Thursday, August 11, 2016

NGOPI CANTIK SORE BERSAMA MPR RI DAN NETIZEN

Sumber : http://www.ellynurul.com
"Teman-teman, santai saja ya... " berulang kali kata-kata itu diucapkan oleh Mas Andri, humas MPR RI.

Memang, netizen diundang lalu duduk ngobrol bareng MPR RI berasa kayak bisulan udah mateng, terus ga pecah-pecah.

Tegang.
Serius.
Behave.

Apalagi sore ini, lautan netizen berbusana serba putih, bikin suasana sakral. Persis seperti kek lebaran haji.

Alhamdulillah, agenda acaranya gak terlalu tegang, tidak membahas politik berat. Hanya mengenalkan alias sosialisasi agenda MPR RI dan misi kerja MPR RI, tentu saja.

Yang jelas sih, aku happy. 

Kali ini, yang datang kebanyakan blogger yang berasal dari berbagai nieche. Ada mas Cumilebay dot com, ada Astari "Raisya" dan Anazkia Doang. Ada biuti blogger Roosvansia, Amanda, Gena dan lainnya.

Beberapa aku kenal, seperti Kang Arul dan Dede, tapi banyak yang baru kulihat sekarang. So, emang bener ya, silaturahmi itu membawa berkah!

Dibuka dengan perkenalan oleh mbak Lia dan mbak Mira Sahid, yang mewakili netizen, bahwa sudah saatnya kita mengubah mindset.  Bahwa MPR RI tuh ga melulu cuman duduk manis sidang plus seminar, tapi juga berinteraksi dengan blogger.

Tiap pertemuan, diharapkan dari pihak MPR RI mendengar aspirasi netizen, juga dari blogger mendengar dan kemudian dibagikan di blog en website dari sudut pandang netizen.

Oya, bulan Agustus ini ada tiga agenda besar MPR RI, yaitu :
  • penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR yang baru saja selesai dilakukan tadi pagi tanggal 16 Agustus 2016, 
  • peringatan Hari Konstitusi pada tanggal 18 Agustus 2016, dan 
  • peringatan HUT MPR pada tanggal 29 Agustus 2016 mendatang.

Sumber : liandamarta.com

Alhamdulillah, sesudah mbak Raras dari Kordinator Liputan Media MPR RI bicara,, jadi tambah jelas, bahwa saat ini memang tidak bisa mengesampingkan peran netizen.

Sejak pertemuan pertama di Solo beberapa waktu lalu MPR RI bersama blogger, kata mbak Raras, ke depannya kita bakalan bergandengan tangan terus. Baik di dalam dan luar negeri! 

Bahwa kita memang harus duduk bareng biar menyamakan persepsi, biar visi misi nya sampe.

Seperti disampaikan oleh kak Purwadi, bahwa ada yang namanya 4 pilar, dan ada agenda 16 Agustus 2016 dalam rangka Hari Ulang tahun MPR RI. 

Sidang Tahunan MPR yang diadakan pagi tadi memang merupakan bagian dari peraturan Tata Tertib MPR. Akuntabilitas lembaga negara disampaikan kepada masyarakat dalam forum sidang tahunan. Sidang ini dilaksanakan pagi tadi mulai pukul 09.00 sampai pukul 10.30 dan diisi dengan pidato Presiden Joko Widodo.

Untuk peringatan Hari Konstitusi yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2016 mendatang, selain pidato presiden juga akan ada final Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar. Finalis dari lomba cerdas cermat ini datang dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Sedangkan untuk memperingati HUT MPR RI, rencananya akan ada kegiatan MPR Berdzikir. Ternyata tahun ini adalah tahun pertama peringatan HUT MPR RI. Dalam kesempatan tersebut juga, rencananya akan dilakukan sosialisasi kembali terkait Empat Pilar kebangsaan.

Dalam upaya sosialisasi Empat Pilar ini, MPR juga mencetuskan sebuah gerakan yang bernama “Ini Baru Indonesia“. Gerakan Ini Baru Indonesia ini adalah bentuk kegiatan sosialisasi yang harapannya bisa dipahami oleh semua pihak. Sehingga nantinya masyarakat Indonesia bisa menjadikan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia sebagai budaya dan diaplikasikan ke dalam perilaku di kehidupan sehari-hari.

Sesudah sejenak rehat buat sholat Ashar, pak Ma`ruf Cahyono, Sekretaris Jenderal MPR RI menyampaikan 3 agenda besar MPR, pada Sidang Tahunan MPR RI 16 Agustus 2016.

Ma`ruf Cahyono menyampaikan bahwa Sidang Tahunan ini agenda tunggal adalah pidato Presiden. Ini bukan sidang pengambilan keputusan loh ya.. tapi hanya mendengarkan pidato Presiden.

"Sidang ini menjadi forum fasilitasi dari MPR untuk laporan kinerja lembaga negara," pungkasnya.
Kesimpulan yang bisa diambil adalah : 
1. Kita khususnya blogger/netizens sebagai masyarakat Indonesika memiliki MPR sebagai wadah untuk perbaikan Bangsa kedepan. Mari berikan kritik & kontribusi untuk perbaikan bangsa. 
2. Kritik & kontribusi kita sebagai warna negara khususnya blogger/netizens kepada MPR RI bisa berdasarkan profesi & keahlian (latar belakang) yang dimiliki masing-masing, sehingga mencakup seluruh lini masyarakat.
3. Dukungan warga negara khususnya blogger/netizens terhadap penyelenggaraan Negara sangat diharapkan untuk kepentingan bersama yaitu Bangsa Indonesia.
Sesudah pak Maruf membacakan Puisi "Masih Indonesiakah Kita?" tak lama, pak Zulkifli Hasan masuk ruangan.

Waaah.... kesempatan ini langsung disambut sama seorang sahabat blogger, Gena bisik bisik, "Eh mak, bikin doodle dong buat pak Zul, buat kenang-kenangan,"

Wusss... dengan secepat kilat, disemangati oleh teman teman semeja, aku bikin seadanya yang ada di otakku saat ini!

Senang sekali, karena pak Zul menyambut dengan tangan terbuka.. hihihi.. terimakasih banyak ya pak Zul.

Semoga aspirasi MPR RI dapat dibagikan dengan perspektif yang sama!


Sumber " http://www.ellynurul.com

3 comments:

  1. Doodle nya scepat kilaat, keren maak..wah digandeng ya blogger mak

    ReplyDelete
  2. Aku pun seneng banget berkesempatan hadir di Gathering Blogger bersama MPR RI kemarin. Terutama karena berkah silaturahminya.

    Mak Tanti Doodle-nya kereeen, aku pikir lg ada kelebihan apa di meja kalian ternyata lg doodling, keyeeen (Y)

    ReplyDelete
  3. Yaaaa ampun nama gw di sebut2, semoga makin ngetob yaaaa hahaha

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan ke email amelia_tanti@yahoo.com