Saturday, July 22, 2017

LG Linear Challenge, Jangan Memboroskan Makanan!


Pernah membuang makanan sisa?

Saya? Pernahlah. Walaupun tidak terlalu sering, karena masih terngiang di telinga saya kata-kata Ibunda, 
“Makanannya dihabiskan ya nak, nanti nasinya bisa menangis,"
Nah, kata siapa makanan yang terbuang itu -menurut data di PBB- adalah hampir sepertiga makanan setiap tahunnya dari total makanan yang ada!

What?


Betul, jumlah makanan yang terbuang beratnya mencapai 1,3 ton setiap tahun. Jika kita hitung kasar, maka jumlah makanan yang terbuang itu sekitar US$ 680 juta di negara insdustri, dan mencapai USD 310 juta di negara-negara berkembang!

Padahal, jumlah penduduk miskin dan kelaparan dunia itu sekitar 800 juta jiwa :( kalau sedunia nyumbang itu duit 680 juta kan, semua bisa makan enak -__-


"Sangat disayangkan, masyarakat modern yang telah memiliki teknologi penyimpanan dengan cara pendinginan melalui keberadaan lemari es, masih membuang-buang makanan" ungkap Presiden Direktur PT Electronics Indonesia, Jaeyoung Lee.
Berawal dari keprihatinan tersebut, maka LG hadir dengan menawarkan inovasi baru yakni sebuah lemari es yang sanggup membuat penyimpanan makanan menjadi tahan lama. 

Perusahaan elektronik global tersebut menciptakan sebuah lemari es dengan kompresor inverter yang bisa menawarkan kesegaran lebih lama untuk bahan makanan.

Dalam rangka memperkenalkan lemari es terbarunya, LG juga menggelar serangkaian acara kampanye bertema LG Linear Challenge. Acara ini berlangsung selama tiga hari yaitu dari tanggal 21 hingga 23 Juli 2017 dan berusaha mengajak masyarakat sadar betapa pentingnya masalah terhadap pemborosan makanan!

Selama 3 hari, atrium akan diisi dengan berbagai acara menarik seperti talkshow, dan penampilan menarik para musisi Indonesia yang berkolaborasi dengan Korea Selatan. Mereka akan menampilkan orkestra sayuran hasil kolaborasi memainkan musik dengan alat musik dan buah dan sayur yang segar. Nama orkestranya P Brosound. 

Ini penting banget loh, buat warga Jekardah yang hobinya jajan. Kebayang ga, kamu suka buang-buangin kerupuk, lontong yang ga habis pada saat makan ketoprak atau sate ayam? Sepele ya? Tapi .. coba lihat nih, dampaknya!


Ini belum lagi plus yang kondangan suka ambil makanan setumpuk .... trus ga dihabisin....



Berawal dari kulkas...

Kulkas saat ini tak hanya menjadi pelengkap penderita alias kebutuhan tersier, tapi sudah menjadi kebutuhan utama rumah tangga. Semua makanan sisa, masuk kulkas biar ngga disemutin. Roti, selai, keju sampai biskuit juga bisa masuk kulkas. Bahkan, teman saya menaruh segala macam mie instan dan tepung di dalam kulkas!

Tapi, benarkah semua kulkas sanggup menjaga kesegaran sayur dan buah yang kita konsumsi?


So, oleh Yuliana Yeonardy, Product Managing of Home Appliances LG dijabarkan bagaimana sebuah kulkas itu bisa mempertahankan kesegaran bahan makanan yang kita konsumsi.

Check this out.

CIRI-CIRI LEMARI ES YANG BAIK

1. Hemat energi

O yeah.. kulkas or lemari es kan beroperasi selamanya, ga pernah dimatikan. Kebayang gak, berapa harga listrik yang harus kita bayar jika boros energi? Hiiy...

LG sendiri mendesain kompresor lemari es dengan sebuah keunikan dalam pengoperasiannya yang bertumpu pada satu tuas bergerak. Sehingga energi yang dikeluarkan pun sedikit.

Berbeda dengan kompresor konvensional yang memiliki empat bagian saling bergantung dalam pengoperasiannya. Minimalnya gesekan antar bagian kompresor menjadi satu titik gesek dibanding kompresor konvensional membuat energi yang dibutuhkan lebih kecil.

Teknologi yang diberi sebutan inverter ini, memang tujuannya mempercepat pendinginan dan mempertahankan suhu sehingga tidak naik turun, sehingga daya kerja kompresor lebih rendah, dan otomatis hemat daya.

Pssst.. tahukah kamu, fitur Insta-view door in door nya LG?
Cukup dengan 2 kali ketuk, kita bisa melihat isi dalam kulkas!
Jadi, lebih hemat daya kan?

2. Fluktuasi Suhu Merata

Fitur Linear Cooling ini sanggup menjaga fluktuasi suhu dalam lemari es pada kisaran kurang lebih 0,5 derajat celcius. Jika dibandingkan dengan kompresor yang lain, kompresor ini bisa menekan sebanyak 50 persen dibandingkan dengan kompresor konvensional lainnya.

Dengan adanya fitur ini, LG Linear Compressor menjawab isu penyimpanan makanan guna mempertahankan kesegaran lebih lama. Dengan suhu merata, makanan yang tersimpan pun bisa tetap segar.

Lemari es ini memberikan suhu dingin ke segala arah termasuk ke bagian terdalam lemari es, sehingga LG pun menyematkan fitur LG DoorCooling+.

Fitur ini merupakan sistem pendinginan baru yang menambahkan sumber embusan hawa dingin pada bagian dalam pintu lemari es. Dengan tambahan fitur LG DoorCooling+™ ini, membuat pendinginan lemari es LG berasal dari banyak arah. Berbeda dengan lemari es yang biasa dijumpai, sumber hembusan hawa dingin hanya terletak di tengah pada bagian dalam lemari es.


Fluktuasi suhu LINEAR Cooling™ pada lemari es LG ini mampu menjaga fluktuasi suhu dalam lemari es hanya berada pada kisaran +/- 0.5°C. Bila dibandingkan, kompresor cerdas ini menekan fluktuasi suhu di dalam lemari es hingga 50 persen dibandingkan lemari es dengan kompresor konvensional.


3. Moist Balance crisper
Nah kalau ini, inovasi pada penutup kotak penyimpan sayur dan buah, sehingga tingkat kelembabannya terjaga.

4. Hygiene Fresh
LG menciptakan penyaringan udara 5 kali sehingga bisa meminimalisir bau tak sedap, dan efektif mengusir bakteri.

Penasaran kan, 
gimana si lemari es LG ini menjaga kesegaran makanannya sampe bisa membuat sayuran jadi instrumen alat musik? Simak videonya di bawah ini..


SEGUDANG TIPS DARI CHEF RINRIN MARINKA

Sebagai ibu yang baik, saya berusaha menjaga kesehatan anak-anak. Eeh bener ini! Di balik penampilan preman, saya ini ibu berhati lembut yang peduli dengan betapa segarnya bahan bahan makanan yang digunakan. 

Jadi ketika diundang untuk hadir di acara LG dengan teknologi inverter dan Linear Challenge tentu saja saya senang banget. Apalagi dengar kalau bakalan ada talkshow dengan narsum chef Rinrin Marinka! 

Chef yang juga juri Masterchef Indonesia ini sedang sibuk nyiapin kanal youtube nya bernama Simply Marinka. Isi video youtube-nya masak sederhana tapi sehat. 

Rinrin Marinka ini pasti wajahnya tidak asing deh, soalnya wira-wiri di dunia kuliner sudah 16 tahun. Wah.. pertanyaan terbesarnya, "Kok dia langsing banget ya?" 


Chef Marinka membuka bincang-bincang dengan kalimat makjleb,
"Makanan sehat dan organik adalah seperti kita berinvestasi kesehatan. Kuncinya ada di will power!"
Buat chef Marinka,  makanan sehat favorit yang paling gampang itu adalah omelette, karena bahannya selalu tersedia di kulkas. Sesi bincang-bincang yang hanya 30 menit ini, terasa sangat padat gizi. 

Ini beberapa tips dari chef Marinka yang sempat kucatat. 

TIPS MENYIMPAN MAKANAN ALA CHEF MARINKA 

  • Chef Marinka tidak menyarankan mencuci buah sebelum dimasukkan ke kulkas karena akan mempercepat pembusukan.

    Buah-buahan kan nggak memerlukan kelembaban yang tinggi, jadi kalau dicuci nanti malah jadi busuk. Beberapa buah tertentu seperti pisang malah ngga usah ditaruh di kulkas.
  • Khusus buah strawberry, daun mint atau herb, biasanya chef akan masukkan ke dalam mangkuk dengan bungkus plastik (plastic wrap).
  • Beberapa buah dan sayur mengeluarkan gas tertentu yang menyebabkan buah atau sayuran cepat membusuk, jadi simpan terpisah
  • Sebaliknya, sayuran membutuhkan kelembaban yang lebih tinggi dan lebih cepat busuk ketimbang buah, jadi cara menyimpannya adalah :

    Cuci bersih sayuran, lalu tunggu kering sebelum dimasukkan ke dalam kantong plastik berlubang atau dibungkus kertas.
  • Khusus jamur wajib dibungkus kertas, karena mudah berkeringat dan busuk jika dibungkus dalam plastik.
  • Untuk sayuran, wrap dengan paper towel, dibasahi sedikit dan bagian akar juga lalu dibungkus dengan plastik yang diberi lubang udara
  • Telur ditaruh di pintu kulkas bersama dengan krim pembersih wajah dengan meletakkan ujung yang kecil berada di bawah agar nggak cepat busuk. Cuci bersih dulu yaa..
  • Chef Marinka memastikan semua bentuk protein dan susu ditaruh saja di kulkas, karena cepat sekali menjadi media pembiakan bakteri salmonella
  • Sebaiknya, daging, ikan dan unggas segar tetap pada plastik pembungkusnya, atau gunakan alas piring jika tanpa pembungkus
Biarkan daging, ikan, dan unggas tetap dalam pembungkus. Melepas pembungkusnya bisa meningkatkan risiko terpapar bakteri. Jika daging nggak dibungkus saat pembelian, pakailah piring sebagai alas agar kandungan airnya nggak menetesi makanan yang berada di bawahnya.

  • Pisahkan tomat dan mentimun, gas dalam tomat akan membuat mentimun cepat busuk
Sebaiknya, gunakan kertas atau koran sebagai alas atau sebagai pembungkus agar tomat dan mentimun selalu kering sehingga lebih awet di dalam kulkas.

  • Investasi!
    Investasi pada segala jenis plastik yang ada zipper lock atau gunakan wadah plastik yang ramah lingkungan dan lolos FDA 
Terus, itu semua makanan jadi awet selamanya di kulkas?

Ya engga juga kaleee...

Seperti halnya sisa cintaku pada mantan, sayuran paling lama bertahan 2 - 3 hari, dan telur bertahan 3 mingguan lah... 

Sisanya?

Ingat paragraf di atas gak? Jangan buang-buang makanan! Kalau ga niat makan sampe habis ya jangan dibeli!

24 comments:

  1. Jadi, itu sisa makanan disimpen di kulkas kalau ga abis? Tahan brapa lama?

    ReplyDelete
  2. Reportaswnya lengkap banget Mak. Jadi nambah ilmu saya. Makasih ya mak ��

    ReplyDelete
  3. Makasih sharenya makk bermanfaat bamget

    ReplyDelete
  4. wah tips menyimpan makanannya oke punya nih. Saya setuju mbak,kalau mengambil makanan seperlunya saja, belanja bahan makanan juga seperlunya saja biar nggak mubazir

    ReplyDelete
  5. Iya mba, mubazir kalau sampai terbuang. Untung nya ada LG hemat energi dan bisa menyimpan tahan lama sayuran plus buah .

    ReplyDelete
  6. Kalau kulkasnya bagus, simpan makanan di dalam kulkas memang awet. Saya juga suka begitu. Sayang kan kalau makanan sisa langsung dibuang padahal masih layak dimakan

    ReplyDelete
  7. Sya dan keluarga tidak pernah lagi stock sayuran . Tiap mau masak baru beli, karena kapok sayuran busuk dalam kulkas, semua yang ada di kulkas jadi bau.

    ReplyDelete
  8. kulkas itu peralatan RT yang membantu banget deh moms yg mobile work. aku bisa simpan masakan yg msh 1/2 jadi. Kalau sayuran n buah aku stock tp juga nga lebih buat 2 harian.

    ReplyDelete
  9. kilkas impian banget ya, apalagi kalau sering ada acara dirumah.. ngga usah buru-buru masak semua bahan makanan :D

    ReplyDelete
  10. Aku mupeng banget sama kulkasnya,designya bagus olus hemat energi pula ��

    ReplyDelete
  11. Kece bgt kulkasnya, bisa nyimpen bahan makanan lbh lama
    Selain hemat listrik juga mengurangi buang2 makanan (suka sedih kalo inget ini )

    ReplyDelete
  12. Naksir kulkasnya ya mak, apalagi yang odelnya pas di ketuk nyala kui haha...
    Suak sama chef Marinka juga, udah cantik, humble juga jago masak :)
    Itu tipsnya ngena banget deh di aku, terutama yang menyimpan sayuran baisanya aku pakai wadah plastik kotak-kotak gitu macem si tuppy gitu, kalau pkai koran/kantong plastik jadi nda rapi kulkasnya haha

    ReplyDelete
  13. Informasinya lengkap banget mengenai gimana kulkas yang baik. Bisa jadi panduan nih kalau nanti mau beli lemari es. Oh ya, tips menyimpanan makanannya juga oke tuh, makanan jadi nggak cepat busuk dan terbuang percuma

    ReplyDelete
  14. Makasih share dan tips nya Mak Tanti...

    ReplyDelete
  15. Baca artikel ini jadi ngiler pengen punya lemari es lG inverter

    ReplyDelete
  16. Baca artikel ini jadi ngiler pengen punya lemari es lG inverter

    ReplyDelete
  17. Aku ngiler abiss sama kulkas LG ini. System inverternya bikin mupeng banget plus sizenya gedhe muat apa aja disitu. Aaahh nabung2

    ReplyDelete
  18. Aku ga punya kulkas ma,jadi tiap hari selalu ke pasar/tukang sayur abis antar anak sekolah ,paling sisa sayurannya cuma bawang merah sama bawang putih ajaa 😊

    ReplyDelete
  19. Bener banget Mbak, hal yg paling sering dilakukan oleh Emak2 adalah membuang2 makanan termsk aku. Untungnya skrg sih mulai sadar dan berusaha bgt utk enggak buang2 mknan lg.

    ReplyDelete
  20. Sedih rasanya niat untuk berhemat dgn membeli sayur utk satu minggu tapi tidak bertahan karna kulkas tidak mendukung, jadi kelempar deh ke tempat sampah

    ReplyDelete
  21. Suka banget sama kulkas LG ini. Hemat energi. Hemat bahan makanan juga jadi nggak banyak kebuang.

    ReplyDelete
  22. Jadi pengen punya lemari es LG Linear. Musti ngerayu dl nih biar di beliin #eehhhh

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan email amelia_tanti@yahoo.com