR DAN BAGAIMANA SKEMA KERJANYA?

1. Bukan Ilustrator Pro Sebagai ilustrator yang "tercebur" secara tiba-tiba, saya sering -eh, sombong!- maksudnya  beberapa...

THE CELTIC FAIRY & ASAL-USUL KATA PERI


Hai hai.. 
kali ini, aku hanya akan menceritakan tentang karakteristik gambarku. 

Ini gara-gara ada yang tanya waktu di acara NGOSPISAN - dengan host mas Ono Sembunglango, seorang blogger sekaligus seniman, suami blogger heits Tuty Queen. 

Yap! Tuty Queen yang itu.  Yang "hobi" menang lomba!

Nah pertanyaan ini datang dari Arkian Widi. "Mbak Tanti, kok kayaknya ilustrasinya mirip dengan buku cerita anak tahun 80an?" 

Aku agak bingung sih, dengarnya. Soalnya, karakteristik gambar buku anak kan dibagi bukan berdasar tahun. 

Karakteristik umum ilustrasi buku anak, itu terbagi ke dalam;
  • kartun atau karikatur
  • manga
  • komik
  • naturalis
  • dekoratif
  • doodle
Etapi bisa saja, mungkin mas Arkian memberikan ilusi tahun karena gambarku tidak pernah menggunakan digital painting, tidak pake pen tools digital. Semua kulakukan manual, karena aku hingga saat ini belum menemukan feels-nya saat menggambar dengan pena digital. Nah di tahun-tahun 1980-an memang karya ilustrator jarang menggunakan karya digital.

Tapi tidak, jawabannya gambarku tidak ter-influence sama sekali dari ilustrasi tahun 1980-an, karena tidak  pernah bergaya retro atau kontemporer. 

Ilustrasi yang kubuat, cenderung klasik, bahkan menggunakan imajinasi dari celtic fairy dengan warna-warna cerah, jarang sekali yang berwarna redup, untuk karya buku anak bergenre fantasi.

Untuk yang pernah beli buku Dongeng Persahabatan, semua ilustrasi di buku dibuat sendiri olehku, dan pasti tahu, bahwa ada "benang merah" di semua gambarnya. Baik fabel maupun cerita tentang peri.




Aku memang suka menggambar buku anak fantasi. 

Ada peri, elf, penyihir, dan banyak ornamen lucu yang biasanya tidak ada di cerita sehari-hari, karena menurutku, imajinasi anak harusnya luas tanpa batas. 
Imajinasi luas tak berbatas ini berguna untuk satu saat kelak, jika ingin berkreasi akan luas tanpa batas juga. Out of the box.

Oya untuk genre fantasi ini, 
aku pertama kali belajar dulu sekitar waktu masih duduk di bangku SD,  membuatnya dengan cara meniru dari karakter di buku Disney. 

Seiring waktu, aku banyak belajar autodidak maupun  sekolah online. Yang paling sulit tentu saja menggambar karakter.

Karena karakter tokoh akan sama seperti membubuhkan signature ilustratornya.

Ku kemudian jadi menemukan bentuk sendiri, dan sebagian memiliki karakter Celtic fairy. Classic, romantic but still cheerful like me....

Apa itu celtic fairy?


Gambar dengan karakter celtic fairy
adalah gambar yang dibuat dengan mitos tentang para mahluk dongeng ini based on karakter gambar-gambar dari benua Eropa kuno.

Fairy atau peri berasal dari kata bahasa Inggris Moderen Awal (early modern English)  yang berarti "dunia fays". 

Asal usul katanya adalah faerie, bentukan dari bahasa Prancis Kuno, turunan dari faie (Vulgar Latin fata) dengan abstrak kata benda suffix -erie.
Selain asal-usul folkloric mereka, peri adalah fitur umum sastra Renaissance dan seni Romantis, dan sangat populer di Inggris selama era Victoria dan Edwardian. Kebangkitan Celtic juga terlihat ketika monumen  peri didirikan sebagai bagian kanonik dari warisan budaya Celtic
Dalam romansa Prancis Kuno, seorang faie atau fee adalah seorang wanita baik hati, dengan tampilan cantik dan mungil berwajah tirus, berhidung dan bertelinga runcing, terampil dalam sihir.

Ia menggunakan kekuatan natural (mother nature) dari alam, sehingga menguasai kegunaan kata-kata, menguasai jenis batu-batuan, dan tanaman obat.

Legenda ini sangat hidup, karena kayaknya pengejawantahan di era saat itu, deh ...

Kan waktu itu belum banyak obat yang manjur. Udah gitu, dokter (or dukun) yang baik, dan of course rumah sakit  juga belum ada.

Jadi, ketika satu saat ada dukun yang cantik - ramah, memiliki pengetahuan herbal yang baik, maka dianggap kebetulan sesuai dengan keinginan si pasien.

Jadilah, akhirnya faerie atau fairy atau yang kita sebut peri, kemudian digunakan untuk mewakili ilusi sang legend dari tanah Faes; dan selalu dikaitkan dengan dongeng atau mitos, dan cerita rakyat yang menyebutkan bahwa peri adalah makhluk mungil yang baik, cinta damai. (Welsh: Tylwyth Teg).

Mengapa Banyak Dongeng serta mitos dari Irlandia?
Sebenarnya masing masing negara memiliki dongengnya sendiri, sih... Indonesia aja, di semua pulaunya menyimpan misteri, legenda, dan mitos juga kan?

Irlandia adalah salah satu negara yang sangat percaya pada para makhluk dongengnya.  Ajaibnya, cerita rakyat dan cerita dongeng peri mereka, adalah kombinasi dari elemen Celtic, Greco-Roman dan Germanic.

Irlandia terkenal dengan keindahan alamnya yang misterius, dingin hujan berkabut, maka tak heran situasi dan kondisinya turut "memelihara" legenda dan cerita dongeng.

Ada banshee, leprechaun, pooka, kalo penasaran banyaknya jenis "peri" ini, nonton aja Harry Potter. Kumplit disebut waktu mereka sedang belajar sama Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam hahahaha...


So, 
begitulah sekilas asal usul kata peri, dan apa itu genre ilustrasi celtic fairy yang menginspirasi karya-karya Neng Tanti si nengtantidoodle

See you!

Sumber : wikipedia dan celtic-weddingrings.com

15 comments

  1. Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam di Hogwarts: Quirinus Quirrell, Gilderoy Lockhart, Profesor Remus John Lupin, Profesor Alastor Mad-Eye Moddy palsu, Dolores Umbridge dan Severus Snape...hehe
    Dan baru ngeh per-peri-an di artikel ini.
    Kusuka gaya gambar Mbak Tanti...celtic fairy ya...yang jelas unik dan khas goresannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaaaaa hapaaal!

      hahaha iya mba Dian, daku suka seni gambar romantic, kuno, kayak aku (xixixixixi) dan bahkan doodle ku aja sejenis itu sekarang, kuno dan romantic, penuh bunga dan binatang binatang lucu

      Delete
  2. Ilmu baru Mak Neng...
    Saya mana tahu riwayat asal usul peri. Apalagi di negara orang, asal usul si Kabayan saja gak ngeh beneran, hehehe...
    Di artikel ini saya nambah ilmu dan wawasan. Mantul...
    Sukses selalu ya Mak Neng...

    ReplyDelete
  3. Iya, Irlandia itu negeri penuh mitos.
    Justru alanya terjaga karena hal ini.
    Tiba2 saya ingat pernah datang ke lokasi yang penuh mitos sehingga hutannya sangat terjaga.
    Sampai-sampai, pengunjung diperiksa, jangan sampai bawa secuil pun bagian dari pohon yang telah jatuh berserakan di tanah.

    ReplyDelete
  4. Menjadi ilustrator sangat menyenangkan bisa menuangkan hobi. Dengan membaca review ini jadi tambah ilmu nih ..

    ReplyDelete
  5. Akhirnya aku paham dari mana asal muasal ilustrasi-ilustrasi mak Neng yang keren-keren itu.
    Jadi ingat saat mak Tanti ngajarin Tio menggambar, dia sampai sekarang nggak lupa, dan suka mencontoh karya Mak Neng :)
    Terus menginspirasi lewat ilustrasinya ya.

    ReplyDelete
  6. Selalu betah deh melihat hasil karyanya mba Tanti. Apalagi ini berkaitan sama Peri. Jadi dapet ilmu soal perperian deh di sini :)

    ReplyDelete
  7. Bagus mbak! saya juga tertarik dengan dunia seperti ini, krn kebetulan sy suka gambar juga..but harus diasah trs...namun teknologi jaman now ud mendukung semuanya kok hehe (maaf klo salah)

    ReplyDelete
  8. Bagus2 gambarnya ya Mba Tanti... anak sulung saya juga jago gambar tp belum "earn" profesional kayak Mbak Tanti ini. Ke depannya pingin dukung kemampuannya biar bs jd ilustrator yg pro. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  9. Dulu aku pernah lihat tokoh peri tinker bell itu ..eh iya bener kan yah mba. Tapi baru tahu sekarang nih asal usul peri. Aku selalu kagum dengan gambar2 nya mba. Pertama tahu dari yg Ultah BCC itu. Jadi sukak lihat2 deh. Sukses sll yah mba

    ReplyDelete
  10. Waaah, nambah wawasan nih soal gambar ilustrasi. Iya banget, waktu masih anak-anak dulu melihat gambar ilustrasinya tuh selalu sukses menghantarkan imaginasi yang wuaaah pokoknya. Sulit digambarkan sama kata-kata. Hehe...

    ReplyDelete
  11. Mba tantii... haduuh.. keren banget siii...

    Semua uilustrasinya keren-kereen.

    Btw, ada benarnya juga pertanyaan arkian widi .. soal gambar seperti tahun sekian.
    Tapi bukan ke gambarnya mbak tanti sih yang lebih daku sorot... tapi ke manga.

    komik-komik jepang pada tahun 80-90 an itu syarat dengan mata besar berbinar, rambut ikal yang berkilau dan cantik, pakaian yang bagus.

    Nah, beda banget dengan manga-manga di atas tahun 2000 an.. terutama sekarang...


    ....
    I love your karya banget nih mbak tanti.

    ReplyDelete
  12. Wow, gambar secantik itu dobuat secara manual? Cakeep banget. Aku mah bibgung kalo mau ngegambar. Pengen bikin ilustrasi buat blogpost aja belum pernah kena. Wakakakak

    ReplyDelete
  13. Sejak kecil, saya pun sangat suka fairy tale. Gambar - gambarnya indah, cantik, dan kadang melampaui imajinasi saya sendiri.
    Ow, Irlandia yang unik. Jadi inget Ronan Keating, penyanyi idola zaman remaja. hahaha ...
    Terus berkarya dengan goresan pensilmu ya, Mbak. Saya suka gambar - gambar Mbak Tanti ��

    ReplyDelete
  14. aku suka banget ilustrasi di buku dongeng yang kita sebuku, asli kece deh goresan mbk tanti emang imajinasinya mantap

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat (^_^)

Btw, jika ada link hidup dengan berat hati saya hapus \(*_*)/