Featured Post

JANGAN LAKUKAN 5 HAL INI SAAT DI DAPUR

WARNING *Jangan sampai melakukan 5 hal ini di ruang dapur karena bisa berakibat fatal dan menimbulkan kematian* Masih banyak orang yang belu...

SUSU KURMA RAMADHAN DI TENGAH PANDEMI COVID19


Setahun yang lalu, 
pas umroh (sweet memories banget) aku dan rombongan berangkat ke kebun kurma. 

Setelah sebelumnya ke Masjid Quba, bus pun berangkat menuju kebun kurma yang berada sekitar 5 kilometer dari Madinah.

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun Nabi Muhammad SAW dan dilansir dari sindonews, ada sekitar 1600 pohon kurma tumbuh di perkebunannya. Benteng tembok membentang di jalan utama jalan sebelah timur Masjid Quba sebagai pembatas perkebunan kurma tersebut.

Areal kebun kurma ini, luasnya sekitar 25 hektar, sudah dimiliki dan dikelola pemiliknya Abdul Rahman Al Harby secara turun-temurun. Bahkan.. woow.. kebun tersebut katanya bahkan sudah ada sebelum nabi hijrah ke Madinah dari Mekkah!

So, gak salah kan, kalau semua menjadikan kebun kurma ini jadi destinasi wajib kalau ke Madinah?

Apalagi, karena tahu bahwa pergi ke tempat ini, sama dengan cuci mata melihat aneka kurma yang jumlahnya buanyaaak banget, dengan ragam yang juga tak kalah banyaknya.


Kurma itu, faktanya...
Seperti kasih sayang orang tua, pohon kurma akan terus memberikan buah kepada pemiliknya hingga tua. Tidak pernah putus meski umurnya telah mencapai puluhan bahkan mungkin ratusan tahun.
Yes, rata-rata pohon kurma biasanya bertahan hingga sekitar 50-60 tahun. Dan, satu pohon saja, bisa menghasilkan sekitar 150 - 200 kilogram buah kurma. 

Sebutan untuk kurma pun beragam tergantung jenis kematangannya. Kurma matang dibagi menjadi empat golongan tingkat kematangan. Yaitu kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Sst... 
tahu tidak sih, kalian, ada berapa jenis kurma di dunia ini? 

Did you know that there are more than 3000 date varieties around the world?

Iya, 3000 jenis, sodara-sodara!

Tapi yang kita tahu dan beredar kan hanya sekitar 10 jenis, ya. Jenis kurma ini dibagi berdasar ukuran, warna, tekstur, ketebalan daging buah, kandungan antioksidan dan fenol. 


Ada sekitar 400 jenis tersebar di Iran, 400 jenis di Arab Saudi, 370 jenis di Iraq, 250 di Tunisia, 250 di Oman dan 244 jenis di Maroko. Bahkan, di Indonesia juga ada! Letak kebunnya ada di Magetan, Pasuruan, Riau dan Nanggroe Aceh Darussalam.

Namun yang kita kenal, hanya sekitar 10 jenis, yaitu kurma Ajwa, kurma Deglet Noor, kurma Amr Hajj, kurma Mozafati, kurma Halawi (Halwah), kurma Umelkhasab, kurma Thoory, kurma Zaghloul, kurma Sekkery (Sukari) dan kurma Saidi.

Kurma Ajwa,
dengan bentuk lebih bulat, kecil berwarna hitam

Kurma Sukari yang berwarna cokelat gelap,
dengan daging buah yang sangat lembut dan rasa manis yang khas.
Medjool - Deglet Noor
Kurma termahal dengan rasa karamel, juicy, berukuran besar
Kurma memang hidangan istimewa.
Hingga saat ini, yang jadi primadona adalah kurma ajwa. Kurma ajwa, yang biasa disebut juga kurma nabi ini, disebutkan di dalam sebuah hadis, 
"Barangsiapa yang memakan tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir."
Itulah hadis yang membuat kurma ajwa menjadi begitu terkenal di belahan dunia mana pun!

Ramadhan tanpa kurma? Tak mungkin...

Tak terasa,
kita disibukkan dengan pandemi dan lockdown, hingga Ramadhan sudah di depan mata.

Di seluruh dunia, ramadhan itu identik dengan buah kurma. Bahkan dalam agama Islam, Nabi Muhammad berbuka puasa dengan tiga butir kurma. Buat muslim yang menjalankan ibadah puasa, kurma adalah menjadi menu buka puasa, tentu saja. 

Nah, karena saat ini aku sedang #DiRumahAja maka aku pun iseng, membuka buka resep tentang kurma. Oh anyway, saat ini aku juga sedang rutin mengonsumsi kurma yang dipercaya juga menjadi penangkal virus.

Kandungan kurma yang manis ini, seolah menjadi vitamin organik. Cobain deh, selain dimakan langsung, rendam 3 butir kurma di segelas air panas mendidih, dan setelah dingin, diminum seperti teh. Rasa pusing, lelah, dan tak bertenaga terasa menguap begitu saja.

Kabarnya, Dewi Hughes juga sudah meresepkan kurma ini menjadi salah satu sarana untuk melangsingkan badan!  

Menu sederhana dan mudah dibuat dengan kurma : Susu Kurma 

Salah satu cara mengolah kurma dengan cara yang mudah ialah membuat susu kurma. Apa? Susu kurma?

Iya, enak loh. 
Rasanya hampir seperti susu almond. Susu kurma dingin ini, buatku dan anak-anak cocok dijadikan sajian untuk buka puasa bersama.

Bahan-bahan :

6 buah kurma atau lebih

200 ml susu UHT


Madu jika suka

Es batu secukupnya


Cara membuat :

1. Rendam kurma semalaman di dalam air dan taruh dalam kulkas. Jangan lupa buang bijinya.

2. Siapkan semua bahan.

3. Taruh kurma yg telah direndam ke dalam wadah blender. Masukan susu UHT satu gelas kurang lebih 200 ml.





4. Blender hingga halus. Campurkan madu jika dirasa kurang manis. Boleh langsung campur dengan es batu atau terpisah.

5. Susu Kurma siap disajikan. 





Oya gaes... 

Di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) yang sedang kita hadapi, penting bagi kita untuk tetap tenang dan ikut berperan aktif dalam mencegah penyebarannya. 

Pada situasi sulit seperti saat ini, peran serta kita semua, sekecil apapun, dapat memberikan dampak positif. Tetap di rumah dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan, ya!


Sources:

  • FAO. (2000). Botanical and Systematic Description of the Date Palm.

  • Nassar O. M, Amin M. A, Hassan M. E, Nasr H. A. (2016) Identifying The Natural Antioxidants and Total Phenols of Some Date Varieties in Saudi Arabia. Biosci Biotech Res Asia 13 (2).

  • Nut and Dried Fruit Statistical Overview. (2015). Global Statistical Review 2014-2015.

42 comments

  1. Kurma AJWA itu endeusss banget, tapi ya gitu, harganya bikin nangis Mak :))
    Aku biasanya beli kurma yg harga terjangkau aja sih, ada nih 30 ribu/800 gram.
    Rasanya lumayan.
    kalo dibikin smoothie atau susu kurma, kurasa endeus jugaaakk
    makasiii idenya Mak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiii samaaaa

      aku beli yang di alfamidi itu, 30 ribu sekantong hahahhaha

      Delete
  2. wah aku baru tau ternyata ada 3000 jenis kurma, dan makasih banyak yaa mak resep susu kurmanya, jadi makin rindu ingin segera ramadhan....moga covid-19 segera berlalu dan kita bisa menikmati ramdhan dengan suka cita

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin yaa Allaaaah, ini cobaan terberat abad ini ya :(

      Delete
  3. MasyaAllah... aku baru tau cerita ttg kurma ini. Makasih infonya ya mba... jadi nambah wawasan hehe... tapi kalo susu kurma, aku kurang suka lebih suka makan kurmanya langsung :)

    ReplyDelete
  4. Aku suka banget dengan susu kurma ini mbak, emang rasanya bikin kenyang selama puasa. Apalagi waktu puasa saat menyusui anak-anak, dengan susu kurma ini jadi lebih kuat. Dan sepertinya mau bikin juga untuk puasa tahun ini buat sekeluarga.

    ReplyDelete
  5. Wewwww, banyak juga ya macamnya Kurma, saya tahunya kurma yang dari Arab itu ya kurma hahaha.
    Susu kurma ini biasanya saya buatin si kakak pas puasa.
    Udah mau puasa nih, sebentar lagi kudu semangat menyiapkan sahur dan buka puasa :)

    ReplyDelete
  6. Kurma susu ini bagus banget. Saya waktu hamil minum ini pas Ramadhan, alhamdulillah jadi kuat puasanya,hehe. Saya tipe yang enggak terlalu paham jenis-jenis kurma sih. Biasanya tinggal makan aja, hehehe. Kalau saya pribadi suka yang agak kering dan enggak terlalu lengket.

    ReplyDelete
  7. Suami ku kurang suka makan kurma, kayanya aku bisa coba susu kurma supaya dapat manfaatnya nih mbak.

    Daaaan aku taunya kurma ya kurma hahahahha tak kirain sama aja semua jenis kurma, ga taunya beda-beda 3000 macam pula itu, dan kebunnya juga ada di Riau yaa? Waaaaah, dimana yaa penasaran. Iklimnya cocok kali yaaa panas-panas gitu.

    ReplyDelete
  8. Ramadhan dan kurma itu seperti pasangan yang selalu berbarengan ya, mba.
    Aku kalau nyetok kurma di rumah, ga ada yang tahan lama, digado kayak makan kacang sama anak, walau sudah diwanti2 cara sunnah mengkonsumsi kurma.
    Dijadikan olahan susu ini mungkin bisa dijadikan pilihan cara lain menikmati kurma. Makasih resepnya, mba.

    ReplyDelete
  9. Ternyata jenis kurma banyak sekali ya, dan aku baru tau ada kebun kurma juga di Pasuruan, kota kelahiranku :)
    Selama ini aku makan kurma cuma dimakan gitu aja sih, ternyata bisa juga ya dibuat minuman, campur dengan susu.

    ReplyDelete
  10. Susu kurma ini udah sering banget kudengar khasiat nya tapi belum pernah coba untuk bikin sih. Soalnya memang lebih suka konsumsi Kurma tanpa dibuat macem-macem
    Mungkin next time boleh dicoba resepnya nih. Terima kasih infonya mba Tanti

    ReplyDelete
  11. jiyaah buanyaak kalie jenis kurma, trus umurnya itu lama juga kek manusia yaa 50-60 tahunan. Beneran tulus seperti kasih sayang ibu nih pohonnya..

    Btw, ku suka kurma jugaa, mau bikin ahh nanti buat buka susu kurmaaa.
    maacih makneng resepnyaaa

    ReplyDelete
  12. Jadi pingin makan karma 😁😁😁
    Tapi bukan susu kurma
    Karena ga begitu suka susu, Karena itu resep dalgona coffee nya Mbak Tanti maju mundur deh saya
    Eniwei banyak khasiat kurma, bahkan waktu anak saya sakit typhus, disuruh minum jus kurma
    Mungkin Karena kandungan vitamin C yang tinggi ya?

    ReplyDelete
  13. Waw aku baru tahu lho Bun kalau pohon kurma itu umurnya panjang dan lama ya. Kayak kita umur manusia. Aku suka bingung ngebedain jenis-jenis kurma karena saking banyak wkwkkw ��. Nah, ntar lagi bulan puasa nih, kayaknya kudu nyetok kurma buat dibikin susu ya. Biar bisa bantu kesehatan kita ya bun. Siap klo gtu. Semoga harga kurma juga ga mahal karena pandemi ya

    ReplyDelete
  14. Wahhh begitu yaa kisahnya. Baru tau akutuh. Bentar lagi ramadhan yaa kurma dirumahku selalu standby kalo ramadhan.

    ReplyDelete
  15. Madhaallah 3000 jenis? Panyas tiap ada yg jual kurma macam2 banget jenisnya. Resepnya boleh juga ntar dipraktekin

    ReplyDelete
  16. Seger banget mba susu kurma apalagi dingin yakkk kalau Aku gak ditambahin Gula mba Kalo buat, manisnya ambil dari Gula Aja enak Juga kok coba deh

    ReplyDelete
  17. Masya Allah Mak Neng Tanti, aku loh baru tahu kurma ada 3000 varian.
    Itu yang Deglet Noor, endolita parah!

    Numpang mengucapkan,

    Marhaban ya Ramadan,
    ... and

    Corona, please leave us alone!

    ReplyDelete
  18. Di rumahku, tiap pagi minum air kurma yang udah direndam dari malam (semacam infused water dengan kurma).
    Nggak hanya aku yang minum, anak-anak juga. Jadi pengen bikin susu kurma.

    ReplyDelete
  19. buah kurma manfaatnya banyak sekali ya mba buat kesehatan tubuh, dari yang buah kurma muda sampai yang matang bermanfaat semua

    ReplyDelete
  20. Kurma kalau sudah kering rasanya manis banget. Makanya cocok ya untuk buka puasa, mengganti energi yang terkuras seketika. Tapi menurutku lebih enak kurma segar. Makanya bisa kriuk-kriuk, dan manisnya tidak terlalu. Sering beli di AEON, duh enak bangettt

    ReplyDelete
  21. Aku seneng banget mbk ngemil kurma. Pernah juga buat susu kurma, bulan puasa kemarin serungnya sahur pake kurna sama buah aja. Alhamdulillah nggak lemes

    ReplyDelete
  22. padahal ini adalah buah yang saya nggak suka sejak dulu karena kering dan kurang air.
    Tapi setelah dewasa gini, jadi banyak tahu manfaatnya yang sungguh-sungguh luar biasa. Sampai kemudian ikut seminar ttg berkebun kurma. Subhanallah ternyata bisa ditanam dan berbuah di negeri ini.
    Nah, favorti saya emang kurma yag juicy. Tapi kalau ngerasa kurang air bisa ditambahi susu seperti di tulisan ini

    ReplyDelete
  23. alhamdulillah udah nyobain 3 kurma di foto :D
    skr rutin nyetok kurma sukhari di kulkas buat puasa senen kemis.
    mau cobain bikin susu kurma ahh sedapnyaa

    ReplyDelete
  24. Kurma dan Ramadhan memnang tak terpisahkan...dengan 3000 jenis yang ada di dunia sungguh menakjubkan ya. Pas benar jika sudah bersiap dengan resep susu kurma untuk menyambut Ramadhan yang segera tiba

    ReplyDelete
  25. Masya Allah, dulu kemana aja ya waktu aku keliling kebun kurma, baru tahu kalo ada 3000 jenis kurma. Kayaknya lagi foto-foto sama paksuami deh, hihii
    Ide bikin susu kurma ini pas banget jadi minuman saat pandemi ya mbak, aku bikin pasti untuk imunitas tubuh keluargaku, makasiiih yaaa

    ReplyDelete
  26. Banyak ya, jenis kurma itu..aku suka ruthab seger bangett. Sayangnya ga awet, kalau di sana ruthab ini murah. Tapi kalau di Indonesia mihil...hihi..

    ReplyDelete
  27. Wuaahh mau susu kurma :D
    Aku bukan penggemar kurma tapi dulu pernah mampir kafe mana gtu ada yang kasi jus susu kurma dan rasanya enak aku suka mak :D
    Makasih resepnya yaaa

    ReplyDelete
  28. Beli susu kurma wake wake deh mba. Enak dan lezattt banget. Di tokopedia adaaa

    ReplyDelete
  29. Resepnya boleh juga dicoba in menjelang puasa kayak gini Kami biasanya juga stok kurma karena itu wajib

    ReplyDelete
  30. Kalau saya lebih suka kurma yang gak terlalu manis dan masih keras alias gak terlalu basah. Katanya kurma itu memang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh ya ...

    ReplyDelete
  31. Ya ampun...aku baru tahu kalau kurma ada 3000 jenis, banyak banget, tapi memang ada beberapa jenis Kurma yang harganya agak mahal dan rasanya juga ngak bohong kok...lebih enak dan premium. Tidak terasa sebentar lagi Ramadhan akan tiba dan semoga Pandemi Virus Corona Covid-19 ini cepat berlalu, sehingga suasana Ramadhan seperti tahun sebelumnya bisa kita nikmati lagi.

    ReplyDelete
  32. Saya hampir tiap hari konsumsi kurma, alhamdulillah semenjak rutin konsumsi badan memang jauh lebih baik.

    ReplyDelete
  33. Mau nyoba ah bikin susu kurma gini, tapi susu sapinya diganti soya bean enak juga kayaknya ya mba. Aku nda suka susu sapi soalnya nih.

    ReplyDelete
  34. MasyaAllah ... Baru tahu deh Bun, kalau usia pohon kurma bisa selama itu. Beneran ya, layaknya orangtua. Kurma ini memang buah yang kaya manfaat. Dulu aku suka beli kurma dari teman yang tinggal di Mesir. Mungkin ada varietas kurma Mesir juga tuh, ya.

    ReplyDelete
  35. Seger banget ini, suka bikin susu kurma yang lezat seperti ini cocok buat puasa memang... maaf lahir batin ya mba menjelang puasa ini

    ReplyDelete
  36. Enak pasti ya kurma campur susu. Belum pernah nyobain. Jadi kepengen deh. Tapi itu buah gak papa campur susu? Konon kabarnya buah sama susu tidak boleh dicampur.

    ReplyDelete
  37. Aku lagi jatuh cinta banget sama Ajwa, kak...
    Rasanya bener-bener enaak...di lidahku yang penggemar manis, Ajwa ini pas.

    Jadi kangen minum susu kurma, biasanya beli di kantin sekolahnya anak-anak.
    Coba bikin sendiri aah...nuhun, kak..resepnya.

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah jadi tau ternyataa ada 3rb jenis kurma wooow.. tambah pede juga nih jualan kurmanya he he(tetep jualan) luuuuuv you mba Neng.

    ReplyDelete
  39. Bener banget,, ramadhan identik dengan kurma ah sebentar lagi bulan ramadhan sedih radanya ad pandemi Corona huhu

    ReplyDelete
  40. Duh, favorit aku banget deh susu kurma. Rasa gurih susu dan manis khas kurma bikin di lidah makyusss. Mana manfaatnya juga banyak banget buat busui

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat (^_^)

Btw, jika ada link hidup dengan berat hati saya hapus \(*_*)/