Featured Post

CARA RENTAL MOBIL YANG GAK PAKE RIBET? TRAC TO GO AJA!

"Mbak Neng, Ibu boleh minta tolong ngga, Nak?" Notifikasi pesan di WA grup keluarga menyala.  "Ahshiyaap Bunda, ada apakah?&q...

MENGENAL COLIVING, HIDUP ALA MELROSE PLACE

Mengenal coliving dan Keunggulannya


Ada yang pernah nonton Melrose Place?

Hihi.. ketahuan jaman kapan daku berasal, yaaa! Nah sekilat info, soap opera MP ini adalah konsep hunian yaitu low rise apartment.

Nah, beberapa waktu terakhir, trend tempat tinggal simpel seperti ini, menjadi hype di kalangan generasi muda milenial. 

Untuk kaum urban, 
yang sebagian besar waktunya dihabiskan di luar rumah, apalagi di kota besar seperti megapolitan Jakarta, maka keberadaan CoLiving Jakarta adalah jawaban yang tepat untuk itu.

Konsep Hunian CoLiving


Berbeda dengan apartemen atau kos-kosan eksklusif, yang memiliki tingkat privasi tinggi, sehingga para penghuninya acuh satu sama lain dan merasa kesepian, maka 
konsep hunian CoLiving menerapkan sistem communal living.

Apa Itu coliving?


Konsep hunian bernama CoLiving space atau communal living adalah cara berkehidupan modern.

Penghuninya akan tinggal berbarengan -seperti konsep guest house-nya atau Losmen Bu Broto kalo jaman dulu. Sehingga penghuninya akan terhubung satu sama lain, dan bahkan membentuk komunitas.

Laiknya sebuah komunitas, 
maka CoLiving akan terhubung dalam bentuk kenyamanan. Di dalam satu cluster, bisa terdapat berbagai jenis kelamin, usia maupun background pekerjaan atau pendidikan yang sama. 

Coliving ini menjadi pilihan untuk menemukan hunian dengan kerabat yang sesuai dalam frekuensi yang sama di satu tempat, sehingga sosialisasi dapat berjalan dengan baik serta menciptakan kerukunan dan rasa kebersamaan yang erat. 


Berbeda dengan konsep kos-kosan pada umumnya, coliving ini lebih cenderung menerapkan konsep kekeluargaan, dimana selalu diselenggarakan event-event tertentu setiap bulannya untuk saling mengakrabkan para penghuni coliving tersebut. 

Selain itu, fasilitas yang diberikan tidak seperti yang ada di kos-kosan pada umumnya, dimana penambahan fasilitas cenderung menambah biaya, sedangkan dalam coliving, semua fasilitas sudah termasuk untuk dapat digunakan secara bersama-sama, sehingga tak perlu lagi keluar biaya. 

Keunggulan Dari coliving


Di wilayah Ibukota sendiri, kini telah hadir banyak CoLiving Jakarta.  Letaknya biasanya di berbagai tempat yang strategis dengan pusat perkantoran maupun lembaga pendidikan. 

Berikut ini beberapa keunggulan dari tinggal di coliving.

1. Harga yang terjangkau

Bila dibandingkan dengan kos-kosan, biaya sewa pada sebuah coliving dapat dikatakan lebih murah atau terjangkau bagi kantong milenial sekarang ini. 

Banyak dari layanan yang disediakan dalam konsep hunian coliving yang sifatnya gratis atau tanpa biaya tambahan, seperti halnya gas untuk memasak, service AC yang rusak dan lain sebagainya. 

Berbeda halnya dengan kos-kosan yang cenderung kena biaya tambahan.

2. Fasilitas yang lengkap

Berbeda halnya antara apartemen maupun kos-kosan, dalam coliving fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap. Seperti adanya fasilitas seperti internet gratis, streaming film, kolam renang, gym bahkan laundry yang mana sudah ditanggung pihak hunian coliving tersebut. 

Selain itu, ada juga event yang ditawarkan seperti lomba maupun olahraga bersama yang diselenggarakan untuk saling mengenal dan mengakrabkan penghuninya.

3. Desain yang menawan dan kekinian

Disesuaikan dengan kebutuhan milenial, maka tak sedikit dari hunian coliving yang dibuat dengan menawarkan desain yang kontemporer serta kekinian. 

Tak lupa sentuhan minimalis juga diberikan dalam beberapa sudut dari hunian tersebut, sehingga mampu menciptakan ruangan lebih untuk area komunal atau storage area yang nantinya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh setiap penghuni dari hunian coliving tersebut. 

Tak ketinggalan adanya taman dan kolam juga menambah kenyamanan dalam desain hunian yang disajikan bagi setiap penghuni dari coliving.

Demikian tadi beberapa informasi sekilas seputar CoLiving space dan juga keunggulannya yang dapat dipertimbangkan bagi Anda yang tengah mencari hunian nyaman untuk tempat tinggal, khususnya di wilayah Ibukota Jakarta.

Twospacesgroup juga memiliki mitra yang menyediakan Coliving space untuk Anda yang membutuhkan tempat tinggal tetapi ingin juga bersosial dengan penghuni lainnya. 

Silahkan unduh aplikasi Twospaces atau kunjungi website resmi Twospaces.

Semoga bisa bermanfaat, yaaaa!

27 comments

  1. wah model hunian baru ya ini mbak, kayaknya seru
    jadi dgn kegiatan bersama bisa bikin akrab satu sama lain ya ini mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa aku seneng liat hunian si salah satu artis Hollywood yang rumahnya terasa kayak rumah keluarga besar

      Delete
  2. Menari sekali konsep tempat tinggal coliving ini Mbak Tanti. Tidak seperti kos2an mewah atau apartemen, di sini penghuninya akan saling mengenal ya. Bisa hidup gayub seperti layaknya di kampung-kampung Indonesia. Yang membedakan mungkin adalah konsep moderen dan ketaraturannya ya..

    ReplyDelete
  3. Coliving berarti kos-kosan zaman now gitu yach mbak Tanti? Heheheheh...Fasilitas lebih kekinian, ada kolam rennag misalnya, ada juga buat gym dll. Memang kelihatan lebih modern dan mewah apalagi desain interior dan eksteriornya keren2. Soal harga itu sih relatif mahal dan murahnya :)

    ReplyDelete
  4. Ini nih inovasi properti yang ajaib banget. Pernah gak kebayang kayak tinggal di perkampungan modern gini? Tempatnya cozy, konsep kekeluargaannya keren, design interiornya juga cakep. Coba dulu pas ngekos udah ada coliving gini, pasti lebih indah kehidupan perantauan aku.

    ReplyDelete
  5. Saya penonton setia Melrose Place dan Losmen Bu Broto, eeh :)
    Coliving ini malah mengakrabkan semua penghuninya ya. Di Malang kayaknya belum ada yang seperti ini. Apartemen beberapa sudah terbangun

    ReplyDelete
  6. Coliving ni kekinian, simpel, murah dan ga banyak tambhaan2 biaya ya kan. Top bgt sih Twospacesgroup 😀🙏

    ReplyDelete
  7. Sebagai mahluk jadul saya nonton MP dan losmen bu Broto walau sayup sayup lupa 😀😀😀
    Konsepnya keren ya Mbak Tanti, agar penghuni bisa bersosialisasi, gak lu lu gue gue

    ReplyDelete
  8. Kalau 'tetangga' satu coliving ini orangnya asik-asik, bakalan betaaahhh banget ya Mba.
    Enak diajak diskusi/ngobrol, rasa kayak sodara gitu kan.
    Tapi kalo ndilalah dapat yg hobi ngutang, gosip, dll, hadeuhhhh :((

    Semogaaaa yg tinggal coliving baik2 semuaaa dahhh

    ReplyDelete
  9. Waah seru kayaknya tinggal di coliving ini yaa apalagi kalo tetangganya asik2. Bis guyub kompak.

    ReplyDelete
  10. Wah aku baru tahu konsep seperti ini Makneng, lebih guyub dan akrab dengan penghuni lain karena selalu ada kegiatan bareng-bareng ya..seru juga..

    ReplyDelete
  11. Nah ini aku kemaren baru liat di acara apa gitu tentang kehidupan di coliving space. Asik banget ya lebih hangat drpd sekedar kos,atau apartemen

    ReplyDelete
  12. Maak astagaa jadi nostalgia saat nyebut Melrose Place hahaha ketauan ya angkatannya. Baru tau di Indonesia ini ada coliving, konsepnya menarik bagiku. Jadi, tinggalnya pun berasa nyaman ya mak karena fasilitas lengkap, desainnya pun oke juga.

    ReplyDelete
  13. Saay terpana baca ini Mbak. Sebuah konsep kekinian yang pastinya akan segera jadi trend ke depan, dan itu bagus sekali.

    ReplyDelete
  14. Sepertinya pandemi Covid-19 akan mengubah trend desain bangunan ya, Mbak. Tidak sekadar enak dilihat. Tetapi, juga jadi lebih ramah lingkungan dan sehat. Seperti bentuk bangunan coliving ini. Banyak bukaannya yang membuat sinar matahari bisa leluasa masuk. Serta ada lahan hijaunya

    ReplyDelete
  15. Ahahaaa...Melrose Place aku juga ngikutin tuh. Seru banget ya ngekos bareng sama temen-temen. Co living ini kayanya solusi juga buat yang memang pengen ngekos tapi nggak individual gitu. Apartnya kece banget yaaa. berasa pengen balik kerja biar bisa ngekos #eh

    ReplyDelete
  16. co-living sebenarnya memang bukan konsep baru tapi memang lebih kereeen yaaa dan cakep - cakep tempatnya yaaa

    ReplyDelete
  17. Keren juga ya, apa lagi lihat konsepnya yang rada nature gitu buat kita betah tinggal di sini. Cocok banget nih untuk milenial.

    ReplyDelete
  18. Kayaknya konsep Coliving lebih tepat diterapkan yg tinggal di Jabodetabek ya. Krn memang yg lg heits skrg orang² emang nyari yg nature semua suasananya.

    ReplyDelete
  19. Wuih bagus ya konsepnya. Masih ada hijau-hijaunya. Bisa jadi solusi untuk kota padat penduduk dengan lahan yang semakin sempit ya

    ReplyDelete
  20. Seru juga yaa konsep berkehidupan ala coliving gini. Saya membayangkan gimana ini tuh jadi surga banget bagi mereka yang senang bersosialisasi. Apalagi kalau desain huninannya senyaman ini.

    ReplyDelete
  21. Oh...coliving ini tetap punya privacy sendiri yaa, kak Tanti.
    AKu pikir mirip share house gitu..
    Asik banget design coliving. Adem dan asri.

    ReplyDelete
  22. bagus juga ya mba, sepertinya cocok buat pekerja muda untuk mendapatkan hunia yang bisa amenunjang kehidupan sosial dan bisa dekat akses dengan kantor...

    ReplyDelete
  23. Konsepnya jadi cakep banget mba ini btw ya. Rindang dan emang kelihatan yaman buat tempat tinggal
    kayak liat di film-film. budaya hidup sehat agar yang tinggal juga seneng dan sehat juga

    ReplyDelete
  24. Wah, tumbenan ada yang menghadirkan konsep hunian ala kos-kosan tapi mengutamakan sosialiasi dengan orang lain. Bagus nih biar ga pada mager di dalam kamar sendirian dan jadinya ga kenal orang lain. Kalau tinggal di coliving ini kan jadi bisa bergaul gitu.

    ReplyDelete
  25. Menyenangkan juga ya konsep coliving ini. Jadi serasa punya keluarga juga. Bisa hang out bareng-bareng. Jadi hari-hari nggak monoton

    ReplyDelete
  26. Asyik banget tinggal di hunian coliving. Cucok buat yang senang pepotoan ya, Mak? Tiap sudutnya instagramable abis. Yang terutama sih fasilitasnya lengkap dan konsep komunalnya itu. Biar berbaur antar penghuni, bisa memperluas networking juga deeh.

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat (^_^)

Btw, jika ada link hidup dengan berat hati saya hapus \(*_*)/