Featured Post

BERAPA HONOR ILUSTRATOR DAN BAGAIMANA SKEMA KERJANYA?

1. Bukan Ilustrator Pro Sebagai ilustrator yang "tercebur" secara tiba-tiba, saya sering -eh, sombong!- maksudnya  beberapa...

THE LIGHT THAT MAKES MEMORIES WITH SIGNIFY


Pada dasarnya, otak Anda memiliki fungsi memori otot yang kuat. Ini juga dikenal sebagai memori prosedural.
Memori prosedural adalah jenis memori implisit (memori tidak sadar) dan memori jangka panjang yang membantu kinerja jenis tugas tertentu tanpa kesadaran akan pengalaman sebelumnya.
Ini adalah jenis memori di mana otak kita menyimpan informasi tentang bersepeda, membuat pasta, atau menyalakan mobil. Itu juga di bagian otak Anda - di mana Anda belajar bagaimana menulis surat dengan tangan Anda tanpa memikirkan bagaimana melakukannya. 

Nah ternyata, ada loh hubungannya antara memori implisit dengan cahaya!

Baru-baru ini terdapat satu kelompok neuroscientist yang mencoba menemukan jawaban dari pertanyaan, "Dapatkah neurons menjadi pemicu untuk mengembalikan semua memori otak?".

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka sekelompok ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) melakukan beberapa riset. 

Dari riset itu disimpulkan bahwa untuk mengembalikan memori atau ingatan dalam otak - dapat dilakukan dengan cara memberikan rangsangan terhadap beberapa neurons dengan cara memberikan penyinaran atau dengan menggunakan cahaya.

Mereka menyebut cara untuk mengaktifkan memori dalam otak dengan menggunakan cahaya tersebut dengan nama optogenetics

PERNAHKAH TERLINTAS - KENANGAN MANIS HANYA SAAT MELIHAT PENDAR CAHAYA?


Aku pernah!

Warna warni lampion pada gambar di atas misalnya. Terlintas kenangan manis saat bersama Kelas Blogger berkunjung ke Belitong!

Di malam terakhir sebelum bertolak kembali ke Jakarta, kami melangitkan lampion di Lemadang.

Saat itu, aku baru saja kehilangan sang buah hati, sehingga dukungan teman-teman blogger itu rasanya tak akan pernah kulupa seumur hidupku!

Nah..  sekarang, selain merancang pencahayaan, kamu juga bisa merancang rumah lampu atau luminer sesuai keinginan!

Signify, produsen lampu merek Philips, telah memperkenalkan layanan pencetakan 3D (tiga dimensi) untuk luminer di Indonesia sejak awal tahun ini. Indonesia adalah negara ketiga di luar Eropa, setelah Amerika Serikat dan India, di mana Signify meluncurkan layanan ini. 


“Sebagai perusahaan dengan keberadaan yang kuat di Indonesia, kami ingin terus melayani pelanggan kami dengan inovasi terkini,” kata Rami Hajjar, Country Leader Signify Indonesia.

Layanan pencetakan 3D menawarkan kepada pemilik rumah dan pelanggan profesional di Indonesia untuk mendesain dan membuat rumah lampu gantung yang sesuai kebutuhan. 

Seperti gambar di bawah ini. 
Lampu gantung yang ini, didesain dengan kap lampu bulat terbuat dari polikarbonat - dengan titik fokus tidak melebar ke mana-mana, namun fokus.

Ini lebih membuat mataku nyaman, karena lampu ini memang aku pasang persis di atas meja kerjaku. 

As some of you know, aku kan seniman tukang gambar dengan cara manual yaaaa .... yaaa.. jadi buatku, pencahayaan adalah it list!

Diffuser kaca premium bohlam ini memberikan untukku cahaya yang lembut, sehingga selain bisa fokus tanpa silau yang mengganggu, maka jika digunakan juga bisa memberikan efek relaksasi.


Untuk memudahkan proses desain, Signify menyediakan berbagai desain dasar luminer berkualitas tinggi, termasuk downlight, proyektor dan lampu gantung, yang memungkinkan pelanggan untuk memberikan sentuhan pribadi mereka dengan memadu-padankan elemen desain, seperti warna atau tekstur, untuk kemungkinan tak terbatas.

Investasi Signify di pencetakan 3D menggambarkan lebih jauh mengenai komitmen perusahaan terhadap konsumsi dan produksi bertanggung jawab (SDG12) dengan produk-produk yang dapat dicetak, diperbarui, digunakan kembali, atau didaur ulang. 

Kenapa Signify menggunakan polikarbonat?

Ini merupakan elemen kunci dari komitmen Signify untuk menggandakan pendapatan sirkularnya ke angka 32% pada 2025, sebagai bagian dari program keberlanjutan Brighter Lives, Better World 2025 yang diluncurkan perusahaan pada September 2020.

Umumnya, produksi luminer cetak 3D (tidak termasuk elektronik dan optik) memiliki jejak karbon 47% lebih rendah dibandingkan luminer logam yang diproduksi secara konvensional. 

Signify menggunakan bahan polikarbonat yang 100% dapat didaur ulang sehingga memungkinkan luminer didesain secara khusus atau disesuaikan tepat dengan kebutuhan pelanggan dan didaur ulang di akhir masa pakainya. 

Begitu pemilik rumah atau pelanggan profesional perlu menyesuaikan atau beradaptasi dengan kebutuhan, preferensi atau tren baru, mereka dapat mengembalikan luminer mereka dan Signify akan memproses dan menggunakan kembali bahan tersebut untuk membuat luminer baru. 

“Mesin cetak 3D luminer kami akan memungkinkan kita untuk menggunakan kembali bahan dasar sepenuhnya, meninggalkan sangat sedikit limbah dan menciptakan siklus hidup produk yang sepenuhnya ramah lingkungan,”

Yes, Signify, pemimpin dunia di bidang pencahayaan, terus membawa terobosan baru, tidak hanya untuk inovasi pencahayaan tetapi juga cara produksi dengan memanfaatkan teknologi luminer cetak 3D.

KONTRIBUSI TERHADAP JEJAK KARBON

Sebagaimana diketahui, pencahayaan berkontribusi untuk mengatasi persoalan yang terkait dengan emisi dan menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan.

“Energi menyumbang 60% dari emisi gas rumah kaca dan dunia meminta perusahaan-perusahaan untuk turut mengatasi hal ini,” 

Menurutnya, banyak perusahaan kini berkomitmen terhadap ekonomi sirkular, dan luminer cetak 3D adalah cara Signify untuk berkontribusi mengurangi jejak karbon.

Perusahaan telah menyempurnakan cara produksi yang sangat fleksibel dan lebih berkelanjutan ini, menggunakan bahan baku polikarbonat yang 100% dapat didaur ulang.

Investasi Signify di pencetakan 3D menggambarkan lebih jauh mengenai komitmen perusahaan terhadap konsumsi dan produksi bertanggung jawab (SDG12) dengan produk-produk yang dapat dicetak ulang, diperbarui, digunakan kembali, atau didaur ulang.

Dengan menjaga produksi tetap dekat dengan area perkotaan, perusahaan dapat mengurangi lebih banyak lagi jejak karbon.

Bahan yang digunakan untuk luminer cetak 3D adalah dua pertiga dari berat luminer konvensional, yang berarti menghemat 35% emisi karbon saat pengiriman dan lebih sedikit bahan bakar yang digunakan selama pengangkutan.
Karena bobot polikarbonat yang ringan, lebih sedikit energi (pengurangan 27%) yang dikonsumsi selama akhir masa pakai untuk dirobek menjadi bagian kecil.

Secara total, Signify dapat mengurangi 75% jejak karbon atas pasokan dan produksi bahan, transportasi, dan akhir masa pakai, jika digabungkan.


Nah dengan komitmen dan tujuan mulia tersebut,
bukan tidak mungkin jika kita mendukung pencahayaan di rumah dan lingkungan sekitar kita dengan menggunakan Signify bukan?

42 comments

  1. Ada dampak positif pada lingkungan bila digunakan, berarti Signify adalah lampu ramah lingkungan. Selalu senang dengan inovasi yang membawa efek baik pada lingkungan. Tentu saja saya sangat mendukung.

    ReplyDelete
  2. Jadi kita bisa buat desain lampu gantung sendiri ya mbak, terus signify yang bikinin gitu dengan menggunakan mesin cetak 3 dimensinya?
    Bahannya polikarbonat dan dapat di daur ulang, ini sejalan dengan upaya pelestarian lingkungan ya

    ReplyDelete
  3. sebagai produsen lampu senior, terobosan Philips selalu luar biasa ya?
    Karena di masa depan pemerintah bakal menetapkan regulasi ramah lingkungan secara ketat
    Nah Philips udah selangkah di depan dengan Signify yang dapat mengurangi 75% jejak karbon ya?

    ReplyDelete
  4. OHh gitu to, makanya kenapa perusahaan banyak berada di kota besar karena salah satunya untuk mengurangi jejak karbon. Hemmm bener juga itu, coba kalau dihitung berapa banyak lagi yang akan meninggalkan bekas ya.Btw di rumah akupun percaya pada philips mbak untuk penerangan

    ReplyDelete
  5. Mamaku gak pernah ganti brand buat urusan terang benderang hahaha... pokonya udah auto philips yang dicari kalo mau pasang. Dan memang awet dan sinarnya gak bikin sakit kata aku. Baru tau kalo ternyata mengurangi emisi karbon 75% wahh peduli lingkungan banget ternyata.

    ReplyDelete
  6. Signify dan produk lampu ramah lingkungan. Hampir peralatan penerangan di rumah sudah menggunakan Philips. Awet konon penggunaannya.

    ReplyDelete
  7. Produk seperti ini nih yang patut terus disosialisasikan keberadaannya. Bisa 72% tingkat keramahan lingkungannya. Satu hal yang wajib kita perhatikan demi keterbelangsungan hidup manusia. Keren ah SIGNIFY.

    BTW, itu lampion-lampionnya cantik bangets sih. Pengen ngambil deh hahahaha

    ReplyDelete
  8. pantes yaa kalo melihat pendar cahaya tuh bawaaannya pengen melamun yaaa mba hihihi, jadi ada penjelasan ilmiahnya toh, eh itu aku juga pake lampu philips tuh mba

    ReplyDelete
  9. wah lampu Philip yg ini berarti ramah lingkungan ya mbak
    philip dari dulu emang terkenal bagus kualitasnya dan awet ya mbak

    ReplyDelete
  10. Signify dari Philips berarti selain ramah terhadap lingkungan, juga baik sebagai penerang dalam proses perekaman kenangan yang akan diingat oleh pikiran yg selalu dilakukan oleh mata ya, mba. Auto meriksa lampu yang digunakan di rumah, udah yg Signify ini belum?

    ReplyDelete
  11. Indonesia adalah negara ketiga di luar Eropa, setelah Amerika Serikat dan India, di mana Signify meluncurkan layanan ini.

    Mantab jiwaaa sih ini mbaaa. Bangga banget karena Signify concern dengan kebutuhan masyarakat Indonesia

    ReplyDelete
  12. Wah, jadi enggak hanya menyimpan memory, Signify juga berpihak pada bumi..secara bisa mengurangi 75% jejak karbon selama proses produksi, distribusi sampai ke pemakaian. Wah, inovasi yang sungguh mesti jadi pilihan ini!

    ReplyDelete
  13. Kebetulan emang sedang nyari lampu gantung nih Mbak Tanti, jadi pas deh artikel ini saya baca, thanks for sharing yaa. Duh lampionnya cantik2 semua yaa, mjd inget film animasi Rapunzel yg memorable banget kl lihat lampion beterbangan di angkasa yaa

    ReplyDelete
  14. menarik banget pemaparannya mba tentang hubungan antara mengingat memori dengan sinar atau cahaya

    ReplyDelete
  15. Wah aku baru tahu klo Signify menggunakan bahan polikarbonat yang 100% dapat didaur ulang
    Keren banget dong ya. Selain membantu memberi penerangan, produk ini juga ramah lingkungan

    ReplyDelete
  16. so romantic.. the lights that make memories! really hope you have more and more lovely memories coming

    ReplyDelete
  17. Philips inovasi nya emang ga ada matinya ya, selalu terdepan menghadirkan lampu hemat energi yang ramah lingkungan. Keluarga kami juga pengguna Philips.

    ReplyDelete
  18. Saya dari dulu, sekitar 2015 lah tepatnya udah tahu sama desain-desain produk Philips, khususnya yang lampu sangatlah bagus, kekinian, dan nilai estetikanya tinggi. Saya punya satu yg lampu belajar anak. Itu buagussss banget. Sekarang Signify memungkinkan kita bisa mendesain sendiri lampu gantung yang kita suka. Ini terobosan baru banget.

    ReplyDelete
  19. 3D Modelling dan 3D printing ini memang lagi naik daun, karena orang suka hal2 yang customize, dan suka hal-hal yang inovatif. Jadi keberadaan perusahaan 3D Design modeling n printing sangat dibutuhkan masyarakat. Karena printer nya juga sudah mulai banyak, maka harga produk pun tak sangat mahal, cukup terjangkau. Sukses slalu.

    ReplyDelete
  20. wow the light make memories, berasa romantis gitu deh hahaha. cahaya lampu yag aku paling suka itu di optik, karena ideal banget, bikin mataku enak buat melihat atau membaca. Hm.....apakah ada lampu khusus ya?

    ReplyDelete
  21. Selalu salut sama Philips. Produk2nya inovatif bngt. Di rumahku, hampir semua titik pke lampu Philips..pertimbangannya karena dinilai awet mba. Klo lampu gantung macam punya mba Tanti blm punya...btw cakep lampunya ya!

    ReplyDelete
  22. Philips memang keren, nggak cuma menciptakan lampu untuk penerangan tapi memikirkan dampak kepada lingkungan

    ReplyDelete
  23. Filosofi cahaya pun juga banyak makna, dibanding gelap. Pendar cahaya lebih menyenangkan. Inovasi dari Philips selalu terdepan ya..dan jenis LED Signify ini juga cukup ramah lingkungan

    ReplyDelete
  24. Mau coba ah pakenya
    Aman ga ya kalau saya pakai buat moto di malam hari, hehee.
    Soalnya kalau lampu abal abal suka jelek hasilnya

    ReplyDelete
  25. Bentuknya cantik dan memesona, ternyata inovasi dari Philips.
    Suka banget...sama warnanya.
    Anakku always suka warna gold gini. hihii....

    ReplyDelete
  26. Dari dulu memang belum Ada yg ngalahin sih mba klo saol lampu Philips juaranya apalagi LED signify yg green earth bnget

    ReplyDelete
  27. Terobosan Philips bagus sekali ya, gak kaleng-kaleng emang produsen lampu andalanku ini. Desain dan inovasinya untuk mendukung bumi yang lebih hijau juga patutu diacungi jempol. Jadi tertarik nih, kali aja bisa buat kamar tidur biar lebih aduhai gitu.

    ReplyDelete
  28. klo ngomongin lampu, ya pasti Philip andalannya
    uda terkenal dari dulu kualitasnya
    salut dgn inovasi terbaru dari Philips ini

    ReplyDelete
  29. Kalo nemu lampu yang bisa bikin mata tetap aman dan tidak rusak hepi banget ya Mba
    apalgi philips ini emang udah jaminan

    ReplyDelete
  30. Signify ini berarti ramah lingkungan ya, klo bisa mengurangi emisi gas rumah kaca, berarti bisa banget kita turut andil menjaga lingkungan dari sebuah lampu, kereeen

    ReplyDelete
  31. Ramah lingkungan yah ini, bagus nih jadi bisa jaga lingkungan kita ini, go green yah

    ReplyDelete
  32. Phillips ini sangat rekomen banget ya harganya juga terjangkau dan juga ternyata ramah lingkungan juga yang penting

    ReplyDelete
  33. wah baru tau nih aku tentang korelasi cahaya dan kenangan. Di rumah juga pakenya bohlam.philips nih mak neng, lebih terang dan tahan lama pastinyaaa

    ReplyDelete
  34. Wah keren banget ya inovasi Philips. Produk yang ramah lingkungan gini ini nih yang harus kita dukung.
    Lampu terang dan indah, plus lingkungan bersih. Keren!

    ReplyDelete
  35. Yes, bener banget. Dibalik pendar cahaya, selalu ada kenangan indah di baliknya. Haha..jadi inget yang lalu-lalu nih :D

    ReplyDelete
  36. Keren banget ini Signify inovasinya, udah penerangannya paling oke + ramah lingkungan pula. Di rumahku pun selalu setia sama Philips karena awet banget. Jadi ingin punya lampu gantung juga deh aku. Terus aku baru ngeuh kapan gitu kalo Philips itu perusahaan dari Belanda. Haha.

    ReplyDelete
  37. Philips ini merk yang tetap eksis sampai sekarang, nggak heran sih karena memang kualitasnya yang terjamin. Apalagi dengan kehadiran Signify, salah satu bentuk kepedulian Philips pada lingkungan.

    ReplyDelete
  38. Aku di rumah semua lampu pakai Philips juga kak. Cahaya yang dihasilkan dari lampu tidak bikin mata sakit sama aku suka klo lampu gantung berwarna putih, gak tahu rasanya rumah itu sejuk dan nyaman aja lihatnya. Dan asyik buat belajar juga ya kan. Apalagi dengan hadirnya Signify, salah satu bentuk kepedulian Philips pada lingkungan. Keren!

    ReplyDelete
  39. Menarik banget konsep dari Signify ini, memberikan kita kesempatan bagi kita untuk mendesain luminer cetak 3D sesuai keinginan kita sendiri, jadi produknya bikin ruangan makin cantik dan ramah lingkungan pula.

    ReplyDelete
  40. Karyanya mak Tanti bagus-bagus dan membuat orang lain jadi bahagia melihatnya. Kalau hal yang dikerjakan menjadi passionnya akan menyenangkan ya mak. Kalau aku, entah tidak berbakat atau entah apa, bagian ilustrasi gambar ga pernah sip. ahahahahay

    ReplyDelete
  41. Wah keren ya. Signify menggunakan bahan polikarbonat yang 100% dapat didaur ulang. Mudah2an sih banyak perusahaan yg meniru langkah ini, memerhatikan juga dampak produk terhadap lingkungan

    ReplyDelete
  42. Salut bangeeet aku sama Signify Philips. Jadi bahan polikarbonatnya bisa 100% didaur ulang ya. Ramah lingkungan banget. Aku juga lampu di rumah pakai Philips. Cahaya, penerangan yg sesuai juga bisa ngaruh ke mood juga kalau buat aku mba... :)

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat (^_^)

Btw, jika ada link hidup dengan berat hati saya hapus \(*_*)/