7 Ide Usaha Niche Market untuk Bisnis Custom


Cara lain untuk bersaing di dunia bisnis, adalah dengan membuat niche market pada bisnis custom. Yuk kita lihat sejauh mana potensi bisnis ini

Kamu pernah dengar tentang bisnis custom? 

Munculnya banyak brand baru di berbagai bidang, menjadikan persaingan bisnis semakin ketat. Namun, jika kamu memiliki talenta tertentu, kamu bisa dengan mudah masuk ke dalam niche market pada bisnis custom. 

Ingat, tak semua orang mampu melahirkan ide-ide kreatif. Kreativitas dan inovasi inilah yang bisa membedakan bisnismu dengan bisnis lainnya.
Here we go!
Ungkapan “jack of all trades, master of none”  artinya adalah ungkapan yang berarti seseorang yang serba bisa, namun tidak ahli. Semua serba “nanggung”. 

Nah, hal yang sama berlaku untukmu sebagai seorang pebisnis. Jika kamu ingin menjual semua produk, konsumen tidak dapat mengingat spesifikasi bisnismu. Identifikasi ceruk pasar, dan posisikan dirimu sebagai go-to brand untuk konsumen tertentu.

Yuk kita simak, bagaimana caranya agar bisnis custommu dapat mendulang cuan!

Mengenal Niche Market Pada Bisnis Custom

Niche market adalah segmentasi dari sebuah industri dengan berfokus pada lingkup konsumen yang spesifik, dengan jangkauan terbatas. 
Sementara, bisnis custom adalah sebuah produk yang dibuat sesuai dengan keinginan konsumen.


Jadi secara spesifik, para pebisnis custom akan membuatkan produk sesuai dengan pesanan konsumen, meliputi model, desain, ukuran, warna, dan lain sebagainya. Kelebihan produk custom adalah mengikuti keinginan konsumen sehingga sesuai selera mereka, dan sifatnya limited edition alias dibuat terbatas.

Dilansir dari The Balance SMB, bisnis custom dapat diidentifikasi dengan memperhitungkan beberapa faktor yaitu:

● Harga (mahal, menengah atau terjangkau)

● Demografi (gender, usia, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan)

● Kualitas (premium, handmade, ekonomis)

● Psikografis (nilai, lifestyle, hobi)

● Geografis (domisili atau penduduk di kota tertentu, alat transportasi)


Ada beberapa fashion bisnis moslemwear walau bukan sebuah lini butik, tapi mereka sudah memperhitungkan semua segi di atas. 

Bahkan ada sebuah brand dekat rumah saya di Islamik Tangerang, rata-rata pelanggannya itu bahagia, satisfying gitu ketika mendapat sehelai busananya! Kenapa? Karena seolah si lini busana  ini membuat khusus hanya untuk si pelanggan tersebut! 

Tips berikut, dapat kamu gunakan untuk menentukan niche market pada bisnis custom sebelum memutuskan target pasar.


1. Tentukan niche market potensial

        Tentukan ide awal untuk produk yang akan dijual, dan kumpulkan rincian agar memperoleh pembeli potensial. Contoh sederhana adalah ketika kamu ingin terjun sebagai pebisnis baju olahraga wanita. Saat ini, kamu dapat dengan mudah memilah pasar, antara yang mengenakan hijab atau tidak. Kedua pasar tersebut memiliki konsumen dengan spesifikasi yang berbeda.

2. Temukan market yang lebih spesifik

        Niche market pada bisnis custom lebih mudah dilakukan jika kamu menentukan lebih terperinci, kegunaan baju olahraga wanita tersebut.

Apakah baju tersebut akan digunakan untuk olahraga lari, yoga, berenang atau hiking? Dari data yang kamu kumpulkan, kamu dapat dengan mudah menentukan model dan jenis bahan yang akan digunakan.

Berikut adalah beberapa kategori ide niche market pada bisnis custom yang kreatif, potensial dan mendatangkan uang. 

7 Ide Usaha Niche Market Pada Bisnis Custom

  • Makanan dan kesehatan
  • Sustainability (hidup berkelanjutan)
  • Clothing
  • Dekorasi dan pesta
  • Aksesoris
  • Tanaman dan ikan hias
  • Traveling

1.  Makanan dan kesehatan

Kebutuhan juice detoks setiap orang
itu berbeda-beda


Isu kesehatan dan makanan sehat selalu memiliki peluang di pasar, dan produk yang terkait tidak terbatas. Produk makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan pribadi, kesehatan kulit, bahkan produk digital seperti buku elektronik dan resep.

Contoh produk dengan segmen pasar ini antara lain:

● Jus detoks

Berbeda dari jus biasa, minum jus detoks yang terbuat dari campuran buah dan sayuran, dipercaya dapat menutrisi tubuh secara maksimal dan membuang racun yang mengendap di tubuh. Kamu dapat melihat di media sosial, trend para artis dan influencer yang mengkonsumsi jus detoks ini.

● Camilan berbahan dasar gluten-free

Makanan berbahan dasar gluten-free adalah diet yang dianjurkan dokter untuk anak-anak penderita autis atau mengalami kondisi medis tertentu. Sulitnya mendapatkan camilan tersebut, menjadi satu peluang bagus untuk kamu memulai usaha camilan atau catering yang berbasis gluten-free.

● Teh kombucha

Teh kombucha adalah minuman fermentasi yang dibuat dengan menambahkan bakteri dan ragi ke dalam campuran teh hitam atau hijau dengan gula. Minuman probiotik ini menjadi populer setelah beberapa influencer mengonsumsi sebagai minuman detoksifikasi, dan terbukti efektif juga menurunkan berat badan.

Kombucha tea bikinan sendiri,
sehat dan dapat mengobati berbagai penyakit pencernaan
 

2. Sustainability (hidup berkelanjutan)


Limbah kemasan botol dan bungkus plastik menjadi semakin meresahkan penduduk bumi. Kampanye limbah dan sampah plastik ini, dapat menjadi niche market pada bisnis custommu. Yuk, kita simak!

● Sedotan re-usable (stainless straw with pouch)

Sedotan re-usable terbuat dari bahan yang dapat dicuci ulang. Konsumen menyukainya karena hemat dan dapat digunakan berulang kali. Nah, selain kamu membantu mengurangi rusaknya lingkungan dengan keberadaan plastik-plastik di lautan, kamu juga dapat menambah omset dengan berjualan sedotan stainless. Menarik, bukan?




● Bioplastik

Sejak World Economic Forum mengumumkan penemuan limbah plastik yang merusak biota laut di tahun 2016, penyediaan aneka kemasan yang biodegradable menjadi isu penting. Kamu dapat menjadikan isu ini sebagai niche market pada bisnis custommu.




3. Clothing

Plus size outfit adalah salah satu busana 
yang dibutuhkan - tidak hanya diinginkan!


Custom clothing plus size

Kamu pasti tahu, pilihan busana untuk milenial dengan bobot tubuh di atas rata-rata sangat terbatas. Jadi, ini adalah salah satu niche market pada bisnis custom fashion plus size. Wujudkan impian mereka agar tampil unik dan trendi!

Jaket coach

Jaket coach juga dikenal sebagai jaket windbreaker, sangat popular di kalangan milenial karena sering dijadikan seragam. Item fashion yang menyasar anak muda ini, dapat kamu jadikan niche market pada bisnis custom karena dapat disulam dengan logo mereka.

4. Dekorasi dan pesta


● Taplak meja pesta

Selain fashion, niche market pada bisnis custom yang tak boleh dilewatkan adalah pengadaan dekorasi taplak meja untuk pesta, terutama prasmanan. Kamu bisa membuat bisnis pengadaan dan penyewaan taplak meja berukuran raksasa ini.

Bean bag




Semakin sempitnya lahan di kota, membuat kaum urban semakin cerdas dalam mengatur ruang. Bean bag menjadi sofa yang digemari karena nyaman, cantik saat ditata, dan bisa ditumpuk saat tidak digunakan.

Berita baiknya,
bean bag dapat dibuat dari beberapa bahan kain, dan terjangkau untuk segala lapisan masyarakat!

● Dekorasi balon karakter untuk pesta

Niche market pada bisnis custom yang satu ini, memiliki ceruk pasar yang besar, karena dapat digunakan untuk dekor pesta yang unik.

Kamu dapat memberi opsi kepada konsumen, yaitu memasang dekorasi sendiri atau menyediakan jasa sebagai penghias ruang pesta.

5. Aksesoris

● Kalung dan gelang nama

Kalung dan gelang berbahan dasar titanium dengan nama yang terukir indah, menjadi hadiah yang digemari oleh sahabat atau kekasih. Karena harus dibuat khusus, maka bisnis ini menjadi alternatif niche market pada bisnis custom yang potensial menghasilkan cuan.

6. Tanaman dan ikan hias




● Terraplanter dan terrarium untuk si gardenian

Ketiadaan halaman di perkotaan, membuat kaum urban yang cinta tanaman, memilih terraplanter dan terrarium untuk mempercantik ruang. Kamu dapat menjadikan pengadaan terraplanter dan terrarium sebagai niche market pada bisnis custom, karena banyak komunitas pecinta tanaman hijau yang menginginkannya.

● Aquascape, penghilang kejenuhan

Tak beda dengan pecinta tanaman, pehobi ikan juga membutuhkan aquascape. Tingkat kesulitan yang tinggi karena penataan taman air yang estetik, cahaya khusus dan pengelolaan CO2 menjadikan aquascape sebagai bisnis custom yang digemari.

7.Traveling



Sosial media telah mengubah sudut pandang para pelancong. Saat ini, mereka lebih suka melancong ke tempat wisata lokal yang belum terjamah, sehingga kamu dapat menawarkan kemudahan seperti pengadaan tas, sepatu dan peralatan untuk para digital nomad.

Nah, 7 ide niche market pada bisnis custom ini bisa kamu terapkan dan kembangkan. Selamat berbisnis ya, semoga beruntung!



34 komentar

  1. Menarik sekali ide usaha niche market untuk bisnis custom ini. Memang harus dipikirkan secara detail ya dan perlu kreatifitas juga. Nah yang aksesoris seperti kalung dan gelang nama ini mungkin banyak diminati kaum milenial ya, bisa buat hadiah ultah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kaaan mulai tertarik diaaa.. ayok mbak Lianny jualan kuliner khusus

      Hapus
  2. Wah menarik juga bisnis kayak gini, kreatif dan keren sih memang. Suka kalau lihat yang estetik dan cantik kayak gini, bisnis memang perlu kreativitas karena ketatnya persaingan di zaman sekarang. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes bener banget Anisa kadang gemes mau bisnis juga

      Hapus
  3. Dennise Sihombing10 Juni 2022 10.01

    Menarik sekali nih mom Tanti buka usaha bisnis dengan cara custom. Jadi tampilan bisnis lebih ekskusif ya tidak pasaran dan tidak dicontek orang. Andai-andai nih aku mau buat bisnis minuman yang manfaatnya untuk sehat + menyehatkan kulit. Dengan packaging sentuhan alam. Keren gak tuh mom

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kok kayaknya melihat dirimu potensial ya Dennise, kan dikau itu mengedepankan kesehatan, cucooook!

      Hapus
  4. plus size fashion ini lumayan lho laku keras dan banyak yang cari, aku juga suka liat online store yang jual plus size fashion di aplikasi tiktok

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku jadi tertatik pengen terjun juga .. kita gandengan yuk Aie

      Hapus
  5. Mbak Neng, menarik nih tulisannya tentang bisnis custom terutama di dunia fashion. Benar kalau kita jeli sekaligus kreatif, banyak jeruk pasar yang bisa dimasuki ya. Ukuran plus memang sangat dibutuhkan tapi pada suatu masa sangat sulit menemukan fashion bagi mereka yang bertubuh plus ini. Tapi dengan berkembangnya pemikiran dan kreativitas hal itu sekarang bukan masalah lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha hahaaa uni Evi mah udah melesaaat dengan Arenga bisnisnya! Sukses ya un, dirimu juga niche market banget

      Hapus
  6. Mbak, brand dekat rumah di Islamic Tangerang yang mbak sebutkan di atas, apakah rumah busana yang dulu gamis nya pernah aku coba? Kalau iya, aku bahagia banget punya 2 gamis yang dibuatkan oleh Mbak M. Gamis yang kemudian beliau jahit sesuai ukuran badanku, dan ketika aku pakai, passss banget dan aku merasa cocok pakainya, bahkan sampai sekarang masih aku pakai. Kalau lagi kegiatan di luar dan butuh outfit buat foto-foto cantik, aku pasti ngandelin gamis itu. Merasa puas aja gitu dapat baju sesuai ukuran badan yang aku kirimkan.

    Daaan aku tuh butuh pembuat baju yang bisa custom seperti itu. Walaupun gamis yang ready dijual itu udah ada ukurannya, tapi ketika misalnya kebesaran (karena badanku mungil sekali mbaaak) penjualnya mau permak sesuai ukuranku, rasanya seneeeng banget. Apalagi kalau yang punya bisnis memang murni menjalankan bisnis custom ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilllaaaah senang banget mbak Rien, kalau puas dengan gamis yang dia buat. Sekarang udah dikombinasi dengan tenun Sumba sesuai daerah asal Mia

      Hapus
  7. Teh kombucha sebuah bisnis minuman yang menarik nih. Selain menyegarkan ada dampak menurunkan BB juga itu pasti jadi daya tarik tersendiri bagi pembeli ya. Duh semua Niche bisnisnya cukup menggiurkan nih

    BalasHapus
  8. Banyak banget sebenarnya ya mak peluang bisnis custom ini, aku jadi mikir nih pengen bikin apa yaaaa

    BalasHapus
  9. Menarik banget idenya. Kalau yang ada di sekitarku ya Tanaman dan ikan hias. Kakakku suka bikin akuarium gitu. Di rumahnya ada itu lebih dari 2. Dia belum kepikiran buat jualan, tapi Keponakanku yang juga kena racun akhirnya jual beli ikan

    BalasHapus
  10. Juaraaakkk nih ide²nyaaaa
    Di Sby ada tuh produsen aksesoris cewek yg niche bgt karena ciri khasnya, para pekerja di workshopnya tuh para penyandang disabilitas gt mbaaa

    BalasHapus
  11. Wah keren-keren nih ide bisnis niche marketnya. Huhu kepengen banget deh aku terjun di salah satunya. Masih terganjal modal, euy. Aamiinkan dulu ah, semoga modalnya bisa segera terkumpul. 😄

    BalasHapus
  12. Waaah ide bisnisnya cakep cakepp mba tantia. Tadi pas baca awal ada gambar pernik pernik hampers kok ya pas aq hbs mencari box hampers buat kasih suvenir ke orang.

    Skrg box hampers plus printilan didalamnya luci lucuu di olshop bisa custom mana murah mirah lagi.
    Sepertinya jaman skrg orang kreatif bakal sukses 👌

    BalasHapus
  13. Aku dulu ngga paham apa itu bisnis custom. Hingga akhirnya, banyak yg memulai dan promosi lewat Twitter, baru ngeh, apa itu bisnis custom.
    Dan tentunya, win win solution lah ya istilahnya. Customer dapat sesuai yg diharapkan, penyedia jasa juga bisa dpt cuan

    BalasHapus
  14. Aku jadi ingat pernah diceritakan temen yang dapat ide usaha bean bag dan sedang survey sehingga belanja beberapa keperluan secara online. Namun karena sedang bahagia dan penuh semangat sehingga ia lupa meneliti seller tempat ia kulakan tersebut, sehingga merugi di awal.

    Sedih kalau mendengar mau usaha tapi malah ditipu.

    Bisnis custom bisa jadi ide bisnis yang paling dicari karena keunikannya dan tentunya harganya yang jauh lebih terjangkau daripada beli di mall.

    BalasHapus
  15. Sekarang emang jamannya semua serba online, sebagai pelaku usaha online maka haruslah terus belajar dan berinovasi membuat hal yang menarik agar barang yang di jual bisa laku terlebih laris

    BalasHapus
  16. Setuju, cara bersaing di dunia bisnis di antaranya memilih niche market agar beda dengan usaha lainnya. Bisnis custom seperti ini akan mengambil target pasar tertentu sehingga bisa berkembang dan maju. Saya ada teman seorang single mom, karena pandemi dirumahkan. Padahal posisinya sangat lumayan. Tapi karena perusahaannya termasuk yang terdampak langsung pandemi jadi ya kena deh PHK.
    Dia pun banting stir mulai bisnis makanan khas Bali yang halal. Karena dia blasteran Bali-Jawa yang mualaf. Dari Bekasi akhirnya hampir dua tahun ini jadi bisa rutin jualan via aplikasi ojol, marketplace dan PO jika dalam jumlah banyak. Selain karena kegigihan dia juga memilih niche market yang tepat

    BalasHapus
  17. wuaaa...ternyata ide untuk bisnis custom melimpah ruah ya. Aku sendiri juga bisnis custom berupa handlettering yang memang sifatnya sangat personal sesuai pesanan. Meskipun memang kesannya usaha kecil kecilan, tapi lumayan juga loh kalau dijalankan apalagi kalau berbisnis dengan hati.

    BalasHapus
  18. Sustainability is in! Banyak nih yang beralih ke produk yang sustain atau ramah lingkungan. Kayanya menjadi niche yang menjanjikan, apalagi di masa depan.

    BalasHapus
  19. Ide dasarnya sebenarnya produk yang lumrah kita jumpai di pasaran ya mba. Tapi mengolah ide dasar tersebut menjadi produk yang custom, memang luar biasa. Ada banyak peluang bisnis yang bisa ditangkap jika bersedia menggali lebih jauh.

    BalasHapus
  20. Ide yang menarik membuat bisnis custom nya jarang dijumpai seperti ini untuk inovasi baru bagi semua orang yang sedang menjalankan bisnis custom

    BalasHapus
  21. Istilah niche market gini ngingetin aku sama materi jaman kuliah tentang blue ocean strategy. Jadi, dengan pasar yang sangat segmented, bikin si produk atau jasa jadi nggak terlalu gontok gontokan sa pebisnis lainnya. Aksesoris sih yang berasa segmented banget Teh. Apalagi kalo handmade.

    BalasHapus
  22. Bisnis dengan niche custom ini tantangan tinggi karena segmented banget. Cuman kalau dah bisa memikat orang-orang dengan segmen tertentu itu bakal enak banget karena mereka biasanya loyal terhadap produk...

    BalasHapus
  23. Temenku ada yang berbisnis aquascape, aslii omsetny bikin ngileerr.. awalnya memang susah, apalagi nyari pernak pernik untuk ditaruh di dalam airny itu. Lama kelamaan, makin paham dan banyak peminatnya.


    Bisnis yang berheda dari yang lain memang butuh ketekunan tapi menjanjikan.

    BalasHapus
  24. Bisnis dengan niche custom ini tantangan tinggi karena segmented banget.

    BalasHapus
  25. Aku pernah menjalani bisnis custom gini, bebikin scrapbook sama kartu ucapan. Tapi tidak bertahan lama, karena salah memperhitungkan strategi yang memang penting banget buat perkembangan bisnis custom

    BalasHapus
  26. Naahhhh beda dari yang lain. Ini yang bikin customernya awet, biasanya. Keunikan yang gak ada di tempat lain. Tapiiii aku masih belum nemu dan masih berharap ada clothing brand yang khusus untuk petite body kayak aku ini.

    BalasHapus
  27. menarik sekali bisnisnya kalau kayak gini ya, bisa banget nambah penghasilan dan semakin bisa tersenyum bahagia deh kalau uang bisa tercukupi hehe... semangay selalu berbisnis. Dan save ah idenya aku juga mau bisnis lagi.

    BalasHapus
  28. Wah langsung kepengen bikin. Ide bisnisnya lucu banget dan bisa banget dibuat. Matengin ilmunya dulu ah. Terus terjun ke bisnis market yang gemesin ini. Btw aku suka sama sofanya. Unik. Pasti nyaman duduk di situ seharian. Hehe

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)