Tuesday, June 17, 2014

SEGEDE GABAN!

Jadi gitu, soalnya gini udah sering...

Pada suatu pagi yang cerah, burung ga berkicau karena mendung, dengan secangkir kopi susu dan sepiring tahu dan bakwan goreng (hasil palakan dari warung di atas) - gue nulis status dengan hashtag prediksi usia. 
Gw ambil dengan semena mena dari fakta4. com
Seperti biasa, 
kalo gw nulis status bisa dipastikan ada aja yang komen *kepedean*ditoyor.. 

Segede Gaban tu mirip dengan ungkapan “Segede Gambreng” atau kata “Segede Goblok” menunjukkan sesuatu yang besarnya luar biasa dan – saking besarnya – jadi ga masuk akal.

 Gak jelas juga sih, siapa yang mempopulerkan kata ini, tapi diduga kata ini pernah diucapkan oleh beberapa MC di televisi (entah Indra Bekti, Ivan Gunawan, atau Ruben Onsu)


Nih kalimat S-P-O-K nya : "Pokoknya tu burger segede gaban deh, perut gue ampe begah banged. Kekenyangan cuy!"

Sering main di Kaskus? Nah, disini sering dengar istilah "Gaban", kan?
Biasanya istilah tersebut muncul dalam kalimat yang menggambarkan suatu objek yang sangat besar, misalnya seperti ini; "Wah, mobilnya segede gaban."


Lalu apa itu Gaban? 

Singkatnya, Gaban adalah nama superhero asal Jepang. Lebih lanjut, Gaban adalah tokoh utama dalam serial TV bergenre Metal Heroes dengan judul Uchū Keiji Gyaban (Space Sheriff Gavan) yang pertama kali tayang di TV Asahi pada tahun 1982.
Tuh kendaraannya Gaban, namanya Dolgiran
Jadi, asal muasal kenapa Gaban lantas identik dengan sesuatu yang besar? 
Berterimakasihlah pada anak-anak pecinta filem Gaban, yang lantas mengendap dalam benak anak-anak kecil -yang lantas menjadi MC kondang seperti Ruben Onsu - Ivan Gunawan - Indra Bekti - Gading Marten - Indi Barens - Farhan yang emang kalo nge-MC celetukannya segar seperti es buah!

Sebenarnya, Gaban berukuran seperti manusia pada umumnya. Meski begitu, Gaban memiliki kendaraan yang memang pantas disebut "sangat besar".
Jadi, ungkapan "segede gaban" memang berasal dari besarnya kendaraan Gaban tersebut, bukan Gaban-nya yang gede, melainkan kendaraannya. 

Mungkin saja orang menyebut, "Mobilnya segede gaban", dengan maksud mobil tersebut dibandingkan dengan kendaraan milik Gaban, bukan dengan Gaban sendiri. Seiring waktu, orang yang tidak tahu tentang Gaban, akan mengasumsikan bahwa Gaban adalah sesuatu yang besar, padahal Gaban hanya seukuran manusia biasa (orang Jepang pada umumnya).

Oya, Gaban sempat muncul di salah satu film Warkop DKI (Dono, Kasino, Indro). Iya, meskipun hanya parodi, Alm. Dono ternyata bisa berubah menjadi Gaban dengan cara membaca mantra; Goban gabun goban gabun goban gabun gobaaan.... gabun :D 

Simak video berikut :

11 comments:

  1. Wow...ternyata gede banget ya
    Saya belum pernah lihat si gaban sih
    Terima kasih penjelasannya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhirnyaaa pakde mampir buat liat si gaban

      Delete
  2. Replies
    1. gara-gara pakde nanya gaban apaan siiih...

      Delete
  3. Nah berarti commentku kpn hari bener... klo Gaban tuh tokoh animasi dr Jepang itu....tp yg gede kendaraannya ya makkk...
    Ya iyalah klo gede gabannya ntar kyk naik kuda luping ya....hihihi...

    ReplyDelete
  4. salah kapraaah atau biar gampang yaak..segede gabaaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kan istilah mbak Astin Astanti ^^

      Delete
  5. Ehh Gaban ini acara favorit eike jaman kecil..kl ga salah sekitar kelas 1 SD mbak..
    Hidup Gaban!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa ampyuuun.... masih unyu unyu banget dong yaa waktu nontooon.... *hidup Gabaaan!

      Delete
  6. oh ternyata Gaban itu robot ya.. oh iya Te.. saya juga tertarik dengan istilah atau ungkapan bahasa Indonesia yg tidak biasa.. :) Kalau mau nyari ungkapan2 itu mesti ke perpusDa ya?

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^