Sunday, January 3, 2016

Akhirnya.. Es Cappuccino Cincau



Jadi gini, 

tulisan ini ada gara-gara posting tentang Es Capuccino sederhana di sini. Lah kok bisa yaa.. foto sederhana mendatangkan sejuta tanya? *abaikan sejuta, itu lebay*

Biar ga pada penasaran, bener gak aku yang bikin ... makaaa.. jeng jeeng... 


Oya, pertama-tama kutegaskan : sejarah Es Capuccino Cingcau itu bukan terdiri dari kolaborasi antara Pemerintah Italia dan China. Itu cuma resep sederhana modifikasi dari seseorang -entah di mana dia *salut*- yang akhirnya ..boom!

Kedua, kamu gak bisa nyelonong ke rumah tetangga atau warung minta dibagi capucino bubuk ama cingcau. Kamu harus beli sendiri bahan-bahannya (-__-)'. 

Bahan untuk membuat 4 gelas Minuman Rasa Capuccino Cincau, adalah sebagai berikut :


  • cincau hitam (terbuat dari daun messona palustris / premna serratifolia) aka grass jelly drink - diparut atau dipotong kotak 
  • 2 bungkus cappuccino bubuk 
  • 50 gram susu bubuk cokelat (boleh pake milo)
  • 100 ml air dingin
  • 50 gram gula pasir
  • 25 ml susu kental manis putih
  • Es batu, dipecahkan
Bahan Bola-bola Sagu :

Aku sih beli, tapi kalo ada yang mau membuat, ini diambil dari resep yang beredar di website dapur.
  • 100 gram tepung sagu 
  • 1 sendok makan gula tepung
  • 1/4 sendok teh kopi instan bubuk
  • 50 ml air hangat
Buat bubble -- caranya dengan aduk rata tepung sagu, kopi instan bubuk, air, dan gula tepung. Bentuk bulat-bulat kecil. Rebus di dalam air mendidih hingga terapung. Masukkan dalam air es.

 Cara membuat Es Capuccino Cincau :

  1. Blender halus cappuccino bubuk, susu cokelat, air, gula pasir, susu kental manis, dan es batu.
  2. Sajikan cappuccino yang diblender, bola-bola sagu, dan pelengkap.
  3. Kalau mau keren, tuh pinggiran gelas di celupkan ke gula pasir yang diberi pewarna makanan dikiiit ajah, jadi deh!
cara mudah membuat es cappucino nikmat

24 comments:

  1. Duuh Mak Neng, secara terpisah masing-masing merupakan minuman kegemaranku. Cappuccino suka bingit, cincau apalagi. Kalau dipadupadankan wiidiiih....double berarti rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wikikik.. pinter ya yang bikin resep capucino cincau!

      Delete
  2. iiih ngileeer beraaat deeeh aaaah :)...ayoo tanggung jawab kirim ke sini maak :)

    ReplyDelete
  3. Dear sister Tanti,
    Salaam! If you love blogging competitions, we are inviting you to join our blog contest: http://www.muslimweddingideas.com/giveaway.
    We have 21 prizes, which include dresses, hijabs, jewellery, art, voucher etc and almost all are open to international contestants.
    Kindly have a look - thank you! :)

    ReplyDelete
  4. Sukaaaaa apalagi dingin hhhmmm segaaar

    ReplyDelete
  5. Omaaa, setau aku nih ya, si cappucino cincau atau yang juga dikenal dengan capcin ini, awalnya dari Pekanbaru lhooo.. *bangga* :))

    Eh tapi beneran, ada salah seorang anak muda di sini yang kreatif banget bikin si capcin ini trus kayak kata oma langsung BOOM! jadi kekinian. Dibikin franchise dan seketika langsung deh itu kios-kios capcin bertebaran di mana-mana. Tapi ini udah lama banget deh oma, sekitar 3-4 tahun lalu. Aku masih di Bandung waktu itu, dan speechless pas pertama kali lihat ada yang jual capcin di Bandung hehehe.

    Sekarang sih di Pekanbaru udah gak sebooming dulu. Kios-kios franchisenya udah pada tutup. Tapi penjual aslinya masih bertahan, bikin cafe sendiri akhirnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh gitu :)) aku kok jadi pingin ngomong langsung ma pencipta capcin ini yah!

      Yuk, kita nanya nanya ma dia, Kali aja dia jadi termotivasi kembali

      Delete
    2. Oooh gitu :)) aku kok jadi pingin ngomong langsung ma pencipta capcin ini yah!

      Yuk, kita nanya nanya ma dia, Kali aja dia jadi termotivasi kembali

      Delete
  6. Enak nieh yang minuman - minuman ginian. Tapi kalau suruh membandingkan dengan yang lain, aku nggak bisa kak,,,, habis kalau yang ginian semua terasa sama,,,, sama - sama enak maksudnya, hehehehe. Ada cincaunya lagi, nggak usah di kasihkan dalam es Cappucinonya saja cukup dengan minuman manis saja sudah enak kak :-)

    ReplyDelete
  7. Perpaduan yang menggugah selera. Yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi gini, banyak yang suka minum kan yah, lama-lama pasti pada pingin tahu deh cara membuatnya!

      Delete
  8. Replies
    1. iya, btw blognya apa Melody Stringer, aku cari cari ga nemu

      Delete
  9. Aku belum suka cingcaucin, jadi aku nyeruput airnya ajah ya. . . :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cingcau padahal kan enak Idah, bisa mendinginkan perut gitu

      Delete
  10. Sejak kapan ya minuman ini heitz. Sering lihat orang jualan ini, pernah beli... kalau bikin, kok males wkwkwk. Minta bikinin Tante Tanti aja apa ya XD

    ReplyDelete
  11. pas banget nih buat diminum siang-siang apalagi sekarang ini lagi musim panas

    ReplyDelete
  12. oh bubuk cappuccino merek apa saja bisa ya?

    ReplyDelete
  13. Aku jarang banget nget bikin minuman deh mba, mampir kermh mak tanti ajalah yah hehe.. Ngesooot

    ReplyDelete
  14. Waduh segarnya menggoda.. cuman sayang sekarang lagi musim hujan..

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^