Tuesday, June 3, 2014

TIGA BELAS KATA MUTIARA BUNG KARNO

Karena aku sempat salah mengutip sebuah Kata Mutiara dari Bung Karno, Presiden pertama RI, nah .. postingan ini untuk meralat status yang aku tuliskan di FB dan twitter kemaren yaa...

Presiden yang  fenomenal ini memang puitis dan terkenal sangat mencintai seni dan keindahan. Masih ingat kata-kata mutiara Putra Sang Fajar?

Kata Mutiara Soekarno Pertama
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa dan meneruskan perjuangan para pahlawannya. (Pidato Hari Pahlawan 10 November 1961).


Kata Mutiara Soekarno Ke-2
"Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia"” . (Bung Karno).


Kata Mutiara Soekarno Ke-3
"Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka".” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno).


Kata Mutiara Soekarno Ke-4
"Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba, tetaplah bersemangat elang rajawali"“. (Pidato HUT Proklamasi, 1949 Soekarno).


Kata Mutiara Soekarno Ke-5
"Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang".” (Pidato HUT Proklamasi 1966, Soekarno).


Kata Mutiara Soekarno Ke-6
"Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong"” (Pidato HUT Proklamasi, 1966 Bung Karno).


Kata Mutiara Soekarno Ke-7
"Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali.” ( Sarinah, hlm 17/18 Bung Karno).


Kata Mutiara Soekarno Ke-8
"Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai ! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat".” (Pidato HUT Proklamasi, 1950 Bung Karno).


Kata Mutiara Soekarno Ke-9
"Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” (Bung Karno).


Kata Mutiara Soekarno Ke-10
"Aku Lebih suka lukisan Samodra yang bergelombangnya memukul, mengebu-gebu, dari pada lukisan sawah yang adem ayem tentrem, “Kadyo siniram wayu sewindu lawase” (Pidato HUT Proklamasi 1964 Bung Karno).


Kata Mutiara Soekarno 11
“Apabila dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun” (Bung Karno)


Kata Mutiara Soekarno 12
“Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke! (Bung Karno)


Kata Mutiara Soekarno 13
“Kekeluargaan adalah suatu faham yang statis, tetapi gotong-royong menggambarkan satu usaha, satu amal, satu pekerjaan, yang dinamakan anggota terhormat Soekardjo satu karyo, satu gawe.
( Bung Karno)

4 comments:

  1. suka semua quotenya Siekarno tp yang paling sering aku baca itu yang no 2 mak "Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia".....suka banget sama yg ini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mak Hanna, kalimat itu membakar semangat kebangsaan kita ya.. wondering kapaaan bisa bikin quote sebagus ituuuu

      Delete
  2. Soekarno ini presiden trkeren menurutku..
    Gaya pakaiannya itu, khas bngt

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe sekarang belum ada yang menyamai yaa.. Rianda

      Delete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^