FITUR CANVA PRO YANG BERGUNA UNTUK BLOGGER


    Sebagai blogger, aku suka melengkapi konten tulisan dengan foto atau gambar. Dan aku lebih suka jika foto tersebut tak dimiliki oleh siapa pun! Senang rasanya jika gambar maupun ilustrasi pendukung itu hanya ada di blog!


    Perkenalan dengan Canva sebenarnya sudah sejak tahun 2018 lalu, namun aku tidak pernah tahu banyak tentang fitur-fitur Canva yang semakin beragam dan berguna untuk blogger. Ternyata, seiring jaman, Canva bertumbuh pesat, sehingga saat ini kita bisa membuat aneka foto, ilustrasi, video bahkan animasi. Dan itu semua mudah, semudah menjentikkan jari!

    Beruntung di tahun 2020 lalu, aku menemukan feed post di salah satu sahabat blogger yaitu Tuty Queen. Ia dengan rajin mengunggah aneka ilustrasi cantik dan kemudian dengan suka rela membuka kelas bernama Canve Creative Class bersama suaminya, Ono Sembunglango untuk para blogger haus konten keren! Terima kasih, Tripel C!

Canva, What Are You?

Canva adalah platform desain grafis, dan kamu bisa menggunakannya untuk membuat sosial media grafik, infografis, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Canva menyediakan beraneka template siap pakai yang bisa digunakan oleh para penggunanya.

Kamu bisa menggunakan platform Canva secara gratis atau Canva Pro dan Canva Enterprise. Fitur-fitur tambahan yang tersedia di sini, tidak ada di Canva Free.

Fakta seputar Canva

1. Canva berdiri pada tahun 2013 di Perth, Australia oleh Melanie Perkins, Cliff Obrecht, dan Cameron Adams.

2. Di tahun pertama berdiri, Canva memiliki lebih dari 750.000 pengguna dari seluruh dunia.

3. Canva menawarkan alternatif untuk membuat desain dengan lebih mudah dan juga lebih murah daripada aplikasi desain lainnya yang ada di pasar sekarang ini.

4. Kamu bisa membuat desain apapun sesuai kebutuhan dengan mudah, karena  #CanvaBanyakBisanya jadi 
meskipun tidak memiliki pengalaman desain sebelumnya, tenaang.. tinggal klak klik, jadi!

5. Canva sangat user friendly untuk pengguna baru, dan diterjemahkan di lebih dari 100 bahasa. Tersedia bahasa Indonesia, jadi buat yang kurang nyaman menggunakan Canva berbahasa Inggris, bisa mengubah setelan menjadi Bahasa Indonesia.

6. Canva juga mobile friendly, aplikasi mobile-nya akan membantu kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk duduk dan membuat desain menggunakan laptop.

Nah dengan semua kelebihan yang dimiliki, Canva, maka saat ini Canva digunakan oleh para content creator, digital marketer dan juga blogger.

Fitur-fitur Canva Pro yang sangat berguna untuk blogger

    Sebelum mengenal fitur Canva Pro, ada baiknya kamu mengetahui informasi ini. Jika kamu ingin mendapatkan fitur Canva Pro dengan lebih hemat, pastikan kamu mengundang 4 orang teman untuk menjadi team. 

    Berlangganan Canva Pro bersama team akan jauh lebih hemat, dan pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien dengan mengundang anggota atau tim bergabung!

    Jika sudah, usahakan bergabung ke dalam afiliasi, karena ke depannya setiap desain yang kamu buat, dan disukai orang lain, akan menggendutkan pundi-pundi e wallet-mu!

1. Unlimited Konten



    Konten disini mengacu pada template, video, audio, element, font dan semua yang ada di Canva, yang bisa digunakan oleh pengguna Canva Pro. Untuk pengguna Canva Free, konten dan elemen premium ini bisa digunakan dengan membayar harga per-gambar atau elemen bertanda PRO yang ingin digunakan.

    Namun jika kamu banyak menggunakan Canva sebagai elemen pendukung baik di sosial media dan blog, maka Canva Pro ini akan jauh lebih hemat, karena kamu tidak harus membayar setiap elemen yang mau digunakan! Canva Pro juga memiliki banyak sekali font-font keren, yang tidak ada di Canva Free, sehingga desain yang kamu hasilkan akan jauh lebih keren.

    Coba kamu langsung aktifkan saja CanvaPro ini!

2. Menjual Template dan Elemen di Canva


Beberapa blogger yang juga creative people suka membuat design template yang menarik, bahkan banyak yang membuat ilustrasi desain mereka sendiri.

Canva terbuka untuk kamu menjual template dan elemen hasil karyamu juga loh. Unggah di beberapa media sosial, dan marketplace, termasuk di Canva sendiri.

3. Brand Kit



    Sebagai blogger, ada fitur Canva Pro yang sangat berguna, namanya Fitur Brand Kit. Brand kit adalah tempat dimana kamu dapat menyimpan jenis dan ukuran fonts, warna, hingga logo perusahaan dalam satu tempat.

    Dengan Canva Pro, aku bisa membuat brand kit yang akan sangat berguna jika kita memiliki beberapa blog dengan niche dan branding yang berbeda. Kita bisa menambahkan logo, palet warna, dan juga font yang digunakan untuk masing-masing blog.

Walau terdengar sepele, namun kamu sebenarnya memiliki pilihan tak terbatas untuk menciptakan palet warna. Kamu bahkan juga bisa menambahkan font sendiri apabila font yang diinginkan tidak ada di Canva.

Cara Membuat Brand Kit :

· Untuk membuat brand kit, kunjungi dashboard Canva di bagian home atau beranda.

· Setelah itu klik Brand Kit atau Kit Merek yang tersedia pada menu di samping kiri.

· Add Brand Kit (Tambahkan Kit Merek), isi nama brand atau blog, dan tambahkan logo, palet warna, dan font yang akan digunakan untuk brand tersebut.

· Untuk menambahkan font yang tidak tersedia di Canva, tambahkan dengan cara klik tombol upload font (unggah font).

3. Magic Resize ( mengubah ukuran dimensi desain)



Saat menggunakan Canva Pro, kamu dapat dengan mudah mengubah size atau ukuran dimensi desain, tanpa perlu mengulang semua dari awal. Tinggal klik, resize, dan ukuran desain pun berubah sesuai keinginan.

Misalnya : mengubah ukuran Instagram Post ke Instagram Story, tinggal klik + resize. Sangat menghemat waktu.

Cukup dengan menekan tombol resize, kita bisa mengubah desain template ke berbagai macam ukuran baru. Tersedia juga size khusus (customize) diluar size template yang sudah ada.

4. Simpan Desain Dengan Background Transparant

Before
  

After


    Fitur lain yang tidak kalah keren dari Canva Pro adalah kita bisa menyimpan desain dengan format background (latar belakang) yang transparan. 

    Fitur ini sangat berguna jika kita membuat logo dan ingin menempatkan logo tersebut ke berbagai elemen branding seperti sub icon, icon, logo header maupun kartu nama.

    Fitur ini juga sangat berguna untuk editing foto, dengan latar belakang seperti yang kamu inginkan!

    Pengguna Canva Free tidak memiliki opsi untuk mengubah background menjadi transparan! 

Fitur simpan dengan background transparan ini hanya tersedia untuk format PNG, jadi jika ingin menyimpan dengan format lain seperti JPG, pilihan opsi untuk background transparan tidak akan muncul.

Cara menyimpan file dengan transparant background

· Buka foto yang ingin dibuat transparan.

· Tekan tombol edit image nanti akan ada tulisan BG remover

· Klik dan foto sudah bisa digunakan

5. Content Planner (membuat schedule untuk mengunggah konten)



Content Planner adalah fitur yang bermanfaat untuk blogger di Canva Pro. Mengapa? Karena tidak perlu menggunakan tools atau aplikasi pihak ketiga seperti Buffer, Later maupun Creator Studio FB.

· Buka menu Content Planner yang ada di bagian samping halaman dashboard Canva.

· Seperti yang terlihat, Canva bahkan sudah menandai beberapa hari penting didalam kalender.

· Langkah berikutnya adalah tekan tanggal yang diinginkan untuk menjadwalkan konten. Contohnya : jika kamu ingin mengunggah konten di tanggal 5 Juli, maka akan muncul tanda + klik tanda + tersebut,

· Kamu bisa memilih konten yang sudah ada, atau membuat konten baru yang nantinya akan di share di tanggal tersebut.

· Setelah desain siap dibagikan, tekan tombol schedule, dan kemudian akan muncul beberapa pilihan media sosial. Kamu bisa login menggunakan sosial media yang dipilih dan langsung bisa mulai menjadwalkan konten.

6. Compress File

Fitur lainnya yang hanya ada di Canva Pro dan berformat PNG adalah kita bisa compress file ke kualitas yang lebih rendah sehingga file akan lebih kecil kilobyte nya. Compress file sangat membantu menghemat ruang penyimpanan di perangkatmu.

· Caranya mudah, cukup klik tombol download lalu centang compress file kemudian tekan tombol download berwarna ungu.

7. Version History

Version history atau riwayat versi adalah fitur Canva Pro yang sangat memudahkan pekerjaan! Karena jika kamu sudah mengedit gambar dan membutuhkan elemen yang tadi sudah terlanjur dihapus, kamu tinggal membuka version history dan memunculkan kembali elemen tersebut.

Untuk mengakses desain sebelumnya, kamu bisa menekan tombol file , lalu scroll sedikit kebawah dan temukan pilihan untuk version history.

8. Animasi Pro

Tak kalah menarik di dalam fitur Canva Pro adalah fitur animasi.

Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa membuat desain menjadi animasi (gambar bergerak).Kita bisa menentukan berapa detik yang dibutuhkan untuk masing-masing gambar dan kita juga bisa menentukan pola pergantian gambar yang digunakan.

Ada banyak pilihan animasi di Canva Pro. Caranya ? Here we go!

· Tekan tombol Animate didesain yang dibuat.

· Pilih animasi yang ingin digunakan pada bagian menu di samping desain, dan tekan tombol timer 5.0s jika Anda ingin mengubah durasi tiap page animasi.

Premium Video

Berita baik untuk kamu yang suka membuat konten video. Saat ini Canva Pro sudah menyediakan ratusan galeri video dan foto. Semua bisa dipilih dan digunakan oleh pengguna Canva Pro untuk mendukung desain terbaikmu!


Coba Canva Pro? harus!

Setelah membaca uraianku di atas, terasa sekali bukan, fitur Canva Pro yang canggih ini akan sangat berguna buat kamu sebagai seorang blogger dan content creator? Tunggu apa lagi, yuk langganan Canva Pro!

Oyaaa .. kalau kamu ingin melihat desain teman-teman dari seluruh Indonesia, kamu juga bisa bergabung di beberapa komunitas, selain Tripel C juga ada Facebook Group Canvalove Indonesia.

Kutunggu yaaa desain-desain ciamikmu!

74 komentar

  1. Yay udah mahir banget ya ngutak atik canva.Aku jadi kepengen belajar juga nih

    BalasHapus
  2. Ada fitur videonya juga ya ternyata. Btw cukup menarik sih. Dulu saya pernah pakai buat bikin portofolio dan memang cukup powerfull.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku sih itu yang bikin canva jadi menarik, karena kan jaman now orang pada buat video ya

      Hapus
  3. Ah abis baca ini jadi makin yakin mau berlangganan canva pro. Karena yaaa ada bnyak manfaat yang bisa didapatkan kalau pakai canva pro. Bis bikin banyak media belajar nih. Tengkyu infonya Mbaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. betcuul mbake, karena Canva ini kalo ga langganan sayang aja, semua gambar yang kita pengen digembok pake garis garis tak cantik

      Hapus
  4. Kalau pakai canva pro ini bebas mau mendesign apapun ya. Fitur yang ditawarkan banyak bahkan beragam dan memudahkan pengguna mendesign by handphone sudah bisa ngedesign yang apik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeeeessss bebas mau buat video - animasi - presentasi - sampe ilustrasi di blog

      Hapus
  5. memang ya Canva Pro ini fiturnya banyak banget. Elemen2nya juga lengkap. digunakan untuk orang awam kaya aku pun nggak bikin bingung karena user friendly banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes mbak, user friendly banget - ujug ujug kita jadi ahli desain ya

      Hapus
  6. Aku juga subscribe Canva Pro soalnya butuh banget nih, banyak desain yg aku buat di sini, yang paling sering aku butuhin tuh font tulisan dan stok fotonya. Gak perlu bingung lagi karena unlimited

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan .. berasa ya kalo langganan yang premium!

      Hapus
  7. Canva pro memang istimewa. Semua jadi nudah

    BalasHapus
  8. Buatku, canva itu salah satu tool wajib buat blogger. Makanya aku bela-belain beli canva pro. Bukan hanya untuk konten di blog tapi juga konten di video dan sosial media.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tool wajib dan emang blogger butuh ya mbak

      Hapus
  9. Benaaaaaaar... salah satu kemudahan selain kaya akan template desain, bagi aku dengan canva pro akan mempercepat kita saat membuat sebuah gambar untuk ilustrasi pendukung konten. Tahu kenapa? kebayang kan kalau pas searching element tertentu, yang tampil semuanya pro, bisa dua hari kita nyarinya, wkwkwkw.

    BalasHapus
  10. Aku juga pengguna canva pro. Bener2 menunjang kerjaan bgt. Sat set udah jadi bak desainer handal wkwkwkwk. Bisa juga jd kontributor di canva. Anyway, Seru ya ikut komunitas ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canva ini kalo ga langganan sayang aja, semua gambar yang kita pengen digembok pake garis garis tak cantik

      Hapus
  11. Belum pakai Canva Pro, masih yang biasa. Namun sangat terbantu dengan adanya Canva. Mudah banget pemakaiannya. Pengin ikut juga kelasnya Kak Tuty biar makin kece bikin karya di Canva.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canva ini kalo ga langganan sayang aja, semua gambar yang kita pengen digembok pake garis garis tak cantik loh, sana sana iktuan kelasnya! GAK NYESEL!

      Hapus
  12. dari kemarin itu maju mundur, mau beli yang pro atau belum. tapi kenalan dengan fitur-fiturnya gini, makin yakin memang blogger itu butuh banget canva

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canva ini kalo ga langganan sayang aja, semua gambar yang kita pengen digembok pake garis garis tak cantik

      Hapus
  13. wah banyak ya, mbak kelebihan canva pro ini. saya selama ini masih pakai yang gratisan nih dan suka gemes juga pas mau ambil gambar eh tahunya ada watermarknya. heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha itu yang kurasakan sebelm langganan!

      Hapus
  14. Canva andalan banget nih buat bikin infografis blog atau minimal buatvngedit foto biar makin kece. Kalau Jd affiliatornya itu gimana ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita daftar jeng di sini ya

      https://www.canva.com/id_id/belajar/memulai-afiliasi-canva/

      Hapus
  15. Canva memang andalan bnget Mbak, aku pernah nyobain yg pro canva emg fitur-fiturnya selengkap itu... Jadi kayak ilustrator andal deh, hehe

    BalasHapus
  16. canva bantu banget dalam bikin elemen pendukung di blog, infographic dan edit gambar juga. termasuk untuk bikin portofolio dan banner atau header blog. fiturnya emang lebih lengkap kalo pake yang pro sih

    BalasHapus
  17. Wah baru tau nih ada Barand Kit, pasti bakal ngebantu banget ya, jadi gak bolak - balik mikirin font dll, canva inovasinya selalu keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah jujurly aku juga belum mahir pakenya masih tanya mbak Tuty Queen

      Hapus
  18. canva banyak bisanya ya mba, aku juga andalan banget pake canva ini buat foto di blog, IG sampe tiktok pake desain dari canva ngebantu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. wooow aku liat kok, pantesan tambah keren plus kalimat kalimatnya juga oke

      Hapus
  19. Canva ini best banget sih. Nggak ribet untuk buat infografis kayak jaman2 sebelumnya. pake aplikasi juga gampil banget.
    sekarang bikin konten2 buat sewaan mainan juga pakai canva pro nih. Jujur yaa seru banget utak atik kalau udah upgrade ke pro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canva is the best, banyak bisanya dan berguna buat blogger!

      Hapus
  20. Banyak fiturnya yang bikin saya senang menjalani kehidupan sebagai blogger dan juga admin komunitas fotografi
    Bisa buat flyer tanpa ribet desain dari awal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canva is the best, banyak bisanya dan berguna buat blogger!

      Hapus
  21. Aku masih pakai Canva yang biasa mbak hihi dan jarang utak-atik sih. Setelah membaca tutorial dari mbak Tanti, aku jadi pengen coba mendalami lagi supaya foto2 di blog makin kece. Eh, baru tau juga ada fitur untuk video2 gitu..keren 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. iish beli dong, pake patungan ajaaaa biar murah tapi powerful!

      Hapus
  22. Makin penasaran sama Canva Pro. Selama ini aku pakai yang free aja. Asyik banget bisa bikin Brand Kit dan lainnya. Jadi makin kece deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayooo langganan ajaaaa
      Canva is the best, banyak bisanya dan berguna buat blogger!

      Hapus
  23. Baru tahu kalau di Canva bisa jual template 😍 Kira-kira bisa gak ya aku ikutan jualan template 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dong mbak. dan bisa masuk ke SOLVo loh, jualannya jadibarang beneran

      Hapus
  24. Aku juga suka banget deh ngoprek canva, apalagi canva premium banyak banget pilihannya. Oh ya, penting banget bikin content planner buat blogger biar ngga ada DL yang kelewatan hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canva is the best, banyak bisanya dan berguna buat blogger!

      Hapus
  25. saya baru tahu nih ternyata kita juga bisa jualan template ya di canva. keren banget memang canva ini asal kita kreatif bisa bikin ilustrasi yang oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak kayak mbak Lala Purwono itu dia jualan pake fitur canva loh, keren keren deswainnya

      Hapus
  26. Saya merasa sangat bersyukur hadirnya Camva di tengah kita, para content creators. Banyak pekerjaan terselesaikan secara profesional berkat Canva. Jadinya cintaaaa banget pada aplikasi ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canva is the best, banyak bisanya dan berguna buat blogger!

      Hapus
  27. sejak ada Canva, desain untuk keperluan ngeblog sampai kantor jadi lebih mudah karena pilihan template-nya banyak dan menarik semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canva is the best, banyak bisanya dan berguna buat blogger!

      Hapus
  28. Dulu kalau pingin bikin desain yang berbeda selalu bayar seseorang untuk mengerjakannya, sekarang berkat Canva semua orang bisa bikin desain grafis ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canva is the best, banyak bisanya dan berguna buat blogger!

      Hapus
  29. Aku sudah lama pakai Canva pro ini mbak
    Sangat membantu buat desain pendukung tulisan di blog
    Buat bikin konten di sosmed juga oke
    Pas banget buat blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canva is the best, banyak bisanya dan berguna buat blogger!

      Hapus
  30. Kalau pakai canva pro tuh bisa pakai fitur yang bikin konten visual tuh gak biasa yaa, kak Tanti..
    Rasanya gemes banget liat banyak fitur yang bisa digunakan sesuai dengan mood pas bikin gambar.

    Yang paling suka memang fitur erase back ground. Rasanya jadi semakin estetik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuk Len buat para drakor actor and actress ala Lendy yuk lalu dijual deh

      jadi merch atau desain tas tote bag oke loh

      Hapus
  31. Sejak kemunculannya Canva sangat bermanfaat sekali. Anak saya yg SD terbiasa menggunakan canva untuk desain kadang ada lomba desain dari sekolah.

    Cara pakainya mudah sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canva is the best, banyak bisanya dan berguna buat blogger!

      Hapus
  32. Hampir semua design untuk media sosial dan blog bahkan tugas sekolah anak dan suami juga pakai canva. Yg langganan saya yg pakai sekeluarga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canva is the best, banyak bisanya dan berguna buat blogger!

      Hapus
  33. Balasan
    1. Canva is the best, banyak bisanya dan berguna buat blogger!

      Hapus
  34. Banyak info baru yang saya dapatkan dari tulisan bunda ini, btw organisasi tempat saya bekerja bahkan bisa mendapatkan canva pro gratis dengan pengajuan loh. Keren ya Canva bisa kasih free canva pro untuk oraganisasi gitu.

    BalasHapus
  35. Jujur aku yang juga tapi banget pake canva mba Tan. Tapi juga belum memanfaatkan dengan maksimal misalacam pake plang pro
    Baru tahap gratisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh sayang mbak Nyi, karena kita kan banyak pake canva itu justru di elemen yang berbayar ya

      Hapus
  36. wuah banyak banget gunanya kalau untuk blogger

    bikin website juga bisa loh!

    BalasHapus
  37. Yang paling aman memang pake canva premium supaya bisa lebih banyak desain yang diciptakan

    BalasHapus
  38. Fitur fitur canva mudah digunakan emang

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)