Friday, May 10, 2013

EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE UNTUK ANAK


Published: September 26th, 2011
Category: Emotional Freedom Technique (EFT)

masih ingat tentang EFT? masih ingat teori-teorinya? klik disini untuk menyegarkan ingata Anda.
Baca juga EFT – 2 dan EFT – 3
sekarang kita belajar untuk melakukan EFT kepada Anak – anak

Ada dua cara dalam melakukan EFT untuk Anak-anak
1. Cara preventif.
Yaitu kita melakukan EFT setiap hari saat anak akan tidur malam. Kita bisa memeluknya atau tidur disampingnya. Anak diminta untuk menceritakan kejadian-kejadian yang ia alami pada hari itu ( dengan demikan otomatis anak sudah Tune in) sambil kita melakukan Tapping padanya. Teknik ini disebut Gary Craig ” A must procedure for kid”. Dengan melakukan EFT setiap hari, kita melakukan emotional detoxification (pembersihan sampah-sampah emosi) pada anak melalui penyelarasan sistem energi meridiannya secara teratur. Selain itu, kebiasan ini akan berdampak meningkatkan hubungan baik dan komunikasi empatik antara anak dan orang tua. terapi ini cukup bagus juga untuk meningkatkan kualitas hubungan anda dengan Anak Anda

2. Cara kuratif.
Yaitu melakukan EFT saat anak mengalami masalah emosi atau fisik. Hal ini bisa dilakukan dengan 3 cara :
2a. Mengajarkan EFT pada anak. Steve Wells menulis buku komik bergambar tentang EFT untuk dibaca anak-anak sambil mengajari melakukan EFT untuk mengatasi ketakutan mereka. Kita bisa menirunya dengan mengatakan pada anak-anak bahwa EFT adalah ketukan pengusir rasa takut /sedih /marah dsb. (catatan : khusus untuk anak-anak kita bisa ganti kalimat Set-Up standard dengan: ”Walaupun Andi ngompol, Andi tetap anak baik dan Ibu/Ayah tetap sayang sama Andi.”
2b. Melakukan EFT untuk anak, Jika anak kita masih terlalu kecil untuk diajari cara melakukan EFT, atau mungkin ia tidak mau melakukan EFT sendiri, kita bisa melakukannya pada dia. Jadi kita yang melakukan Set Up dan Tapping, anak cukup melakukan tune in nya saja. Bayi saya yang sekarang berumur 1 tahun sering saya Tapping jika menangis tanpa sebab atau rewel. Hasilnya lumayan efektif.
2c. Surrogate EFT. Jika kedua cara diatas tidak bisa dilakukan, mungkin karena jauh, kita bisa melakukan EFT jarak jauh. Ini bisa sangat membantu saat anak kita sedang ada masalah di sekolah, akan menghadapi ujian atau tes di sekolah atau sedang sakit di rumah dan orang tua bekerja di kantor. Hasilnya walaupun tidak seefektif 2 cara diatas, tapi sering kali berdampak positif, terutama saat anda semakin memiliki hubungan batin yang dalam dengan anak karena sering melakukan EFT untuknya.
Good Luck.. ” In every child who is born, there is a new hope for humankind” (Dalam diri setiap anak, terdapat harapan baru bagi masa depan umat manusia ) Begitu kalimat pertama yang saya baca dalam text book mata kuliah psikologi anak yang saya pelajari dulu di bangku kuliah.
inspirasi : http://esq-sefteknik.blogspot.com/2008/04/seft-untuk-anak-anak.html

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^