MEMBACA PROSPEK KULIAH JURUSAN FARMASI DI UNIVERSITAS GUNADARMA


Membahas soal berbagai jurusan kuliah yang diminati memang rasa-rasanya tidak akan pernah ada habisnya! 
Umumnya sebuah jurusan kuliah menjadi diminati oleh banyak pendaftar karena banyak faktor.

Tak sekedar karena prospek kerjanya yang menawarkan prospek yang secara prospek sangat menjanjikan peluang yang bagus. Tetapi juga karena adanya kesamaan passion yang secara umum dimiliki oleh para peminatnya, sehingga, tumbuh passion untuk menekuni bidang yang disukai sebagai profesi pekerjaannya.

Salah satu contoh jurusan yang banyak diminati tak sekedar karena prospek kerjanya yang bagus adalah jurusan farmasi. 

Jurusan Farmasi ini bahkan sudah ada dan diajarkan di SMK, sehingga, cukup banyak para peminat yang hendak berkuliah di jurusan farmasi atas dasar passion yang sudah terbangun sejak di bangku pendidikan SMK.

Apa yang dimaksud Jurusan Farmasi?

Sebelum membahas lebih jauh soal jurusan farmasi, memang sebaiknya kita perlu memahami kembali deskripsi dari jurusan farmasi itu sendiri. 

Farmasi secara bidang keilmuan yang secara khusus mempelajari mengenai segala hal yang berkaitan dengan obat.

Ilmu Farmasi pada dasarnya merupakan sebuah ilmu terapan yang bersumber dari 3 bidang keilmuan yang saling berkaitan satu sama lain. 
Yakni, ilmu Kedokteran, ilmu Kimia serta juga ilmu Biologi yang secara otomatis juga akan menjadi ruang lingkup dari bagian pembelajaran di jurusan farmasi.

Jurusan farmasi pada perjalanannya di bangku perkuliahan tidak hanya akan sekedar membahas dan mendalami segala hal yang berkaitan dengan obat dan kesehatan di bidang eksakta. 

Perkuliahan di jurusan farmasi juga akan merambah hingga ke bidang manajemen dalam konteks farmasi dan juga farmako ekonomi.

Bila kita membahas mengenai urgensi dari peran ilmu farmasi dalam kontribusinya terhadap kehidupan manusia, maka jawabannya sangatlah fundamental. Ilmu farmasi akan menuntun para mahasiswa yang belajar di dalamnya untuk mengetahui faktor yang menyebabkan timbulnya suatu penyakit, serta bagaimana para praktisi farmasi akan menganalisis dan membuat suatu obat yang bisa menyembuhkan suatu penyakit tersebut.

Tentunya dalam pembelajarannya, para calon praktisi farmasi tersebut tak sekedar belajar tentang bagaimana cara meracik obat yang memenuhi standar kelayakan dan keamanan dalam menyembuhkan suatu penyakit. Tapi juga bagaimana agar penggunaan obat tersebut bisa ditakar secara aman bagi para konsumen dalam hal cara kerja obatnya.

Maka tak heran, pada umumnya metode perkuliahan di jurusan farmasi tidak pernah menjadi sangat monoton. Perkuliahan di jurusan farmasi tak melulu soal diskusi dan teori, tetapi juga banyak sekali kegiatan praktikum di dalamnya.

Belajar Apa Saja Sih, di Jurusan Farmasi?


As always, pertanyaan yang kemudian bisa diajukan adalah mengenai apa saja sih mata kuliah yang dipelajari di jurusan farmasi? Jawaban klise-nya ya sudah tentu sangat banyak sekali mata kuliah yang wajib dipelajari! Hihi...

Beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan Kimia sudah barang tentu akan dipelajari, sebut saja :
  • mata kuliah Kimia Sintesis, 
  • Kimia Analitik, serta juga 
  • Kimia Organik dan 
  • Fitokimia. 

Kimia Analitik itu apa, kak?

Kimia Analitik merupakan cabang ilmu Kimia yang mempelajari prinsip identifikasi, separasi dan kuantifikasi senyawa-senyawa kimia melalui pengembangan metode, teknik, dan instrumentasi yang dikaji secara fundamental dan aplikasinya.

Sedangkan, Kimia sintetik itu mempelajari.... 

Menguasai secara mendasar dan komprehensif jenis-jenis reaksi kimia anorganik, prinsip-prinsip pemilihan pelarut dalam sintesis, cara-cara pemurnian reagen, strategi sintesis senyawa anorganik, teknik sintesis senyawa anorganik, dan penentuan struktur senyawa anorganik.

Kimia Organik adalah 

bidang ilmu yang mempelajari tentang struktur, sifat-sifat, perubahan, komposisi, reaksi dan sintesis senyawa yang mengandung atom karbon tidak hanya senyawa hidrokarbon, tetapi juga senyawa yang mengandung unsur lain, seperti hidrogen, nitrogen, oksigen, halogen fosfor, silikon dan sulfur.

Ruang lingkup mata kuliah fitokimia adalah 

mengenai jenis-jenis metabolit sekunder yang terkandung dalam tanaman, cara mengisolasi, identifikasi senyawa, standarisasi ekstrak dan simplisia serta manfaat farmakologis senyawa tersebut.


Hal itu karena tak lepas dari adanya proses kimia dalam pembuatan obat, terutama di era modern saat ini.

  • Selain itu, mata kuliah yang berkaitan dengan bidang keilmuan farmasi itu sendiri juga akan dipelajari dalam beberapa mata kuliah, Sebut saja mata kuliah Farmasi Fisika, Botani Farmasi, Mikrobiologi Farmasi, Farmasi Bahan Alam, Farmasi Forensik dan beberapa mata kuliah lain yang berkaitan dengan ruang lingkup farmasi.

Prospek Pekerjaan 

Lalu, kemudian bila hendak membahas prospek kerja jurusan farmasi, maka prospeknya bisa bekerja di beberapa bidang pemerintahan.

Jurusan Farmasi bisa dengan mudah diterima di Puskesmas, Departemen Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga menjadi pegawai di sektor bagian pelayanan obat di berbagai instansi pemerintahan.

Sarjana farmasi tentu juga bisa berkarir dengan memilih profesi sebagai dosen pengajar di perguruan tinggi dan juga di bagian instalasi farmasi di rumah sakit.

Setelah banyak membahas mengenai berbagai seluk beluk dan prospek kerja di jurusan farmasi, maka kalian perlu tahu kampus mana yang tepat dan bisa memberikan iklim pembelajaran dan pendidikan yang bisa mencetak para lulusan farmasi yang berkompeten.

Jurusan Farmasi di Universitas Gunadarma bisa menjadi opsi yang sangat bagus!

Di kampus yang kerap kali diakronimkan dengan sebutan UG ini termasuk ke dalam 10 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia versi Webometrics pada tahun 2021.




Universitas Gunadarma secara visi dan misi memang bertujuan untuk mencetak para sarjana yang secara keilmuan juga berkompeten dalam bidang teknologi dan informasi. 

Sehingga, mutu dan metode pendidikan yang disiapkan di dalamnya juga akan benar-benar bekerja untuk menghasilkan para sarjana farmasi yang berkompeten dan berdaya saing tinggi.

Nah, tertarik untuk masuk ke Jurusan Farmasi Universitas Gunadarma? 


Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Gunadarma tahun ajaran 2020/2021 telah dibuka, jadi kamu dapat mengunjungi counter pendaftaran yang ada di Kampus Universitas Gunadarma atau dapat mengakses Pendaftaran UG untuk keterangan lebih lanjut. 

Untuk keterangan detail, kontak CALL CENTER 1500158 untuk mendapatkan informasi tentang pendaftaran.

21 comments

  1. Kebutuhan akan skill soal farmasi di dunia kerja banyak banget,dan lumayan gede pendapatannya.
    Dan kuliah dengan jurusan farmasi di UG ini menjadi langkah awal untuk mendalami soal farmasi dalam menyiapkan skill yang dibutuhkan di dunia pekerjaan.

    ReplyDelete
  2. Ingin kuliah harus punya prospek kedepannya itu harus seperti apa ya, tentunya dunia kesehatan saat ini adalah planning yang cukup bagus utk memilih jurusan krn prospek besar almumninya pasti cepat kerja.

    ReplyDelete
  3. salah satu keponakanku kuliah jurusan farmasi juga, padahal sebelumnya pengen jadi suster medis atau bidan, tapi akhirnya yakin deh juliah di jurusan farmasi

    ReplyDelete
  4. Jadi keinget ma anakku, terkaget-kaget dia belajar kimia. Tapi kalo bagi yg udah cocok dg kimia tentu oke nih jurusan farmasi untuk melanjutkan studi perguruan tinggi nanti. Jadi SDM dari farmasi pun bisa bertambah ya kan.

    ReplyDelete
  5. punya beberapa teman yang kuliah di jurusan farmasi. Ada yang sudah kerja di BPOM ada yang kerja di perusahaan obat skala nasional bahkan ada yang akhirnya punya apotek sendiri. Kesempatan kerjanya luas. Bisa jadi pilihan untuk yang galau memilih jurusan

    ReplyDelete
  6. Wah menarik banget nih buat adek2 yg memang passion di dunia farmasi. Apalagi dimasa pandemi begini, ilmu farmasi penting banget juga dipelajari agar tdk sembarang terhasut hoax

    ReplyDelete
  7. Adik aku mengambil jurusan farmasi, memang begitu banyak ilmu terapan yg dipelajari

    ReplyDelete
  8. Tulisan menarik yang sangat detail dan informatif ini memberiku pencerahan akan jurusan farmasi, sekaligus mengingatkanku pada herbalis yang selama ini --Alhamdulillah berkat Allah SWT-- membantu kesembuhan sakit berat yang pernah kualami sendiri, juga sakit yg dialami oleh suamiku dan anakku. Beliau yth, sangat pandai mengetahui suatu penyakit dan obat² (herbal) utk kesembuhan, setelah ku ulik latar belakang pendidikannya, beliau lulusan S2 farmasi di universitas negeri ternama di Depok sana. Saking kagum dan berkesan dgn keilmuannya, aku sampai pernah berkeinginan salah satu anakku kuliah di jurusan itu biar bisa bantu banyak orang sakit 😍 tapi anak²ku ternyata passionnya beda 😁

    ReplyDelete
  9. Bagus ya jurusan farmasi ini membantu meracik obat untuk orang sakit, selalu dibutuhkan oleh masyarakat keahliannya..

    ReplyDelete
  10. Perkuliahan di jurusan farmasi memang tak melulu soal diskusi dan teori, tetapi juga banyak sekali kegiatan praktikum di dalamnya shg membuat mereka memiliki banyak pengalaman jika dibandingkan yg teori saja

    ReplyDelete
  11. Di kampusku ngajar farmasi termasuk unggulan juga dan ga pernah sepi mahasiswa jd pati prospeknya bagus dong. Apalagi inovasi dunia obat dan kesehatan terus berkembang pasti jurusan frmasi ke depannya bakalsn makin kece

    ReplyDelete
  12. Wah farmasi. Zaman ngekos sewaktu kuliah teman satu kos beberapa ada anak farmasi jurusan Kimia Organik. Tiap malam belajar liat bukunya rumus kimia semua hehe

    ReplyDelete
  13. Eh, baru tau kalau kampusku ada jurusan farmasi. Farmasi bukan cuma di bidang kesehatan aja sih, Mba tapi di pabrik banyak yang cari untuk komposisi bahan-bahan kimia untuk kosmetik, warna baju, makanan dan produk-produk yang menggunakan bahan kimia

    ReplyDelete
  14. Ah jadi ingat dulu, aku pengen banget jadi ahli farmasi
    Saat lulus smp, ikutan tes di sekolah kesehatan, ambil jurusan farmasi.
    Sudah keterima, tapi g jadi masuk karena kurang biaya, hehe
    akhirnya masuk SMAN,
    Kuliah jurusan farmasi punya banyak peluang ya mbak

    ReplyDelete
  15. Jadi ingat dulu pernah ada teman yang ambil jurusan farmasi. Karena aku gak terlalu suka kimia, ya bye aja. Ternyata kerjanya juga oke, tapi butuh ketelitian

    ReplyDelete
  16. Ini cita-cita saya sejak dulu tetapi takdir menentukan kalau saya harus jadi guru. Dulu itu saya kira kuliah di jurusan Farmasi hanya jadi apoteker di apotik saja, ternyata tidak ya. Banyak juga tempat yang membutuhkan tenaga farmasi.

    ReplyDelete
  17. Kampus Gunadarma ini lumayan terkenal ya apalagi ada iklannya di tv juga dan lumayan bagus juga sih menurut aku apalagi ada jurusan farmasi

    ReplyDelete
  18. Yah jurusan farmasi banyak yang suka dan dicari. Di Bengkulu, alumni SMK Farmasi, boleh dikatakan hampir gak ada yang nganggur, selalu dibutuhkan . apalagi kalo sudah sarjana ya mak.

    ReplyDelete
  19. Berasa masuk kuliah Kimia Dasar, kak Tanti.
    Aku dulu kuliahnya ambil Kimia. Dan ini aja rumit sekali, kebayang kalau Farmasi.
    Selain rumit, dibutuhkan ketelitian juga ketepatan. Kaitannya dengan hajat hidup orang banyak.

    Sukses kuliah di Gundar, Gunadarma University.

    ReplyDelete
  20. Wah makasih mba sharingnya, jadi lebih paham jurusan farmasi banyak banget ilmu dan peluangnya ya.. bukan cuma jadi apoteker aja. Hhee

    ReplyDelete
  21. Dari dulu gak kebayang mau sekolah farmasi karena harus kuat kimianya, sedangkan aku gak bakat di kimia walau anak IPA, aku sukanya non-kimia, hihihi. Eh sekarang pas udah jadi blogger, malah sering ketemu bahasan kimia karena lagi belajar ingredients skincare dan makanan

    ReplyDelete

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)