Homeschooling untuk PAUD, Gali Potensi Anak dengan Maksimal!


    "Pokoknya Adek nggak mau sekolah!" seru seorang anak laki-laki berusia 3 tahun itu. 

    Ia terlihat sangat marah, kesal sekaligus sedih ketika dibawa oleh Bundanya untuk mendaftar di sebuah sekolah PAUD & TK terkenal di Jakarta Selatan. 


    Cerita tentang anak yang tak mau sekolah, tentu saja tak hanya satu dua kali terdengar, padahal 
setiap orangtua tentu ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya. 

    Saat ini, tingkat pendidikan anak sudah dimulai dari usia dini atau PAUD. Banyak orangtua yang memilih memasukkan anak ke sekolah PAUD sebelum masuk TK dan SD. Benarkah masuk PAUD bermanfaat untuk anak-anak? Jika anak tak mau masuk PAUD, adalah solusi lain untuk itu?



Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini vs Homeschooling

    Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), pendidikan dini yang berkualitas sangat penting dalam perkembangan dan proses pembelajaran anak. Sebagai contoh, saat memasuki dunia prasekolah, anak akan berkenalan dengan angka, huruf, bentuk.
Pendidikan usia dini mencakup pengalaman anak bermain di rumah, tempat penitipan (daycare), dan pengalaman anak di lingkungan prasekolah.

    Sejalan dengan itu, Dewan Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Lydia Freyani, menjelaskan bahwa kegiatan di PAUD bisa memberikan rangsangan pendidikan sesuai usia dan tahap tumbuh kembang anak“Seluruh aktivitas anak dilakukan melalui pendekatan bermain dan belajar,” Jelasnya dikutip dari situs resmi Dinas Pendidikan Yogyakarta.

    Untunglah saat ini metode pendidikan homeschooling sudah semakin populer, dan menjadi alternatif bagi orangtua yang ingin terlibat langsung dalam proses pendidikan anak sejak usia dini.

    Di Indonesia, tata cara homeschooling telah diakui sebagai salah satu model pendidikan yang sah. Ini ditegaskan oleh Pedoman Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 129 tahun 2014. 

    Peraturan ini menjelaskan bahwa homeschooling, juga dikenal sebagai sekolah di rumah, adalah rangkaian pendidikan yang sengaja diarahkan dan diorganisir dengan penuh perencanaan. Hal tersebut dijalankan oleh orang tua atau anggota keluarga di lingkungan rumah atau lokasi yang memberikan lingkungan kondusif.

    Pada kasus si Adek di atas, tentu saja homeschooling menawarkan  kesempatan untuk belajar dan memberikan pendidikan dalam lingkungan yang lebih akrab dan nyaman yakni rumah mereka sendiri.

Selain itu, homeschooling PAUD jauh lebih fleksibel dan orang tua dapat menyesuaikan jadwal belajar dan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan minat anak-anak mereka. 

Mengenal Alta School, Alternatif Homeschooling PAUD

    Salah satu alternatif layanan pendidikan dengan konsep homeschooling untuk jenjang PAUD hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah Alta School. Menggunakan metode belajar blended learning dengan live teaching dan aktivitas mandiri, Alta School fokus mengembangkan minat dan kreativitas anak sejak usia dini.



    Bagi orangtua, kesuksesan dalam menjalankan homeschooling PAUD selain dapat membersamai proses pembelajaran dengan lebih komprehensif dan terstruktur, juga 
harus didampingi oleh partner belajar dan bertumbuh yang tepat.  Untuk itu, Alta School berkolaborasi dengan Ruangguru dalam memberikan kualitas pengajaran, metode dan materi belajar, serta layanan teknologi guna memberikan pengalaman belajar yang maksimal bagi anak.

    Kepala Sekolah Alta School - Ibu Devi S. Gunawan mengatakan, Alta School sendiri adalah sekolah non formal berbasis teknologi dengan metode pembelajaran daring.

    Alta School mengusung metode blended learning dan mengedepankan konsep live teaching yang interaktif, adaptif, dan menyenangkan bagi anak.
Alta School berupaya menggali minat dan potensi anak secara maksimal serta bimbingan pembentukan karakter dan pengembangan kecerdasan emosional anak


7 Fasilitas dan Kurikulum yang Didapat dengan Memilih Belajar di Alta School


  • Live Teaching Interaktif
Kegiatan tatap muka secara interaktif dengan 5-6 kali pertemuan tiap minggu. Durasi belajar 40 s.d 60 menit.
  • Home-based Project
Metode blended learning antara online live teaching dengan kegiatan berbasis proyek dan eksperimen offline yang seru sesuai minat, bakat, serta kegemaran anak.
  • Pendidikan Karakter
Sesi mindfulness dan konseling untuk membangun kecerdasan sosial-emosional siswa yang mengikuti homeschooling PAUD Alta School.
  • Modul
Modul digital yang berisi materi belajar untuk homeschooling di jenjang PAUD.


  • Learning Kit
Sarana penunjang kegiatan belajar yang dikirim langsung ke rumah siswa setiap 2 bulan sekali.
  • Aktivitas Mandiri (Self Assesment)
Sekolah PAUD ini memiliki kelas yang berisi materi yang sudah dipersonalisasi sesuai dengan kemampuan belajar anak.
  • Laporan Pembelajaran
Orang tua dapat melihat perkembangan hasil belajar dalam satu bulan dan diberikan rapor semester secara terjadwal.Sekolah playgroup online untuk jenjang PAUD di Alta School menawarkan berbagai aktivitas yang membangun aspek sosial, emosional, kognitif, dan fisik anak agar dapat mewujudkan profil Altarian seutuhnya. Anak-anak diajak untuk berinteraksi secara sehat, menumbuhkan kemampuan komunikasinya sesuai dengan perkembangannya.

Kurikulum Alta School untuk PAUD Homeschooling

Alpha (4-5 tahun)

Anak didorong untuk mengenali dirinya sendiri serta lingkungan sekitar melalui aktivitas motorik, alunan musik serta permainan yang menarik.

Beta (5-6 tahun)


Anak diberi kepercayaan untuk mulai berani bertindak mandiri, berkomunikasi serta mengenali konsep huruf dan angka untuk kehidupan sehari-hari.

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Homeschooling PAUD di Alta School?

Biaya pendidikan PAUD Online di Alta School terbagi dalam beberapa paket yang akan diperbarui secara berkalaGaris besarnya sebagai berikut : 
  • Registrasi & Program Tahunan:
    Biaya registrasi dan program tahunan sebesar Rp2.000.000.

  • Modul Belajar & Learning Kit
    Siswa mendapatkan modul belajar dan learning kit yang dikirim langsung ke rumah siswa setiap 2 bulan sekali. Biaya untuk modul belajar dan learning kit adalah Rp1.200.000.

  • Administrasi & Assessment (Test/Observasi):
    Biaya administrasi dan penilaian (tes/observasi) sebesar Rp1.750.000.

  • SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) per Bulan:
    Biaya SPP per bulan adalah Rp400.000 jika dibayar sekaligus.


Testimoni Ashira Setelah Belajar di Alta School


    Perasaan Mommy Ashira sangat happy dan bersemangat setiap harinya karena Ashira sudah banyak kemajuan seperti sudah bisa lancar membaca, lancar menulis, dan bisa dua bahasa, bahasa Inggris dan Indonesia.

    Apalagi zaman abad 21 diharuskan fasih bisa bahasa Inggris maka Mommy percaya Alta School akan menjadi sekolah online terbaik di Indonesia. Untuk para calon Mommies yang ingin menyekolahkan anaknya di Alta school, don’t worry be happy ya, mom!

    Biasanya banyak orang tua yang khawatir dengan ijazah, tapi di Alta School ijazahnya sudah resmi dan sudah terdaftar di Kemendikbud. Jadi ijazah sudah setara dengan ijazah sekolah konvensional atau offline.

    Beberapa aspek yang sangat disukai oleh Ashira dan orang tuanya dari Alta School.
  1. Walaupun sekolah online tapi serasa sekolah offline juga loh karena semua guru Master Teachernya berkualitas.

  2. Sekolah online yang praktis, paket komplit semua serba digital dan visual.

  3. Fiturnya lengkap dan sudah tersedia seperti ruangkelas, live teaching yang colorful menggunakan cerita Mahesa dan Riri, adanya rekaman video kelas harian, buku modul yang sudah dirancang dan dikirim ke siswa, serta sudah mengikuti kurikulum nasional dan internasional.

Kisah Inspiratif Perkembangan Khanza di Homeschooling Alta School



    Kedua orang tua Khanza memiliki alasan mengapa memilih homeschooling untuk Khanza. Selain karena ingin memberikan pendidikan secara personal, kedua orang tua ingin memberikan kesempatan untuk Khanza mengeksplorasi minatnya. Selain itu alasan memutuskan untuk bergabung di Alta School yaitu karena nyaman, aman, metode belajarnya berkualitas, dan gurunya sangat sabar dalam mendidik murid-muridnya dan yang pasti anak merasakan sangat senang sekali dengan pengajarannya.

“Senang dan aman. Selain itu, sekolah Alta School ini juga suka bikin tantangan yg seru sehingga anak-anak juga merasa happy dan excited dengan tantangan tersebut”, ujar Litaly -mama Khanza- saat ditanya.

Homeschooling Alta School juga memberikan 3 aspek yang sangat disukai Khanza dan orang tuanya. Apa aja sih?
  1. Cara mengajarnya sangat berpengalaman, mengajarkan sikap sopan santun dan metodenya yang praktis

  2. Ruang lingkup pengetahuan belajar yang diberikan lebih besar

  3. Anak-anak menjadi lebih terampil dan dinamis dalam mengerjakan homebased project sehingga mudah dipahami
Mau melihat perkembangan anak yang pesat dan positif seperti Ashira dan Khanza? 

Yuk moms & dads, langsung aja daftarkan anak ke homeschooling Alta School. 

Dengan metode belajar yang menarik dan pengajar profesional, Alta School menjadi pilihan terbaik untuk membantu anak meningkatkan pengetahuannya sejak dini. 

Belajar di Alta School juga dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, sebab sekolah yang satu ini memiliki konsep homeschooling. Menarik banget, kan?

16 komentar

  1. menarik juga nih mba informasinya. Bisa menjadi alternatif untuk banyak orang tua yang memang prefer dengan model pendidikan homeschooling. sepertinya makin banyak juga yang memilih metode ini ya mba

    BalasHapus
  2. menarik nih program yang ditawarkan oleh Alta School, apalagi sudah punya program untuk jenjang paud hingga SMA. Jadi belajarnya bisa berkelanjutan. Jadi walau belajarnya di rumah, dan secara online, tetap terstruktur dan ada laporan per bulannya

    BalasHapus
  3. alta school ini bisa jadi pilihan ya, mbak untuk sekolah anak paud secara online jadinya bisa dikerjakan di rumah bersama orang tua

    BalasHapus
  4. Ternyata ada ya homeschooling PAUD. AKu baru tau loh karena membaca artikel mbak Tanti :) Pakai metode blended learning, ada online dan offline-nya. Kurikulumnya bagus, terutama soal karakter. Mantap nih anak-anak juga diajarkan bahasa Inggris sedini mungkin. Untuk biayanya cukup terjangkau ya. TFS.

    BalasHapus
  5. Waktu anak-anak saya masih kecil, yang namanya HS kebanyakan menyusun sendiri kurikulumnya. Buat yang gak terbiasa memang bisa jadi merepotkan. Makanya, lembaga pendidikan seperti Alta School ini membantu banget buat orangtua yang tertarik homeschooling untuk anaknya

    BalasHapus
  6. happy banget, anak2 bisa menemukan sekolah yang tepat. semoga sekolahnya nanti bisa dibuka juga di banyak kota di indonesia.

    BalasHapus
  7. Bisa jadi rekomendasi untuk anak-anak yang memang dijenjang PAUD ini ya mak Tanti. Setelah ku lihat-lihat progra belajar Home Schooling dari Altha School ini juga bagus banget memang. Selain anak jadi lebih kreatif juga bisa membentuk kemandiriannya ya.

    BalasHapus
  8. Eh, ada ya Homeschooling buat PAUD. Baru tahu nih. Aku pribadi merasa anak segitu baiknya punya banyak teman. Cuma kan kadang ada masalah tertentu ya sehingga memilih Homeschooling. Jadi catetan nih siapa tahu nanti butuh

    BalasHapus
  9. Andai Alta School ini hadir sepuluh tahun yg lalu...
    Saya kan ngajar Fahmi homeschooling juga untuk TK dan Paud nya
    Mungkin bisa nyontek sistem ajaran dan kurikulum nya.
    Hehehe
    Saat Fahmi homeschooling saya adopsi kurikulum blogger yg tinggal di Jepang. Dia juga anaknya TK PAUD homeschooling
    Alhamdulillah Fahmi bisa dan masuk SD bisa bersaing

    BalasHapus
  10. Ada anak-anak yg nggak mau sekolah (tapi mau brlajar) seperti si Adek. Mungkin ada hal2 yg bikin dia nggak mau sekolah. Dan nggak salah juga sih...Belajar memang bisa di mana saja ya kan..Keberadaan sekolah alrernatif seperti Alta School membantu orang tua yg anak2nya mau/harus belajar di rumah tapi terkendala untuk mencari/menyusun bahan belajar anak2nya ya..

    BalasHapus
  11. Ini altenatif yang menarik dan bisa jadi solusi para orang tua yang bingung dengan opsi pendidikan usia dini seperti apa yang perlu diberikan ke anak.

    BalasHapus
  12. Bagi orang tua yang mau menggali potensi anaknya, bisa memilih Alta School sebagai pilihan terbaik untuk membantu anak meningkatkan pengetahuannya sejak dini, ya ...

    BalasHapus
  13. Coba ah tak ajak anak anak
    Siapa tahu makin pengen HS saja
    Soalnya sekolah sekarang rata rata inden untuk TK

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah, ini merupakan program yang pasti disukai olah para orangtua yang ingin anaknya mulai belajar di lingkungan rumahnya sedari kecil.


    Btw, ternyata itu kepanjangan SPP😅

    BalasHapus
  15. Program belajar home schooling ini bagus juga ya, aku kira karena sekolahnya online bakalan ngebosenin. Tapi ternyata sistemnya blended learning bisa mengembangkan bakat anak sedari dini. Cocok kayaknya buat jadi sekolah ponakanku yang saking keseringan nonton kartun bahasa inggris, apa-apa pakai bahasa inggris nih. Hmm.. tunggu 1 tahun lagi, soalnya anaknya masih 3 tahun. Hihi.

    BalasHapus
  16. Saya pernah mencoba homeschooling dan merasa agak tersesat karena tak punya pengarah yang baik. Mandek setelah 3 bulan unschooling. Balik sekolah formal lagi.
    Kalau dulu bersama Alta ini, pasti bagus hasilnya dan ga mandek, ya

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)