Monday, December 15, 2014

REVIEW MY BLOG! BY ME!

Seorang sahabat blogger yang terkenal bijak tanpa sok menggurui, selalu membuat postingan menggelitik tanpa harus ada yang merasa dikritisi, kali ini membuat give away unik. Alih-alih mereview blog si pembuat giveaway, kita disuruh berkelana dan menembus isi blog pribadi kita secara jujur.
Refleksi. Mengapa harus ada refleksi?
Secara arti kata, refleksi berarti cermin. Bayangan. Satu saat penting ketika hendak melangkah keluar dan membutuhkan gambaran diri. Hal ini yang rupanya ingin diingatkan kembali oleh om Nh. Jujur bicara namun sopan dalam bertutur kata, terutama di dunia maya.

Judul postingan yang paling berkesan dalam blog 
Saya mulai ngeblog sejak November 2013, jadi posting paling berkesan selama setahun ini adalah yang berjudul Sasak Rambut Jeng Irma Tak Cukup Tinggi.

Alasannya?
Saat itu, entah kenapa aku menjadi marah dengan fenomena tertentu -ekonomi dan hutang, khususnya. Setelah itu semua meluap dalam bentuk tulisan, rasanya legaaa...

Latar belakang artikel tercipta
Seperti biasa, emosi meluap adalah satu mood buster efektif. Saat itu sudah pukul 21.00 dan anak-anak sudah tidur. Saya dan suami masih berbincang, ketika telepon suami berbunyi. 

Isinya tentang seorang sahabat yang sedang kesulitan ekonomi. Ia meminjam uang untuk membayar kontrakan rumah kepada kakak kandungnya, yang notabene seorang pejabat teras, entah teras rumah siapa. Karena meminjam dengan nominal tak sampai dua tangan, ia merasa sang kakak akan memberi kelonggaran waktu.
taken from the album of arisan
Apa daya, istri sang kakak keberatan!
Sehingga ia sekarang dikejar-kejar siang malam. Dan, tebak... uangnya untuk apaaa? Untuk membayar sesuatu yang ga penting. Ga banget! Arisan, sodara-sodara! Dan ini pun bukan arisan sembako atau something like that. Ini untuk arisan kesekian dengan nominal seharga uang muka kendaraan. See!

Berapa lama aku membuatnya? Dimana?
Actually, posting ini tercipta pada satu malam. Di atas laptop di tempat tidur. Dengan sangat 'ajaib' selesai dalam tempo setengah jam, walaupun setelah itu melalui proses editing berulang kali. 

Kelemahan tulisanku
pada saat itu, tentu saja karena posting itu terburu-buru, bukan karena deadline tapi lebih karena aku sedang into the mood ya.. *tertawa lebar* pasti isinya kurang 'greng'.. gitu!


Manfaat dari menulis posting itu
buatku, sejak aku memposting tulisan yang murni dari isi kepalaku dan ternyata bisa.. well, aku jadi semakin pede. Walopun aku gak bisa menyemprot oknum -yang kukenal baik- tersebut, minimal aku bisa menuangkan isi hati, tanpa membuat pihak lain marah. 

Mana tahu, satu saat beliau membaca pun -dan aku yakin beliau tetep ga ngerasa- bisa saja terbuka mata hatinya, amiien. Poin lain? Aku jadi semakin mawas diri. Jika seandainya aku berada di pihak yang ini dan itu, maka aku akan...bla bla bla... Sekian.

So, thanks to om Nh yang telah membuat giveaway ciamik ini. Refleksi diri membuat kita berkaca, tidak hanya pada kecantikan muka saja namun juga pada tingkah laku.





13 comments:

  1. heheheee, sekian yo Mak Tanti....jadi pingin baca postinganmu yang dibuat dalam waktu singkat nyaingi dateline ntuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaaa.. silakaaan jeng tuh ada di atas linknya hihi.. monggoooo

      Delete
  2. Om NH emang luar biasa ya mak. Good luck utk GA-nya.
    bukanbocahbiasa dot com

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul betul... makasih yaa dah mampir, aku tadi sempet nengok sedang ada lomba blog nanosystema ya?
      ku kok ndak tahu :D

      Delete
  3. wow... aku ikut terkesima setelah mengetahui latar belakang dibuatnya tulisan itu. Ada ya kejadian kayak gitu... ckckck....

    ReplyDelete
  4. Mbak Reni, iya itu mbak... makanya langsung jadi aja tuh tulisan. Aneh ya.. saat itu serasa ada di ujung jari jariku!

    ReplyDelete
  5. Saya datang dan sudah membaca “Self Reflection” di blog ini
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut lomba saya ya
    Semoga sukses

    Salam saya
    #60

    ReplyDelete
  6. kayaknya aku prnah baca postingan tersebut. Jadi uangnya bukan utk hal urgent but something ....waste time deeh...Tengkyu sudah memberikan nilai2 moril dlm postingan kerenmu mak. Sukses utk GA-nya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, makanya itu tulisan tercipta dalam sekejab!

      Delete
  7. Saya telat mba, gak bisa ikutan nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waa.. next time kudu sering sering tengok info GA yaaa

      Delete
  8. wah...susah lho nulis ini...menilai dan menganalisis blog sendiri..:)

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^