Sunday, March 5, 2017

MEET CHEF JUN , RESEP DAPUR AYAH

Menulis, adalah passion. 

Sama seperti memilih pasangan hidup #eeh, rasanya kalo ngga pas, ngga bakal bisa bertahan lama. 


Menulis butuh napas marathon, butuh latihan terus menerus, belajar tanpa henti.  

Biarpun kata sebagian orang menulis itu mudah, tapi hingga detik ini, aku merasa selalu bingung saat harus menulis artikel *yakalee itu kamu doang, Neng....  

Kalimat pembuka, diksi yang tepat,  dan penutup yang membuat pembaca pingin mampir lagi dan lagi... 

Kenalan dengan pemilik Resep Dapur Ayah yuuk... 

Sahabat bloggerku, Jun Joe Winanto lebih dikenal dengan nama pena  La Cheo Joe. Buatnya,  menulis adalah sebagai rangsangan untuk sel-sel otak agar terus berbiak. Itu sebabnya, tulisan tulisan yang menurutnya sederhana,  di mata pembaca bernas dan sarat ilmu. 

La Cheo Joe,  buatku penulis dengan idealisme. Ia banyak menulis buku, tetapi tidak untuk diterbitkan secara komersial. Lebih dari 100-an judul buku telah ditulisnya, dan buku-buku tersebut diperuntukkan untuk proyek Departemen Pendidikan Nasional dari beberapa penerbit. 


Lahir pada 9 Juni di “Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah”, Jun adalah anak keempat dari enam bersaudara.


Cita-citanya semula adalah menjadi Dokter Kandungan. Namun akhirnya menjadi Sarjana Biologi.

Jun memulai perjalanan kariernya di beberapa perusahaan. Ia sempat berkeliling daerah di Indonesia. Mulai dari Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan. Ia juga penyuka olahraga selam, masak, icip-icip makanan, traveling, dan naik gunung ini. 

Cita-cita ayah dua anak ini sederhana, punya resto gastronomi dan segera merampungkan salah satu buku resep yang tertunda lama (didoain cepat selesai yaaa... amiin! )

Hebatnya,  perjalanan karier memasak La Cheo Jun juga bermula dari passion nya pada masak memasak dan icip icip itu tadi. 

Lahirnya Chef Jun, owner Resep Dapur Ayah

Pagi ini, aku dan beberapa teman yang tergabung dalam team Kriya Indonesia menyaksikan lahirnya seorang Chef,  juru masak dengan keahlian memadukan kuliner Khas Indonesia, di Museum Tekstil, Jakarta.






Bangga dan senang,  tentu saja ketika sahabatmu menjadi seseorang, bukan? Begitulah yang aku rasakan.
Courtesy Kania Ningsih 

Selama ini, Jun -demikian akrab kami sapa- memang selalu peduli dengan teman temannya.  Tak jarang,  ia membawakan beberapa potong bolu atau kue jika sedang ada acara temu blogger.  Bahkan,  beberapa waktu lalu,  ketika sedang mengadakan workshop di Yogyakarta, Jun membawa satu tas penuh makanan lezat untuk kami makan dan kudapan selama perjalanan.  

Pagi, kami sudah ia bagikan sekotak nasi putih hangat dengan perkedel kentang besar plus rendang telur dan kering tempe. Jelang siang, ia membagikan lagi sekotak nasi putih (yang nasinya dari beras asliii bukan dari beras plastik hohohoho)  dengan sayur jantung pisang gurih pedas dengan ayam rendang.  

Masih belum puas,  ia keluarkan sekotak besar ice cream avocado dengan coklat yang dingin dan segar..  Waaah,  bahagia deh,  jadi teman seperjalanan mas Jun ini!

So,  sebenernya tak terlalu takjub ketika ia akhirnya digandeng oleh sebuah perusahaan aplikasi berbelanja online besar bernama Honestbee. Aku bersyukur sahabatku bisa merintis karier di dunia yang ia cinta. 

Apa itu Honestbee?

Honestbee adalah sebuah perusahaan dengan basis aplikasi online yang telah berkumandang namanya sejak tahun 2016. Setelah sebelumnya di Malaysia dan Singapore berjaya,  sekarang Honestbee membantu kaum wanita terutama di Indonesia untuk berbelanja secara online.  


Honestbee adalah layanan pengiriman kebutuhan sehari-hari terkemuka di Asia untuk segala kebutuhan rumah tangga dan bahan makanan Anda. Di Singapura, Hong Kong, Jepang, dan sekarang Indonesia, Honestbee bisa mengantarkannya langsung ke tempat kita memesan hari itu juga. 

Tinggal pilih dari daftar produk online terlengkap dan lakukan pesanan hanya dengan meng-klik. Petugas Honestbee yang terlatih lalu akan memilih barang belanjaan untuk kita, dari supermarket dan toko yang dipercaya dan sukai.

Aku udah pernah nulis tentang Honestbee juga loh, di sini




Sesi demi sesi yang diselenggarakan oleh Kriya Indonesia  kali ini,  acaranya sangat runut, sarat ilmu dan penuh canda tawa.  

Blogger dan crafter yang datang dipersilakan menelusuri lorong waktu di Museum Tekstil yang indah.  Mereka juga dikenalkan dengan aplikasi dan cara menggunakan Honestbee. 

Sajian makanan yang  dimasak oleh chef Jun menjadi acara puncak yang menyenangkan, karena seluruh peserta yang hadir dapat langsung icip icip Resep Dapur Ayah  ala Jun Joe Winanto.

Demo masak oleh @resepdapurayah yang diperagakan oleh chef Jun Joe Winarto ini terdiri dari dua resep yang rumit,  namun dengan kecakapan Jun terlihat menjadi mudah..  *Mudah katamuuuu.... *


Resep pertama Resep Dapur Ayah
Ayam Rica-rica.

Bahan : cabe merah, bawang merah, bawang putih, kunyit dan jahe yang sudah di blender, ditumis dengan 3 sendok makan minyak lalu diaduk hingga harum jangan lupa tambahkan lemon, salam dan sereh. 

Kemudian masukkan daging ayam yang sudah digoreng ½ matang aduk rata, lalu masukkan santan hingga mengental.

Resep Kedua Resep Dapur Ayah :
 Puding Srikaya Gula Merah

Bahan : Telur ayam, Gula Merah dan Santan. 

Telur 10 butir dikocok hingga lembut masukkan gula merah yang sudah dicairkan sebanyak 400 gram aduk rata. Masukkan agar-agar yang sudah dilarutkan dengan air santan, lalu masukkan kedalam cup kukus hingga matang dan siap disajikan

Wisata Belanja kali ini, kolaborasi yang sangat menyenangkan!

Dapat pengetahuan dari Museum Tekstil, dapat @resepdapurayah yang sehat dan bergizi, belanja mudah dengan menggunakan aplikasi Honestbee #BelanjaJadiHemat.. 

ck ck ck.. what a perfect day for me


3 comments:

  1. Kak Jun, eh salah...chef Jun, kesan pertama sosok yang ramah. Selain itu ternyata multi talenta.
    Salam kenal mak neng.

    ReplyDelete
  2. Pernah juga kebagian kudapan yang dibawa oleh Jun pas ada acara galapremier film, memang enak masakannya. Ikut seneng deh lihat Jun sekarang sebagai Chef. Acara wisata belanja bersama Honestbee juga seru banget. Mo ikutan lagi ah klo ada acara seperti ini.

    ReplyDelete
  3. chef jun memang sip, multitalenta juga. sukses selalu chef..

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan email amelia_tanti@yahoo.com