Wednesday, January 27, 2016

DOA DARI SEORANG BLOGGER #KEMENKESMENDENGAR

Sumber foto : Dok. #SahabatJKN
Bok, 
sedarsawasa adalah satu relatives frame. You can named it 'ago' but also you can pointed as reachable moments that flew away.

Menunjukkan keseriusan mereka berinteraksi dengan masyarakat, maka Kemenkes membuat satu divisi baru yang diberi nama Pusat Komunikasi Publik atau dikenal dengan akronim Puskomblik.

Sebagai #SahabatJKN, aku beruntung berkenalan dengan Puskomblik ini 2 tahun lalu. Saat itu, Puskomblik serius ingin menjalin kerjasama dengan blogger sebagai netizen. Profesi blogger memang menuliskan sesuatu dari sudut pandang pribadi, lalu menyiarkannya melalui blog yang mereka miliki. 

Dari sudut pandang blogger, terungkap bahwa imaji dan opini masyarakat tentang Puskom Kemenkes yang tadinya dianggap hanya bisa menyebar press release saat ada peristiwa crucial, berubah. Sebagai netizen, suara blogger adalah suara masyarakat. 

Nah, sejak Januari 2016, Puskom Publik Kemenkes resmi berubah menjadi Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes. Struktur organisasi yang tadinya langsung di bawah Menteri Kesehatan, sekarang menjadi sub di bawah Sekjen Kemenkes. 

Perubahan itu sendiri bukannya tanpa alasan, tapi dengan alasan regulasi, karena banyak yang meramalkan Puskomblik berkalang beton sekedar mencetak sebuah gebrakan semata. But, andai pun itu benar, perubahan ini toh membawa sejuta makna. Puskomblik meninggalkan sejarah manis dengan perjuangan sejuta rasa. 

Dengan tiga periode Kepala Puskomblik notabene adalah wanita yang lemah gemulai, (Ibu dr. Lily S Sulistyowati, MM periode 2005-2009  - drg. Tritarayati, Sh, MH.Kes periode 2010-2011 dan terakhir drg. Murti Utami periode 2011 hingga berakhirnya Puskomblik) maka kali ini, Ka Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat (singkatannya apa ya Eyang Anjari, panjang amat)
adalah seorang Bapak. Yaaaay! 

Hari ini, tanggal 26 Januari 2016, memenuhi undangan dari #sahabatJKN mas Anjari, aku bergegas ke Kuningan, kantor Kemkes. Mengenakan batik ungu dan tote bag berwarna biru tua, aku datang sebelum acara dimulai! Yaay! Prestasi ini!

Acara dimulai tepat pukul 13.00 dan ga pake lama, kita kenalan dengan Pak drg. Oscar Primadi, MPH sebagai Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat.

Beliau terlihat sangat komunikatif, dengan mempersilakan kami semua menyampaikan doa dan harapan untuk tahun-tahun yang akan datang.


TUJUH DOA DAN HARAPAN UNTUK KA BIRO KOMUNIKASI DAN PELAYANAN MASYARAKAT KEMENKES
Ga panjang-panjang ini doa dan harapanku -as a nice blogger and a great netizen- *dikeplak eyang Anjari*


  • Satu, semoga aja 'roh kebaikan' dan semangat berbagi berita baik akan menjadi satu agenda selanjutnya.
  • Dua, semoga media sosial sebagai pilar demokrasi kelima menjadi satu sarana ampuh, jembatan antara masyarakat dan Kemkes
  • Tiga, semoga Kemkes khususnya Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat  dapat mengakomodasi informasi - mungkin dengan langsung menjalin satu team seperti halnya #SahabatJKN - agar dapat meminimalisir berita yang kurang tepat
  • Empat, on call 24 hours
  • Lima, sering mengadakan gathering bersama kelompok masyarakat -gak hanya blogger namun penggiat kesehatan di ring luar, kalo perlu ibu ibu di Posyandu- agar selalu tersampaikan pesan positip
  • Enam, ada tindak lanjut yang terukur untuk setiap even yang diadakan oleh Kemkes, mungkin dengan database per-blog atau cara imbas ke Masyarakat (Pe eR nih)
  • Tujuh, berdoa semoga kemesraan Bloggers - Biro Komunikasi dan Pelayanan Kemkes ini janganlah cepat berlalu
Good luck
Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat
Selamat bekerja!

13 comments:

  1. Harus ada kolaborasi antara pemerintah dengan blogger. siapa tau nanti ada Blogger PNS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, mengaminkan saja deh, tapi blogger PNS .... hmmmm..... seperti nya ga akan pernah ada ;)))

      Delete
  2. Ikut amin. Berbahagialah kita bisa jadi partner Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakst.

    ReplyDelete
  3. Ikut amin. Berbahagialah kita bisa jadi partner Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakst.

    ReplyDelete
  4. Mbak, boleh jujur? Asli aku nggak paham xD xD Yaah secara nggak pernah berhubungan langsung dengan dinas apa pun, jadi korslet. Maaf kan yah. Tapi aku mengaminkan doa-doamu kok Mbak! :*

    Bit.ly/PrewedStory10

    ReplyDelete
  5. Aminn, saya mengaminkan segala doa kebaikan
    semoga semakan erat hub Blogger dg Puskom Kemenkes
    salam :)

    ReplyDelete
  6. Aamiin. Semoga hal yang sama juga terjadi di Malang. Siap menunggu :)

    ReplyDelete
  7. Amiiin ya rabbi, keliatan batik ungu heeheehe

    ReplyDelete
  8. semoga pelayanan dan sistemnya lebih baik yaa aamiin

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^