Mengenal Portal Berita Kekinian, Sumber Informasi Akurat & Terpercaya


    Sebuah artikel di website berita, ternyata memerlukan perhatian khusus terhadap detail, fakta, dan gaya penulisan yang informatif. Dari sekian banyak portal berita, ada satu yang sangat menarik perhatianku, yaitu beranda.co.id.

Apakah beranda.co.id bisa menjadi panduan kita - terutama milenial- untuk mendapatkan banyak artikel menarik dan faktual? Yuk, kita simak ketentuan cara menulis artikel di sebuah website berita.

Cara Menulis Artikel yang Menarik di Website Berita


   Nah, sebelum membahas lebih jauh, ini dia definisi sebuah website berita.

Website berita adalah halaman website yang memuat informasi kejadian aktual atau terkini dalam skala nasional maupun internasional.

    Tahukah kalian, ternyata ada banyak sekali portal berita online yang berdiri saat ini? 
Dilansir dari laman website kominfo.go.id,  Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara memperkirakan saat ini tercatat telah berdiri lebih dari 43 ribu portal berita online di Indonesia!
    Namun, apakah seluruh media online tersebut telah terverifikasi Dewan Pers ? Ternyata belum! Pada kenyataannya, tak lebih dari 100 media saja yang baru terverifikasi.

   Seperti telah disebutkan di atas, salah satu portal berita online yang saat ini faktual, dengan informasi akurat dan terpercaya, serta selalu terdepan adalah beranda.co.id. Mengapa?

1. Topik yang Relevan

    Sebagai sebuah portal berita, beranda.co.id sangat sadar bahwa pemilihan topik yang sedang atau selalu relevan, akan menarik para pembaca. Itu sebabnya, beranda.co.id selalu memuat  topik berita terkini atau isu terbaru.


2. Memiliki Informasi Akurat dan Dapat Dipercaya

    Beranda.co.id selalu menekankan informasi yang akurat dan dapat dipercaya , karenanya berita yang dimuat akan relevan  dengan sumber-sumber berita terkemuka lainnya, seperti situs berita resmi, wawancara, laporan, atau studi.

3. Struktur Artikel

    Struktur artikel dalam beranda.co.id telah melalui verifikasi editor yang ketat. Hal ini mencakup antara lain; judul, pengantar, tubuh artikel, subjudul, dan kesimpulan.

4. Judul yang Menarik

    Tentu saja, sebuah judul menjadi patokan pembaca, apakah akan lanjut membaca atau tidak, itu sebabnya judul yang dipilih oleh beranda.co.id mencerminkan esensi artikel dan menarik perhatian pembaca. Selain itu, artikel menggunakan kata kunci yang relevan untuk SEO.

5. Pengantar yang Menarik

    Pengantar yang menarik, bisa merangkul perhatian pembaca, dan membuat keterikatan untuk membaca artikel hingga akhir, karena memuat informasi yang mereka inginkan. Untuk itu, dalam artikel  yang mereka buat, tergambar mengapa topik tersebut penting.

6. Ada Fakta dan Bukti

    Artikel yang faktual memiliki isi mengandung fakta, data, kutipan, dan bukti yang relevan. Selain itu, beranda.co.id sebisa mungkin menggunakan sumber yang diverifikasi.

7. Gaya Penulisan Berita

    Menulis di sebuah blog, tentu saja berbeda dengan menulis di portal berita, itu sebabnya dalam beranda.co.id kalian akan menemukan gaya penulisan berita yang jelas, singkat, dan informatif. Di badan artikel kita tak akan menemui jargon dan bahasa yang sulit dipahami.


8. Artikel di dalam beranda.co id Menggunakan Struktur Piramida Terbalik


    Struktur piramida terbalik, memudahkan pembaca karena mereka menemukan informasi paling penting di bagian awal artikel. Selain memudahkan, memungkinkan pembaca dalam memahami inti berita sejak awal paragraf!


9. Konteks dan Analisis

    Sebagai portal berita online,  tentu saja dibutuhkan konteks yang relevan sehingga membantu pembaca dalam memahami berita secara lebih mendalam. Analisa, infografis, perspektif yang mendalam bisa dengan mudah kita temui di sini.

10. Gambar dan Multimedia

    Data yang akurat, akan lebih mudah dipahami jika disertai gambar, video, atau grafik yang relevan untuk mendukung informasi dalam artikel.

    Di dalam beranda.co.id kita bisa dengan mudah mencari sebuah artikel terhangat, namun disajikan dengan gaya yang unik, dan ringan. Selain itu, berita yang didapat sangat  objektif, dan sangat memahami kode etik jurnalisme. Pembaca dapat membaca sebuah artikel berita dengan cara yang netral dan informatif.

Portal Berita Online Kekinian


    Saat ini, dengan semakin banyaknya peluang usaha untuk milenial secara online mau pun offline, membuat milenial menginginkan informasi sebanyak mungkin tentang dunia bisnis dan wirausaha untuk Milenial dan Gen Z.

    Dalam beranda.co.id dengan mudah bisa ditemukan penyajian berita terbaru dan informasi yang relevan untuk milenial, karena dengan informasi akurat, mereka dapat terus mengembangkan diri, baik dalam karir maupun bisnis.

    Selain sajian berita terkini dan analisis tentang perkembangan ekonomi nasional dan internasional, pasar keuangan, investasi, dan industri, beranda.co.id  juga memberikan informasi tentang teknologi terkini, transformasi digital, tren startup di Indonesia dan seluruh dunia, serta informasi tentang energi terbarukan, lingkungan, dan berita terkait sains dan teknologi.

    Di Beranda.co.id, pembaca juga dapat menemukan tips untuk memulai bisnis, self-development, karir, dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. 

     Kebutuhan akan hidup sehat, membuat milenial mendamba informasi tentang gaya hidup sehat, tips kesehatan, olahraga, dan kegiatan lainnya yang dapat mempengaruhi kesejahteraan manusia.

    Untuk itu, beranda.co.id memberikan komitmen untuk menyajikan informasi yang akurat, terpercaya, dan terbaru - sehingga dapat menjadi sumber informasi yang berguna dan bermanfaat bagi para pembaca, khususnya bagi Milenial dan Gen Z yang ingin terus mengembangkan diri dan mencapai kesuksesan dalam karir dan bisnis.

10 komentar

  1. Wah kalau begitu saya habis ini kalau hendak membaca berita portal di web tersebut aja hihi

    BalasHapus
  2. Saya baru tahu nih kalau ada portal berita yang kekinian tersebut. Sekarang baca di sana aja deh hihi

    BalasHapus
  3. Memang bagus banget nih, Kak portal berita beranda.co.id ini. Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  4. Jadi memudahkan nih ya, Kak kalau ada berita yang ada di dalamnya memang akurat

    BalasHapus
  5. Betul banget, Kak. Ada banyak kemudahan ketika membaca berita di beranda.co.id ini

    BalasHapus
  6. Web Beranda banyak artikel bisnis dan umkm ya, jadi bisa untuk rujukan teman2 yang memulai usaha. Gaya bahasanya juga mudah dipahami dan tetap ndaging isinya

    BalasHapus
  7. Kadang ini yang bikin saya bingung
    Blog saya seperti berita haha
    Saking kakunya saya menulis di blog karena diajari awal memang demikian

    BalasHapus
  8. Ketika hendak mencari berita,pasti harus pilih' dulu sumbernya benar atau gak ya kan, apalagi di artikel yg kakak tulis ternyata gak semua telah terverifikasi dewan pers.

    BalasHapus
  9. Gaya penulisan hard news formal itu yang aku perlu latihan. Gaya bahasanya kan beda banget dari nulis di blog sendiri yang bisa diselipi haha hihi.
    Patut dicoba sih buat latihan nulis apalagi Beranda reachnya pasti lebih luas.

    BalasHapus
  10. Jaman sekarang portal berita makin menjamur, tapi makin banyak yang kontennya asal-asalan yaa. Hiks

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)