Prelude Cafe & The Witches Revenge (Prolog)


Café Prelude, satu sore.

    Aroma pisang goreng yang manis, bercampur dengan kopi menyelimuti udara. Yrre tak sengaja menemukan resep Pisang Goreng Madu dalam catatan milik eyang sekitar dua tahun lalu.

Prelude Cafe & The Witches Revenge - 3



Jejak Memori Rasa

Prelude Café memang tak seperti resto resto kopi yang sekedar menawarkan ambience homey. Ia juga menyuguhkan kenyamanan, bahkan untuk yang sedang bersedih, terasa kehangatan pelukan dalam sesapan demi sesapan di secangkir kopi!

Prelude Cafe & The Witches Revenge (2)


Prelude Cafe, Senopati

    Ada beberapa hal yang penting dalam hidup Yrre Mahatma: Bunda - hujan, dan secangkir kopi Vietnam Drip.

Sedekah Senyum Bu Deti


  
  Bu Deti namanya. Ia berprofesi sebagai seorang penjual sayur di pasar tradisional Bojong Nangka, Tangerang. Jualannya tak banyak, selain berjualan sayur mayur dan perlengkapan bumbu dapur, ia juga menjual berbotol-botol minuman jamu sehat yang ia racik sendiri.

Setitik Hikmah


    Pak Darto dikenal oleh semua orang di Desa Muara sebagai sumber kebijaksanaan dan ketenangan. Entah sejak kapan, Pak Darto sering menjadi tempat curhat semua penduduk desa. Mulai dari orang tua hingga anak-anak, merasa mendapat setitik hikmah jika berkunjung ke rumahnya.

Prelude Cafe & The Witches Revenge



: Stasiun Tanah Abang, 14.07 WIB ::

Keep up the fighting spirit, Dei, but stay safe, cool, and… calm.
Love, Lavanaa

Perjalanan ke Banten

Ketika Senyum Pak Omin Terkembang Lebar

picture from https://otomotif.tempo.co

    Setiap pagi, ada satu rutinitas yang melintas di jalan depan rumahku. Rumahku terletak persis di batas wilayah kampung Kelapa Dua dan sebuah perumahan mewah, dengan jalan raya arteri primer sebagai konektivitas antar daerah.

    Rutinitas itu bernama Pak Omin, seorang petani gurem  yang sekarang bergeser menjadi petani musiman saja. Pak Omin, pria berusia 65 tahunan -perkiraan aja ya gaes, soalnya cucunya sudah banyak- itu, setiap hari mengendarai motor untuk mengantar sayuran segar atau buah-buahan ke Pasar Bonang. Kulihat, motornya yang sudah tua, adalah teman setianya selama bertahun-tahun.

Menyusuri Pasar Cihapit, Mengintip Kehidupan dan Kekayaan Kuliner Kota Parahyangan


    Di sudut kota Bandung yang sibuk, tersembunyi sebuah pasar tradisional yang selalu menguar aroma khasnya sejak fajar menyingsing. Aroma tanah basah bercampur dengan bau kecut ikan asin, dan aneka ikan segar yang baru datang dari pelabuhan, menghadirkan nostalgia bagi siapa saja yang pernah menginjakkan kaki di sana. 

    Ketika langkah pertama menyentuh lantai pasar, samar tercium wangi rempah-rempah yang berpadu dengan harumnya lemon dan buah-buahan segar.

Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris


    Namanya Maya, seorang wanita yang tinggal di sebuah kota kecil di Indonesia. Maya bekerja sebagai pegawai administrasi di sebuah perusahaan lokal. Meskipun pekerjaannya cukup stabil, Maya memiliki impian besar untuk bekerja di perusahaan multinasional dan menjelajahi dunia.

The Art of Listening: Sebuah Perspektif dari Wanita Usia 50 Tahun


    Ketika saya mencapai usia 50 tahun, banyak hal yang mulai berubah dalam cara saya memandang dunia. Salah satu pelajaran paling berharga yang saya pelajari adalah seni mendengarkan. 

Kenapa Kamu Harus Melakukan Afirmasi Setiap Hari


"Sisihkan waktu 3 hari setiap pagi atau menjelang tidur untuk afirmasi dan kontemplasi diri terhadap hari yang telah dijalani tuangkan dalam buku diary atau jurnal pribadi. 

Apa yang dirasakan setelah menjalankannya? Apakah ada hasilnya?"

S P A S I


    "Aku mau cerita," kataku pelan

    "Mau cerita tentang apa?" alismu bertaut.

    "Mau cerita tentang spasi," kataku lagi.

    "Oh, okay.. " katamu. Pelayan tiba membawa pesanan. Satu latte untukku, dan satu lemon tea hangat untuknya.

Deg-degan di Bandara Internasional Kuala Lumpur!


    Pernahkah kalian merasa tertarik dengan suasana di bandara? Nah, sebagai seorang ibu sosialita yang sering bepergian (melambai ala Menthik Wangi), aku ingin berbagi dengan kalian beberapa kesan yang aku dapatkan ketika berada di bandara. 

Yuk, simak artikelnya!

Nurturing the Alpha Generation: Preparing the Future Leaders of Tomorrow

As we progress further into the 21st century, a new generation is coming into the spotlight: Generation Alpha. 

Born from 2010 onwards, these young individuals are growing up in a world of rapid technological advancements, unprecedented access to information, and significant global challenges. 

GUNCANG 6.6 TOKOPEDIA TAK BIKIN KANTONG TERGUNCANG

Di era digital saat ini, belanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi “Mahmud” sebutan familiar untuk para ibu muda.

Fenomena ini semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan akses internet yang semakin mudah. Ibu-ibu muda menemukan berbagai keuntungan dan kepraktisan dalam belanja online yang membuat aktivitas ini menjadi pilihan utama mereka.

My Lucid Dreams Saved Me


Pernah dengar tentang jurnal mimpi?
Hah? Mimpinya tiap hari gitu, sampe bisa dibuat jurnal? Ahahah.. wait, gak gitu bestie. Sini, aku bantu jabarin dulu ya, step by step hingga aku akhirnya memiliki kepercayaan diri kembali. Yup, berkat  mimpiku!

Impian yang Terlambat



Refleksi Mengajarkan Bahwa Mengejar Impian Adalah Bagian Perjalanan 

    Di usianya yang ke-50, Dena sering kali merenung tentang hidupnya yang penuh liku. Meski banyak impian yang belum tercapai, dia tidak menyesalinya. Justru, dia menemukan makna dalam perjalanan hidup yang telah ditempuh.

    Buatnya, refleksi mengajarkan bahwa mengejar sesuatu yang terlambat bukanlah sebuah kesia-siaan, melainkan bagian dari sebuah perjalanan hidup yang berharga.

Impian yang Terlambat

    Dena tumbuh dengan banyak mimpi dan harapan. Salah satu impiannya adalah menjadi seorang home decorator terkenal. Sejak muda, dia gemar mendesain ruangan, memilih palet warna, memantaskan furnitur,  merancang pencahayaan, hingga lukisan dan pernak-pernik ruangan yang akan digunakan.

    Dena membayangkan satu saat ia akan bekerja sebagai desainer interior dan membuka usaha sendiri, dan memiliki showroom yang memajang furnitur unik dan estetik. Namun, perjalanan hidup membawanya ke arah yang berbeda.



    Dena menikah muda, karena calon suaminya Aby mendapat beasiswa ke Australia. Dena dan Aby kemudian memiliki tiga anak laki-laki yang lucu dan cerdas, maka ia pun berfokus pada keluarga serta kegiatan sosial di komunitasnya.

    Selama bertahun-tahun, impian Dena terkubur oleh tanggung jawab dan prioritas yang lebih mendesak. Namun, di usia 50 tahun, ketika anak-anaknya telah dewasa dan lebih mandiri, Dena menemukan kembali semangatnya untuk mendesain. Meski merasa terlambat, dia memutuskan untuk mengejar impian ini dengan penuh semangat.

Perjalanan Hidup yang Bermakna

    Dena sih tak pernah menyesali waktu yang telah berlalu. Baginya, perjalanan hidup yang telah ditempuh membawa banyak pelajaran dan makna yang tak kalah penting. Menjadi ibu dan istri, serta berkontribusi pada komunitas, adalah bagian dari panggilan hidupnya yang memberikan kebahagiaan dan kepuasan tersendiri!

    Dalam perannya sebagai ibu, Dena belajar tentang kasih sayang, kesabaran, dan pengorbanan. Setiap momen bersama anak-anaknya, dari mengasuh hingga mendidik, adalah pengalaman berharga yang membentuk dirinya menjadi pribadi yang lebih kuat dan bijaksana. 

    Untunglah, aktivitas sosialnya di komunitas urban sketcher juga memberinya kesempatan untuk selalu melatih tangan dan sketsa, sehingga hidupnya selalu sibuk dan penuh makna.

Menemukan Kembali Impian

    Ketika Dena memutuskan untuk kembali mengambil Interior Design School di Melbourne, ia menyadari bahwa perjalanan hidupnya yang penuh dengan pengalaman berharga memberikan warna dan kedalaman pada desainnya!

    Desain Dena terkenal unik, mengedepankan tema keluarga, sehingga banyak mengutamakan kenyamanan dan keselamatan anak-anak. Desainnya pun terkesan seperti refleksi dari kehidupan keluarga yang penuh warna. 


    Jerih payah Dena untuk mengejar impiannya dan bersekolah kembali tak sia-sia. Hasil desain interior Dena ternyata disukai!

    Saat ini ia mulai membuka kantor di rumah, dan menyadari satu hal; bahwa meski terlambat, mengejar impian menjadi desainer interior ini sangat berharga!

Refleksi dan Kesimpulan



    Kisah Dena di atas mengajarkan bahwa mengejar sesuatu yang terlambat bukanlah sebuah penyesalan, melainkan bagian dari perjalanan hidup yang penuh makna. Setiap fase dalam hidupnya, dari menjadi ibu, istri, hingga pekerja sosial, telah memberikan kontribusi penting bagi dirinya. 

    Dalam refleksinya, Dena merasa bersyukur atas perjalanan hidupnya. Dia menyadari bahwa setiap langkah yang diambil, setiap pengorbanan yang dilakukan, semuanya memiliki arti dan tujuan. Apalagi anak-anaknya merasa bangga, karena Ibu mereka mengorbankan impiannya yang berharga demi membesarkan mereka!

    Kisah Dena memberiku inspirasi, bahwa tidak ada kata terlambat untuk mengejar impian.  Sebenarnya, itu pun terjadi padaku juga. Membesarkan anak-anak, menurutku sangat penting, sehingga aku sempat tak memegang pensil - dan alat-alat lukis kesayanganku!

    Well.... setiap perjalanan hidup, meski tampak jauh dari impian awal, memiliki makna dan kontribusi yang penting. Dengan semangat dan tekad, kita bisa mengejar impian kapan pun, karena setiap momen dalam hidup adalah kesempatan untuk tumbuh dan berkarya.

    Semangat yaaa!

TIGA ELEMEN PENTING DALAM MENULIS

Jika kamu mencari kedamaian, diamlah. Jika kamu mencari kebijaksanaan, diamlah. Jika kamu mencari cinta, jadilah dirimu sendiri.” - Becca Lee

Zizi dan Konsep Membangun Healthy Boundaries


    Zizi tinggal di sebuah kota kecil yang penduduknya terkenal ramah, bahkan di komplek rumah Zizi, mereka akrab satu sama lain.

    Zizi sendiri, dikenal sebagai pribadi yang ceria dan selalu siap membantu orang lain. Namun, di balik senyum manisnya, ternyata Zizi sering merasa lelah dan terkuras energinya. Iaselalu berusaha memenuhi ekspektasi orang lain tanpa memperhatikan dirinya sendiri, dengan kata lain Zizi "gak enakan".

PERAYAAN KECIL HANIDA


    Sebagai seorang desainer grafis yang juga hobi membuat doodle, Hanida sering menulis di blognya, berbagi tentang tips desain, doodle hingga apa yang ia alami sehari-hari. 

RAHASIA KECIL AISYAH


    Di sebuah kota kecil, hiduplah seorang gadis bernama Aisyah. 

Aisyah adalah seorang siswa yang cerdas dan berbakat, namun memiliki satu kelemahan besar: ia suka menunda pekerjaan. 

MENGENAL JOHANNA BASFORD DAN KARYA-KARYANYA YANG MENJADI CANDU DI DUNIA MEWARNAI




Di dunia dan komunitas mewarnai, siapa yang tak kenal wanita cantik satu ini? 

KENALI SOFTWARE PENARIK REZEKI

Benarkah Memiliki Software ini, Rezeki terus mengalir deras?


Samino tak pernah menyangka, hidupnya akan berubah total dan drastis ketika ia secara tak sengaja bertemu E. Turikan, rekan kecilnya dulu.

Turikan, bocah dekil berambut merah dengan tinggi melebihi rata-rata teman sekelasnya di SD Negeri Trangkil - lekat dalam benak Samino sebagai seorang yang nyaris tak pernah mengenakan sepatu. Satu-satunya sepatu yang ia miliki, dipakai bergantian dengan kakaknya, Tugiran. Mereka mengenakannya hanya di jam pelajaran olahraga saja!

10 IDE KONTEN AKTIVITAS HIDUP SEHAT BESERTA CAPTION UNTUK MEDIA SOSIAL


10 ide konten beserta judul dan caption yang detail dan menarik untuk diposting di media sosial tentang aktivitas hidup sehat, pola makan sehat, dan aktivitas berolahraga:

CEGAH OBESITAS SARCOPENIA DENGAN JALAN KAKI



Duuuh senangnya yaaa, udah usia lansia tapi masih bisa jalan kaki sehat seperti gambar di atas ituh!

Siapa di sini yang ikutan happy kalau ortunya masih sehat? Sayaaa!

Homeschooling untuk PAUD, Gali Potensi Anak dengan Maksimal!


    "Pokoknya Adek nggak mau sekolah!" seru seorang anak laki-laki berusia 3 tahun itu. 

    Ia terlihat sangat marah, kesal sekaligus sedih ketika dibawa oleh Bundanya untuk mendaftar di sebuah sekolah PAUD & TK terkenal di Jakarta Selatan. 

PRO DAN KONTRA SEPUTAR RAMADAN REWARD UNTUK ANANDA TERCINTA



    "Alhamdulillaah tahun ini, anakku Daffa puasanya full dan tiap hari berhasil mengaji Quran satu ain. Kami memberinya reward berupa uang tabungan, dan dia melengkapi buku komik serial nabi di toko buku Gramed!" Mama Daffa berseri-seri, bercerita dengan bangga di tengah ibu-ibu yang sore itu menunggu waktu berbuka puasa bersama.

RAMADAN, MAKE OVER FISIK DAN SPIRITUAL



        "Ma neng kok tambah glowing?"

    Tak sekali loh, aku mendapat pertanyaan seperti ini jika bertemu dengan saudara-saudara saat Lebaran tiba. Dan aku pun akan berkomentar sama kepada saudara-saudara dan teman-teman - terutama yang perempuan ya, bun!

MENU RAMADAN SEHAT, HEMAT TANPA AKROBAT


Ketika Ramadan sudah dekat, di Indonesia berarti waktunya para Ibu untuk bersiap. Bisa dipastikan, daftar ini panjaang sekali. Selain berbelanja, untuk yang kampung halamannya jauh, pasti ada rencana mengunjungi kampung halaman atau sekedar silaturahmi ke rumah kerabat. Selain itu, membuat daftar tamu untuk buka puasa dan lebaran, siapa saja yang harus dikirim kue atau makanan, plus amplop para keponakan.

Buatku, masih ada satu PR besar lagi : bagaimana caranya agar selama sebulan (bisa 29 atau 30 hari) ini, menu masakan tak membosankan. Untuk mengurangi sebagian pekerjaan tersebut, dengan tekad bulat aku membuat meal plan Ramadan 30 Hari. Paket makan ini mencakup resep untuk sehari, buka puasa, dan makan malam.

Idealnya, Menu Ramadan yang sehat dan hemat tanpa akrobat jungkir balik putar otak ini pun kurencanakan!

Tujuan Ramadan



Ramadhan adalah kombinasi keutamaan jasmani dan rohani. Bicara tentang kebiasaan fisik, harusnya (harusnya loh yaaa) kita tu udah mengurangi asupan gula rafinasi. Tapi as always, kenyataan berbanding terbalik. Mulai dari teh anget, kurma, es buah yang semua mengandung gula ada di situ!

Yaa yaa... solusi untuk itu, aku berlatih yoga sejam -karena kalo jalan pagi atau lari kan pasti alesannya banyak! Nah alhamdulillaahnya, tahun ini, puasa Ramadanku berjalan so smooth, no drama.  Jadi aku jarang ngantuk malah, bangun jam 3 ya lanjut weee aktifitas sampai sore. 

Mengapa Bikin Meal Plan Untuk Ramadhan?

Allhumdulillah, terima kasih kepada suami dan tiga anak di keluargaku, mereka tidak pernah rewel soal makanan. Mereka makan apa saja yang disajikan. 

Kalau di beberapa keluarga teman dan saudara, perempuan tu sepertinya posisinya di dapur setiap saat dan seolah bekerja keras sepanjang hari. Memasak sesuai kebutuhan keluarga itu enak. Tapi berakhir di dapur tanpa waktu untuk shalat dan ibadah yang benar tidaklah baik!

Sebagian orang mengira, Ramadan adalah waktu untuk menikmati makanan mewah. Mereka tidak akan memikirkan dampak buruk makanan ini terhadap kesehatan mereka setelah Ramadan. 
Padahal, Ramadan seharusnya mengajarkan kita tentang makan secukupnya dan makan sehat. Orang sering melupakan hal ini dan begitu waktu berbuka tiba, melahap aneka gorengan ditemani saus pedas dan cabe rawit. Ingat bestie, puasa bukan tentang kelaparan, melainkan detoksifikasi alami!

Oya tadi kan nanyanya : kenapa sih kudu membuat meal plan?

Ya gitu deh, aku nggak mau waktuku habis di dapur. Merencanakan apa yang akan dimasak itu sulit. Daripada menghabiskan banyak waktu memikirkan apa yang harus dimasak, buat aja rencana makan supaya : 

a. Mengurangi stres.
b. Lebih sedikit perjalanan ke toko kelontong atau mini market.
c.  Lebih sedikit makanan yang terbuang, sehingga tak ada sisa makanan.
d. Bisa mengontrol porsi makan apalagi lalau sedang menjalani diet akan lebih mudah.
e. Lebih hemat dana dan waktu, karena kita bisa lebih siap dan mengurangi pembelian impulsif terhadap barang-barang yang tidak perlu. 

Meal Plan Ramadan 30 Hari


Walau pada kenyataannya sesudah lewat dua minggu menu sahur kembali ke "selera asal" plus tambahan makanan kering kayak kentang mustopa, abon, dendeng dan kawan-kawan, tapi tetep aja menyenangkan bikin meal plan itu!

Tapi ini dia beberapa rekomendasi aku - dan berlaku di keluarga tercinta hingga detik ini.

1. Sahur

- Sudah pasti ada nasi merah atau putih sebagai karbohidrat, sesekali diseling dengan jagung dan kentang rebus 

- rebusan timun atau labu siam, sambal bawang. Lauk pendamping : telur dan aneka olahannya. 

- lauk ayam teriyaki, cumi cabe ijo, balado telur, ayam masak woku - biasanya di minggu pertama, emaknya masih semangat masuk dapur

- goreng ayam atau telur dadar - biasanya menu di minggu ke 2

- lauk serba kering seperti ayam suwir kemangi,  ikan cakalang pedas atau abon dan kering tempe teri - ni biasanya sampe ramadan berakhir (>_<)

- aneka sup, biasanya dengan tambahan telur puyuh 

- Jus buah atau es tomat iris dengan lemon


2. Berbuka Puasa

- Kurma dan Air: Berbuka dengan beberapa kurma segar dan air putih atau air lemon hangat. Kurma memberikan energi cepat setelah seharian berpuasa dan air membantu menghidrasi tubuh.

- Sup Sayuran: Sup sayuran ringan yang kaya akan serat dan nutrisi. Biasanya aku menyiapkan sayuran yang tersedia di rumah, seperti wortel, kentang, dan bucis. Tambahkan sedikit protein tambahan seperti potongan daging ayam atau tahu untuk kenyang lebih lama.

- Tumis sayuran kalau sedang tidak masak sayur berkuah

- Es buah (sedapatnya buah saja, bisa timun suri, melon, semangka atau blewah dan alpukat) dicampur dengan jelly yang dibuat sendiri

- Tahu isi goreng (wajib ada buat si bontot), risoles isi sayuran dan risol bihun

- Salad buah atau buah-buahan segar 


3. Makan Malam

Biasanya kami semua skip makan malam, paling-paling menghabiskan sisa berbuka, tapi aku selalu stok mie instan dan bubur ayam instan sih, karena anak laki-laki yang dua kadang masih kelaparan.

Air Putih: Pastikan untuk minum cukup air putih selama malam untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Nah, begitu menu sahur dan berbuka di rumah selama sebulan, dengan memilih bahan makanan yang sederhana dan sehat serta menggunakan teknik memasak yang sederhana, kalian juga dapat menyajikan menu Ramadan yang bergizi, lezat, dan hemat. Selamat berpuasa!

RAMADAN 2024, INGATLAH UNTUK KEMBALI DI JALUR YANG TEPAT

ilustrasi by Tanti Amelia

Siapa di sini yang excited karena Ramadan tiba? 
Ya, jangankan saat puasanya, persiapan menjelang Ramadan seringkali menjadi momen yang penuh antusiasme dan kegembiraan bagi umat Muslim di seluruh dunia!

KARYA MINIMALIS DALAM DUNIA SENI

karya Sol LeWitt: A Wall Drawing Retrospective

Satu dekade terakhir, aliran seni dunia dibanjiri oleh konsep minimalis. Minimal dalam segala hal.

Jadilah Blogger Serius, Bukan Blogger Sekadarnya


    Secara simbolis, angka 9 mewakili puncak kebijaksanaan dan pengalaman. Berdasarkan informasi dari laman Numerology, sebagai angka terakhir dalam kelompok angka tunggal, angka 9 menandakan akhir dan awal yang baru.

Sospeso Transparante, Teknik Art dari Italia

 
Sospeso trasparente adalah teknik kerajinan yang dipopulerkan oleh Monica Allegro dari Italia. Teknik ini hampir mirip dengan decoupage, di mana kita memotong dan menempelkan motif pada permukaan tertentu.

REVIEW BUKU : PELIK !


Judul Buku : PELIK
Penulis : Ary Nilandari
Penerbit : Bentang Pustaka
Cetakan Pertama : Agustus 2018
Tebal : 264 halaman, paperback
ISBN : 978-979-433-690-8

MENGENAL ZINE, ALTERNATIF MEDIA MAINSTREAM

Hand drawn mini-zine about autumn clothing staples.
8 page mini zine ideas, Tombow markers and Micron pens, comic doodles, short comic idea


Teman, pernah lihat brosur lipat yang kalau kita buka menjadi selembar kertas lebar dan berisi aneka informasi? Kalau sudah, selamat. Yang kalian lihat itu adalah bentuk lain dari zine.

MELAWAN RASA MALAS

Baru kebayang tempatnya aja, 
udah kepikiran males malesan seharian  he he heee


Tanpa kecuali, setiap orang normal, termasuk kalian yang baca blog ini ataupun saya pribadi punya rasa tidak rajin a.k.a malas.

Apa sih beda antara orang yang rajin - dibandingkan dengan orang yang gak rajin? 

Yang membedakan adalah yang rajin ini punya kemampuan untuk melawan rasa malas yang lebih baik dibandingkan yang gak rajin.

Aku sendiri lebih suka menggunakan kata : tidak rajin (kata belakangnya positif)  timbang : malas. 

Mengenal api motivasi, kompor di dalam diri

Kamu pasti pernah terbersit sesuatu di dalam pikiran. "Ah, nanti ngerjain ini ah... atau aku akan membuat ini dalam sekian hari ke depan."

Ini katanya sih adalah salah satu yang namanya : api motivasi. Biar pun kecil, dia memantik sesuatu untuk terus tetap "menyala" di dalam hati - otak dan pikiranmu.

Ada dua tipe manusia. Satu yang belum punya api motivasinya sendiri karena  masih bingung atau gamang dengan passion-nya, tapi ada orang-orang di luar sana yang sudah punya api motivasinya sendiri, bahkan dikategorikan sebagai  ambisius, jadi di dalam hidupnya apapun yang dia kerjakan harus jadi yang terbaik. 

Misalnya, kalau dia main sepak bola dia mau menjadi yang terbaik kalau misalnya dia kerja di bank dia mau menjadi pegawai teladan, kalau dia main game pun kalo bisa ya menang terus! Motivasinya mengalir secara natural dan jiwanya memang sangat kompetitif.

Oya, selain motivasi kompetitif itu, ada juga orang-orang yang api motivasinya ada karena kejadian tertentu, yang pernah terjadi di hidupnya.

Misalnya pernah dihina bahwa keluarganya miskin, atau apa pun yang membuat ia akhirnya sedih banget, nah dia ingin membalikkan kondisi keluarga. Tekadnya dia harus berhasil.

Gimana kalau kita belum punya api motivasi?

Pernah dengar : main dengan pedagang parfum ikutan berbau wangi dan harum? Sama. 

Cara yang pertama adalah kelilingi diri kalian dengan orang-orang yang lebih sukses dari kalian - yaitu orang-orang yang sudah mencapai apa yang ingin kalian capai!

Misalnya pengen kurus, ya udah, bergaul sama para atlet atau para pesenam yang ambisius, ikutan di beberapa kelas gym sekaligus kalo perlu! Ada banyaaak sekali jenis pembentuk body ini. Yoga, body combat, zumba class, aerobik, pilates, you named it!

Sedikit intermezzo, sekarang tu ada juga yang lagi happening namanya HIIT atau  High-Intensity Interval Training 

HIIT adalah latihan yang melibatkan gerakan-gerakan kardio intensitas tinggi yang diikuti dengan periode istirahat singkat. Latihan ini membantu membakar lemak tubuh dengan cepat, meningkatkan kebugaran kardiovaskular, dan mempercepat metabolisme.

Atau mau punya bisnis sukses?

Rajin ikut seminar - ikutan UMKM - ikutan di koperasi, pokoke kelilingi diri kalian dengan mungkin orang-orang yang bisnisnya lebih besar dari kalian!

Secara natural, manusia itu punya alam bawah sadar, dan tendensinya adalah membandingkan dirinya dengan orang sekitarnya.

Gak percaya?

Satu contoh, misal bayangkan teman baik kalian tiba-tiba jadi sukses, tiba-tiba jadi terkenal, tiba-tiba viral terus dikenal sama semua orang, jadi kaya terus dia menjual perusahaannya puluhan miliar.

Secara alam bawah sadar, pasti ada satu perasaan "Kayaknya gue bisa lebih dari ini nih, karena temen gua aja bisa sampai sini. Kenapa gua nggak?"

Makanya ada pepatah mengatakan; orang sekitar kita ya 5 orang terdekat kita. 

Mereka  itu akan menentukan kesuksesan kita, salah satunya adalah karena selain dari pola pikir vibrasi dan sebagainya, itu adalah alam bawah sadar kita yang terpacu.

Jadi, luangkanlah waktu lebih banyak dengan orang-orang yang lebih sukses dari kalian. Bukan berarti kalian meninggalkan teman kalian yang lama ya tapi menambah waktu dengan orang yang kalian anggap lebih berkualitas!

Intinya adalah : waktu yang kalian habiskan dalam keseharian kalau bisa lebih banyak dengan orang-orang yang memang lebih sukses dari kalian karena ini bisa memacu alam bawah sadar kalian supaya kalian bisa melawan rasa malas! 

Buat Goals Pribadi!

Goals itu BUKAN cita-cita sih menurutku.

Kalo cita-cita kan - ah pengen jadi ini atau itu. Tapi kalau goals itu lebih kepada : ada jalur yang ditempuh - yang mau tak mau kita akan ikutin. 

Jadi aku pun menuliskan goal di sebuah buku tulis kosong. Jurnal pribadi.

Goals aku lebih visual ya, karena kalau kalian punya goal, kalian tahu apa yang harus kalian lakukan dalam hari ke hari minggu ke minggu bulan ke bulan untuk mencapai apa yang kalian sudah set.

Contoh goal yang visual :







Goal di dalam visual board :

Tujuan : a b dan c dan d yang saya akan capai dalam jangka waktu 10 tahun - 5 tahun

- 1 tahun ke depan.


Karena ini adalah jurnal pribadi, aku jadi bebas menentukan settingan waktu - jumlah uang yang ingin kucapai - dan step by step hingga tercapai goal satu tahun pertama ini.

Pastikan membuat to do list harian - mingguan - bulanan 

To do list adalah panduan mengisi hari. No doubt.

Dengan adanya to do list, kalo sampai ada goal yang belum terwujud, akan terlihat dari sini. 

Enak deh rasanya ketika saat satu per satu diselesaikan - terus kalian coret dari to do listnya,  supaya sense of achievement-nya dapat!

"Oh sudah selesai nih" dan .. pastikan setiap hari itu 80% sampai 90% itu diselesaikan. Ini tuh sesuai dengan kaidah Parkinson (nanti kapan-kapan aku tuliskan).

Gimana.. semoga bisa membantu mengenyahkan rasa MALAS kalian (((baca : aku sendiri))) yaaa! Tosss... 

MENGENAL BOHO ART STYLE


Siapa di sini yang suka majang-majang artwork berupa macrame - tali temali yang dikepang dan dijalin cantik itu? 
Atau mengkoleksi aneka botol beling bekas, toples bekas yang estetik?

Nah, itu adalah salah satu gaya bohemian atau yang populer disebut dengan boho chic style.

MENGENAL LINE ART DAN FUNGSINYA



Itu gambar? 

Gambarnya kok hanya outline? Jangan-jangan gambarnya belum beres yah? Eits, jangan salah, ini namanya line art! Yuk simak penjelasan lengkap dan cara pembuatannya!

Instagram Punya Fitur Flipside, Apa Itu?



Satu fitur Instagram baru saja dirilis! 

Fitur ini bernama Flipside dan sudah mulai dirilis 25 Januari 2024.

Fitur ini disebut mirip dengan fungsi second account dimana pengguna memiliki akun rahasia di balik akun utama mereka. Bedanya, akun lain ini disediakan secara otomatis oleh Instagram, tanpa harus dibuat secara manual.

Ini Dia Judul Konten yang Bikin Orang Lanjut Baca



Jujur deh, apa sih yang membuat kamu memutuskan ingin membaca sebuah  cerpen, artikel atau novel?

Yup, karena tertarik dari judulnya! 

Peluang Lulus SNBP Lebih Besar dengan Ruangguru


   Aku memandang putri kecilku yang telah menginjak bangku terakhir SMA. Sebentar lagi, ia tak akan mengenakan seragam putih abu-abu kebanggaannya itu lagi.