Tuesday, June 7, 2016

EAT TRAVEL DOODLE, YUK KITA NGE-DOODLE SAMBIL MAKAN EN JALAN-JALAN!

DOODLE, HOBBY YANG MEMBAWA BERKAH!

Panas dingin. Gemeteran.
Itu sensasi yang aku dapat waktu dapat inbox dari seorang blogger Malaysia, yang akrab disapa Sham. Aku terpilih jadi salah satu doodle blogger untuk event Eat, Travel and Doodle yang diselenggarakan oleh Gaya Travel Magazine, Tourism Minister of Malaysia dan Tourism Malaysia.

Bayangin, sesudah dapat "cubitan: dari blogger baik hati yang sering aku bully, Anazkia (maap ya Naaaazzz, udah panggilan jiwa), aku mencoba nge-doodle selama hampir 2 minggu. Gambar-gambar itu kemudian seliweran deh, di sosial media.


Dan, tadaaa.. akhirnya aku, Winda Krisnadefa si Emak "ter" Gaoel dan Diadjeng Laraswati terpilih bisa berangkat ke Kuala Lumpur. Halah. Jangan dihitung yang jeng Olip, loh.. dia mah soasialitanya traveller bloggers. Kami semua bersama dengan bloggers dan media dari Philipine, Brunei, UK dan Malaysia akan ber- #eattraveldoodle selama 5 hari!



Kali ini, selain sebagai pribadi, aku juga mewakili Komunitas Emak Blogger dan illustrator Penulis Bacaan Anak (sok-sokan padahal belum tentu diakui kedua komunitas itu °--°) dan alhamdulillah teman-teman mendukung. Udahlah pasport habis sejak kapan tau, plus uang saku minim. Bismillah aja jadinya!

Kami bertiga langsung membuat grup untuk koordinasi. Padahal sesudah koordinasi tetep aja pergi mah sendiri-sendiri! Mak Winda dan jeng Olyvia Bendon naik Air Asia, mbak Ajeng naik Malindo dan aku yang sempat bingung karena udah pesan tiket Lion Air berubah jadi KLM at last minute.

Oke fixed. Sesudah sempat lumutan di bandara nunggu Emak Gaoel dan ternyata dia beda terminal *wakwaaaw* aku bergegas masuk dan check-in counter. Sesudah ngopi kilat sendirian dan sholat magrib trus cuuus masuk ke pesawat, which is... hampir semua penumpang udah duduk manis di seat mereka. Ternyata KLM on time banget! Kalo ketinggalan ya dadah bubay gitu.

TIBA DI KLIA 
So. 1 jam 35 menit kemudian, KLM mendarat di KLIA. Aiiih.. senangnya hatikuuu.. biasanya aku gak pernah keluyuran sendirian kek gini. Dulu waktu keliling ke Beijing, Hongkong dan entah ke mana aja, ama teman-teman sekantor, aku dikawal ketat sama Ibuku!


Pukul 23.30 waktu Malaysia, aku sudah mendarat dan antri ke KLIA 1 untuk mengambil bagasi. Keren yah konsepnya, untuk ke terminal satu ini, kita wajib naik train lagi. Mbok ya bandara Soeta bikin kayak gini... 

Nah, sesudah semua rapi, aku keluar dan celingukan karena tidak ada yang jemput. Langsung aja gerak cepat, ganti kartu dengan kartu Maxis dan kontak mbak Ajeng. Disarankan sama mbak Ajeng ga usah nungguin Winda dkk. Untung udah donlot Uber. Panitia memang sudah mengingatkan untuk tidak memakai taxi bandara kecuali terpaksa.


Alhamdulillah, aku dapat driver yang baek banget. Karena sementara kita ditampung di Ancasa Hotel, dan sudah malam banget, si pak driver ini bertanya dulu ke resepsionis, memastikan bahwa namaku memang terdaftar di situ. Bahkan saking baiknya dia janji mau mengantar kembali ke bandara!

Fiuuh.. senangnya, sampe di kamar! Langsung mandi, sholat dan gubrak tidur lelap sampe pagi, setelah ngobrol ngalor ngidul sebentar ama mbak Ajeng. Apa coba obrolan kita? Sakelar dengan colokan 3!

Yoiiii, feel very stupid, karena gak inget untuk bawa colokan yang tiga!

Well... karena inget besok dan 3 hari ke depan itinerary-nya cukup padat, aku memaksa tidur dengan bermandikan minyak kayu putih seluruh badan. Iya, kebiasaan kalo gak bisa tidur, udah mandi dan gosok-gosok lagi pake minyak ajaib ini.

APA SIH, EAT TRAVEL DOODLE?

Jadi program Eat Travel Doodle adalah rangkaian kegiatan promosi wisata Malaysia yang digagas oleh Kementrian Pelancongan dan Kebudayaan Malaysia. Tahun ini, mereka menggagas tema Eat Travel Doodle berkolaborasi dengan Tourism Malaysia dan Gaya Travel.

Tujuan kali ini adalah menaikkan promosi kegiatan tahunan Royal Floria dan Magic of The Night di kawasan Putrajaya. 

Untuk event ini, Eat Travel Doodle mengundang 35 awak media, bloggers dan doodlers dari kawasan ASEAN dan Inggris. 

Siapa aja pesertanya?
Indonesia diwakilkan oleh Olyvia Bendon, Tanti Amelia, Winda Krisnadefa dan Diadjeng Laraswati, plus MQTV Bandung (Eka Sumadji, Wisnu Supraba, Adi Rustandi dan Niah Ramdhana). 

Philipine ada 2 orang, Edgar dan Lloyd, Brunei diwakilkan media (jadi best friend ai kemudian hari, Lina) dan UK ... errr.. maaf, aku lupa namanya. Selain itu beberapa seleb blog Malaysia seperti Marini, Emily Zu, Hilmi, Puteri, Adela dan para fotografer keren.

Untuk para ilustrator Malaysia, nama-nama doodlers beken seperti Pelukis Jiwa aka Hasif dan Ren - Itsrenjer, Lily dan travel.doodle serta panitia si imut Adella Roslan yang nama kerennya Syzadels (coba cek instagramnya, pingin pingsan saking baguuusssnya), menjadi penonton kami yang datang dari jauh. 

Event Eat Travel Doodle ini diresmikan pada pagi harinya tanggal 27 Mei 2016 di KL Tower oleh Pengarah Bagian Domestik Tourism Malaysia, yaitu Encik Iskandar Mirza M. Yusof. Beliau didampingi CEO dan Editor in Chief Gaya Travel Magazine, Nuar Al Awwal dan Juhan Kamarudin.

Dengan bahasa Inggris pasif banget, plus nguping Winda, kutahu bahwa tahun 2016 ini, program promosi wisatanya terinspirasi oleh film Eat, Pray and Love yang pemerannya sahabat akrabku, Julia Roberts *keselek sendal*

Sebagai media ekspresi yang happening belakangan, art and doodle menjadi satu alat promosi wisata yang cukup menarik perhatian semua kalangan. 

Aku sih masih pingin bikin postingan jalan-jalan aku ke tempat-tempat menarik di itinerary, tapi gak di blog ini doang yaa... aku bikin postingnya juga di website emak2blogger.com. 

Nah, kalo posting ini aku cuman mau unggah gambar-gambar keren peserta doodle yang "lolos uji kelayakan" - except me, because I'm just lucky hihihi.. enjoy it... *ati-ati ngences*

1. Tanti Amelia - @tantinamelia 


2. Winda Krisnadefa - @emakgaoel




3. Diadjeng Laraswati - @dlaraswati


4. Eka Sumadji - @sayasenangjalan 

5. Lily -@lilyriani.travelholic


6. Si @pelukisjiwa aka Hasif Azizan


7. Itsrenjer - @doodlebyren atau Ren
(ini mah seleb beneran, tak sepadan karyaku dengan karyanya.. hiks *take a bow for Ren*)



8. Sufyan Hadi Ayyub - @travel.doodle


9. @Swaarini



17 comments:

  1. Mak Tanti, blogmu keren banget, postingannya juga seru.....terimakasih, ajarin aku ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah! mbak Ajeng bikin aku melayang layang... makasih mbakeee bukannya kita saling belajar yaa

      Delete
  2. kakaka..kakak ini sukses bikin aku ngecess.. barokah ya kak, akibat fokus ngedoddle akhirnya bisa menikmati jalan2 sendirian tanpa dikawal ibu :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai Lia, yuk mulai belajar ngedoodle biar kita sentuh ujung dunia dengan karya kita *tsah*

      Delete
  3. Iiih blognya berubah kece iiih...

    Senang tak terkira ya mba,dari hobi jadi berkah. Apalagi bisa jalan jalan tanpa mengeluarkan uang alias gratisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiih masa siiih... Yang jelas bisa kenal Sally dari ngeblog!

      Delete
    2. Iiih masa siiih... Yang jelas bisa kenal Sally dari ngeblog!

      Delete
    3. iya, salam kenal ya Sally : )

      Delete
  4. Ih doodlenya keren-keren semua. Aku cuma bisa menikmati aja *sigh* Suka envy sama yang jago-jago gambar kece gini.

    ReplyDelete
  5. Ecieee...akhirnya duluan Oma berpaspor nih dan menginjakan kaki ke negara luar :P

    ReplyDelete
  6. Owwwh yah pantesan kemaren sempet heran kok Mak Tanti sama Emak Gaoel jalan bareng Oliv. Ya ampuun Mak ini semua doodlenya kece badai. Pengen belajar ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau belajar saya ikut ya, hehehe

      Delete
  7. kak Tanti! Seronok baca blog kak Tanti ni, terhibur! Pengalaman yang best kan. Mudah mudahan dapat jumpa lagi in future.

    Thanks sebut namaku di blog ini :P

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. si pelukis jiwa bagus banget mak gambarnya

    ReplyDelete
  10. luar biasa bakat orang2 ini......*senang deh teman saya ikutan... oh iya,.. saya julia roberts....:)

    ReplyDelete
  11. semuanya keren2 banget, kalau liat kayak gini suka sirik deh

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^