Sunday, December 14, 2014

MAKAN NASI GOBANG KHAS YOGYA

"Makan di gobang, yuk!" ajak seorang rekan blogger.
"Gobang? Apalagi tuh? Sejenis kreweng?" tanyaku wagu.
"Eh.. bukan! Itu nama masakan yang sedang hip di Yogya!" serunya sewot.

Hmm.. beklah.. terkenal kaya rempah, tak heran Indonesia memiliki ragam kuliner melimpah. Apalagi  di beberapa daerah wisata seperti Yogyakarta.

courtesy of ayomakan.web.id
Sebagai one of the most popular destination in Indonesia, Yogya menyajikan aneka masakan daerah khas Jawa Tengah yang sebagian telah dimodifikasi. Sebut saja, ada angkringan sego kucing, oseng mercon, gudheg Wijilan, mangut lele, sate kere, sate klatak. Semua menjanjikan keunikan dan kenikmatan indra pengecapan!


Nah, dalam perjalananku kali ini ke Yogya, si blogger yang cantik ini *ahem.. menawarkan untuk makan di resto unik milik Dina Naimar. Terletak di Jl. Imogiri Timur km. 7,5 Grojogan Bantul, Warung Nasi Merah Gobang yang berdiri sejak November 2012 adalah satu usaha keluarga. Ada satu usaha pembuatan kerajinan kulit juga di area yang sama. 

Parkir Warung Nasi Merah Gobang ini cukup luas, bisa menampung sekitar 12 kendaraan (di luar dan dalam pekarangan). Namun jangan tanya pelanggannya. Perhari, resto ini menyediakan sejumlah 400 kotak nasi untuk dibawa oleh bus wisata yang sudah mengenal baik kelezatan masakannya.

Dengan kapasitas 50 pax, tempat ini sering dijadikan tempat pertemuan, arisan, dan ulang tahun. Fasilitas parkirnya juga luas. Dilengkapi dengan kamar mandi yang bersih (psst.. aku mandi di situ!) dan mushola yang nyaman. Oya, pas datang, kita bisa milih mau minum teh poci atawa kopi tubruk, loh. Nikmaat sekali... 
Teh poci yang tersedia dengan gula batu
Apa saja sajian di Warung Nasi Merah Gobang?
Menu utama adalah Sego Abang (Nasi Merah). Apa sih itu? Beras merah tanpa campuran ditanak dengan kuali tanah liat yang dimasak menggunakan  arang sehingga menghasilkan rasa yang khas. Laiknya resto di daerah Jawa, maka aneka pepesan juga tersedia.

Sajian ini dilengkapi oleh ayam bakar gobang kampung dan sayur daun pepaya, khas Jawa Tengah. Ayamnya telah direbus terlebih dahulu dengan sejumlah rempah sehingga bumbunya meresap. Manis dan gurih. Kulit ayam bakar yang merah kecoklatan adalah karena proses dipanggang dengan menggunakan campuran kecap bercampur gula merah. Berpadu dengan sayur daun pepaya yang tak terlalu pahit dan pedas. 

Jangan lupa dengan tempe yang dibungkus daunnya. Ada sedikit bau sangit khas tempe daun, dan sebelum digoreng telah direndam dalam larutan ketumbar dan garam. Duh, rasanya itu.. gurih dan nikmaat sekali, dicocol dengan sambal terasi. Mak nyuuusss...!
So, kalo satu saat mampir ke Yogyes, datang ya ke Sego Abang dengan berbagai pilihan lauk yang rasanya benar-benar khas Yogya ini. Oh ya, mengenai harganya? Semua sajian komplit di atas bisa dinikmati mulai dari 5K - 50K saja! 

Warung Nasi Merah GOBANG

Jl. Imogiri Timur km 7,5 Grojogan Bantul

Telp. 0274-783 9890 / 085 643 125 365

26 comments:

  1. enak bingits kayaknya ya mba..terutama pengin daun pepayanya tuh plus tempe bunthel daun ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku terkesan dengan tempenya! Iyaaa... tempenya special loh, ga tau kenapa ada bau sangit tapi sedap yang bikin ketagihan!

      Nanti mampir yaa kalau dolan ke Imogiri

      Delete
    2. Tempemya...... Aku mau.... *hikz...

      Nanti kalo kejogja kudu nyobain m

      Delete
    3. tak bikinin di sini mau ndak *rasa dijamin tempe :p

      Delete
  2. wih mak enaknya, pengen banget nih nasi merahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Dwi, nasi merah nya gak pera loh, rasanya juga gurih... nti mampir ya klo k sini

      Delete
  3. 😱😱😱enak e ya jateng makanane murah2 enak dan banyakkkk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih, pokoke kulinere uenak uenak .. yang bule-bule bareng kita aja jadi pada doyan sambel kok!

      Delete
  4. Muak nyuuuussss... Kapan hari kami2 gerebek KPK juga di Bebek Harissa Suroboyo mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuh, kalo bebek dan SUroboyo nyeraaah... pasti mak nyusss juga!

      Delete
  5. Pengen nyobain pas ke Jogja, tapi jauh ya ama Sleman :3

    ReplyDelete
  6. Ish baru tahu di Jogja ada resto ini. Perlu dicoba nih

    ReplyDelete
  7. tak kira gobang itu..nasi goreng bawang..
    ternya sego abang kalau bahasa indonya nasi merah..hehe
    dari penampakannya sih sepertinya menggiurkan plus menyehatkan, jd gk sabar untuk mengicipinya :D

    ReplyDelete
  8. yah..padahal kemarin bulan desember ke yogya..tp gk mampir ke Warung Nasi Merah Gobang.. :(
    dilihat dri menu2nya rasanya pasti enak dan sehat..hehe

    ReplyDelete
  9. Halo Om dan Tante. Mau berbagi info seputar peluang usaha rumah makan atau resto nih. Bagi yang kesulitan untuk mencari Box makanan yang kuat menahan air dan minyak dapat menghubungi kami di sini.

    ReplyDelete
  10. wah belom pernah nyobak makan nasi gobang nih... :D

    ReplyDelete
  11. Nasi gobang? Aku belum pernah cobain tuh...
    Ntar aku coba deh... mantep tuh kayaknya makanannya. :D

    ReplyDelete
  12. wow asik bangett :D ...
    pengen nyoba nasgornya

    ReplyDelete
  13. wow.... nasi gorengnya enak tuh....

    ReplyDelete
  14. udah lama gk makan nasi goreng nih :(

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. pingin cobanin deh nasinya.. pengen ke jogja juga penasaran hehe

    ReplyDelete
  18. ayam bakar gobang emang enak sih, lebih enak an lagi kalau di kota saya ada cabangnya, hehehe

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^