Featured Post

CARA RENTAL MOBIL YANG GAK PAKE RIBET? TRAC TO GO AJA!

"Mbak Neng, Ibu boleh minta tolong ngga, Nak?" Notifikasi pesan di WA grup keluarga menyala.  "Ahshiyaap Bunda, ada apakah?&q...

MENGAPA KITA HARUS PAKAI PEPSODENT MOUTHWASH?


Siapa yang sering merasa sudah sikat gigi berkali-kali tapi tak lama kemudian, giginya terasa "tebal" lagi dengan plak?

Atau, siapa yang saat telat makan dikit, kemudian merasa hawa atau bau mulutnya "in-appropriate" padahal kudu ketemu orang banyak?

Untuk mendapatkan gigi dan gusi yang sehat ternyata tidak cukup hanya dengan menyikat gigi. Tapi kita juga perlu menggunakan obat kumur untuk membersihkan mulut secara maksimal. Dengan begitu, mulut tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari penyakit.

Apa itu obat kumur?


Ternyataaa.... 
membersihkan gigi dengan sikat gigi saja tidak cukup, sodara-sodara!

Sisa-sisa makanan di sela gigi yang lambat laun akan menumpuk dan membentuk plak - adalah biang keladi dari pertumbuhan bakteri. Bakteri pada plak akan menghasilkan asam yang bisa mengikis lapisan luar gigi (enamel) dan menimbulkan beragam masalah, seperti bau mulut, gigi berlubang, dan radang gusi.

Masalah yang ditimbulkan bakteri ini tidak terbatas hanya pada lapisan luar gigi dan gusi. Dalam kasus yang lebih parah, plak bahkan dapat merusak akar gigi dan tulang penopang gigi. Jadi, kebersihan mulut tidak boleh disepelekan, ya.

Obat kumur atau "pembilas gigi" memang tidak menggantikan rutinitas kebersihan mulut seperti menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan gigi dengan benang gigi setiap hari. 

Fungsi utama kebanyakan obat kumur adalah untuk menyegarkan napas, tapi bukan untuk penderita bau mulut kronis yang parah (halitosis). 

Meskipun demikian, beberapa jenis obat kumur, seperti obat kumur ber-fluorida, dapat membantu melindungi gigi dari asam yang dihasilkan oleh bakteri plak. 

Jangan ditelan yaaa!
Cukup dikumur minimal 15 detik



Ssttt.. di era pandemi ini,
ternyata Pepsodent juga sudah menelurkan satu produk mouthwash dengan teknologi CPC, dan ini sangat - sangat- sangat inovatif, karena berfungsi dapat membantu pencegahan penyebaran Virus SARS-CoV-2.

Apa ituuu? 


Nah di siang hari yang cerah ceria,
biarpun hujan deras melanda sebagian bumi Tangerang dan sekitarnya pagi dini hari, Melani Putria sebagai moderator, menyapa kami semua para blogger dan jurnalis yang hadir dalam webinar. 

Webinar bersama Pepsodent diadakan di hari Selasa, 8 Desember 2020 ini, menghadirkan para narasumber handal. 

Antara lain :
  • drg.Tritarayati, SH, MH Kes Staf Ahli Bidang Hukum Kesehatan.
  • Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M.Kes 
  • dr.Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes. 
  • Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent.,MDSc adalah Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Unilever Indonesia Foundation (UIF). Sosok wanita lembut ini adalah pahlawan dari gerakan ‘Indonesia Tersenyum’ yang sudah diinisiasi Pepsodent sejak 10 tahun lalu.
Di tengah pandemi, seperti diterangkan oleh drg Sari, Profesi dokter gigi adalah salah satu yang di ujung tanduk. Kenapa? 

Karena adanya kondisi klinis yang mengkhawatirkan berupa droplets.  Artinya, virus berada di dalam tetesan yang karena gravitasi bumi tetesannya jatuh ke bawah.

Diketahui, ada istilah " aerosol", " airborne", dan " droplet" yang disebut-sebut sebagai media penyebaran virus yang telah menginfeksi 36,8 juta orang dan menewaskan lebih dari satu juta orang di dunia itu.

Kenapa dokter gigi rawan terkena droplets?

Karena penggunaan alat medis dokter gigi seperti adanya scaler ultrasonik ---> yang bergetar dengan kecepatan tinggi, ditambah dengan semprotan pembersih mulut, belum lagi jika ada yang bolong giginya, dan harus dibor gigi, dan itu semua tak lagi berupa droplet malah aerosol.

Jadi, kebayang kan kalau salah satunya adalah OTG? 

Pepsodent dan kepedulian terhadap case SARS COV 2

Hasil tes in vitro yang baru menunjukkan bahwa obat kumur yang mengandung Teknologi CPC efektif menurunkan viral load SARS-CoV-2 hingga 99,9% 1. 

Tes ini dilakukan oleh fasilitas pengujian independen dan terakreditasi internasional, Microbac Laboratories, atas nama Unilever Research Laboratories.2

Hasil tes pendahuluan menunjukkan bahwa penggunaan obat kumur dengan Teknologi CPC dapat berperan penting sebagai langkah pencegahan untuk mengurangi penularan virus COVID-19, selain mencegah berbagai penyakit dan masalah mulut lainnya jika digunakan sesuai petunjuk kemasan.


Teknologi CPC Terbukti in-vitro lawan Corona Virus

Teknologi CPC sudah digunakan secara luas oleh industri gigi dan dikenal dengan sifat anti virusnya.

Karena pandemi ini berkepanjangan, 
maka diharapkan bisa ada pencegahan tambahan dari mouthwash dengan teknologi CPC.


Hasil tes pendahuluan ini, yang menunjukkan kemanjuran Teknologi CPC terhadap virus SARS-CoV-2, adalah yang terbaru dari berbagai penelitian yang mengevaluasi efektivitas teknologi obat kumur terhadap sejumlah virus. Dalam pengujian yang kami lakukan, hanya Teknologi CPC yang hingga saat ini menunjukkan hasil yang positif secara konsisten.



CPC atau Cetylpiridinium Chloride
ini terbukti bisa menangkal atau upaya pencegahan tambahan untuk virus SARS-CoV-2 karena ada salah satu independent researcher dari Singapore yang membuktikan bahwa setelah berkumur dengan mouthwash yang mengandung CPC; jumlah virus dalam saliva-nya setelah berkumur 30 detik - setelah 5 menit menurun signifikan dan efektif sampai 6 jam 

Tidak jadi kebal - namun mencegah mengurangi penularan ke orang lain, dan juga bukan obat - sehingga diminum.

Gerakan Donasi ke beberapa RS dan Q&A seputar CPC

Studi awal yang dilakukan beserta uji klinis di Singapore dan rumah sakit yang melayani pasien Covid, mendorong Unilever di bawah brand Pepsodent untuk mendonasikan sebanyak 50 ribu Pepsodent mouthwash - ke beberapa RS rujukan dan wisma Atlet juga.

Dukungan PERSI pada gerakan ini, menurut dr Kun, berdasar data bahwa ada  921 RS rujukan di seluruh Indonesia, jadi dirasa kurang. Semoga akan semakin bertambah. 

Apakah CPC itu? 
Cetylpyridinium chloride adalah bahan kosmetik yang banyak digunakan, juga digunakan oleh industri gigi, dan dikenal dengan manfaat antibakteri dan anti virusnya.

Bagaimana pengujian itu dilakukan? 
Tes tersebut dilakukan oleh laboratorium independen di Amerika Serikat. Kami menguji selama 30 dan 60 detik, waktu pembilasan, yang bertujuan untuk meniru penggunaan obat kumur di kehidupan nyata dalam konteks in-vitro.

Apa hasil menunjukkan? 
Hasil awal menunjukkan formulasi obat kumur yang mengandung BPK (cetylpyridinium chloride) efektif dalam mengurangi viral load hingga 99,9% setelah 30 detik berkumur2, yang konsisten dengan penggunaan obat kumur pada umumnya. 

Tes tidak menunjukkan bahwa formulasi tersebut adalah pengobatan untuk COVID-19, atau jaminan bahwa itu akan mencegah penularannya sendiri. 

Tindakan perlindungan yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan harus diikuti, termasuk mencuci tangan, menjaga jarak secara fisik, dan mengenakan masker.

Bagaimana dengan alkohol dalam obat kumur? Obat kumur yang mengandung alkohol (etanol) biasanya mengandung 11-14%. Data menunjukkan pada konsentrasi ini dan waktu yang relevan dengan penggunaan obat kumur, etanol tampaknya tidak efektif melawan virus.

Manfaat Obat Kumur Berdasarkan Kandungannya

Supaya kesehatan mulut senantiasa terjaga, 
dokter biasanya menganjurkan untuk menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari atau setiap sehabis makan, serta berkumur dengan obat kumur (mouthwash) secara rutin. Dianjurkan untuk anak di atas usia 12 tahun - dengan dosis 20 ml.
Tak disangka, obat kumur tetap memiliki peranan yang penting untuk menjaga kesehatan mulut. 
Cairan yang beraroma segar namun non-alkohol ini berperan untuk membersihkan sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi, baik di sela gigi maupun sudut-sudut rongga mulut, dan terbukti bisa menangkal atau upaya pencegahan tambahan untuk virus SARS-CoV-2
Jadi, berkumur dengan obat kumur dapat membantu mengurangi pembentukan plak pada gigi dan melindungi Anda dari risiko mulut, serta dengan adanya teknologi CPC 

Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, 
pastikan untuk memilih obat kumur yang mengandung bahan-bahan aktif dengan manfaat yang  optimal, seperti Pepsodent Mouthwash.

1. Bahan aktif yang dapat membantu memperlambat terkikisnya mineral pembentuk enamel serta melapisi kembali enamel yang mulai menipis. 

2. Bahan aktif yang mampu memperlambat pertumbuhan bakteri jahat pada mulut dan menghentikan pengeroposan gigi pada tahap awal.

3. Obat kumur yang mampu melindungi enamel gigi yang telah menipis serta menurunkan tingkat keasaman air liur sehingga membantu mencegah terbentuknya lubang pada gigi. 

Obat kumur memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. 



3 M EKSTRA

Jadi selain  melakukan  langkah 3M sebagai upaya mencegah sekaligus memutus rantai penularan COVID-19, ditambahkan 1 ekstra.

Ekstranya adalah dengan cara menambahkan perlindungan ekstra yang potensial untuk membantu mengurangi transmisi COVID-19 - gunakan Pepsodent mouthwash yang mengandung CPC 0,7%. 





Referensi 
  • https://www.tanyapepsodent.com/

  • https://www.healthline.com/health/how-to-use-mouthwash#when-to-use
  • https://www.oralb.co.uk/en-gb/oral-health/why-oral-b/why-mouthwash/how-to-use-mouthwash

43 comments

  1. Pepsodent memang selalu total jendraaall dalam memberikan produk2 terbaik ya Mak.
    Cintaaa banget ama brand ini, karena concern dgn kesehatan gigi dan mulut

    ReplyDelete
  2. Obat kumur ini penting banget untuk memaksimalkan kebersihan mulut. Pastinya pilih yang non alkohol, ya

    ReplyDelete
  3. baru tau kalo pepsodent mouthwash ada 3 varian, biasanya langsung beli yang biru :D :D

    kayanya harus nyobain varian lain ya?

    Karena tiap varian beda manfaatnya

    ReplyDelete
  4. Pasta gigi membersihkan, mouthwash menyempurnakan. Itu kenapa berasa kayak kurang lengkap kalau ga kumur pakai mouthwash. Suamiku nih yang rajin begini, akunya kadang² 😄
    Pepsodent memang jagonya soal produk kebersihan mulut 👍

    ReplyDelete
  5. Pepsodent memang sahabat keluarga untuk menjaga kesehatan mulut, udah gitu sukanya tersedia kemasan travel fiendly

    ReplyDelete
  6. Pepsodent selalu berinovasi terus nih dalam menghadirkan produk produk perawatan mulut dan gigi. Hits dengan pasta gigi eh sekarang ngeluarin mouthwash.

    ReplyDelete
  7. Ternyata banyak varian mouthwash Pepsodent ya. Apalagi ada varian sensitif yang tanpa alkohol. Soalnya agak trauma rada pedasnya kalau make alkohol ini 😂

    ReplyDelete
  8. Ternyata sekarang kita ada 3M Ekstra ya yakni dengan berkumur dengan mouthwash yang mengandung CPC kayak Pepsodent ini :) Iya ya ternyata di dalam rongga mulut terdapat jutaan kuman, bakteri dan virus menyeramkan hiiyyy :( Enak nih ga ada alkoholnya ya dan ada rasa mentol. Aku juga pakai lho :) TFS.

    ReplyDelete
  9. Hasil studi secara in vitro memang menunjukkan bahwa Pepsodent Active Defense Mouthwash dengan teknologi CPC ini mampu mengurangi jumlah virus SARS-Cov-2 hingga 99,9%.
    Mantuull banget ya Mbaaa. memang kita kudu terus meningkatkan perlindungan untuk menghadapi masa2 sulit seperti saat ini.
    Semoga semuanya sehaaatttt

    ReplyDelete
  10. Teknologi CPC dalam mouthwash pepsodent ini bisa mencegah virus covid 19? 99,9 %? Ilmu baru ini mbak tanti bagi saya. Dan ikhtiar untuk menjaga diri ditengah pandemi gini ya

    ReplyDelete
  11. Saya selalu pakai Pepsodent mouthwash karena kekambuhan epilepsi bikin gigi bermasalah dan akhirnya harus dicabut
    Awalnya sih karena takut bau mulut
    Ternyata banyak kegunaannya.
    Kebetulan stok habis, besok mau beli pepsodent yang active defense ah

    ReplyDelete
  12. Saya udah cobain yang Pepsodent mouthwash ini. Segar ke mulut. Apalagi kalau pakai masker kan lebih nyaman ya kalau bau mulutnya lebih segar

    ReplyDelete
  13. Waini soal droplet sempet bikin kuragu ke poli gigi mba hihihi

    Rupanya weslah ga usah ke poli gigi bersihin plak, pakai pepsodent mouthwash aja ya 😍

    ReplyDelete
  14. MasyAllah salut aku ama pepsodent ini. Dia terus berinovasi memenuhi kebutuhan konsumen termasuk hadirnya obat kumur dari Pepsodent ini apalagi manfaatnya yang bisa membunuh virus corona. Butuh ini buat di rumah. Ngomong-ngomong acara virtualnya bergizi ya bun ilmunya apalagi disampaikan oleh para ahli juga

    ReplyDelete
  15. Bicara urusan kesehatan gigi dan mulut harus tuntas apalagi di masa pandemi. Produk tersebut bisa menjadi referensi penggunaannya di dalam keluarga

    ReplyDelete
  16. Dah bbrp Kali pakai ini mba kerasa lbih fresh deh mulut.. semoga saja bisa semuanya menyadari 3Mekstra agar pandemi cepat berakhir

    ReplyDelete
  17. aku salut sama pepsodent, dari dulu kualitasnya teruji
    aku dari kecil sampai skrg juga pake pepsodent
    dan selalu ada inovasi baru ya , top drh pepsodent ini

    ReplyDelete
  18. Jadi sekarang protokol kesehatannya jadi 3M ekstra 1 ya mba pake Pepsodent Active Defense Mouthwash

    ReplyDelete
  19. Kalo pasta gigi Pepsodent aq udah pake dari dulu mbak, tapi yang obat kumur ini belum pernah coba

    ReplyDelete
  20. Aku baru tau juga ada mouthwash yang bisa melawan virus corona, keren juga ya inovasi pepsodent ini

    ReplyDelete
  21. Kepedulian PEPSODENT akan masalah kesehatan yang sedang terjadi ini patut diapresiasi. Inovasi yang dilahirkan oleh jenama ini pun membuktikan kepedulian mereka pada masyarakat. Salut untuk Pepsodent.

    ReplyDelete
  22. Pepsodent memang mantap nih soal perawatan gigi dan mulut, termasuk kepeduliannya dalam hal mencegah Covid-19 ini masuk melalui rongga mulut ya mba

    ReplyDelete
  23. Saya jarang pake mouth wash Mbak biasa cuma pake pasta gigi pepsoden saja eh tapi tahu pepsodent keluarin mouth wash yang ampuh khasiatnya ini saya jadi pengen coba juga

    ReplyDelete
  24. Sebuah inovasi tiada henti dari Pepsodent, kali ini mouthwash dengan CPC yang ampuh melawan virus corona. Informasi yang sangat berguna, bisa kuteruskan ke keluarga, supaya sama-sama pakai guna jaga kesehatan mulut. Tfs Mbak Tanti :)

    ReplyDelete
  25. Memang sih, jd afdol setelah sikat gigi trus kumur2 pake mouthwash. Saya pakai pepsodent sejak lama. Apalagi masa pandemi dan mampu melawan virus. Top

    ReplyDelete
  26. keren banget Pepsodent, mengeluarkan produk terbaru yang sangat bermanfaat ini apalagi saat pandemi gini, dengan berkumur pakai mouthwash terbaru ini bisa jadi upaya tambahan ya untuk mencegah si virus nakal ini, huhuhuh.
    gegara pandemi ini saya jadi ogah ke faskes apalagi ke dokter gigi, padahal ini udah setahun gak scalling lagi, biasanya itu minimal setahun sekali scalling bahkan bisa 2 kali apalagi bertahun-tahun pernah menjadi pasien ortho :D

    ReplyDelete
  27. Inovasi terbaru nih dari pepsodent yah semoga bisa mencegah penyebaran virus yah

    ReplyDelete
  28. salah satu bentuk ikhtiar buat melindungi keluarga dari penyebaran virus corona, trus ya mba yang aku suka itu gak ada alkoholnya jadi lebih nyaman

    ReplyDelete
  29. memang enak dan segar kalau kita rutin pakai mouth wash ya mba. Aku dan keluarga sudah lama pakai produk sejenis ini

    ReplyDelete
  30. Mbak Tantiii saya nanti mau pake istilah bau mulut "in-appropriate" juga ah hihihi. Eh harusnya Pepsodent Mouthwash yang dipakai ya biar perlindungan maksimal, bahkan dari berbagai penyakt.

    ReplyDelete
  31. Abis baca ini langsung kepengen hunting mouthwash yang ada CPC nya nih. Penting untuk keluarga

    ReplyDelete
  32. Aku banget ini mbak, jadi walaupun sudah sikat gigi bawaannya masih tebel dengan plak. Untungnya selalu kumur-kumur pakai mouth wash dari Pepsodent nih

    ReplyDelete
  33. Cepat juga ya perkembangan dan inovasi produknya Pepsodent, Mak. Menyesuaikan kebutuhan saat ini di mana kita harus senantiasa menjaga diri agar tidak tertular atau menularkan virus Covid-19. Berkumur dengan obat kumur bukan lagi untuk membuat nafas segar semata, tetapi mengurangi risiko penularan, ya. Saluuut.

    ReplyDelete
  34. mba apakah ini aman untuk anak usia sd gitu?
    menarik juga klaim dr obat kumur pepsodent ini. kalau aku sendiri memang pakai obat kumur yaa di rumah. tp kalau untuk anak2 nih aku penasaran apakah sudah bisa atau belum

    ReplyDelete
  35. Aku belum pernah pakai obat kumur nih makneng jadi tertarik pengen cobain juga apalagi ada proteksi lebih besar untuk kuman dan virus ya..

    ReplyDelete
  36. Pepsodent memang inovatif yaaa. Aku juga baru beberapa hari lalu liat selebgram2 promosikan berkumur untuk mencegah virus. Jadi pengen nyobain Pepsodent mouthwash.

    ReplyDelete
  37. Iya mbak aku juga rutin pakai mouthwash buat memberishkan gigi & menjaga kesehatan mulut. Udah klop lah ya pasta gigi Pepsodent ketemu maouth wash pepsodent juga. Ngeri ke dokter gigi, makanay harus jaga terus

    ReplyDelete
  38. Waktu tahu Pepsodent Active Defence Mouthwash bisa mengurangi jumlah virus di rongga mulut langsung kebayang 3M ditambahkan ini pasti lengkap sekaliii..
    Beneran Mbak Tanti, ini bisa jadi ikhtiar kita untuk lawan pandemi. Semangat!!

    ReplyDelete
  39. Nah selama ini saya heran dan menyimpan tanya dalam hati, kenapa di beberapa tempat, dokter gigi nggak buka praktek di masa pandemi ini? Padahal kan nggak di rumah sakit umum gitu prakteknya. ternyata karena masalah droplet ya.

    Bagus nih inovasi dari unilever, menghadirkan pepsoden mouthwash dengan CPC, bisa jadi salah satu upaya buat membentengi diri dari serangan si corona

    ReplyDelete
  40. Di tengah pandemi banyak inovasi yang dihadirkan ya Mba... membuat pengguna menjadi makin terlindungi...

    ReplyDelete
  41. Iya...
    Abis sikat gigi masih berasa tebel lagi, apalagi aku hobi makan permen dan minum kopi.
    Heuheuu...Harus ikutan kak Tanti niih....sehat dan bersih bersama Pepsodent mouthwash.

    ReplyDelete
  42. sebagai team obat kumur, aku pasti bakal cari Pepsodent ini sih. namanya jg ikhtiar menjaga kesehatan ya mbaa

    ReplyDelete
  43. Yang pasti pakai mouthwash supaya membersihkan mulut dari bakteri ya Kak... Terutama sisa makanan yang membuat nafas dan mulut bau tidak segar. Wajib dicoba kayaknya moutwash dari pepsodent ini.

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat (^_^)

Btw, jika ada link hidup dengan berat hati saya hapus \(*_*)/