Thursday, July 30, 2015

SURGA YANG TAK DIRINDUKAN, FILM YANG TAK BERCERITA TENTANG POLIGAMI




Sinopsis 
MD Pictures by Asma Nadia
Fedi Nuril sebagai Pras 
Laudya Chintya Bella menjadi  Citra Arini 
Raline Shah sebagai Mei Rose
Shandrina Michelle sebagai Nadia, "si princess"
H. R. Ayu Sitoresmi - Ibu Arini
Kemal Pahlevi, Zaskia Adya Mecca, 

          Aku pengen ngebuat dunia di sekitarku  tak seperti duniaku dulu.
- Prasetyo, Surga Yang Tak Dirindukan-

Buat Citra Arini, pernikahannya dengan Pras adalah pernikahan yang ideal, yang diimpikan setiap orang. Arini dan Pras jatuh cinta pada pandangan pertama. Pras yang ganteng adalah kontraktor yang sukses, dan mereka memiliki sebuah rumah yang indah di sebuah kota besar di Jawa Tengah. 

Apalagi, pernikahan itu membuahkan Nadia, seorang anak perempuan yang manis dan pintar. Mereka menyebut Nadia sebagai Princess. Arini bahkan tidak lagi mengejar karir sebagai ilustrator komik anak, dan cukup bahagia mengabdikan dirinya sebagai istri dan ibu yang baik untuk keluarganya. Ia sering mendongeng untuk putrinya dan anak-anak dengan boneka tangan. 

Dikala sahabat-sahabat Arini ribut karena ada salah satu suami yang selingkuh, Arini tetap percaya Pras laki-laki setia. Pras lelaki ideal, dan kata poligami tak pernah terlintas di dalam kehidupan mereka!


Kenapa Ayah bawakan oleh-oleh peri jahat buat Sabrina?
Nadia, Surga Yang Tak Dirindukan

Tak diduga, di satu hari ketika Pras dalam perjalanan pulang, ia menolong seorang perempuan bernama Meirose, yang kecelakaan mobil.  

Meirose sengaja menabrakkan diri karena frustasi. Dia ditipu oleh laki-laki yang berjanji hendak menikah, padahal diperutnya ada janin berusia 7 bulan. Meirose berhasil diselamatkan, sementara anak laki-lakinya yang kemudian diberi nama Akbar oleh Pras, lahir dengan selamat. 

Pras tidak tega meninggalkan bayi dan ibu itu. Meirose perlahan membaik namun malah hendak bunuh diri lagi. 

Meirose bersiap loncat dari atap rumah sakit. Ia merasa di dunia tidak ada laki – laki baik. Pras menyelamatkan Meirose dengan cara menarik tangannya, dan berjanji untuk menikahinya! Tak disangka, pernikahan unik ini membuat Meirose bahagia. Ia bersedia menjadi madu. Ia tahu, Pras sudah berkeluarga, namun bisa menerima apa adanya.

Pras poligami. 
Menghadapi masalah ini, Pras berusaha memberitahu Arini, namun pada saat bersamaan, ayah Arini meninggal. 

Bagaimana selanjutnya? Sesudah Arini tahu Pras melakukan poligami, Arini memutuskan tidak bisa menerima 'surga' yang dijanjikan Pras. Apakah mereka lantas berpisah? Bahagiakah Pras bersama Meirose? Bagaimana perasaan Nadia ketika tahu bahwa Bunda dan Ayah tidak bersama lagi?



Komentarku ^_^ :


  • Dari segi entertaintment, film ini menghibur dan sarat dengan nama besar aktor dan aktris. Ada berbagai scene yang menghibur karena lucu tapi gak garing, dan diselipkan pemandangan kota di Yogya yang memang cantik.

  • Buatku, film bertema besar CINTA ini memang secara kasat mata bercerita tentang poligami, namun sebenarnya tidak semata berpihak kepada poligami. Surga Yang Tak Dirindukan malah sebaliknya, bercerita tentang kesetiaan. Ada rindu di sana ketika Pras bertemu Princess Nadia, ada pergulatan batin ketika Akbar si bayi sakit. Ada duka sekaligus kesabaran di mata Ibu Citra ketika madunya hadir saat ayah Arini meninggal dunia.
  • Film ini adalah tentang makna pilihan-pilihan hidup. Ketika kamu memutuskan untuk melakukan A atau B, maka kamu harus siap dengan konsekuensinya. Dan itu yang dijalani oleh Pras dan Arini. Ketika kamu -dan aku juga, tentunya- memutuskan berkeluarga, saat itulah konsekuensi hidup dimulai. Adakah surga di sana? Hanya kamu yang tahu....

4 comments:

  1. baru baca bukunya aja,, aku takut sedih eung kalo nonton.. heuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nangis bombay waktu Pras meluk anaknya itu :(

      Delete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^