Mengenal Alfonso Gravina, seorang Seniman yang Melukis dengan Rasa


Tahan nafasmu dan menarilah bersama pencil warna Alfonso Gravina!

Ya, seorang perupa dari Jerman bernama Alfonso Gravina berhasil menarik perhatian publik dalam sekejap. 

Lukisan Alfonso Gravina yang beragam, abstrak dan terkesan individual, akhir-akhir ini banyak dicetak sebagai art print di atas kain dan diberi bingkai sehingga terkesan cantik dan unik. 

Lukisan Alfonso Gravina dinilai sangat meditatif, intuitif, psikedelik dan mewakili seni eksklusif dan istimewa, terkesan eksklusif. Mengingatkanku pada perupa Indonesia yaitu John Martono. 

John yang pernah kutemui di galeri seni Kemang, saat itu mengatakan, 
"Seni itu sendiri adalah sama dengan perasaan. Seni mewakili kesedihan, kemarahan, atau bahkan kegembiraan. Itu sebabnya, seni itu sama dengan kamu!"
Seorang pengunjung galeri, pernah bertanya pada Alfonso, "Bagaimana kamu terlihat tetap senyum, padahal detail gambar yang harus kamu selesaikan masih banyak sekali?"

Ketika ditanya seperti itu Alfonso menjawab, 
"Bagi para seniman, seni bukanlah sekedar merupa, tapi itu adalah penggambaran dari perasaan. Ketika seseorang menciptakan seni, maka sejatinya mereka menciptakan diri mereka sendiri."


Media Yang digunakan Alfonso Gravina Berkarya




Untuk menopang karyanya agar tetap colorful, Alfonso menggunakan pencil bernama wax pastel. Pensil warna yang kucek di toko hijau harganya mencapai IDR 2.850.000 per 50 pieces. 

Pensil warna ini terkenal kaya pigmen, sehingga jika digoreskan akan berwarna-warni cemerlang, tidak terkesan dof.  Pensilnya berdiameter 7.8 mm dengan bentuk bulat, tekstur glossy dan ringan sehingga nyaman digunakan.

Alfonso Gravina sukses memberikan rasa senang yang ia tuangkan, sama seperti jika kita melihat tenun Indonesia loh! Ya, aku pernah membacanya di blog mbak Irawati Hamid, seorang blogger Buton Tengah

Melihat karya-karya yang ia hasilkan berwarna warni cerah ceria, juga mengingatkan aku ketika nonton film India!

Well anyway, 

bukan tentang pensil atau medianya sih yang aku bahas, tapi di balik gemerlapnya sebuah lukisan, ada seorang perupa hebat yang menggunakan segenap perasaannya untuk menghasilkan sebuah mahakarya!

21 komentar

  1. wow, masyaAllah hasil karyanya keren yaa.. aku ga paham sebenernya memaknai lukisan, tapi lukisan abstrak pun akan terlihat menarik sih.. sy baru tau sosok ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lukisannya unik ya, aku setuju abstrak dengan hati itu hasilnya emang bisa se-emejing ituuh!

      Hapus
  2. Selalu kagum dengan seniman-seniman seperti ini. Mereka punya jiwa dan mata artistik yang tidak dimiliki orang lain.
    Saya pernah dengar ada teman yang bilang tulisannya bia berubah tergantung pena/pensil yang dipegangnya. Mungkin demikian juga dengan pak Alfonso Gravina ini karena alat tulis atau alat gambar yang nyaman juga bisa mempengaruhi mood dalam menghasilkan karya yang luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak Endah, kenyamanan itu sulit diungkapkan dengan kata-kata tapi itu yang terjadi

      Hapus
  3. Aku kagum ama orang yg pure seniman dan mencari nafkah dari karyanya.

    BTW itu pensil warnanya bener2 siltan yaaa.

    BalasHapus
  4. Seni itu mencerminkan diri. And saya agree dengan pendapat tersebut. Dan setiap karya seni nggak hanya seni rupa, memang mencerminkan gagasan, perasaan, dan pemikiran pembuatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, katanya separuh jiwa seniman ada di dalam setiap karyanya

      Hapus
  5. Masyaallah harga pensilnya, memang ya karya yang luar biasa itu dihasilkan oleh orang yang luar biasa juga. Nah, ternyata alatnya juga luar biasa, hehehe.

    Nah, saya tuh gak terlalu suka seni. Padahal aslinya seni kan bermacam-macam bukan cuma seni rupa ya mbak, hehehe. Tapi entahlah kalau orang bilang tuh "gak nyeni" jadi bikin apa-apa kayak kurang terlihat bagus (dimata saya).

    BalasHapus
  6. Seniman sejati kayak gitu ya makneng...karyanya yang digores lewat media sesederhana pensil warna tetap amazing buat dinikmati krn lahir dr perasaan, berawal dr gagasan dan pemikiran. Bukan tanpa makna... dalem yaks

    BalasHapus
  7. Aku dong salfok sama harga pencil warnanya, pantas saja warna-warna yang dihasilkan bagus ya mak Tanti. Benar juga ini warna-warna tuh kayak di film India, colorful tapi aku suka sih sama paduan warna-warnanya.

    BalasHapus
  8. Beda ya pasti hasil karya yg pakai hati dengan yg kurang sentuhan perasaan gitu mba. Berarti perupa sejati selalu pakai perasaan ya mba. Setiap kegiatan yg dilakukan pakai hati memang jadi dalam dan ahh beda aja gitu ya. Apalagi boost pakai pensil warnanya si om (om sapeee 😆 sok kenal)
    Jadi inget film India kuch kuch hotaheiii. .ya Allah aku jadul. .

    BalasHapus
  9. Aku pikir kalau lagi sedih atau marah, gak boleh berkarya.
    Tapi justru luapan emosinya jadi tersalurkan dengan cara yang tepat sebagai seorang seniman yaa...
    Dan ini pasti jadinya indah sekali.

    Kalau seorang blogger senjatanya "gadget" untuk membuat konten, kalau seniman Alfonso Gravina, menggunakan pensil warna yang kaya pigmen warna. Sungguh indah hasilnyaaa..

    BalasHapus
  10. lukisannya cakep banget mbak. kesannya misterius gitu lukisannya

    BalasHapus
  11. Hasil karyanya, menakjubkan,. Seniman itu terlihat gampang yang ngerjainnya padahal mah butuh more effort banget itu, keren.

    BalasHapus
  12. Aku jadi tahan napas beneran nih melihat karya Alfonso Gravina. Cantik banget lukisannya. Meski aku tak paham dengan lukisan abstrak, tapi perpaduan warna yang digoreskan memberikan kesan hidup dan membuatku ingin tersenyum.

    BalasHapus
  13. Di tangan maestro, corat-coret gitu aja sudah menghasilkan keindahan yang begitu tinggi ya nilai seninya. Luar biasa memang Alfonso ini

    BalasHapus
  14. Aku belakangan lagi suka mewarnai gitu. widih cakep sekali pensil warnanya, tentu saja ada rupa karena harga. Tapi bagi seorang seniman kualitas nomor satu yaaa :D
    Seni itu mencerminan perasaaan orang yang membuatnya, pantesan kok menggambar atau mewarnai bisa jadi salah satu kegiatan healing ya maak.

    BalasHapus
  15. Menikmati sebuah kesenian tuh emang lebih terasa prosesnya kalau ngerti siapa seniman di baliknya dan latar belakang dia selama berkarya. Makanya kalau ke pameran gitu, aku nunggu banget momen ada kunjungan dari senimannya langsung.

    BalasHapus
  16. Aku selalu suka menikmati hasil seni pelukis mbk.. Keren banget ini karya Alfonso. Klo dilihat itu kayak mudah ya bikin garis liuk2 tapi kl yg bikin udah maestro kece gini, nggak ada duanya

    BalasHapus
  17. Kalau melukis dengan hati, udah pasti hasilnya maksimal dan keren mbak. Bahkan lukisan yang kelihatannya cuma garis menari tapi kalau dengan hati ya hasilnya bikin takjub

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)