MENGAPA ART THERAPY ITU PENTING?

    Hai hai bun... pernah nggak sih, kamu mikir kok banyak seniman yang berkarya meskipun karya mereka nggak laku di pasaran ?



Atau, "Kenapa ya mereka kok nggak papa gitu hidup sederhana yang penting masih bisa berkarya?"

Jawabannya adalah.. art teraphy!

    Nah, kamu pernah denger istilah ini enggak, atau ternyata kamu juga udah menerapkannya? Sebelumnya, kita bahas dulu, sebenernya art therapy tuh apa sih? Dikutip dari https://blog.paleohacks.com, maka :
Art therapy benefits are now being validated by neuroscience, and are accepted as an effective alternative to traditional talk therapy. Some even consider art therapy the new “anti-anxiety solution,” with adult coloring books available on bookstore shelves worldwide.

The reason why art therapy is effective is because it provides a safe, non-judgmental environment to explore and observe feelings—both conscious and subconscious—through art, such as coloring, painting, sculpting, drawing, and paper mache. Creating art can also put you in a calm, meditative state, which further encourages emotional release and stress relief.

Manfaat terapi seni kini divalidasi oleh ilmu saraf, dan diterima sebagai alternatif efektif terhadap terapi bicara tradisional. Beberapa bahkan menganggap terapi seni sebagai “solusi anti-kecemasan” baru, ditandai dengan buku mewarnai dewasa yang saat ini tersedia di rak-rak toko buku di seluruh dunia.

Alasan mengapa terapi seni efektif adalah karena terapi seni menyediakan lingkungan yang aman dan tidak menghakimi untuk mengeksplorasi dan mengamati perasaan—baik sadar maupun bawah sadar—melalui seni, seperti mewarnai, melukis, memahat, menggambar, dan mesin kertas. 
Menciptakan karya seni juga dapat menempatkan Anda dalam keadaan tenang dan meditatif, yang selanjutnya mendorong pelepasan emosi dan menghilangkan stres.

Jadi, art therapy ini adalah bentuk terapi yang menggunakan metode seni untuk membantu seseorang melampiaskan emosi dan mengungkapkan pikirannya nggak bisa diungkapkan secara verbal. 

Tak ubahnya dengan para penulis lepas, yang terus berkarya di blog pribadi tanpa peduli dengan ada uangnya atau tidak, atau mereka yang melakukan karya seni baik itu menyanyi menari maupun menggambar. 

Michigan State University menyatakan bahwa art therapy memiliki manfaat untuk mental dan kejiwaan secara menyeluruh.

Apa Saja Manfaat Art Therapy?



Meningkatkan present awareness 

Kesadaran akan masa kini adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki untuk bisa menghadapi situasi sosial maupun masalah psikologis, karena bisa membantu kamu dalam melakukan berbagai hal dengan optimal. 

Art therapy mampu membantu kamu untuk fokus pada present moment alias masa kini dengan menuangkan emosi yang kamu rasakan. 

Memperkuat self-image 

Technical terapi ini bisa lebih mudah mengidentifikasi dan juga memperkuat sisi positif dari diri kamu, loh!

Bagaimana caranya?

Misalnya kamu punya sisi positif - yaitu kamu adalah orang yang pemberani. Maka, self image kamu sebagai orang yang berani akan menjadi lebih kuat dan juga melekat pada diri kamu sendiri 

Meningkatkan empowerment 

Art teraphy bisa membantu kamu untuk mengekspresikan emosi dan pikiran yang selama ini sulit untuk diungkapkan. 

Caranya adalah dengan menggambarkannya di atas kertas - biasanya dalam bentuk dan pola tertentu (lain kali kita bahas pola apa saja yang bisa meningkatkan empowerment

Jadi, keadaan ini akan memberikan kamu kontrol terhadap emosi dan pikiran , sehingga kamu nggak akan larut terjebak di dalam emosi dan pikiran-pikiran tersebut, melainkan kamu akan memberanikan diri untuk mengungkapkannya sehingga terbebas dari perasaannya nggak nyaman! 

Membantu penyembuhan 

Di saat sangat sakit, art therapy ternyata bisa membantu kamu untuk berhadapan dengan rasa sakit dan penyembuhan psikis.

Art therapy terbukti mampu membantu seseorang untuk mengatasi rasa takut dari penyakit yang sudah dihadapi, bahkan di berbagai penelitian dinyatakan baik untuk mengurangi kecemasan depresi dan bahkan rasa sakit fisik para penderita kanker! Wow!

Mengontrol emosi 

Art therapy mampu membantumu merasakan emosi apa yang sedang kamu rasakan, dan dari alam bawah sadar, emosi apa yang sedang muncul atau sudah mendominasi dari diri kamu. 

Ketika kamu melakukan doodling art therapy, kamu akan menjadi lebih mudah dalam memetakan persoalan, sehingga mampu memenej diri sendiri dan bisa lebih optimal dalam beraktivitas - karena emosi tersebut sudah kamu tuangkan ke dalam kertas. 

Itulah yang dirasakan para penulis ketika berkarya, salah satunya yang kutahu ada buku tentang perempuan. Mengungkap perasaan dan sepak terjang perempuan di dunia yang penuh kekejaman!


Sekarang udah tau kan, mengapa para seniman berkarya? Ternyata bukan hanya untuk materi, tapi juga untuk kepuasan dan kesehatan mental mereka sendiri. 

Setelah ini kamu tertarik nggak, buat melakukan art therapy?


Tidak ada komentar

Posting Komentar

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)