Uri-cran Datang, Anyang-anyangan hilang!


Tepatnya kapan, aku lupa. Kayaknya sih udah lama banget!

Waktu itu, in the middle of nonton Harry Potter scene terakhirnya, Deathly Hallows. Ya karena udah kadung jatuh cinta berat sama si Harry and the gang, rasanya kok daku sulit ngangkat pantat dari sofa 2 seaters-ku yang nyaman untuk buang air kecil.

Padahal ya..
karena ini sesi nonton marathon bersama kiddos, kami menghabiskan waktu 3 hari non-stop! Ngulangin nonton Harry Potter dari serial pertama hingga ke tujuh. Akibatnya, bisa ditebak. Hari berikutnya, aku kena anyang-anyangan... soalnya, sebelum itu aku masih duduk berjam-jam dan begadang untuk mengetik dan sesekali membuat ilustrasi.

Psst... betewe, 
ini sambil cerita di blog, aku sesekali masih ngintip behind the scene-nya si trio wizard ini loh, bahahahahah.... segitunya emang, aku!

Hmm, daku memang sering mengidap anyang-anyangan atau istilah "keren"-nya overaktif bladder, yaitu buang air kecil sedikit-sedikit tapi sering. Anyang-anyangan ini malah sudah sejak masih SMA kurasakan, tapi kupikir ini hal yang biasa. Apalagi, timbulnya kalau lagi stres karena ujian, atau banyak order gambar teknik, sehingga aku sering mengonsumsi minuman yang mengandung diuretik seperti kopi atau teh.

Untung saja, keingetan kalau punya stok Uri-cran di rumah. Segera aku siapkan segelas air dingin, dan glek.. glek.. segelas jus cranberry yang segar, asem manis meluncur masuk ke tenggorokan!



Wait.. kenapa Uri-cran? Kenapa ngga obat pelancar buang air kecil lainnya? Dan apa iya, kudu pake Uri-cran? Ga bisa diiket aja tuh jempolnya biar ga sering buang air kecil? Sabaaar... kujelasin satu persatu ya!

Mitos Dan Fakta Seputar Anyang-anyangan
Ga berlebihan jika kukatakan, bahwa mitos dan fakta  seputar anyang-anyangan ini ada. Catat ya. 

Mitos: 
• Anyang-anyangan terjadi karena jalan di jalanan terutama aspal saat udara terik atau panas
• Cara mencegahnya dengan minum air putih sebanyak-banyaknya 
• dan... mengikat jempol dengan karet! Really?
• Untuk mengurangi resiko anyang-anyangan, sebaiknya selalu menggunakan panty liners. Lah, justru kan penggunaan panty liners terus-terusan bisa merusak kadar asam alami yang ada di area kewanitaan hingga bisa keputihan 
• Anyang-anyangan hanya terjadi pada wanita di masa subur. Kenyataannya, anyang-anyangan bisa terjadi pada orang dewasa dan juga anak-anak.

Fakta: 
• Dibanding pria, wanita lebih rentan terkena ISK - dengan gejala yang paling sering disebut anyang-anyangan. Terbukti, 5 dari 10 wanita pasti pernah mengalami anyang-anyangan.
• Penyebab anyang-anyangan juga terjadi karena menggunakan toilet yang kurang bersih

• Sering menahan buang air kecil 
• Air untuk membasuh area kewanitaan kurang bersih dan arah proses pembasuhan setelah buang air besar yang tidak benar.
• Rutin mengonsumsi air putih bisa mengurangi sedikit resiko ISK. Minimal air yang harus diminum pun cukup banyak, kalau bisa malah lebih dari 2 liter. 


Uri-cran Woman Community Talkshow

Berhubung tadi pertanyaannya kenapa harus Uri-Cran, dan bukan kaleng-kaleng, maka wajib sekali kita datang ke acara heits satu ini. Soalnya, di sini tuh bakalan dijelasin oleh para narasumber kompeten sekelas dokter dan para brand manager Uri-cran. 



Narasumber pertama kali ini adalah mas Herry Firmanto, District Manager Combiphar. Sekilas, beliau menerangkan tentang perlunya kita memahami anyang-anyangan,dan solusi yang tepat untuk itu.

Narasumber kedua, tentu saja dari Ibu Michaela Talitha - Brand Manager Combiphar. Beruntung, bisa kenal dengan ibu Brand Manager yang cantik dan ramah ini. Beliau menerangkan tentang kandungan di dalam Uri-cran yaitu buah cranberry. 

Intinya, mas Herry dan mbak Michaela menekankan, jaga kesehatan saluran kemih ini penting. Pake banget. Karena kalau sudah terkena infeksi saluran kemih mau tak mau kita harus minum obat obatan dengan antibiotik. Sementara, sebaiknya kita menekan antibiotik masuk ke dalam tubuh kita bukan? 



Ada narasumbernya satu lagi sih, yang berdiri di sebelah Bu Michaela, tapi dia cuman gambar gambar gitu, sama cerita pengalaman terkena anyang-anyangan. Tapi ya gitu doang, jadi  ga usah disebut, ya namanya..


Narasumber yang paling penting, tentu saja adalah dr. Cepi Teguh, SpOG, MARS, seorang dokter spesialis kandungan aka obgyn. Beliau sehari-hari berpraktek di RS Depok. dr. Cepi  menerangkan banyak hal terutama memberikan dorongan untuk bu-ibu yang hadir agar aktif dan percaya diri dengan memelihara saluran kemih.

dr. Cepi membuka sesi talkshow dengan kalimat "Apa sih, anyang-anyangan?"
"Anyang anyangan ini adalah rasa nyeri tumpul di bagian perut bagian bawah , buang air kecil terus menerus tetapi sedikit dan sakit."
Dalam medis, anyang-anyangan erat kaitannya dengan gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK), yaitu sebuah kondisi dimana organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi.
sumber gambar : berita-online.blogspot.com

Sebenernya, ISK ini dapat terjadi pada siapa saja. Akan tetapi, karena tubuh wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek - sekitar 2,5 cm - 4 cm, sementara pria sekitar 15 - 20 cm, maka wanita lebih rentan mengalami infeksi saluran kemih.

BEBERAPA PENYEBAB TERJADINYA INFEKSI SALURAN KEMIH

•Kurang minum air putih

•Suka menunda buang air kecil

•Terkena bakteri yang ada di toilet atau kamar mandi umum

•Air pembasuh tidak bersih

•Pakaian dalam yang lembab atau kotor

•Membasuh area organ intim dengan cara yang salah, dari belakang ke depan (dari anus ke Miss V)

Honeymoon cystitis (aktivitas seksual - biasanya pada pengantin baru atau yang aktif secara seksual)

Diabetes mellitus

Menopause

•Ibu hamil

ISK DAN BAKTERI E. COLI
  • "Sebagian besar kasus ISK disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E.coli yang umumnya hidup di dalam saluran cerna,"
  • "Lah, kan E.coli di usus, Dok? Kok bisa jadi pencetus infeksi saluran kemih, ya?"
  • "Diperkirakan bakteri ini masuk ke dalam saluran uretra seseorang ketika kurang baik dalam melakukan pembersihan setelah buang air besar maupun kecil."
dr Cepi yang pada saat menerangkan sesekali bergurau dan seolah bercerita, melanjutkan, "Misalnya saat kertas toilet yang digunakan untuk membersihkan anus, turut menyentuh organ kelaminnya, maka bakteri dapat masuk ke saluran kemih."

Nah, buat kaum Hawa, perlu diinget juga, area Miss V dan anus kita jauh lebih dekat dibanding kaum Adam, sehingga berpotensi bahaya terkena bakteri jika salah cara membersihkannya.

Wanita itu wajib mengerti cara membasuh organ intimnya, yaitu dengan membasuh dari depan ke arah belakang (anus) - dan bukan sebaliknya - sehingga kotoran tidak terikut ke area Miss V.


Mengejutkan, karena 5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan yang disebabkan 80% oleh bakteri E.Coli. 25 persen dari wanita (atau pria) yang terkena ISK akan mengalami ISK berulang

Jika anyang-anyangan, kita disarankan harus banyak-banyak minum air putih. Hal ini memang bisa membantu tapi tidak dijamin akan menyelesaikan masalah karena air putih saja tidak mampu mencegah anyang-anyangan akan datang lagi.

Anyang-anyangan lebih sering terjadi pada ibu hamil, karena frekuensi ibu hamil untuk buang air kecil lebih sering (diatas 8 kali per-hari)

Untuk mengobati anyang-anyangan alias mencegah infeksi saluran kemih kita memerlukan buah cranberry yang kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang mampu mencegah penempelan bakteri E.coli pada dinding saluran kemih.

Kalau saja dulu saat anyang-anyangan aku tidak mengikuti saran Mbah dengan mengikat jempol kaki, atawa mendengar gemericik air hujan tapi sudah tahu konsumsi @uricran.id secara rutin setiap hari, duh... pasti gejala ISK yang kuderita ini tidak berulang!

INFEKSI SALURAN KEMIH, GEJALA DAN BAHAYANYA
Anyang-anyangan terjadi akibat koloni bakteri E-coli masuk secara hematogen (melalui aliran darah) dan ascending (menjalar ke atas) ke arah organ reproduksi. Proses penyebarannya bisa dari tidak mencuci tangan dengan bersih sebelum dan sesudah buang air kecil, juga mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri ini.
Infeksi saluran kemih ini, bisa cepat terjadi jika seseorang malas buang air kecil (menahan pipis) sehingga urine tertampung di rongga ginjal dalam tempo lama.

Urine yang tidak segera dibuang ini akan menumpuk, sehingga menjadi media berkembang biak bakteri dan jika tidak segera ditangani, akan menjadi infeksi saluran kemih.

Jika tidak segera ditangani, infeksi saluran kemih dapat naik ke atas- ke kandung kemih- sehingga penderita akan mengalami panas dingin, demam, mual, muntah dan nyeri pinggang. Dengan kata lain, terjadi gangguan pada ginjal! So, jangan sepelekan anyang-anyangan, yaaa!

APA YANG TERJADI JIKA IBU HAMIL MENGALAMI INFEKSI SALURAN KEMIH?
Pada kondisi ibu hamil, dimana buang air kecilnya dua kali lipat dari biasa, tentu saja akan sangat mengganggu sekali.

Dengan adanya perubahan hormonal, ditambah adanya bayi di dalam rahim, akan menekan dan meningkatkan aliran darah menuju area panggul dan ginjal.
Akibatnya, tubuh berupaya mengeluarkan limbah dari ibu hamil dan bayinya.

Kandung kemih dapat menyimpan sekitar setengah liter urine selama tidak hamil. Namun pada trimester pertama, rahim mengembang dan mulai bergerak ke arah kandung kemih, dan menekannya. Kandung kemih yang menyempit tidak dapat menahan lebih banyak urine dan mencoba mengosongkannya sesegera mungkin (sumber : orami.co.id)

Karena untuk ibu hamil anyang-anyangan dianggap hal yang biasa, akibatnya mereka jarang aware. Padahal seharusnya diperiksakan ke bidan atau dokter sehingga ketahuan, anyang-anyangan ini akibat kandung kemih tertekan oleh cairan di rahim, atau memang karena terkena bakteri E. Coli atau positif ISK.

ISK ini pada ibu hamil bisa membuat tubuh mengalami peradangan, yang bisa berdampak serius pada kehamilan dan janin, yaitu bayi lahir prematur. Infeksi saluran kencing juga dapat menyebabkan infeksi ginjal (pielonefritis), demam, muntah, dan sakit punggung parah.

KABAR GEMBIRA, KARENA ADA URICRAN SAAT ANYANG-ANYANGAN!


Seperti sudah dijelaskan,
pertolongan pertama saat infeksi saluran kemih adalah dengan mengompres perut bagian bawah dengan botol kompres air panas, untuk mengurangi nyeri.

Sedangkan, penelitian menunjukkan, mengkonsumsi jus buah cranberry dapat mengurangi bahkan mencegah ISK datang kembali.

Tanaman cranberry (Vaccinium macrocarpon atau Vaccinium microcarpum) dikenal juga dengan nama lain mossberry di Kanada, dan fenberry di Inggris. Tanaman ini adalah tanaman perdu yang tumbuh diatas permukaan tanah, mengandung 80% lebih air dan 10% karbohidrat dengan PH 1.8-23, dan memiliki bahan aktif Proanthocyanidin (sumber : worldhealthfoods.com).

Cara Kerja Cranberry
Cranberry dikenal ampuh mengusir bakteri jahat, karena mengandung senyawa flavanoid berjenis pro-anthocyanidins (PAC) yakni jenis tannin yang terkondensasi, dimana bahan aktifnya dapat menghambat perlekatan bakteri E.coli di sel epitel saluran kemih dan membuangnya bersama urine.

Sayangnya, buah cranberry segar sangat sulit didapatkan secara bebas di Indonesia, karena tanaman perdu ini hanya hidup di kondisi tanah tertentu. Jikapun ada, tentu saja harganya masih sangat mahal. Untuk di Asia, cranberry yang beredar hanya yang dikeringkan, dan harganya mencapai IDR 95K per-kilogram!

Syukurlah, sekarang ada Prive Uri-cran yang berisi ekstrak buah Cranberry. Prive Uri-cran ini tersedia dalam dua jenis, yaitu bentuk sediaan kapsul, satu box berisi 30 kapsul, dengan satu kapsul berisi 250 mg ekstrak buah Cranberry. Kita cukup mengkonsumsi 1 - 2 kapsul sehari.

Ada juga bentuk sediaan powder sachet, yang bisa diminum dengan air dingin dan rasanya segar! Satu box berisi 15 sachet, per-sachet berisi 375 mg ekstrak buah Cranberry, Vitamin C, dan Probiotic.

Kita memerlukan konsumsi 2 gelas @150 ml jus cranberry setiap hari selama kurang lebih 10 untuk mendapatkan hasil maksimal dan mencegah anyang-anyangan datang kembali.

Cranberry bisa didapat dengan mudah di banyak apotik seperti Kimia Farma, Guardian, Century dan apotik lainnya.

Alhamdulillah,
hari ini aku dapat banyaaaak sekali ilmu penting. Usai acara bincang-bincang bersama dr Chepi, maka ditutup dengan pemberian hadiah untuk foto Instagram terbaik, dan door prize.

TIPS MENCEGAH ANYANG-ANYANGAN

  • Basuh area Miss V secara benar
  • cara membasuh area miss V ini adalah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Jika dari anus, dikhawatirkan kuman dari anus masuk ke area V, dan berkembang biak di sana!
  • Selalu menjaga kebersihan dan cegah kelembaban
  • Hal ini bisa diatasi dengan selalu sedia handuk kecil, yaaa.. tidak hanya tissue. Karena area Miss V ini jika lembab menjadi media berkembang biak si bakteri apa pun!
  • Usahakan kenakan pakaian dalam berbahan katun
  • Dan, ganti segera pakaian dalam jika basah, untuk mencegah area organ intim ini lembab
  • Boleh menggunakan cairan pembersih khusus dan pembalut
  • Yes, di luaran sana, ada banyak cairan pembersih khusus untuk organ intim wanita, ya gaes.. juga ada banyak panty liner alih-alih pembalut. Gunakan jika bepergian dalam tempo lama.
  • Banyak minum air putih
  • Minum banyak air putih, resikonya tentu saja jadi sering buang air kecil, tapi gapapa. Diperhatikan saja, minimal 3 - 4 jam sekali buang air kecil.
  • Jika masuk toilet umum, perhatikan kebersihannya!
  • Usahakan bawa tissue basah dan kering, serta air mineral dalam botol, menjaga jika kita curiga area sekitarnya tidak higienis.
  • Bahkan, bude saya yang bekerja sebagai perawat pernah mengajarkan, kalau masuk ke toilet itu, sebaiknya kita siram lagi saja peturasannya.
  • Untuk itu, ibu hamil disarankan agar menjalani tes urine.
  • Yap. Hal yang dianggap sepele, dan dipikir hanya wajib dilakukan untuk mengetes di awal kehamilan ini, ternyata seharusnya dilakukan per-tri semester.
  • Jika terasa gejala anyang-anyangan, jangan ambil resiko, minum saja URI-CRAN!


Yes, beruntung kita hidup di era kemajuan peradaban, ya gals... gak usah susah-susah cari buah cranberry lalu dijus. Secara, cari buahnya aja susyah.. Aku juga gak usah susah-susah iket jempol kaki sama cari hujan, kalau anyang-anyangannya kambuh.

Cukup dengan stok URI-CRAN di rumah. URI_CRAN adalah satu solusi terbaik, untuk cegah Infeksi Saluran Kemih yang mengganggu!

Prive Uri-cran :
Komposisi : 250 mg Extract Cranberry
Sediaan : Kapsul
Dosis : 1-2 kapsul per hari
Isi per Box : 30 kapsul.
Harga : ~Rp 160.900,-/box

Prive Uri-cran Plus:
Komposisi : 275 mg Extract Cranberry, 60 mg Vit. C, 0,1 mg Lactobacillus Achidophillus (probiotik), 0,1 mg Bifidobacterium Bifidum (probiotik)
Sediaan : Powder Sachet
Dosis : 1-2 Sachet per hari
Isi per Box : 15 Sachet
Harga : ~Rp 120.000,-/box

53 komentar

  1. Duh nggak enak banget deh kalo sampai anyang-anyangan, bolak balik ke kamar mandi. Aku pernah mungkin karena nahan buang air kecil. Buat ibu yang nggak hamil saja anyang-anyangan ini sangat menyiksa, apalagi buat ibu hamil ya. Untung deh sekarang ada Uri-Cran yang bisa mengatasi anyang-anyangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, kita jarang ya memperhatikan KAPAN DAN DIMANA buang air kecil sehingga ada gejala timbul!

      Hapus
  2. Anyang2an ini gangguuuuu buanget deh Mak.
    Aku juga sempat rutin minum UriCran.
    Hilang deh beser2 ganggu ntuh :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. ogituuu .. oke oke aku akan rutinkan minum lagi ^_^

      Hapus
  3. Jadi, ada solusi lain buat anyang-anyangan selain obat kimia dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak soalnya kan kau badan kemasukan obat kimia terutama antibiotik rada serem yaaa

      Hapus
  4. Betewe, kreasi foto2 bagus pake banget (bunda blom2 bisa bikin kek gitu). Betewe lagi nih, karena dah pwrnah ngerasain gak enaknya kena anyang2an, bunda nyimpen stok sachet uri-crane ini, soale...wuenaak lho, seger and radanya itu bikin ketagihan minum kl lg auuus banget..di tenggorokan bikin " maknyeees" gituuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda ini tuh sedang belajar motret pake hape . Jadi dihidupkan HDR nya lalu fotonya jangan gerak gerak deh..

      Iya Bun, daku sekarang stok soalnya anak anak ya suka banget minum

      Hapus
  5. Saat belum kenal Uri-Cran saya juga sering tuh kena anyang-anyangan, tapi bersyukur ga sampai ke tahap infeksi saluran kemih. Alhamdulillah ada Uricran yang berikan solusi terbaik untuk atasi gejala infeksi saluran kemih ya Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti rasanya ga nyaman yaa Des, kalau pipis sedikit dan panas .. sering minum air putih membantu banget dan uri-cran ini solusinya

      Hapus
  6. Anyang-anyangan jelas gak enak. Bikin perasaan jd gelisah & bad mood terus-terusan. Buat aku yg ga bisa minim kapsul telan, seneng bgt uricran ada versi bubuk minumnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu, kalau saya sih justru milih yang kapsul soalnya tanpa gula hehehe tapi ... Baunya ga enak

      Hapus
  7. Aku butuh nih kayaknya Uricran. Sik nanti tak cari di deket sini manatau ada yang jual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan.. coba ikutan lomba blog nya Win ben dikasih uricran sagerobak

      Hapus
  8. Aku pas hamil konsumsi ini karena gejala isk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa Allah, hamil kan susah pipis melulu ya Cha ketambahan gejala ISK .. semoga sehat ya Cha

      Hapus
    2. Aamiin ojok metteng maneh tapi ekwkwk

      Hapus
  9. Rasanya cranbarry ya mba? Belum pernah sih aku coba minuman suplemen tambahan seperti ini. Tapi bagus juga sedia, jaga-jaga kalau lagi anyang-anyangan

    BalasHapus
  10. Ak kalo kurang minum ayang" ngan dan nggak enak banget, ak suka rasanyaenak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener Anyang anyangan kalau kurang minum ya Chi

      Hapus
  11. Memang gak nyaman kalau sidah kena anyang-anyangan itu.
    Dulu pernah kena anyang-anyangan karena sering menahan pipis. Sekarang gak perlu khawatir ya, soalnya ada Uri Cran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah teteeeep jangan ngandelin uricran doang ya, tetep biasain pipis jangan ditahan

      Hapus
  12. Duh kena anyang-anyangan itu tersiksa ya mba..serba salah ke belakang juga sedikit keluarnya..Alhamdulillah ada solusinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Nailah ga enak blas ... Soalnya kan kalau buang air kecil berkali kali itu ngga nyaman, apalagi kalau di tempat umum

      Hapus
  13. terima kasih infonya mbak Tanti, untuk solusi kalau kejadian ya, karena ga nyaman banget itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Ajeng, mau cobain uricran ngga nanti tak bawain

      Hapus
  14. Jadi perempuan lebih rentan dibanding laki2 yaa. Uri cran ini rasanya enak ya mbaa katanya. Aku blm pernah nyobain.. pnasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah ciyus ngga pernah merasakan uricran? Mau ? Nih aku punya stok

      Hapus
  15. Aku pernah anyang-anyangan dalam kondisi travelling. Duh menyiksa banget harus sering-sering Cari kamar mandi. Dulu belum tahu uri-chan. Kalau sekarang sudah tenang kalau anyang-anyangan. Sudah ada uri-chan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah.. iya ga enak banget deh! Sedih gitu Anyang anyangan

      Hapus
  16. Itu kenapa narsum satu lagi gak usah disebut? wkwkwk
    Duh anyang2an emang gak enak ya mak. Aku pun pernah tu pas dulu punya kebiasaan buruk nahan pipis huhuhu. Untung ada uricran yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nrsum satu itu ga penti g hahahhaha

      Iya jangan nahan nahan pipis ah, bahaya ternyata

      Hapus
  17. teringat pas hamil anak kedua,anyang2nya paraaah. smp pergi kkluar slalu pake pampers hahaha

    skrg juga kadang anyang2ab terutana kalo lg mau pergi. bawaannya kudu pipis dulu tp jd berkali2. bagus nih infonya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaaah? Serius itu pake Pampers! Jangan diulang lagi yaaaa

      Hapus
  18. Dulu pas zaman sekolah suka anyang-anyangan. biasanya jempol kaki aku iket pakai karet. Enak, sekarang ada uricran. mengatasi anyang-anyangan dengan lebih nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bajhhahhahaa orang dulu banget ya Sara, ikat jempol kaki, apa hubungannya yaaa...

      Hapus
  19. Aku pernah anyang2-an dan ga enak banget apalagi anyang2-annya pas lagi traveling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya Mak Irul, pas bepergian itu loh yang bikin ga nyaman. Kudu ke kamar mandi bolak balik

      Hapus
  20. Banyak juga ya mitos soal anyang anyangan. Aku tahunya cuma soal ikat jempol kaki pakai karet gelang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu ternyata jadinya manusia sering ga sadar kalau anyangan yaaa

      Hapus
  21. Gak nyaman banget anyang2an Mak. Aku ngalamin waktu hamil 2x. Dulu sih dikasih obat dari dokter. Seandainya ada prive uricran enak ya tinggal seduh dan srupuuuut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pas hamil berasa ya

      aku lebih suka yang kapsul sebenernya karena ga manis

      Hapus
  22. Aku termasuk yang kena ISK pas gamil tapi jadi konsen karena si kantong kemih tuh nekan rahim makanya bener2 kudu diatasi. Tapi untuk ada uricran yang sediaan serbuk. Rasanya enak, sakitnya hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih bacanya dan denger cerita dirimu waktu itu. ISK bukan sakit remeh ya Mirna. Semoga ga akan pernah kena lagi ya

      Hapus
  23. Wanita emang kudu resik banget ya dan care sama organ intimnya. Sekali terbengkalai, ancaman penyakit serviks di depan mata. Akupun dulu sering anyang-anyangan tapi sejak tau cara menghindarinya Alhamdulillah sudah jauh berkurang frekuensinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiiiy... Amit amit ya kalau kena serviks.serem! Menghindari lebih baik dari mengobati yaa

      Hapus
  24. bermanfaat sekali, terimakasih infonya bun :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. terimakasiiiiih kunjungan ke blog ini

      Hapus
  25. Jadi mengerti aku tu kenapa kena anyang-anyangan. Makanya setelah kenal uri-cran aku jadi turut mencoba manfaat uri-cran.

    BalasHapus
  26. aku penasaran sama minuman ini, apakah tersedia di minimarket terdekat?

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)