INI DIA, CARA MENCUCI BOTOL BAYI YANG TEPAT MENGGUNAKAN SWEETY LIQUID CLEANSER


Setiap Ibu yang memiliki bayi atau balita, pasti mendambakan memiliki peralatan minum susu yang bersih dan steril.

Tentu saja, karena anak-anak bayi dan balita meminum susu beberapa kali sehari. Nah, masalah yang sering timbul, adalah perlengkapan minum susu menjadi apek dan berbau amis, padahal sudah dicuci berulang kali bahkan direbus atau dimasukkan ke dalam alat sterilisasi.

Botol susu bayi, empeng atau dot dan gelas minum balita, memang termasuk salah satu perlengkapan bayi yang harus dibersihkan dengan teliti, kemudian disterilkan sebelum digunakan. Sebab, setelah digunakan, kandungan lemak susu yang tinggi akan menempel di dinding botol tersebut. 

Jangan Menggunakan Sabun Cuci Piring!


Banyak ibu yang berpikir bahwa mencuci botol bayi bisa menggunakan deterjen atau sabun cuci biasa. Bahkan mencucinya juga tanpa prosedur khusus. 

Padahal kandungan di dalam sabun cuci piring sebagian besar adalah bahan kimia, seperti terdapat :
  • Alkil benzena sulfonat (ABS)
  • Soda kostik (NaOH)
  • Zat pemberi busa (Texapon)
  • Garam dapur (NaCl)
  • Zat warna.
  • EDTA.
  • Pewangi tertentu misal Jasmine, Blueberry, Lemon, Rose.

Hal ini tentu berbahaya, karena dot, botol susu dan gelas minum anak bersentuhan langsung dan menempel dengan mulut bayi. Botol tersebut juga  berisi susu, yang biasanya mengandung lemak dan kandungan gizi khusus. 

Jika terdapat residu bahan kimia akan menyebabkan bayi dan balita diare atau muntah.

Dari banyaknya masalah kesehatan yang rentan dialami oleh bayi, diare pada bayi merupakan salah satunya. Berdasarkan data dari WHO, terdapat sekitar 1,5 juta balita di dunia yang meninggal dalam setiap tahunnya karena diare.

Diare dianggap menjadi penyebab kematian anak balita paling besar kedua. Diare dapat disebabkan karena banyak kuman dan virus berbahaya yang masih tertinggal dalam botol susu, sehingga akhirnya akan menyebabkan bayi jatuh sakit. 

Sistem imun bayi masih belum sempurna sehingga wajar saja jika ia mudah sakit, dan sudah menjadi tugas orangtua untuk selalu menjaga kesehatannya dengan memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengannya salah satunya dot dan botol susu bayi.

Cara dan Prosedur Mencuci Dot, Botol Susu dan Gelas Minum


Kelihatannya sederhana ya, namun ternyata tidak semua orangtua sudah membersihkan botol susu bayi dengan cara yang tepat, lho! 

Berikut cara yang tepat untuk mencuci dan membersihkan botol susu bayi secara manual. 
  • Cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir. Gosok tangan menggunakan sabun selama kurang lebih 20 detik.

  • Pisahkan semua bagian botol, seperti botol, dot, katup botol, dan tutup botol. Setelah itu, bilas dengan air bersih yang mengalir.

  • Rendam bagian-bagian botol dalam baskom berisi air hangat dan sabun. Hindari meletakkannya di wastafel, karena dapat meningkatkan risiko botol terkontaminasi kuman.

  • Bersihkan bagian botol satu per satu menggunakan sikat khusus. Jangan lupa untuk membersihkan botol sampai ke dasarnya.

  • Saat membersihkan dot, pastikan untuk mengeluarkan air dari lubang dot. Hal ini bermanfaat untuk memastikan dot sudah benar-benar bersih.

  • Setelah itu, bilas kembali semua bagian botol dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih yang bebas dari debu.

  • Sterilisasi botol susu bayi. Caranya adalah dengan memisahkan semua bagian botol, kemudian rendam semua bagian tersebut dalam panci berisi air mendidih selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, angkat dan keringkan dengan handuk bersih.

Khusus untuk peralatan bayi, jangan lupa untuk menaruh barang-barang yang kecil di dalam laci atau keranjang tertutup. Jika tidak ada, gunakan sebuah lemari yang terpisah dari peralatan makan lainnya.



Gunakan Larutan Pembersih Yang Tepat


Larutan pembersih khusus untuk bayi seperti Sweety Baby Liquid Cleanser adalah solusi yang tepat untuk membersihkan perlengkapan bayi seperti botol, dot, empeng, dan lainnya. #SudahPakaiSweety #CuciTanpaWorry

Bukan hanya membersihkan perlengkapan bayi, Sweety Baby Liquid Cleanser juga aman untuk mencuci buah dan sayur. Cairan pembersih ini diklaim terbuat dari bahan alami yang diformulasi dengan ringan dan lembut di kulit, sehingga selain aman bagi bayi, pembersih ini juga tidak membuat kulit tangan menjadi kering atau teriritasi.

Kandungan di dalam Sweety Baby Liquid Cleanser

  • Dengan bahan Natural Antibacterial (membunuh kuman & bakteri hingga 99.9%)
  • Dengan bahan-bahan alami
  • Food grade formula
  • Bebas Paraben
  • Dengan aroma apple orange yang segar
Produk ini dikemas dengan wadah tipe pompa yang tentunya mudah digunakan tanpa harus mengangkat dan menuang botolnya.

Sweety Baby Liquid Cleanser  tersedia dalam botol berukuran 500 ml, 200 ml dan kemasan refill 900 ml dengan harga yang ekonomis.

Saat ini, di toko online tersedia dengan harga mulai dari IDR 17K hingga IDR 35K. 


Sweety Baby Liquid Cleanser

yang berdiri di bawah PT Softex Indonesia, adalah rangkaian dari permintaan pasar akan produk perlengkapan bayi. 
 
PT. Softex Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bernaung di bawah Gajah Tunggal Tbk. PT Gajah Tunggal Tbk adalah salah satu perusahaan penghasil ban terbesar di Indonesia. 

Perusahaan itu memproduksi baik ban luar maupun ban dalam untuk sepeda, Selain itu PT Gajah Tunggal Tbk juga memproduksi ban radial untuk mobil penumpang dan truk. 

Untuk memperluas usahanya PT Softex Indonesia bekerja sama dengan PT Gajah Tunggal Tbk tersebut. Dalam waktu yang tidak lama PT Softex Indonesia sudah berhasil merajai pangsa pasar indonesia hingga saat ini bahkan di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak perusahaan yang membuat produk yang sama dengan PT Softex Indonesia yaitu pembalut wanita. PT Softex Indonesia tidak mau kalah dengan perusahaan lain. 

PT Softex Indonesia selalu membuat inovasi-inovasi terbaru untuk variasi produknya, dengan di sertai penggunaan strategi korporasi yang sangat baik. Salah satunya dengan menggunakan strategi korporasi Diversifikasi Terkait, Dimana PT. Softex Indonesia berpartisipasi dalam bisnis yang beragam tetapi produk yang dihasilkan memiliki keterkaitan yang sama.


Nah, untuk urusan kebersihan perlengkapan makan sang buah hati, percayakan pada Sweety Baby Liquid Cleanser. 

Sweety Baby Liquid Cleanser adalah cairan pembersih botol bayi, dot bayi dan perlengkapan makan dan minum bayi yang ampuh menghilangkan bakteri dan kuman. 

Sumber: 
dari berbagai sumber 

38 comments

  1. Wah iya ya mbak kalau cuci botol pakai sabun cuci piring takutnya berbahaya buat bayinya nanti pas minum pakai botol itu. Untungnya sekarang ada sweety pencucui botol khusus yang aman buat bayi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya baunya pun lembuuut banget kayak ga pake sabun

      Delete
  2. aku baru tau mba sweety sudah menambahkan varian produknya selain diapers tapi juga ada pembersih botol. dari kandungannya sangat aman ya buat si kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah dikau kudu liat, varian pencuci botol dot sekarang sedang jadi concern jeng

      Delete
  3. Jadi inget anak-anak nbayi nih, betapa urusan mencuci dot bayi itu sebuah aktifitas yang snagat penting. Begaimana tidak, penting banget untuk dibersihkan secara benar. Tujuannya supaya bakteri dan sisa lemak tidak tertinggal di permukaan atau dalam botol bayi. Pilihan sabun cuci botol bayi memang harus diperhatikan. Aku belum pernah mencoba yang sweety ini Mbak, next cari ah, Fira masih minum susu, meski sudah pakai gelas training yang ada cup nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooow gituuuu .. sayangnya aku punya yang 0 - 0+ dan 6 month aja, kalo engga bisa buat Fira deh botol susunya

      Delete
  4. Sweety Liquid Cleanser memudahkan pekerjaan ibu saat membersihkan perintilan minum bayinya ya. Jadi merasa aman karena kandungannya dari bahan-bahan natural.

    ReplyDelete
  5. Dulu cuci tempat makan bayi dan botolnya pakai sabun cuci piring biasa ternyata nggak boleh ya beresiko makneng..sekarang sudah ada Sweety khusus mencuci perabotan makan dan minum bayi dan balita ya

    ReplyDelete
  6. Wah, apik banget nih Sweety Baby Liquid Cleanser. Kita engga perlu khawatir lagi ya, membersihkan alat makan untuk baby. Makasih sharingnya...

    ReplyDelete
  7. Aku pikir karena peruntukannya Sweety Baby Liquid Cleanser bakal mahal harganya..ternyata terjangkau ya Mbak Tanti. Kalau ada yang khusus buat mencuci peralatan makan/minum bayi begini kan jadi aman ya....

    ReplyDelete
  8. Happy ya Mbak Tanti, semakin banyak produsen yang peduli kebutuhan konsumen, salah satunya batita (termasuk bayi)
    Imunitas mereka kan belum cukup jadi butuh product khusus

    ReplyDelete
  9. Macem-macem yang ternyata produk PT Softex Indonesia. Kirain cuma pembalut dan diapers. Kalau masih punya bayi memang harus khusus produknya. Termasuk untuk cairan pembersih botol

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha sama mbak, kukira softex cuma pembalut saja, ternyata banyak juha produk unggulan lainnya seperti sweet baby liquid cleanser ini

      Delete
  10. wah, swรจety ada produk pembersih peralatam bayi juga ya mbak. ga hanya pospak. bener banget mba, mencuci peralatan bayi itu ga boleh pakai sabun cuci dan harus dipisah dengan peralatan makan orang dewasa

    ReplyDelete
  11. Produk sweety ini produk baru kah mom? saya tahunya produk diapers itu, ternyata ada juga untuk pencuci peralatan makan dan minum anak. Wah lengkap ya mom, jadi gak perlu bingung lagi untuk milih merk lain ya mom

    ReplyDelete
  12. Wah bagus nih ada pencuci khusus karena memang untuk bayi yang masih rentan perlu betul2 bersih dan tidak ada kuman atau bakteri yang tersisa...

    ReplyDelete
  13. Boleh dicoba nih. Saya banyak menggunakan botol-botol untuk menyimpan air mineral di kulkas

    ReplyDelete
  14. aku jadi inget, dulu pas anakku bayi, mosok PRT-ku sempat nyuci dot pakai R*nso wkwkwkw
    Langsung aku buang dotnya

    Alhamdulillah kalo ada SWEETY kayak gini, mommy jadi tenaaaanggg dan damai ya.
    Pokoke kudu briefing PRT/baby sitter atau siapa aja lah untuk pakai Sweety kalo mau bantu2 cuci dot bayi

    ReplyDelete
  15. Sweetie juga sekarang ada cleanser-nya
    Yeay jadi kalau beli diaper sekalian sama pembersih ini
    Makasih infonya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tahunya selama ini diapers aja, soalnya anakku pakai.
      ternyata kini mengeluarkan produk cleanser juga untuk peralatan bayi

      Delete
  16. aku baru tahu kalau urusan sabun cuci peralatan makanan untuk bayi bisa beda ya. sepertinya cukup menarik buat kita coba :D

    ReplyDelete
  17. IYa kalau buat peralatan bayi jangan pakai sabun cuci piring biasa yah, harus yang khusus

    ReplyDelete
  18. benar mbak, klo mencuci peralatan makan dan minum bayi nggak bisa sembarangan
    makanya perlu dicuci dengan sabun khusus yang formulanya aman buat bayi, ya seperti sweety baby liquid cleanser ini

    ReplyDelete
  19. Yup, mencuci botol bayi ada tata caranya ya mba. Ada cairan pembersih khusus supaya terjaga higienitasnya sehingga bayi terlindungi dan aman

    ReplyDelete
  20. Setuju mbak, mencuci tempat makan bayi gak boleh dengan sabun cuci biasa. Harus pakai sabun cuci khusus untuk bayi biar aman. Sweety udah pasti jadi pilihan soalnya selain lembut, kandungannya juga gak berbahaya.

    ReplyDelete
  21. Untuk bayi memang selalu yang terbaik ya. Buat orang awam kaya aku ini info penting dan baru, persiapan kalau punya anak hehe

    ReplyDelete
  22. Padahal dari jaman Abang Fi (anak pertamaku), saya pelanggan sweety. Sayangnya produk ini baru ada skrg ya, pas anak-anak ku sudah nggak perlu dot atau botol susu.. huhuhu.. etapi bisa juga digunakan untuk alat makan kita kan ya, Mba?

    ReplyDelete
  23. Kelihatannya sederhana ya mba, tapi tetap ada trik khususnya ya biar membersihkan botol bayi jadi lebih bersih. Kan kalau bersih kita jadi lebih tenang bikinkan susu buat anak2... Dan bener sih harus pake sabun liquid pembersih yang baunya ga tinggal di botol ya

    ReplyDelete
  24. Makasih ilmunya mba Tanti, bakalan kepakai kalau nanti pny baby. Wah sweety ekspansi ya produk2nya.

    ReplyDelete
  25. Wow ada produk baru dari sweety padahal zaman anakku dulu belum ada Oke deh bisa buat kado

    ReplyDelete
  26. Senangnya..
    Dapat ilmu baru lagi dari kak Tanti.
    Selama ini, iya...aku nyucinya pakai sabun gitu...ternyata malah berbahaya.

    Hiiks~

    Harus dibedain. Si baby keshayangan pakainya Sweety Baby Liquid Cleanser.

    ReplyDelete
  27. Penting banget nih mencuci botol dengan benar apalagi bagian karetnya yang harus selalu bersih dari bakteri

    ReplyDelete
  28. Sweety juga ada produk buat bersihin botol ya, baru tahu aku, kirain pampers aja.

    ReplyDelete
  29. Untuk bayi memang produk pencuci produknya harus dipilihkan yang aman kayak sweety liquid cleanser gini ya mba. Bayi kan masih rentan terpapar cairan kimia yang biasanya terdapat di sabun cuci biasa.

    ReplyDelete
  30. Ternyata selama ini aq salah ya mbak, kalau nyuci botol bayi aq pake sabun pencuci piring biasa. Wah makasih banyak infonya

    ReplyDelete
  31. Wah ini produk barunya Sweety ya, Mbak. Untuk sabun cuci khusus perlengkapan bayi harganya lumayan terjangkau nih. Jadi ibu-ibu bisa pakai sabun cuci khusus dan tetap hemat.

    ReplyDelete
  32. Hmmm pengetahuan baru lagi nih soal ingredients yang aman dipakai untuk membersihkan produk-produk si kecil. Ternyata sabun cucinya pun harus khusus dan sebaiknya nggak pake sabun cuci yang biasa digunakan sehari-hari untuk cuci peralatan dapur...

    ReplyDelete
  33. Wah, Sweety punya liquid cleanser juga ya. Keren nih, bisa buat bersihin botol susu bayi dan alat-alat makan bayi ya. Biar selalu bersih dan bebas kuman. Aku infokan ke adikku ah. Dia punya bayi, dan kayaknya belom tahu produk ini.

    ReplyDelete

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)