STYLUS FABER CASTELL SOLUSI MUDAH DAN MURAH SAAT BELAJAR ONLINE

Lokasi rumahku di Tangerang (arah Curug) ternyata adalah salah satu episentrum Corona!

Diduga, ledakan kasus terjadi, karena di sini mayoritas penduduk menjalankan aktifitasnya di luar daerah, terutama Jakarta. Mau tak mau, setelah setahun lebih, penduduk yang tadinya WFH memilih pelan-pelan menjalankan usaha mereka lagi. 

Ketika mendapat berita yang tak terduga itu, aku langsung diskusi dengan anak-anak. Alhamdulillah, anak-anak sebenarnya sangat paham kebijakan daerah, yang lantas dipatuhi oleh sekolah mereka. 

Namun tetap saja selama menjalani UTS dan PAT ini, mereka mengaku kesulitan mengikuti cara belajar yang relatif baru ini. 

"Susah kalau online, Ma. Kadang di google classroom namaku ga ada, jadi aku terpaksa nunggu temenku ngasih kode," kata bang Dio waktu itu.
"Loh, gurumu ke mana? Kamu ngga bilang sama guru?" tanyaku, takut Dio tidak berhasil mengerjakan soal hanya karena tak bisa masuk ruang kelas.

"Sudah kok, Ma sejak semalam udah bilang,"

Aku menghela napas. Oh PJJ, hingga hampir dua tahun, permasalahan kecil seperti ini masih terjadi! 

Aku kembali mengingatkan, "Oh oke, semoga nanti lancar ya bang, kerjakan soalnya tidak usah buru-buru. Nanti malah yang harusnya esay keliru masukkan rumusnya," 

WEBINAR BERSAMA FABER CASTELL TENTANG “Refleksi Pendidikan Indonesia : Diantara PJJ dan PTM”

Tanggal 5 Juni 2021, alhamdulillah aku diundang mengikuti sebuah webinar yang penuh nutrisi seputar isu PJJ dan PTM. 



Webinar ini diselenggarakan oleh Faber Castell yang menghadirkan narasumber pemerhati pendidikan Ibu Saufi Sauniawati. Webinar ini mengusung tema yang sangat pas dalam situasi saat ini: “Refleksi Pendidikan Indonesia diantara PJJ dan PTM”.

Hadir juga dalam webinar ini Bapak Christian Herawan, Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia. Acara dimoderatori oleh Mas Andri Kurniawan, PR Manager Faber-Castell. 





Ibu Saufi memaparkan selain masalah sarana seperti alat/perangkat komunikasi dan jaringan internet dan stabilitasnya di seluruh wilayah nusantara, banyak masalah yang juga masih menjadi PR kita bersama. 

Peran guru, orang tua, kesiapan materi ajar , dan metode yang adaptif dengan proses PJJ, bahkan soal motivasi anak dalam menjalani proses belajar juga cukup challenging.


Paket Belajar Online Faber-Castell


Saat ini, sistem pembelajaran jarak jauh menuntut orang tua menyediakan lebih banyak perlengkapan kerja. Dulu, punya handphone itu sesuatu yang wah, barang sekunder. Tapi sekarang? 

Mari kita lihat perlengkapan sekolah anak-anak di rumahku. Oya, karena jumlahnya terbatas dan anaknya ada tiga orang, maka menggunakannya bergantian ^_^

Alat-alat yang sebaiknya harus ada:
  • Alat tulis manual 
  • Gadget berupa handphone dan tab,
  • Komputer atau laptop, 
  • Printer untuk mencetak soal dan mengerjakan tugas, 
  • Pen tab (ada juga temannya yang menggunakan wacom)
  • Lampu ring-light (jika mengerjakan tugas video atau jika sedang on-cam saat zoom meeting atau presentasi di google classroom)
  • tripod atau lazy pod
Cara Mengerjakan Tugas atau PAT:
  • Semua tugas harus di scan, atau dibuat video, minimal diphoto.
  • Semua tugas atau hasil ulangan dikirim ke wali kelas atau guru atau ketua murid dalam bentuk file di whatsapp 
  • Jika presentasi, harus diunggah ke google classroom atau youtube
Wow! Itu anak-anak sekolah apa influencer atau Youtuber?

Sekolah saat PJJ = MAHAL? Tenang, ada Paket Belajar Online dari Faber Castell


Tentu saja, jika anak dituntut untuk memiliki kelengkapan peralatan sekolah mutakhir seperti itu!

Bagaimana dengan anak-anak yang tidak memiliki semua perlengkapan tersebut karena kondisi ekonomi keluarga tidak memadai? Apalagi sekarang ini, ada tugas yang mengharuskan anak menulis essay atau menulis bangun ruang saat pelajaran matematika di "kertas virtual".

Pastinya akan merepotkan jika "menulis' atau menggambar tanpa alat, bukan?

Nah, kali ini Ibu Saufi memberikan tips dengan cara menggunakan produk terbaru Faber-Castell, Paket Belajar Online

Oya sebelumnya kita lihat dulu, apa isi Paket Belajar Online yang dirancang untuk memudahkan anak-anak belajar ini dulu.

Paket Belajar Online adalah satu set peralatan menulis di dalam sebuah kotak pensil dengan desain ergonomis berwarna hijau daun pinus. 

Isinya antara lain :
  • stylus 
  • pensil 
  • penghapus dan 
  • rautan 

Mengapa ada stylus? Apa itu stylus?

Bapak Christian Hermawan menjelaskan, Paket Belajar Online Faber-Castell memang diciptakan berdasarkan hasil survey terhadap masyarakat khususnya terkait proses PJJ. 

Masyarakat banyak yang terkendala dengan gadget/gawai sebagai perangkat utama PJJ yang dinilai kurang optimal dalam mendukung kegiatan pembelajaran terutama saat mengerjakan tugas evaluasi pembelajaran.

Maka untuk mendukung PJJ, Faber-Castell menyediakan peralatan tulis yang lengkap seperti pensil, penghapus dan juga ballpoint yang dibutuhkan saat belajar, serta dilengkapi dengan stylus. 

Nah stylus inilah yang merupakan produk cerdas yang sangat membantu dalam menggunakan gadget dalam aktivitas belajar online anak.

Stylus pen atau pena stylus dikenal sebagai pena digital yang bisa digunakan untuk menulis di layar smartphone atau tablet dengan layar sentuh.
Stylus ini menghindari kita mengalami salah dalam mengetik huruf. Hal itu disebabkan karena rentang papan ketik lebih kecil dari ukuran jari tangan. 

Peran pen stylus dibutuhkan, karena ukurannya yang sekecil ujung pensil, akan mampu meningkatkan ketepatan sentuhan input. Selain itu, pen stylus juga bisa menghindari adanya sentuhan jari yang berminyak.

Keunggulan menggunakan stylus ini, dapat membantu saat pertanyaan jawaban yang sifatnya pilihan maupun essay. Selain itu juga berfungsi untuk menggeser layar dan juga menulis, sehingga sangat cocok untuk segala jenis ujian. 

Karet ujung stylus juga bertekstur lembut sehingga tidak akan merusak layar smart phone dan dapat digunakan di semua jenis atau merek smart phone.

Cara menggunakan pen stylus:

- Sama seperti menggunakan pena untuk menulis, stylus disentuhkan ke kertas dan nanti bisa digunakan untuk menulis atau menggambar.

- Karena pen stylus ini pendek, maka biasanya digunakan seperti cap (tutup) pena.




Mudah ya cara menggunakannya?

Mencari Paket Belajar Online Faber-Castell juga mudah. Bisa ditemukan di official store Faber-Castell di Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Lazada dan toko buku baik besar maupun kecil.

Berapa harga Paket Belajar Online Faber-Castell?

Paket ini dibandrol dengan harga IDR 35.300 saja. 

Wah, terjangkau sekali, bukan?
Yuk daripada bingung beli gadget mahal lainnya, kita siapkan Paket Belajar Online Faber-Castell untuk anak-anak. 

Baik untuk Pembelajaran Jarak Jauh atau Pertemuan Tatap Muka, 
Paket ini juga bisa digunakan kok!

Untuk informasi lebih lanjut, kita bisa lihat di media sosial Faber Castell atau melalui websitenya di www.faber-castell.co.id 

Selamat belajar, anak-anak!

27 comments

  1. Udah lama banget ga pake produk Faber-Castell, padahal di rumah banyak sekarang dipake sama anak aja karena aku beralih ke digital, dulu aku sempat mau beli stylus Faber-Castell ini karena murce banget ya hehehe

    ReplyDelete
  2. Fabe castell memag paling tahu kebutuhan kita ya, Stylus ini sangat bermanfaat buat belajar online juga, dan bentuknya kek pencil gitu jadi lebih mudah digunakan. Anak-anak pasti suka.

    ReplyDelete
  3. Nah aku jadi pengen juga punya stylus dari Faber Castel.soalnya aku sering typo

    ReplyDelete
  4. Iya nihh mba, setuju banget.
    Sebenarnya pembejaran daring ini ada positif dan negatifnya juga.
    eh btw aku nggak dapat stylus nya nihh, heheh padahal lumayan ini pengganti jari tangan kalau lagi megang hp hehehe

    ReplyDelete
  5. Seneng ya jadi anak jaman sekarang, bisa minta dibeliin paket belajar online dari faber castle, udah ada stylusnya. Harganya juga cuma 35 ribu. Bukan cuma anak-anak, kan saya juga pengen punya. Jari besar gini kadang susah kalau kerja di hp, apalagi saat ngisi daftar hadir dan harus pakai tanda tangan.

    ReplyDelete
  6. AKu dah cobain nih stylushnya ..anakku juga suka katanya enak buat kalo ngerjain soal-soal.. kepikiran buat beli 1 lagi karena kalo cuma satu jadi rebutan hehhe..

    ReplyDelete
  7. anakku nih mba, kalo pas ngerjain tugas atau ujian yang sifatnya harus dikirim soft copy ke guru suka aku kasih jalan ninja yang tetep aja sih ribet, jadi PDF nya aku edit online gitu biar bisa diketik lagi jawabannya dan gak usah ngeprint kertas heheh

    tapi sekarang mah ada stylus dari faber castell, it would be so much easier lah buat anak-anak dan ibunya juga

    ReplyDelete
  8. Mbaaa, aku kok auto puyeng baca soal2 GRADIEN GARIS, persamaan linear dll ntuh yhaaa wkwkwk
    Duh, PJJ oh PJJ bener2 cobaan buat emak2 jaman now.
    Akupun kudu ikut belajar math lagi, mana anakku udah SMP, mathnya syusaaahh *numpang curcol dikit*

    beklaahh, mumpung sekarang liburan kenaikan kelas, sepertinya daku mau berburu paket faber castell ini, ahh. jadi ketika bulan July (thn ajaran baru) kami udah siap untuk PJJ lagii, yayyy!

    ReplyDelete
  9. Oh, ternyata pen stylus ya namanya yang mungil depannya ijo runcing kayak pensil/ pulpen? Duh, Nggemesin bangeeet. Jadi kepengen beliin anak2ku deh. Iya ya bener, jadi pas isi atau centang jawaban, menghindari tempelan jari2 berminyak dll. Harga sepaketnya 35 ribuan mah murah pisan :D PTM kayaknya belum tentu jadi, mak Tanti. Coronces menggelegar lagi nih. Bakalan lebih panjang PJJ deh hiks :(

    ReplyDelete
  10. Selama PJJ ini bener-bener harus jadi tim yang kompak bersama anak. Karena samaa banget dengan yang mbak uraikan dalam artikel ini, tugas2 anak kita tuh minimal dipotret dan maksimal bikin video. Jadi 11-12 dengan emak²nya yg blogger dah hehehe.

    Nah, produk Faber Castell oke juga nih. Sangat membantu dalam proses belajar. Aku kok jadi naksir stylusnya ya hahaha. Kesannya sip banget gitu loh.

    ReplyDelete
  11. Woh canggih juga produk Faber Castell ini. Kirain Paket Belajar Online Faber-Castell bakal mahal ya. Ternyata masih terjangkau. Bisa nih besok beli buat belajar

    ReplyDelete
  12. Harga paket belajar dari Faber Castell murah tapi kualitasnya terbaik. Awal au liat stylusnya aku kira sampai ratusan ribu. Hasik mau beli buat anak. Kayaknya masih lanjut nih belajar onlinenya

    ReplyDelete
  13. Sekarang Faber Castell pun berinovasi ya untuk memudahkan si kecil belajar menggunakan gawai makanya dihadirkan stylus pen yang mudah digunakan oleh anak-anak juga. Nanti mau cari ah sekalian emang mau beli beberapa perlengkapan liburan selama di rumah saja nih, karena emang kalau urusan tulis menulis dan mewarnai aku selalu kasih Faber Castell juga.

    ReplyDelete
  14. Dulu anak dilarang-larang menggunakan handphone eh sekarang malah barang wajib untuk belajar ya. Zaman berubah, masa berganti dan fenomena itu pun semakin dianggap wajar. Ah semoga saja pandemi ini segera usai ya Mak. Sungguh rindu mempersiapkan barang-barang anak ketika berangkat sekolah.

    ReplyDelete
  15. Baru tahu klo Faber CAstell mengeluarkan Stylus pen, yang berfungsi utk "pena" saat menggunakan gawai. Inovasi faber oke banget ini, jadinya bisa mengurangi resiko salah ketik juga lebih aman agar gawai tidak menjadi "sarang"kuman bakteri karena intesitas jari-jari berminyak.

    ReplyDelete
  16. menarik sekali paket sekolah yang dikeluarkan oleh faber castle ini ya mbak
    dgn adanya stilus jadi alat yg sangat membantu dalam pelaksanaan pjj ini
    jadi pengen beli buat anak anakku
    itu stylusnya bisa digunakan di smartphone apa sajakah mbak?

    ReplyDelete
  17. wow aku baru tahu ada pen stylus dari faber castell. canggih yaa... jadi seolah kita punya tab mahal yg ada pen nya itu lho. perlu banget nihhh buat boyz belajar di rumah. harganya ga mahal pula. makasi infonya mak tanti.

    ReplyDelete
  18. Wah mantul banget nih paket belajarnya, sepertinya aku juga harus beli karena kedua anakku insyaAllah tahunajaran ini lanjut ke sekolah yg hanya akan memfasilitasi PJJ selama pandemi.
    Stylus ini ok banget ya kyknya, emang selama ini anak2 suka geser2 layar tu kdng jarinya beka makan apa gtu kan gemes haha, kalau pakai ini keknya aman, gk rusak layar jg :D

    ReplyDelete
  19. Ngerasain banget keriwehan para orangtua awal awal PJJ. Mau nggak mau harus melek teknologi, minimal tau cara buka WA dan tau google Class room. Apalagi buat orangtua yang tinggal di desa.
    Salut banget sama Faber-Castell, tau aja permasalahan anak/orangtua. Terbantu sekali dengan adanya stylus, harganya pun cukup terjangkau lho

    ReplyDelete
  20. Baru tahu mba ada stylus ini mau coba beli ah aku kira mahal loh ternyata terjangkau yah harganya 35ribu udah dapat paket online faber castle

    ReplyDelete
  21. Stylusnya Faber Castell ini membantu banget buat apa anak-anak selama pjj. Nyaman dipakai dan akurat penggunaannya

    ReplyDelete
  22. Waaa murce yaa paket belajar onlinenya ini.. anak2 pasti gak bosan lagi ya belajar PJJ :))

    ReplyDelete
  23. Oh...pakai pen stylus ini gak perlu setting apa-apa di gadget yaa..
    Bisa dipakai di semua gadget yang digunakan?

    Anakku kalau belajar suka banyak mainnya, jadi happy.
    Mainnya online, yang cepet-cepetan nandain gambar atau warna atau angka gitu..
    Maklum, masih kelas 2 SD.
    kalau serius kaya kakaknya suka capek duluan.

    Mau cari juga aah... Paket Belajar Faber Castell.
    Nanti buat mama baca buku juga di apps online.

    ReplyDelete
  24. Ih aku baru tau faber castell punya stylus nih mak neng.. karena kayanya kenaikan masih lanjut PJJ, aku perlu stylusnya faber castell juga nih.. nanti cari aaaah

    ReplyDelete
  25. Seru yo mba pake ini jadi enk mudahin anak belajar secara belajar online serba digital
    Bisa buat gambar2 juga ini mak tanti pasti hepi
    Murah meriah ank sukaa

    ReplyDelete
  26. naksir sama pen stylusnya
    kayaknya buat menggambar online di hape oke juga

    ReplyDelete
  27. Duh pas awal lihat harganya kirain bakal mahal ternyata cukup terjangkau ya, jadi pengen beli buat persiapan tahun ajaran baru anak-anak deh.

    ReplyDelete

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)