Featured Post

BUAT ANAK MUDA, SAHUR ITU TERNYATA SERU!

“Sahur itu, sunnah waktunya mepet belakangan. Kalo buka puasa, mepet di awal waktu. Tapi ada juga sih, yang dipepet gak jadian juga!” “Gini ...

VIVO Y15, SMARTPHONE HANDAL TAPI KANTONG TETEP TEBAL

Review dan Spesifikasi Vivo Y15 


Vivo menghadirkan smartphone seri Y yang hadir untuk meramaikan pasar smartphone untuk entry level alias untuk kelas harga terjangkau. Harga umum seri ini ada di bawah IDR 3 jutaan dan di bawah IDR 2 jutaan. 

Salah satu smartpone Vivo seri Y adalah Vivo Y15. Berikut ini adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya dilihat dari beberapa aspek spesifikasi. 

Kelebihan Vivo Y15 

Kapasitas 

Vivo membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas besar, yakni mencapai 5.000 mAh. 

Dengan kapasitas sebesar ini, Vivo Y15 dapat bertahan lama bahkan untuk penggunaan yang lumayan berat. Namun yang disayangkan adalah tidak adanya fitur fast charging. 

Desain 

Dengan ukuran dimensi 159.4 x 76.8 x 8.9 mm dan bobotnya 190 gram, Vivo Y15 memiliki bentuk yang tergolong unik, yaitu bentuk yang agak membulat di setiap sudutnya. 

Warna body smartphone memiliki gradasi warna yang tergolong bagus dan tidak terlalu kontras. Desain Vivo yang khas juga disematkan di smartphone ini, yakni desain bodi belakang yang selalu tampak elegan dan cantik dengan finishing glossy. 

Tiga Kamera Belakang 

Vivo Y15 memiliki tiga kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 13 MP dengan bukaan f/2.2, kamera ultrawide 8 MP dengan dengan bukaan f/2.2, dankamera 2 MP yang berfungsi untuk memberi efek kedalaman. 

Kombinasi dari tiga kamera ini disebut Vivo sebagai AI Triple Camera. Gambar yang akan dihasilkan kamera ini akan dijamin menawan sebagaimana dengan klaim yang dikeluarkan pihak Vivo bahwa kamera ini mampu menghasilkan foto terbaik, mulai dari pemandangan sampai foto potret. 

Dengan smartphone kelas harga Rp2 jutaan, tiga kamera yang ada di bagian belakang Vivo Y15 menjadi nilai jual dari Vivo Y15. 

Kamera Selfie 

Vivo Y15 memiliki kamera depan berukuran 16 MP dengan bukaan f/2.0 dan mendukung rekaman video sampai 1080p. Kamera depannya ini memiliki bentuk notch kecil di tengah di depan bagian smartphone yang memang sedang jadi tren smartphone sekarang ini. 

Sensor Biometrik dengan Respon Cepat 

Terdapat dua sensor biometreik yang dimiliki Vivo Y15, yaitu sensor sidik jari yangberada di bagian belakang dan sensor pengenalan wajah. Untuk performa sensor sidik jarinya sendiri tergolong cepat. 
Kekurangan Vivo Y15 

Chipset Kalah dari Kompetitor 

Teknologi yang digunakan oleh Vivo Y15 adalah chipset Mediatek MT6762 Helio P22 yang dibangun dengan proses fabrikasi 12 nm. Prosesor chipset ini adalah prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan pengolah grafis PowerVR GE8320. 

Dari segi kualitas, chipset ini bukanlah chipset yang mumpuni, yang terbukti dari nilai Antutu smartphone yang ada di angka 77 ribuan, yang jelas bukan angka tinggi. 

Hal ini menyimpulkan bahwa performa HP ini memang terasa kurang di kelas harganya, mengingat banyak kompetitor lain di kelas harga yang sama yang menawarkan nilai Antutu dua kali lipat dari ini. 

Layar Hanya HD Saja 

Smartphone ini ada di kelas harga Rp2 jutaan lebih sedikit. Namun spesifikasi resolusi layar ditawarkan terasa kurang menarik, karena di kelas harga yang sama, kompetitor lainnya sudah menawarkan resolusi layar Full HD. Meskipun bukan sesuatu yang jelek, penggunaan resolusi HD saja jadi hal yang disayangkan. 

Bodi yang Terasa Tebal

Dimensi dan berat yang dimiliki smartphone ini lumayan terasa tebal di genggaman. 

Tidak Ada Fitur Istimewa 

Amat disayangkan ketika smartphone harga Rp2 jutaan, tidak dilengkapi dengan fitur istimewa dan menarik.

Namun satu fitur penting yang mungkin bisa membuat smartphone ini menarik adalah fitur Mode Game Ultra, yang merupakan fitur yang akan membuat pengguna bisa fokus bermain game app tanpa terganggu notifikasi.

24 comments

  1. mba ini gak salah harganya 2jutaan?? spek sebagus dan sekeren ini?? wow.. harga yang cukup terjangkau dan nyaman dikantong tapi performancenya gak kalah cakep ya sama smartphone lainnya

    ReplyDelete
  2. vivo ini kamera yang speciality-nya buat selfi kayaknya yaa...kamera depannya cihuy banget...
    cuma emang oerlu dipertimbangan ya kekurangannya

    ReplyDelete
  3. Kalo harga 2 jutaan dengan spesifikasi kayak gini sih mantuuulll, Mbaaa
    Aku kayaknya bisa mempertimbangkan Vivo untuk kado buat ibu mertua.
    semoga beliau sukaaaa :D

    ReplyDelete
  4. HP dengan harga 2 jutaan nih inceran banget ya...apalagi punya kamera yang cakep.. Menunjang buat pepotoan.. Dengan segala kekurangannya..boleh juga nih Vivo Y5 jadi pilihan

    ReplyDelete
  5. Wah, gadgetku selalu kisaran di bawah 2 jutaan. Belum nyampe budgetnya kalo yang 2 jutaan hehe. Pastinya kalo udah nyampe 2 jutaan, tentu kita pengen gadget yang bisa memenuhi kebutuhan kerja & hiburan kita.

    ReplyDelete
  6. Wow untuk smartphone yang dibandrol 2 jutaan sih ini udah mantep banget. Cucok lah buat IRT yang sekedar komunikasi sama suami aja mah eeehheheh

    ReplyDelete
  7. Walaupun banyak kekurangan tapi lumayan ya ponsel dua juta fiturnya lumayan bsbtak, kamera ada tiga..cucok yang hobi selfie hehr

    ReplyDelete
  8. Sekarang banyak smartphone dengan harga yang lumayan terjangkau tapi spesifikasi dan kamera yang menjadi daya tarik, sudah bagus-bagus ya, Mbak.

    Anakku kemarin beli Vivo juga, lupa tapi aku tuh, tipe Y apa type S ya? kalau punyaku type S nih, lumayan terbagus di kelasnya, hehehee

    ReplyDelete
  9. Kalau lagi pergi=pergian fitur fast charging berguna banget ya mbak, tapi kalau di rumah aja sih gpp sih ya. Vivo Y15 jadi lebih ke pengguna game ya

    ReplyDelete
  10. Vivo Y15 ini cakeep banget aslinya.
    Aku uda kepoin Vivo dari waktu ke waktu doonk.. hihii~

    ReplyDelete
  11. Vivo ini bagus banget dan harganya juga sangat terjangkau sangat rekomendasi banget ya pokoknya

    ReplyDelete
  12. meski nggak ada fitur istimewa, sebenarnya dgn harag 2 jutaan, sudah cukup kece ya mbak dengan semua fitur yg dimiliki
    aku paling suka sama desain nya itu

    ReplyDelete
  13. ViVo ini kata teman-teman yang pakai bagus. Di koperasi kantor bahkan bisa beli nyicil, saya tertarik, tapi harganya masih kemahalan buat ukuran kantong saya

    ReplyDelete
  14. Hp ini mungkin pemakaian standar cocok, nih. Kira-kira ram berapa giga ya Mba? Penasaran karena harganya 2jt'an.

    ReplyDelete
  15. Mba, saya galfok sama kata foto potret.. xixixi.. potret bukannya sama arti dengan foto?

    Iya sayang banget ya kalau harganya 2jt tapi ga punya fitur istimewa. Soalnya dimana hp sudah berlomba punya fitur bagus banget dengan harga semurah mungkin.

    ReplyDelete
  16. Tiga kameranya itu nantangin banget buat foto foto pake smartphone
    Karena pake kamerapro lama lama juga bosan

    ReplyDelete
  17. wih cakep bener nih vivo y15 ini mak neng. kamera belakangnya ada 3 juga ya maaak.. pas bener nih aku lagi pengen ganti hape, mau coba kepoin produknya vivo dl aaah

    ReplyDelete
  18. sekarang tuh bahagia banget memang ya mba karena banyak pilihan telpn genggam yang juga pintar dan bagus

    ReplyDelete
  19. Wah sayang banget ya, pdhl ada hp yang harganya di bawah 2 jutaan malah berani mengeluarkan fitur2 yg menarik hehe
    Tp lumayan kyknya ya udah 3 kamera di belakang :D

    ReplyDelete
  20. Sepertinya smartphone vivo y15 ini khusus dibuat untuk para gamer ya mbk. Lumayan banget lho kameranya. Lumayan banget harganya

    ReplyDelete
  21. Biasanya ponsel seharga 2 jt kebanyakan pakai Mediatek. Sebetulnya, sayang bila kamera sudah mumpuni tapi ndak dibarengi performa chipseat OK.

    Padahal sekarang semua serba daring, sehingga butuh smart phone yang nilai chipseatnya tinggi

    ReplyDelete
  22. bapakku ini kayaknya butuh hape baru mba
    in terjangkau ya ga magal bener luamayan juga speknya
    bagusss jadi refernsi buat apa milih hape

    ReplyDelete
  23. Ini terjangkau banget harganya apalagi kalo speknya kece kayak gini. Membantu kita yang lagi wfh juga nih

    ReplyDelete

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)