Monday, July 21, 2014

KEHILANGAN = IKHLAS = PENGGANTIAN!

Ikhlas pada hakekatnya adalah BERSERAH DIRI, 
yaitu berserah diri kepada Yang Maha Kuasa, 
dan menyelaraskan hidup kita dengan alam sekitar kita.

Rumus baku di atas tuh bukan sekedar main-main, kawan. 


Alkisah....
si Neng kehilangan ATM - yang ada isinya tentu, kalo saldonya jebot sih ngapain di share di mari ya gak ya gak.... Coba Neng, ceritain kronologis dan run down ceritanya (aish.. emangnya acara >_< ) 

1. Neng jalan-jalan ke pasar
2. Tarik tunai di ATM Bersama Pasar Kelapa Dua
3. Sesudah ...  5 hari kemudian, baru sadar bahwa kartu ATM ga ada
4. Buru buru ke bank terdekat
5. Dan... uangnya sudah lenyap

Sedih? Hyaa eyalaaah.. secara ngumpulin tu duit setengah hari kerja keras - setengah hari tidur - main -ngeblog- makan -makan dan makan (ups, banyak amir makannya) ...dan rencananya tu duit emang untuk tujuan yang mulia Insya Allah.. amiien yra...

Usaha mencari? Tentu saja. Mulai dari lapor kehilangan polisi, perintah untuk membuka CCTV di ATM yang bersangkutan, misuh-misuh, curcol ke grup WA (alhamdulillah, banyak teman yang menyemangati hingga buka japri khusus demi menghiburku) - BBM dan suami, hingga melototin CS Bank. Yang terakhir ga penting banget, abaikan..

The point is, 
sakit hati, nangis sampe gulung koming udah dilakonin tetep aja tu duit gak balik. Daripada nangis, sedih, stress dan tu duit tetap lenyap, mending berpikir positip, kan? (Walopun aku ngaku sepenuh jiwa, berpikir positip tu syusyaaah dalam kamus orang yang sedang susah hati.)

So? Aku cari tempat yang sepi.  Untunglah anak-anak sedang di sekolah, dan kupejamkan mata, tarik napas dalam, dan me-rewind kejadian barusan dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Dan.. tadaaaa... kuaktifkan syaraf ikhlas dengan memencet sebuah tombol ikhlas bernama : SENYUM. *believe me, tombol ikhlas yang ON dengan senyuman tu worthed! Dengan senyum yang mengembang perlahan, aku berdoa kepada Allah Yang Maha Pemilik Segala, 
" Yaa Allah, aku tahu Kau sayaaang sekali padaku, hingga Kau ijinkan alam semesta memberi sebuah pelajaran berharga ini padaku. Semoga yang mengambil uang memang dalam kondisi maha sulit sehingga kehadiran uang tersebut bisa membantu. Dan membuatku semakin aware dan hati-hati bertindak di kemudian hari.

Jika uang ini memang milikku, dan kebetulan untuk menuju ke jumlah tertentu yang aku inginkan (untuk TUJUAN.... tersebut) kurang, aku percaya, sesudah ini KekayaanMU yang tak terhingga dan tak berbatas hingga ke kaki langit ini memberi ganti yang maha dahsyat. Dalam tempo yang tidak terlalu lama, dan dari arah yang tak bisa kuduga. "
Jenis doa ini adalah jenis doa manusia galau abis, jadi redaksionalnya ancur-ancuran, *kedip-kedip malaikat pembawa doa

Setelah berdoa, aku segera membereskan rumah dan meja komputer yang udah beberapa hari ini kucuekin (karena si empunya sedang wara wiri ikutan press conference, product launching, etc.) Dan, selesailah tiga artikel sekaligus!

Sorenya aku bukber di beberapa tempat. Undangan menghadiri bukber emang sedang getol-getolnya lately. Haha hihi saat kopdar dengan rekan media ternyata membantu loh. Aku jadi punya obat pelipur lara...


Jenis kopdar imut - soalnya duduk di sebelah mak Myra Sahid yang anggun
Jenis kopdar guru/trainer - yang sebagian besar koplak juga :p-
Jenis kopdar ama temen blogger gila tersayang
Jenis kopdar berhadiah payung
Jenis kopdar ama tim horee makan sate ama main ice skating
Jenis kopdar bertabur sponsor
Beberapa hari kemudian, *jiaaah bahasanyaa... seorang teman yang selama ini hanya berkontak dengan suamiku via telepon, datang ke rumah. 

Setelah bicara ngalor ngidul, dengan wajah serius ia bertanya, "Gimana usaha sekarang, Bang? Kalau lihat Abang dan Kakak kayaknya sukses nih.. si Kakak jalan-jalan terus, hehe.."

Dia gak tau aja, aku jalan-jalan gretong.. :D


Singkat cerita,
ia menawarkan seluruh barang dagangannya -berupa seperangkat aksesoris mobil termasuk AC, TV dan lain-lain- senilai sebuah rumah sederhana di bilangan Tangerang (silakan nebak sendiri angkanya  >_< ) 

Membuat aku dan suami melongo, antara bengong takjub tak percaya plus mikir, "Ni orang gila kali yaa..."


Setelah tu tamu pulang, aku sujud syukur. Betapa mudahnya Allah mengambil atau mengganti segala sesuatu yang ada di dunia ini!  

Bayangin, aku kehilangan sejumlah tertentu, dan diganti dengan kemudahan usaha bernilai puluhan kali lipat dari apa yang telah kuikhlaskan hilang!

Doaku sekarang sih, mudah-mudahan kami bisa kerja keras untuk mendapatkan sejumlah uang demi tercapainya TUJUAN kami itu - yang tentunya sekarang Insya Allah lebih mudah diraih... *tersenyum lega

Keberuntungan? Kebetulan?

"The universe said, there is no coincidence in this lovely world.." 
- anonymous-

“It's hard to believe in coincidence, but it's even harder to believe in anything else.” 

John Green, Will Grayson, Will Grayson 


So, guys and gals-nya mustang (baca:masteng)... 
terlepas dari aku yang gak prosedural, teledor (walopun perasaan dah hati hati pake bingit) atau emang nasib satu saat kita kudu melepaskan sesuatu yang berharga yang kita miliki, ada satu JAWABAN + SOLUSI UNIVERSAL di balik semua itu.

Di bulan Ramadhan ini, daku juga mohon keikhlasan teman-teman yaa -baik yang beragama muslim dan non-muslim - buat maapin aku yang kadang nyolotin -biarpun imut- dan aku juga maapin diri sendiri plus teman-teman...

Semoga ibadah kita di bulan suci ini barokah! 

Mohon maaf lahir bathin, maapin aye kalo ada salah kate, salah nulis atopun salah milih Presiden!

23 comments:

  1. Eaaa.. derita samaan tuh mak.. untungnya duitnya kaga banyak.. cuma yaitu tadi proses bikin ATM baru itu yang makan waktu "buat saya" Dan taraaam sampai sekarang-pun isi ATM ga di isi-isi hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaa??? share aku dong mbak julay jo ttg kehilanganmu ituuuuu....

      Delete
  2. Kemarin kartu ATM juga tertelan mesin, tapi uangnya nggak amblas
    Btul, kalau kita ikhlas Insya Allah berakhir baik.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah pakde,
      berkat doa pakde dan teman teman semua... sayang ga ada potonyah kopdar ama pakdeeee

      Delete
  3. Setuju banget, Mak.

    Kita gak pernah tau akan diganti seperti apa. Ikhlas itu kuncinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nyaris ga percaya akan secepat itu dapat penggantinya, :D walopun dalam bentuk yang berbeda

      Delete
  4. sebenarnya ini isi postingan berat ye, tapi berhubung si Mak Neng nulisnya pake bahasa imut2, jadina saya cengir2 sendiri tapi ga gila lho :D.

    bener banget, Mak. harus ikhlas ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Ermayani Novia,

      sumpaaaah kalo liat pas aku sedang kehilangan - matanya bengkak trus mulutnya mencucu gitu pasti prihatiiiin banget, ini anak kok gembel amat :p

      Delete
  5. Mau protesss. Masa kamu foto denganku caption kopdar dengan blogger gila tersayang. Balik ah Blogger tersayang yang gila. (Beda ne opa? Ya wish. Ikhlas dan senyum. Maknyus. Love u

    ReplyDelete
    Replies
    1. kikikiiiiiikkkkkkk----- ketawa ala ... hiiiyyyy

      Delete
    2. U know mak Icha,

      having u - pakde - blogger koplak maupun blogger imut sekelas Chi - Myra Anastasia membuatku bersyukur, bahwa aku kayaaaaaa

      Delete
  6. Tidaklah Allah menciptakan sesuatu itu dengan kesia-siaan.. Selalu ada makna di balik setiap kejadian. Dan yg membedakan setiap orang itu adalah dalam bagaimana ia menyikapi peristiwa tersebut. Alhamdulillah, Mbak Tanti bisa menghadapinya dengan positif sehingga hasilnya pun positif..

    Terima kasih Mbak sudah menceritakannya di sini sehingga menjadi inspirasi bagi kita yang membacanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih Uda Vizon, semoga hubungan persaudaraan kita awet dan langgeng yaaa

      sekali lagi maapin ayeeeee

      Delete
  7. Alloh itu maha Baik ya mak. Kita tidak pernah tahu apa rencana indah Nya #selfreminder
    Bikin ngakak tuh mak your last statement. Salah nulis atopun salah milih presiden. Jiaah... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh, kalo kita PERCAYA bahwa semua itu baik untuk kita mbak Indaaaah

      syukurlah kalo sukses bikin dikau ngikik :D

      Delete
  8. Tuhan akan mengganti kehilangan uang atau barang kita, dengan sesuatu yang berlebih justru.. Saya juga pernah mengalaminya Mbak,... : )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih Ekaa yang cantik dan baik hati
      Cerita dong Eka, dan share ke aku yaaa.. mention!

      Delete
  9. Tadinya udah punya komen yang serius membaca artikelmu, Mak. Tapi ujungnya itu lho, "...maapin aye kalo ada salah kate, salah nulis atopun salah milih Presiden!", jadi ngikik dan lupa deh dengan semua yang sudah ada di dalam pikiran. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh jangan keras keras, mbak Alaika... entar aku dikira masih kampanye :D

      Delete
  10. Mbak Tanti masih mending1 ATM doang..pas umrah kemarin aku keilangan 1dompet mbsk yg isinya 3ATM KTP n SIM ada 200 USD n beberapa ratus real...aku yg udah kebayang mo bli oleh2 bli emas nangis guling2 mak masjidil haram aku puterin ga ketemu jg. Setelah capek nangis n mengasihani diri aku pasrahin smua ma Allah.meskipun acara belanja gagal masih bisa ibadah dgn tenang.
    Anggep aja kehilangan kita sadaqah mbak insyaallah diganti berlipat ganda ma Allah ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaghfirullaaaah...............

      mbak Muna, yang ikhlas juga yaaa sayang, Insya Allah diganti dengan cepat secepat kilat.. whoosh!
      Kalo aku yang mengalami itu, aku juga pasti stress banget :(

      Delete
  11. iya iyaaa...saya maapin klo salah milih presiden, manusiawi koq *muka datar

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^