Thursday, July 11, 2013

Arti Kemenangan Saat Mengikuti Lomba Menulis

Sentilan dari pertanyaan ini membuatku berpikir, mereview kembali apa yang sudah aku lakukan, karena ada beberapa jawaban dari teman-teman lovelies yang cukup menohok ... Tapi ini yang aku jawab..  

 #Diskusi berhadiah : Banyak sekali lomba menulis akhir-akhir ini. Apa lovelies ikut serta? kalau ikut apa tujuannya? apa sekedar ingin menjadi juara? apa arti lomba dan juara bagi lovelies? kalau ikutan, apa alasan mengikutinya dan bagaimana cara memutuskan ikut yang mana?

(Deka Amalia Ridwan - Women's Script)

Sejak mulai aktif di dunia maya, tak terhitung saya baca (hampir setiap hari) ada lomba-kontes-quiz untuk jutaan pengguna fasilitas jejaring sosial ini. Menariknya, sebagian besar adalah ibu rumah tangga (IRT) ! Jadi, sebagai IRT tentu saja saya berbesar hati untuk juga ikut mencoba setiap kesempatan yang ditawarkan.

Alasan pertama : hadiah-hadiah yang ditawarkan menarik.

Kedua, saya tak usah keluar rumah tapi bisa berkarya.

Ketiga, semakin sering saya mengikuti lomba, kepekaan saya dalam menulis terasah. Saya juga belajar mengenal apa maunya juri, mengenal saingan hingga menggali keunggulan diri sendiri.

Keempat, saya semakin "pintar" (kata sayaa looh :p) karena sering riset kecil dan banyak membaca. 


Kelima, saya teruji membaca dengan seksama peraturan yang diadakan oleh penyelenggara.


Walaupun tidak semua lomba saya posting karena mengukur kemampuan (nggak maksain), namun saya mencatat faktor-faktor penentu yang bisa meng-goalkan kriteria pemenang. Terutama mencantumkan backlink dan ‘sundul’ artikel.

Last but not least, saya banyak belajar dari blognya mbak Vincensia Naibaho, Arin Murtiyarini dan Windi Teguh. Selain itu ada mak Indah Julianti Sibarani, Haya Aliya Zaki, Mira Sahid, dan banyaaak lagi!





Kalau sekarang?
Sesudah mengikuti beberapa komunitas, seperti Kumpulan Emak Blogger, IIDN dan Women's Script, waaah... ilmu saya terdongkrak dengan pesat! Lebih hebatnya lagi, saya yang tadinya 'pasrah' dengan copas artikel, sekarang jadi tahu ETIKA MENULIS TERUTAMA NO PLAGIARISM :p

Coba, kalo saya yang digituin, sakit hati ga tuh!

Jadi, kalau ditanya arti kemenangan,
Waah.. tentu saja mendongkrak percaya diri dan semangat serta mengetahui karakter tulisan. Dan terakhir... saya jadi ga stress lagi, karena saya tahu, diluar sana, masih banyaaaak sahabat saya di dunia maya ini ^^

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^