Tuesday, July 22, 2014

MOZILLA & BECOME MOZILLIAN

FAKTA DI BALIK MOZILLA
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan pernah dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platform gratisan (nah loh apaan tuh!)  alias web browser yang dikembangkan oleh Mozilla Co. dan dibantu ratusan sukarelawan.
Yup. Kalo kemaren aku ga dapat undangan untuk menghadiri acara ini, aku tidak akan pernah tahu, bahwa :
  1. Mozilla dan Firefox adalah dua perusahaan berbeda
  2. Mozilla berbasis ratusan bahkan mungkin saat ini berbasis ribuan volunteer alias sukarelawan dengan sebutan Mozillian dan sebagai perwakilan Mozilla pusat diberi sebutan MozRep.
  3. Mozilla murni adalah satu usaha web browser tak berbayar, hingga kalo kita mengunggah aplikasi pun TAK BAYAR alias GRATIIISSSS
  4. Mozilla tu organisasi non profit sementara Firefox adalah situs perambannya!
Tonton dulu yuk, videonya .. ini berisi tentang prinsip Mozilla dan sikap para  Mozillian.

MOZILLA & 4 tools- nya 
Dari wikipedia, kutahu bahwa Mozilla bertujuan mengembangkan sebuah peramban web yang kecil, cepat, sederhana melalui Firefox. Kenapa Firefox? karena Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya. Umm.. untuk issue terakhir ini sila cross check juga ke Microsoft sebagai pendukung web browser-nya yaaa....
Btw, Mozilla sendiri menjanjikan kemudahan untuk para penggunanya dengan menghadirkan 4 tools yang terdiri dari : thimble, X-ray goggles, popcorn maker dan webmaker.


Eh tadi sempet bilang tentang Mozrep atau Mozillian, apa kita bisa juga menjadi seperti mereka?
Tentu saja. Basis sukarelawan Mozilla ini juga berasal dari kalangan atau status apa saja, gak harus berbasis IT. Seperti pemandu kami hari itu, Rara (Irayani Queency) yang akun twitternya @rara79 *halah.. ia notabene adalah seorang dokter gigi.

Dengan wajah ceria, ia memandu acara dengan semangat dan ramah, mengarahkan para Mozrep (perwakilan Mozilla) untuk memberi arahan maupun berbagi ilmu webmaker.

Oh ya, kontributor yang bertugas hari itu ada : @fauzanalfie - @kemiri - @rara79 - @yofiesetiawan dan.. sorry guys.. lupa..
Nah, ini beberapa aplikasi yang bisa aku share...
1. Buka https://party.webmaker.org/
Gunanya untuk membuat web sederhana. Dibantu dengan 3 tools webmaker plus satu aplikasi (Appmaker) maka kita gak cuman jadi pengguna namun sekaligus pembuat web!

2. Thimble
Thimble gunanya untuk membuat web sederhana. Kamu bisa bikin kartu ucapan, bikin poster dan me re-mix isi satu laman web! Cuanggih neeek.. 
Caranya? Edit HTML dan CSS, dan kalo pusing dengan kode-kodenya, buka ajah cheat sheet-nya. 

3. X-Ray Goggles
Seperti namanya, X-Ray Goggles memungkinkan kita melihat susunan blok yang membangun situs web di internet. 

Goggles atau kacamatanya berguna untuk memeriksa kode di balik halaman web apapun. Kita bisa mengolah ulang elemen-elemen di sebuah laman web dengan mengganti teks dan gambarnya. Seperti meng-create ulang satu berita!

Jangan khawatir, hasil karya atau editan dari X-Ray Goggles ini bisa kelacak karena ada tulisannya bahwa hasil tersebut berasal mozilla web maker ha ha...

4. Popcorn Maker

Seperti namanya, Popcorn Maker tu berasal dari pop-up gambar-gambar - yang lalu disatukan hingga membentuk sebuah video. Ingat ama Arya Wiguna atau Jeremy Teti yang booming di youtube dengan jargon konyol mereka, kan? 
Nah, kita bisa tuh bikin pop-up video dengan menyunting satu per satu gambar dari flickr, soundcloud, vimeo, animasi gif dari giphy dan HTML 5 lantas dijadikan dalam satu file. 

Tutorialnya bisa dicek di :  http://www.youtube.com/watch?v=5HL99APytSY


5. Appmaker
Appmaker adalah alat pembuat aplikasi tanpa harus coding seperti yang dilakukan para programmer. 


Dengan appmaker, kita bisa jadikan aplikasi langsung pakai -bahkan pada Mobile app- tapi online karena terhubung dengan webmaker tools.



Karena masih ada acara di Alam Sutera, maka saya berkejaran dengan waktu, walhasil saya tak bisa mengikuti hingga usai acara partymaker. Thanks to BRid dan Mozilla untuk undangannya.



Next time, saya berharap ada tutorial atau panduan -entah berupa email atau lembaran kertas- sebelum acara dimulai, sehingga saat partymaker kita bisa mencoba langsung, dan tidak membuang-buang waktu.


11 comments:

  1. wah, saia baru tahu kalau firefox dan moziila tnyata berbeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mozilla tuh atapnya, kalo Firefox dindingnya :D

      Delete
  2. wah keren euy! ayo terus berbagi ilmu, biar emak2 lain sepertiku engga gaptek lagi, piiss :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu.... aku bikin details nya yak abis iniiiii

      Delete
  3. ane gaptek neh..ternyata beda yak, saling melengkapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he... ikutan yuuk daftar jadi mozillian sekalian!

      Delete
  4. "Next time, saya berharap ada tutorial atau panduan -entah berupa email atau lembaran kertas- sebelum acara dimulai, sehingga saat partymaker kita bisa mencoba langsung, dan tidak membuang-buang waktu."

    Sehari apa dua hari sebelumnya, saya sudah mengirimkan email ke seluruh peserta agar dapat membaca bahasan yang akan dijelaskan pada hari H loh :)

    Coba dicek emailnya. amelia_tanti at yahoo dot com tuh :)

    Oh iya, MakerParty, bukan partymaker :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya step by step nya mbak Rara.

      Delete
  5. Trims sudah hadir kemarin ya!

    Sekedar koreksi, akun saya yang benar itu @fauzanalfi ;)

    ReplyDelete
  6. saya baru tau sebatas firefox nya ajah :D

    ReplyDelete
  7. Menimba ilmu. Seru dong acaranya! :D

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^