Kisah di balik Reuni Akbar Lintas Angkatan Teknik Pertanian ITI

"Elo kuliah di mana sih, Neng, kok sekarang profesinya ilustrator? DKV lulusan mana? IKJ ya? Atau emang dari sekolah design?" ...


"Elo kuliah di mana sih, Neng, kok sekarang profesinya ilustrator? DKV lulusan mana? IKJ ya? Atau emang dari sekolah design?"

Banyak yang tanya gitu, sesudah beredar puluhan buku dengan gambarku mejeng cantik di buku mewarnai anak, picture book untuk anak, sekedar desain sampul atau di majalah.

Well.. engga, teman!
Aku tuh anak Teknik Industri Pertanian, yang istilah kerennya Bioteknologi. Salah jurusan ya, boy!

Dulu, waktu SMA, aku (dan mostly sebagian besar anak SMA pada umumnya mungkin,)  mikir kalau kehidupan kuliah ini adalah kehidupan yang paling kuidam-idamkan.

Satu, aku berharap bisa sekolah dengan jam tidak 8 to 1 pm (dulu pulang sekolah kan jam 13.00)

Dua, aku berharap bisa gambar terus, ngga usah ngerjain PR matematika, dan...

Tiga, boleh pakai baju bebas, terutama jeans dan kaos hitam kesukaanku.

Eh satu lagi, aku juga selalu membayangkan bisa hiking atau naik gunung setiap bulan, kalau perlu setiap Minggu!

Beruntung aku punya ortu yang keduanya berpikiran terbuka. Sebelum masuk kuliah, aku diberi pandangan tentang jurusan kuliah apa yang akan kuambil dan pahami.

Sayang, dulu tuh jurusan Animasi, belum populer. Coba kalau dulu udah punya gambaran jelas, lalu masuk ke kuliah jurusan khusus desain, jangan-jangan aku ini masuk timses para animator sekelas Upin Ipin atau bahkan jadi bagian produksi animasi film-film box office dunia. Seperti The Avengers, Transformers (((((ngarep dot com))))

Skip.

Halu.

Btw, emang kalau kukilas balik, tujuan aku kuliah selain untuk "tujuan mulia" belajar naik gunung, juga untuk belajar berteman. Berteman dan bersosialisasi itu penting, karena masa depan sebagian juga tergantung pada ketepatan kamu memilih jaringan!

Kalo kamu, tujuanmu apa? Menyelamatkan dunia?

Oh, oke.

Satu lagi tujuan hidupku yang dikutip dari kalimat bang Pidie Baiq; "Ini aku, entahlah kalau kalian, tapi tujuanku kuliah adalah agar nanti bisa reuni."

SUKA DUKA JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN 

Program studi Industri Pertanian atau Agroindustri mempelajari tentang teknologi industri pertanian dengan model pembelajaran berbasis riset.

 Namun pada program studi Teknologi Industri Pertanian menitikberatkan pada proses kegiatan pasca panen.


Jadi jangan pernah meremehkan anak TIP ini, yang kamu makan dan minum sekarang adalah buah hasil karya mereka!



Dari kamus KBBI, reuni berarti pertemuan kembali (bekas teman sekolah, kawan seperjuangan, dan sebagainya) setelah berpisah cukup lama.


Kali ini, aku dan teman-teman alumni Institut Teknologi Indonesia yang terletak di Serpong, meluangkan waktu untuk Reuni Akbar Lintas Angkatan.

 Himateta - Fakultas Teknologi Pertanian ini dibagi jadi dua mayor jurusan, Mekanisasi Pertanian dan Teknik Industri Pertanian, yang disini nanti ada beberapa spesifikasi mata kuliahnya lagi.

Jurusanku?
Aku ambil  Teknik Limbah Industri, dan penelitian semester akhirnya adalah Metode Penjernihan Air menggunakan Bentonit.
Pembimbing tercintaku, adalah Prof.Dr. H. Hasroel Thayeb, MSc. Yup, doi ni abangnya Thayeb yang jadi menteri itu.

Untuk aku, angkatan 1988-1989, ini adalah pertemuan kembali setelah kurang lebih 25 -27 tahun lamanya. Dan, buatku tentu saja istimewa. ITI adalah kampus pilihanku sendiri saat itu.

Menyadari bahwa aku lebih suka dengan aktivitas fisik, seperti melakukan berbagai percobaan dan penelitian, melakukan eksperimen dengan alam, rasa-rasanya aku pasti akan bahagia berada di jurusan teknik.

Dan terbukti benar. Jurusan yang kupilih ini banyak melakukan uji coba laboratorium, dan mostly berhubung ITI waktu itu baru dan hanya relate dengan kampus terdekat Pertanian adalah di Bogor, so kami sering banget jalan jalan ke Bogor!

Udah gitu,
sebagian besar tugas itu adalah ... gambar! Yeaaaay! Ada gambar teknik I - II dan ada Teknik tentang menggambar denah pabrik. Aku sih, ga terlalu peduli dengan kuliahnya (wkwk.. mahasiswa apa itu, jangan ditiru ya adik adik) yang penting aku bisa beli rotring, beli kertas gambar segede gaban dan kalkir...

Alhamdulillah, ini juga jadi ajang tambahan uang jajan, soalnya temanku yang pinter, Tira Amirawati dan lain lain pada malas gambar. Mereka sukanya belajar. Jadi aku deh yang ngerjain gambar mereka, dibayar tahu goreng atau sepiring gado gado.

Kenapa ga masuk arsitektur aja kalo gitu, atau landscape?

Nah itu dia... Kekurangan aku justru katanya di bangun ruang dan hitungan, sama perspektif. Dan emang ya gitu deh, pengetahuan tentang kuliah itu minim, informasi ga sederas sekarang, so aku bahagia dengan ilmu lain yang juga kuminati, Biologi, mikrobiologi molekul, dan lainnya.

Sukanya? Buanyak. Dukanya nyaris ngga ada. Jadi ngapain coba ditulis suka dukanya? Ya biar kelihatan keren aja.

REUNI AKBAR LINTAS ANGKATAN HIMATETA ITI
Reuni keluarga itu nggak baik untuk kesehatan mental bagi para lajang. - Riri Sardjono

Bahahaaaa. Emang bener gitu ya?
Tapi yang kurasakan kemaren ga gitu sih, yang ketemuan happy semua wajahnya. Entah hatinya.

Ya intinya kalau mau reuni, jangan baperan deh.. luaskan hatimu seluas samudera. Ga usah sok CLBK juga yaaa.. udah tua. Mending kita bersahabat dan bersaudara, okeh?

Ada yang lajang, jelas.. tapi kan buktinya ada tuh yang akhirnya ketemuan sesudah puluhan tahun dan menikah! Contoh mbak Anna TT 87 dengan mas Gerry TT 84! Keren abiiis!

Oya, team kreatif mas Aan dan panitia memang memberikan panggung untuk para alumni yang ketemu cinta mereka di kampus, dan bertahan hingga kini. Ada sekitar 8 pasangan yang abadi ini. Salut!

Kalo aku mah jangan ditanya, lihat fotonya aja ya, ga usah diterangin. Nanti muntah.


Yang jelas, dalam tulisan kali ini, aku hanya mau menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada team yang telah berjuang mewujudkan reuni akbar setelah 30 eh 35 tahun sejak Himateta berdiri.

Walau ada yang ga mau cape cape datang, dengan alasan ada urusan yang lebih penting, percayalah... Reuni Akbar ini hampir semua merasakan satu : sukses dan kebersamaan serta persaudaraan!






Seandainya pun ada kekurangan di sana sini, nyaris tak terlihat sama sekali, ibarat kerutan kecil di wajah Raisa yang cantik jelita #eeeh

Ya iyalah, yang terlihat hanya Raisa nya doang kan, kerutannya nyaris ga kita perhatiin.

Nah ini sedikit foto bersama para dosen, teman, mantan .. *plak dan team panitia.

Semoga lain waktu bisa jumpa lagi. Salam Himateta.

Ketua Panitia Aan Meilana yang "keras kepala" menjadikan acara sukses bersama mantan Ketua Himateta Erwin Suryana

Mas Toha dan istri Dewi (ada di foto atas) serta donatur mbak Elisa Murani dan Kang Mono yang juga senior Manunggal Bhawana.




Bapak-bapak alumni yang sukses membesarkan perutnya

Sebagian dosen almamater tercinta


  • ini mahasiswa tampang dosen




Read Other Articles

45 komentar

  1. Wah sayang sekali ya Mbak saat itu masih belum terkenal jurusan animasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Anisa tapi gapapa emang takdirnya disitu kok.. yang penting happy

      Delete
  2. Wah seru banegt nih Mbak pastinya bisa berkumpul dengan teman lama

    ReplyDelete
  3. Waduh salah jurusan ya Mbak hehe. Jadi, penasaran nih sama hasil gambarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakkaka pantengin Instagram aku aja @nengtantidoodle dan @nengtantiamelia

      Delete
  4. Selama beberapa tahun itu baru reuni satu kali ini Mbak? Kok penasaran ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa bener banget! Makanya salut ama keras kepala nya panitia nih

      Delete
  5. Saya pingin banget nih Mbak bisa kuliah, biar bisa meraih mimpi saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang ada jalur beasiswa full dalam dan luar negeri loh .. coba pantengin

      Delete
  6. simple tapi berkesan plus gambar lagi, mantab.. makasih mbaakku..
    Semoga ikatan Alumni FTT cepat terbentuk,
    Tiap tahun kita bisa kumpul2 dan
    tentu dengan acara lebih meriah..Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin terimakasiiiiih... Yuk teman teman mahasiswa kita ajak ngeblog

      Delete
  7. Keren Blognya mba tanti, bagus deh klu bisa dijadiin satu album dengan testimoni semua kawan2, yang pasti untaian kata yang tersusun sangat kena dan menguatkan kesan reuni kemaren.😊😊😍

    ReplyDelete
  8. Tias
    Sesama salah jurusan .
    Hehehehe

    ReplyDelete
  9. Mba aku juga dulu pengen banget cepet2 kuliah bebas jam kuliah ga masuk jam pagi eh pas kuliah sama aja masuk jam 8 pulang jam 3 wkwkwk lalu pengen banget cepet kuliah biar bisa pake baju bebas minimal kaos dan celana eh taunya di jurusanku larangan pake jeans sama kaos harus pake ROK dan baju kemeja :( gugur sudah kuliah itu Bebas wkwkw..

    kerenlah mba Tanti meski dulu belum femes jurusan animasi yg jelas skrg bisa terselaurkan mantab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk jadi tujuan kita emang pake baju bebas ya

      Delete
  10. Asek asek....seru reuniannya mba. Ternyata anak Teknik Industri Pertanian toh mbak Tanti, tapi punya bakat seni kece...yuhuu... Btw, aku juga di kerjaan sekarang, gak sesuai sama jurusan kuliah mbak, hiihihiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha jadi ga sesuai jurusan itu hal biasa ya Eka

      Delete
  11. Saah serunya makneng reunian setelah puluhan tahun...
    Klo ada yg jadi pasangan rasanya ba hak yaa yg cinlok di kampus
    Tp aku penasaran ada yg jd besanan ga makneng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaa boleh juga tuh diselidiki ya mana tau ada

      Delete
  12. Serunya yang abis reunian, setuju deh kalo reuni itu jangan jadikan ajang clbk. Eh tapi kalo sama-sama lajang sih harus ya, hahahaa. Aku reunian yang seru malah sama teman SMP, karena suami satu kelas jadi asik aja ngurus reuniannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahhaah ciyuuusssss satu SMP Ama suami? First love never die, then

      Delete
  13. Tahun lalu aku baru ikutan reuni perak angkatan mba, baik SMA maupun kuliah. Senengnyaaa... yang dulu pas kuliah enggak deket, ternyata pas reuni gitu bisa guyup rukun ya. Bersama mereka lah kita bisa guyonan lepas tanpa jaim-jaiman segala. Udah pada tau jeleknya kelakuan jaman dulu kaaannn :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeh ya aneh... Aku pun jadi guyub gitu Ama mereka yang tadinya ga sekelas ga seangkatan. Senang banget .. manusia changes

      Delete
  14. waahh iku seneng dengan suksesnya reuni besar2an ini...Apalagi yang bisa dtg banyak.. keren panitianya.

    ReplyDelete
  15. Seru ya reuni kayak gini nih. Tiba2 jadi berasa kayak anak kuliah lagi...semangat muda jadi bergelora gitu. Makanya aq suka ikut reuni..asal nggak pake baper2an aja. Hahahaha

    ReplyDelete
  16. Hua ternyata Mbak Tanti jurusan pertanian ya melenceng jauh dari profesinya sekarang, hihi toss..aku juga dari Manajemen mbak, nyesel ngga masuk sastra, tapi kalau ke sastra, bisa2 nggak ketemu bapake Nailah hihi..

    ReplyDelete
  17. Waaaah ternyataaaa... berarti karya2nyg ada sekarang merupakan hobi ya kak, bukan ditimba dari bangku kuliah. Ah pasti hepi banget pas reuni, mengenang masa lalu, jowa muda kembali menggelora

    ReplyDelete
  18. Jadi Mba Tanti pernah belajar tentang Teknik Limbah Industri? Wow keren banget itu. Bagaimana cara mengolah limbah agar tidak mencemari dan ramah terhadap lingkungan serta makhluk hidup lainnya.

    Reuni itu memang menyenangkan, bertemu kembali dengan teman-teman lama, apalagi teman dekat yang dulu bareng merasakan suka dukanya jadi anak kuliahan.

    ReplyDelete
  19. Hahaha... langsung kayang pas di bagian ini:

    "... tapi tujuanku kuliah adalah agar nanti bisa reuni."

    Duh, segar banget nih cara si neng, berbagi warna-warni reuni.
    Hampir sepanjang artikel aku senyum dikulum plus kayang juga hahaha...

    ... kayaknya idem kayak aku nih karakternya, "Sanguinis!"

    Gak sabar pengen ngobrol langsung euy...
    Big hug dari jauh dulu deh^^

    ReplyDelete
  20. Aku justru belum pernah reuni kuliah yang sebesar itu mbak, paling segelintir temen deket aja.
    Aku ngira mbak tanti anak DKV loh ternyata bukan. Tapi terbukti ya kalau menyukai sesuatu dan ditekuni bisa juga ahli

    ReplyDelete
  21. Seru ya, Mbak kalau reuni udah puluhan tahun gini. Aku tahun ini juga reuni kampus di Jogja, tapi 3 tahun yang lalu juga sebenarnya habis reuni, wkwkwk.Parah, reuninya keseringan. Lha sekarang udah ngerencanain 5 tahun lagi reuni ketiga. Astaghfirulloh, hidupku penuh reuni, wkwkwk. Tapi bener kata Ayah Pidi, Kuliah itu salah satunya biar bisa reuni. Sekolah pun, heheheh

    ReplyDelete
  22. KUbaca dari atas ke bawah, balik lagi ke atas dan emang bener ya, reuni itu kalau gak dibawa baper enjoy ya. tapi aku gak suka reuni, hahaaa, padahal kalau lihat temen-temen posting, ya kepingin ketemu mereka, tp kalau ada reuni aku no comment dan memang jadwalnya suka gak bisa pas. Ternyata deket banget ya sama almamaetnya di Serpong, jadi bisa saban hari lewat gitu ya Mbak,

    ReplyDelete
  23. Wah seru sekali acara reuninya Mbak, pasti seneng banget ya ketemu teman-teman semasa kuliah yang ada pasti ada aja kelakuan ajaibnya walaupun sekarang udah pada senior ehehehe

    ReplyDelete
  24. reuni paling asyik kalau semua pada datang dan kompak yaa mbak. walau udah lama lulusnya, tapi jiwa tetap berasa mahasiswa/i
    hahaha

    ReplyDelete
  25. Seru banget reuninya mbak :)
    Suami saya, adik saya, adik ipar saya juga anak ftip, unpad :D

    ReplyDelete
  26. MakTaaaan, mahon ma'af lahir batin yaaaa. Kiss kiss.

    Btw itu seru amat reuninyaaa, banyak cerita menarik pastinya selama ngumpul ya. Aku jadi keingetan dengan reuni Kampusku yang selalu sekedar Wacana semata, heboh di awal Ramadhan hingga mendekati lebaran semua hanya rencana dan rencana, hahaha.

    ReplyDelete
  27. Seruny bisa ketemu sama teman-teman lama. Wah pasti udah banyak yang berubahnya penampilannya.

    ReplyDelete
  28. Mbak segitu lancarnya ya mengingat jurusan-jurusan semasa kuliah dan bidang apa yang diambil serta tema skripsi. Aku mah udah lupa malah apa aja. Duh ternyata Mak Tanti hobby naik gunung juga. Duh ayo kapan-kapan kita naik gunung bareng. Masih kuat kaan?

    ReplyDelete
  29. Waduh Mak Neng, seru banget. Aku nih, masih baperan kalo mau reuni. Takut ini itu. Takut ketemu mantan yang emang putus gak baik-baik. Takut ketemu gebetan yang jadian sama sobat sendiri. Dll. Hahaha... jadi kangen masa kuliah deh. :))))

    ReplyDelete
  30. Happy bener wajah-wajahnyaa...
    Kalok bahasa Suroboyonya...Konco sak lawase.
    Aseekk~

    Semoga sehat dan bisa reuni lagi...

    ReplyDelete
  31. Dulu aku baper
    Sekarang sudah nggak lagi karena setiap orang punya jalan sukses masing masing

    ReplyDelete
  32. waaah...saya nih mbak yg paling jarang ikutan reuni gara2 jauuuuh. soalnya teuni biasa diadain pas lebaran. sementara saya pas lebaran malah ga balik huhuhu. kapan2 mmg harus diniatin banget kalau mau ikut reuni. seneng nih lihat foto2 ceria di postingan ini

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat (^_^)

Btw, jika ada link hidup dengan berat hati saya hapus \(*_*)/

Back to Top
Cute Polka Dotted Beige Bow Tie Ribbon