Friday, February 7, 2014

MOM & KID'S DAY OUT full



Desember lalu, mbak Deka Amalia mengontakku via bbm. Ternyata komunitas Wajah Bunda Indonesia yang foundersnya mbak Fiki Maulani telah mengundang kami, para penulis 101 Perempuan Berkisah dari Women's Script & Co. untuk hadir dalam acara Mom & Kid's Day Out dimulai dari tanggal 26 Januari - 2 Februari 2014 di fx X'enter.

Woow.. satu kehormatan buatku! Disamping bertebar ilmu dan goody bag (so pasti!) pastinya akan ada banyak tamu undangan artis, para profesional serta penulis.

Wajah Bunda Indonesia memang telah beberapa kali membuat acara bazaar semacam ini, namun even kali ini cukup besar. Diadakan di sebuah mal besar di tengah kota, yaitu fx X’nter dan memakan waktu selama 8 hari ( pembukaan tanggal 27 Januari 2014 hingga 2 Februari 2014).

Hari pertama, adalah pembukaan acara Mom & Kid's Day Out yang  meriah, dipenuhi oleh sebagian besar peserta komunitas Wajah Bunda Indonesia.

Diikuti oleh penampilan tariBali oleh anak-anak dari sanggar tari Rinari pimpinan Riena Mustika Wardhani, disusul parenting father’s talkshow oleh Kirdi Putra. Acara ini penting karena berkurangnya peran dan sosok ayah jaman sekarang.

Hari kedua, Women’s Script diperkenankan mengisi acara Computer for Writer yaitu teknik mengetik dengan rapi serta pelatihan membuat blog. Syaratnya membawa laptop yang terkoneksi dengan internet. 

Walaupun di FX ada wi-fi namun dikhawatirkan loading lambat,  karena banyak yang menggunakan!
Dengan coach Ade Ummi Fikri dan Netty Susanti, ibu-ibu sangat antusias bertanya jawab. Ya, jaman sekarang tak memiliki blog pribadi rasanya sayang, ya..

Hari ketiga, dibuka dengan pelatihan menulis buku fiksi, cara menerbitkan buku dan proyek buku 2014 bertema romantis dan islami oleh Deka Amalia Ridwan. Dilanjutkan acara Bedah Buku bersama penulis Irma Irawati yang baru saja menerbitkan buku Ibu Sayang Kamu. 

Acara dibuka oleh moderator Tanti Amelia. Betapa senangnya para ibu mendapatkan hadiah kuis berupa buku-buku dari penulis Irma Irawati! 

Oya, di penghujung acara, ada Ratih Soe yang memperkenalkan DTS Voices sebagai pengisi acara pada hari Kamis nanti.

Hari keempat, di tengah banjir yang melanda ibukota, ada acara sel editing dan tips menembus penerbit Mokka oleh penulis sekaligus editor Dyah Rinni. Dyah Rinni sendiri telah menerbitkan beberapa buah buku serial detektif dan fiksi.

Naah, setelah itu ada acara membuat sushi roll dari Sushi Miyabi. Wah, ternyata membuat sushi roll itu gampang-gampang susah yaa!
Hari kelima, diisi oleh tips dari penulis-penulis produktif seperti Elita Duatnofa, Aida MA dan Risma El Jundi.  Para penulis cantik ini sekaligus membawa materi berupa tips mengolah ide dan menghadapi writer’s block.

Acara ditutup dengan penampilan  Ratih Soe & friends dari DTS voices dengan personil band 5 orang. Mereka bernyanyi dengan mengusung tema satwa dan dunia anak dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia tentunya..

Kali ini dimeriahkan oleh live tweet dan kuis berhadiah. Seru sekali saat semua anak yang berusia dibawah 12 tahun yang hadir mendapat majalah SOCA dan CD!

Hari keenam,  Bedah Buku dengan moderator Fiki Maulani –si empunya acara dan penulis senior sekaligus editor Girls Magazine, Zara Zettira yang langsung terbang dari Brisbane untuk buku Hijab is My Life Journey. 

Beliau mengingatkan agar semakin maraknya industri buku tidak menyebabkan hilangnya idealisme demi komoditi. 

Pada hari ini, peserta yang hadir juga dipersilakan untuk minum alangsari gratis sepuasnya.

Di tengah acara, ada acara kejutan. Ternyata hari itu adalah hari ulang tahun Fiki Maulani! Semua peserta pun menyanyikan lagu dan Fiki meniup lilin di atas sebuah cupcake cantik. 

Setelah itu, acara smilevation yang bertabur bintang, dihadiri oleh Nuri Maulida, Yulia Rahman, dan mami Irene. Banyak sekali ilmu dan inspirasi yang bisa dipetik saat itu. Kepahitan hidup menjadi titik balik untuk narasumber mengenakan hijab, mengundang banyak pertanyaan dari peserta acara.

Acara ditutup pada hari Minggu, dengan show baju gamis oleh anak-anak, performance dari anak-anak SD Highscope, tari dan medley angklung dari SDN 12 Rawamangun, serta joget bersama Caesar.

Setelah acara usai,
Rasanya yang tertinggal hanyalah sebuah kenangan manis. Terucaplah sebait doaku untuk Wajah Bunda Indonesia semoga dapat semakin eksis dan merakyat juga.

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^