Saturday, October 28, 2017

MENGGAMBAR 3D ITU SUSAH (-_-)' - 2

sumber : whykol.com
Judulnyaaa!
hehehehehe.. 
Lah kan aku juga gak bisa gambar kek gitu! 

Oke sip! Gak semua orang bisa gambar tiga dimensi. Dan, jujur aja, cita-cita awal masuk teknik itu karena dulu kan, gak ada jurusan desain grafis yang keren (alesan).

Pokoke, masuk teknik, bisa gambar sepuasnya tiap hari, titik.

Cara mulainya...
Kita bisa memulai dengan menggores-gores sederhana, entah bentuk apapun. 

Awalnya dulu nggambar kayak gini....
media : ballpoint warna warni dan pensil warna

Just menikmati pengalaman menggores itu. 

Dimana kenikmatannya? Buatku sih, saat nyoba bermain dengan tekanan ringan, sedang, dan kuat saat menggores. Juga, mempermainkan kecepatan, sedang dan lambat guratan-guratan itu. Termasuk pula gaya memegang alat itu. 

Dan itu kudu dilakukan terus menerus!
Kemudian belajar menggunakan cat air

Aku juga rajin amati dan pelajari garis dan coretan-coretan para ilustrator terkenal, untuk dibandingkan dengan gambarku. 

Bagaimana jika tekanan goresan dikuatkan, bagaimana cara mewarnai hingga hasilnya sempurna, apakah beda jika menggores dengan tekanan ringan? 

Dari semua pengalaman, akan bisa ditarik kesimpulan kalau .. gambarku emang awalnya jelek banget -___- 

Tapi gapapa, kalau kita menikmatinya, kita sudah mulai lupa bahwa kita sedang mencapai satu tahapan proses. 

Selanjutnya kita bisa menggambar benda-benda di sekitar kita, tentu bisa dengan bentuk sederhana. Kita amati dan mencoba pahami bentuknya, mana yang lebih gelap, mana yang lebih terang dan seterusnya. Minimal setiap hari kita mencoba membuat goresan-goresan. Kita terapkan seperti tiap kali kita makan setiap hari.


bersambung lagi...

8 comments:

  1. Nggambar 3d emang sulit sih. :'D Tapi aku lebih pengen bisa nggambar ala-ala Salvador Dali gitu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, iya aku juga pengen, tapi itu melibatkan emosi dan ketelatenan, sama perspektif yang bagus

      Delete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^

Jika ada pertanyaan pribadi silakan email amelia_tanti@yahoo.com