Friday, January 8, 2016

SATU MASA DI CIELO, The Chocolate Series


Satu Masa di Cielo: the chocolate series


Penulis : Nugraha Sugiarta
Penyunting: Sandria Komalasari & Sundea
Penerbit: Denu Publishing - February 2012 - 119 halaman

Dari kelahiranku yang sederhana, aku kemudian mengembara menyusuri berdepa-depa kehidupan. Pada pengembaraanku itu lahir beribu-ribu cerita. Aku tidak pernah meminta apalagi memaksa untuk menjadi inti dari segala perjalanan yang mereka telusuri. Manusia-manusia itu dengan kesadaran penuh memilihku. Sebagian menggugat, sedang sebagian lainnya menganggapku bagian dari romantika penggalang terang dalam persilangan garis-garis yang telah sedemikian hebat menjerat gurat hidupnya.  
Aku lalu mengayun. Melangkah setengah berlari menemui pagi cerahmu, bertahan di sengat siangmu, mampir ke dalam petualangan mimpimu. Perkenankanlah aku memperkenalkan diri. Namaku cokelat...
"Life is like a box of chocolates... You never know what you're gonna get." - Forrest Gump.
Genre pop writingadalah isi dan latar cerita yang sedikit banyak dipengaruhi oleh kejadian yang saat ini sedang diperbincangkan banyak orang. Kalo dulu kita kenal dengan chiklit atau teenlit. 

Tahun belakangan ini, setelah banjir chiklit yang membuat saya bertahak dan mual kekenyangan -karena lama-lama full of sex stories- berganti jadi K or J-novel yang manis, sarat dengan muatan Asia. Thank God, sejak dulu penulis Indonesia ga kekurangan ide atau bahan untuk membuat buku-buku cantik. Semoga tahun-tahun ke depan semua jadi International best seller. Aamiiin.

Btw, buku yang satu ini kudapat setelah membaca review dari Peri Hutan, Dia emang juara deh kalo bikin resensi buku. Jempol empatbelas. Bikin saya mupeng pingin baca. As you know, saya pecinta ilustrasi, dan ilustrasi-ilustrasi di dalam buku ini bikin saya jatuh hati.


Buku ini terbagi menjadi Inside dan Outside, masing-masing berisi 5 buah cerpen dengan ilustrasi menarik. Mungkin Penulis ingin melihat dari sudut pandang Si Coklat dan manusia. 

Inside

  • From Chocolate With Love
  • Cokelat di Matahari Barat
  • Satu Masa di Cielo
  • Sang Petualang Cokelat

  • The Beginning of Cielo

Outside
  • Mengejar Cokelat
  • From Chocolate With(out) Love
  • Dua Ratus Sepuluh Ribu
  • Lelaki dari Pabrik Cokelat
  • Kesaksian Cokelat

Sesudah Chocolicious dan The Chocolate series-nya Laura Florand, buku ini sukses mengganyang keingin tahuan saya tentang coklat. Dibalut fiksi yang unik, cara bercerita yang mengalir, cenderung puitis dengan kalimat bakum bikin saya beberapa kali berdecak. Mbok ya dibikin seratus cerita sekaligus.. *eh*

Recommended story :
Kesaksian Coklat dan Sang Petualang Coklat 

Oya, untuk membeli bukunya, karena Denu ini mencetak secara indie, kamu bisa ke blognya -yang juga bertabur ilustrasi unik itu- di dongengdenu.blogspot.com atau whatsapp 0896 1343 9862



Sekilas tentang Penulis
Nugraha Sugiarta atau yang lebih akrab dengan nama panggilan Nunu lahir di Tasikmalaya pada suatu malam yang sedikit mendung. 

Sempat menghabiskan masa kecil di Cirebon dan Palembang sebelum akhirnya bermigrasi ke Bandung, minatnya pada kegiatan tulis-menulis telah dimulai semenjak masih kanak-kanak meski hanya sebatas mencatat puisi dan cerita fiksi dalam buku harian.

Seusai menamatkan pendidikan di Sastra Indonesia Unpad, perjalanan hidup menggiringnya untuk menjebakkan diri pada dunia industri penulisan kreatif sampai akhirnya memutuskan berhenti dan memilih untuk melanjutkan pendidikan Magister di jurusan Ilmu Komunikasi Unpad yang telah pula diselesaikannya dengan penuh perjuangan. 

Selain menjadi penulis lepas, hari-harinya dihabiskan dengan menjadi tenaga pengajar di sebuah kampus swasta dan menjadi kontributor untuk situs Toko Buku Kecil (Tobucil) sambil terus menyusun mimpi untuk mengelilingi Eropa.
(By goodreads.com)

19 comments:

  1. Bukan genre favorit. Heheh malah kebayang bayang cokelat nih

    ReplyDelete
  2. baca ini sepenuhnya aku memikirkan cokelat! Pengen baca bukunya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu pesan langsung ke blognya, pinter ya dia ... sekali enedayung dua pulau lewat bablas

      Delete
  3. Jangan jangan mas nunu juga seorang blogger makk.. Hihihiihii siapa tahu... Dulu aku lumayan sedikit baca chiklit sih, sekarang sudah jarang baca novel.. Lebih banyak online yahhh *ckckckck*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan jangan dia sekarang ambil jalur ngeblog juga

      Delete
  4. baca novel ini sambil ngemil coklat pas deh kayanya

    ReplyDelete
  5. Hm .... Genrenya kurang suka. :D Tapi jadi penasaran setelah baca reviewnya.

    ReplyDelete
  6. Dari penggalan kata di kalimat awal sepertinya buku ini penuh romansa dan cerita yg manis ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Romantis mana sama aku *kunyah permen jahe pedas level sepuluh*

      Delete
  7. Yang kebayang makan cokelat meleleh, hihihihi #gagalfokus mak

    ReplyDelete
  8. Ngiler coklatnyaa :D
    Iya ilustrasi Mak Tanti cantik-cantik #gagalfokus

    ReplyDelete
  9. saya udah baca bukunya dan suka. Saya dulu rutin blogwalking ke blog Dongeng Denu. Suka sama tulisan dan ilustrasinya. Makanya begitu ada buku ini, saya langsung beli. Tapi, sayangnya begitu buku ini ada, blognya mulai jarang update. Malah udah gak pernah update lagi

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^