Menghasilkan Jutaan Dollar Dengan NFT



"What were you doing at 12?"

Jika pertanyaan ini diajukan sekitar 20 - 30 tahun silam, mungkin aku akan dengan bangga berkata, "Aku sibuk di Pramuka," atau "Aku menang lomba balap sepeda dan skateboard,"

Jika pertanyaan itu diajukan kemarin, saat anak-anakku berusia 12 tahun, maka aku akan menjawab, "Bang Dio sedang lomba menggambar bersama sebuah yayasan nirlaba di Mal seputar Jakarta Barat,"

atau, "Aniqa dan teman-temannya berhasil membuat pudot -puding sedot- dan dijual di bazaar sekolah,"

Atau, "Derry lagi seneng mabar Mobile Legend sama temennya, Eza!"

Tidak ada yang salah dengan itu. Tapi dengar ini. 

Pada Agustus 2021 lalu, seorang bocah berusia 12 tahun bernama Benyamin Ahmed dari London menghasilkan 400.000 dolar AS atau Rp5,7 miliar setelah dua bulan menjual token yang tidak bisa dipertukarkan (Non-Fungible Token/NFT).
 

BOOM!

Dan dunia pun tersentak. 

Ahmed adalah anak dari seorang programmer bernama Imran yang sehari-hari bertingkah laku biasa-biasa saja. Ia berenang, taekwondo, tapi juga sekaligus belajar cara membuat kode. 

Di usianya yang ke 5 tahun, Ahmed mulai melakukan pemrograman setelah melihat ayahnya membuat web untuk sebuah perusahaan. Ahmed pun belajar coding, HTML dan CSS.  Ia juga mempelajari JavaScript secara otodidak dari ayahnya. 

Pada satu ketika, Ahmed tertarik pada program-program di NFT 

"Saya pertama kali belajar tentang NFT awal tahun ini. Saya terpesona dengan NFT karena dengan mudah mentransfer kepemilikan NFT melalui blockchain," katanya (Sumber : CNBC, Minggu 29 Agustus 2021).

Apa itu NFT?

NFT adalah aset digital unik, termasuk jpeg dan klip video, yang diwakili oleh kode yang direkam pada blockchain, yang merupakan buku besar digital terdesentralisasi. 

Setiap NFT dapat dibeli dan dijual seperti aset fisik, dengan setiap transaksi dicatat secara permanen di blockchain. 

Non-Fungible Token (NFT) ini mendadak booming seiring terbuka informasi teknologi di sistem blockchain. Bukan sekedar isapan jempol sistem smart kontrak dapat membuat orang kaya dalam waktu singkat.

Ahmed sangat tertarik dengan teknologi ini dan memutuskan untuk membuat koleksi NFT miliknya sendiri. Koleksi NFT pertamanya diluncurkan awal musim panas, terdiri dari 40 avatar berpiksel warna-warni yang disebut Minecraft Yee Haa.

Pada Juni lalu, dia mulai membuat kode Paus Aneh, koleksi NFT keduanya, yang menampilkan 3.350 paus berpiksel, masing-masing dengan ciri yang berbeda. 

Proyek ini menggabungkan semacam meme, menggunakan gambar ikan paus, dengan ciri-ciri yang mirip dengan CryptoPunks pixelated ikonik, salah satu koleksi NFT pertama yang ada. Proyek ini menelan biaya 300 dolar AS.

Berapa Pendapatan Ahmed akhir 2021 ini?



Setelah diluncurkan pada Juli, seluruh koleksi terjual habis hanya dalam waktu sembilan jam, dan Ahmed menghasilkan lebih dari 80 ether dalam satu hari. 

Ahmed juga telah menaruh keuntungannya dalam ether, jumlah itu bernilai lebih dari 255.000 dolar AS. 

Dia kemudian mendapatkan tambahan 30 ether senilai lebih dari 95.000 dolar AS dari resale market karena Ahmed mendapatkan royalti 2,5 persen pada setiap penjualan sekunder. 

Diperkirakan Ahmed akan menghasilkan pendapatan total lebih dari 400.000 dolar AS pada akhir bulan ini. Sementara itu, Ahmed tidak memiliki rekening bank tradisional, hanya dompet uang kripto.

“Saya berencana untuk menyimpan semua ether saya dan tidak mengubahnya menjadi uang kertas. Ini mungkin bukti awal bahwa di masa depan, mungkin semua orang tidak (membutuhkan) rekening bank dan hanya memiliki alamat ether dan dompet,” ujarnya. 

Ahmed akan mengerjakan proyek NFT lain dan memperkirakan banyak koleksi NFT yang lebih sukses akan memiliki komponen meme. 

"Saya pikir meme memiliki nilai signifikan dalam ruang ini karena banyak proyek memiliki semacam tautan meme ke dalamnya, seperti dogecoin yang terinspirasi meme, baru-baru ini melonjak popularitasnya. Saya pikir meme berperan penting saat ini ,” tutur Ahmed.

Jadi... masih belum paham, NFT buat apa? Kenapa NFT populer, dan gimana cara menghasilkan uang darinya?

Sejak NFT dilaunching, 
banyak sekali manusia dunia digital jadi kaya mendadak. Bahkan sekarang ada yang viral, dan lalu bikin stories dan tanya 'kamu udah beli apa saja dari NFT' ?

Oke oke. Satu per satu.

Cara Kerja NFT

NFT adalah non fungible token yang artinya tak bisa tergantikan. Jadi misal aku nih sekarang punya uang 100 ribu rupiah, dan orang lain juga sama, maka  jika kita berdua tukeran, itu nilainya sama.

Tapi bedanya bisa diibaratkan,
kalau kamu punya tiket seharga 100 ribu, tapi posisi atau letak tempat dudukmu itu strategis dan persis di depan panggung. Nah, itu artinya non fungible.

Sama saja dengan token-token ini. Bisa dengan crypto, atau token lain seperti ... eh tunggu, kamu tahu kan, ada banyak token yang bisa berfungsi sebagai mata uang di dunia maya saat ini?

  • a. Bitcoin (BTC)

    Saat ini, Bitcoin dapat dikategori sebagai aset kripto bluechip. Dalam 12 tahun sejak diluncurkan pada 2012, kapitalisasi pasar BTC menyentuh US$1 triliun.

    Selain itu eksistensi Bitcoin semakin meningkat ketika perusahaan Mobil Listrik memborong BTC. Ditambah dengan keputusan El Salvador menjadikan BTC sebagai legal tender.
  • b. Ethereum (ETH).

    Koin yang satu ini dapat disebut sebagai saingan Bitcoin sebagai kripto bluechip. Ethereum mampu bertumbuh cepat di decentralized finance (DeFi) dan merebut pangsa pasar dari Bitcoin. 

  • c. Solana (SOL) Pada 2021, Solana menjadi menjadi salah satu dari 10 aset kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar. Sepanjang tahun berjalan, Solana melonjak dari US$1,51 menjadi $160. 
  • d. Axie Infinity Shards (AXS) Axie Infinity Shards merupakan salah satu koin yang dibangun di atas blockchain Ethereum.

    Berbeda dengan koin lainnya, Axie merupakan game blockchain yang terinspirasi dari game Pokemon. AXS memiliki peran sentral dalam ekosistem game. 
  • e. Cardano (ADA) Cardano memiliki kapitalisasi pasar terbesar ketiga setelah Bitcoin dan Ethereum. Uniknya, ADA diciptakan oleh salah satu pendiri Ethereum.

    Cardano juga menggunakan protokol proof-of-stake, dengan begini Cardo memberikan intensif kepada pengguna untuk membuat blok baru. 
  • f. Binance Coin (BNB) Berdasarkan volume perdagangan Binance termasuk dalam pertukaran mata uang kripto.

    Harga BNB telah melonjak dari 10 sen menjadi sekitar US$415. Kemudian, sepanjang tahun berjalan 2021 ini, koin tersebut sudah naik sekitar 1.000 persen. 
  • g. Wilder World (WILD) Wilder World merupakan koin yang baru memulai debutnya pada Mei 2021. 


Blockchain dan NFT

NFT ini adalah rangkaian token-token digital tersebut pada blockchain.
 
NFT melambangkan kepemilikan atas barang di dunia virtual tersebut. Beberapa yang umum, dan gampang untuk dijadikan contoh, adalah di dunia seni digital. 

Jadi sama seperti kita membeli karya seni maestro sekelas Vincent Van Gogh, atau Picasso misalnya. Harga karya seni digital ini sekarang meroket hingga jutaan dollar bitcoin.

Apa Saja Yang Bisa diperjual-belikan dalam NFT

Apa pun barang yang bisa dibuat seni digital - kayak fitur skin ikonik dalam game MOBA seperti Mobile Legend, fortnite atau PUBG.

Buat pemain game tersebut, membeli skin merupakan salah satu fitur yang dihadirkan untuk merubah tampilan visual sekaligus tingkatan hero mereka di Mobile Legends, misalnya.
  Nah, itu semua ada harganya!


Gimana Cara Menjual Produk dalam NFT



Saat ini, ada beberapa platform website yang umum untuk trading NFT.

Di sini bisa jual - beli - cari - filter - dan mau cryptocurrency apa yang ingin digunakan

Cara kerjanya kayak main minecraft atau mainan blok susun terkenal itu. 

Mula-mula, kamu bisa beli tanah sendiri - bangun rumah - bangun infrastruktur dan seterusnya kayak mainan SIMS City.



Ada lagi platform yang bergaya  videogame untuk trading card, jadi semua tinggal pada blockchain. Sama seperti main game, bisa membuat karakter sendiri - bangun istana impian - "perang-perangan" - yah kayak main di CoC (Castle of Clans), lah...


The good news is,
semua kartu kartu ini ada harganya! Jadi bisa diperdagangkan di dunia virtual trading.

Ohya, apa yang dihasilkan dari NFT bisa diuangkan di dalam dunia nyata, dan prosesnya tidak terlalu sulit. 

Saat ini sih yang kubayangkan adalah, jika karya digitalku bisa dibayar dengan aset kripto ethereum, bisa terbayang berapa rupiah yang bisa ditarik ke rekening!

Yuk, kita mulai ubah mindset aka "pindah" ke dunia virtual!


52 komentar

  1. Wah kita yang masih hidup gini-gini aja bakalan tertinggal kalau gak tahu tentang teknologi, tercengang tahu Ahmed bisa menghasilkan uang segitu dengan NFT. Jujur, cuma bisa bertanya aku ngapain aja selama ini dan apa yang udah aku hasilkan. Langsung berasa belum bisa apa-apa deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeees mbake Nisa,
      12 tahun menghasilkan 4 M ituuuuhhhhh *pengsan

      Hapus
    2. Mbak...mbak, bangun mbak.

      Hapus
    3. *bangun*

      Hah 4,5 M !

      *pingsan lagih

      Hapus
  2. Saya pernah denger tentang cryptocurrency ini, tapi nggak pernah diging deep tentang apa itu dan potensinya. Boro-boro cari tau potensinya, cari tau itu apaan aja enggak pernah.

    Keren ya, usia 12 tahun udah punya penghasilan segitu. Jadi mikir, di dunia serba digital ini berarti ketika si anak sibuk di depan layar gawai itu, kita sebagai ortu nggak boleh buru-buru teriak "Maen hape teross!!"

    Karena who knows, dari situ dia ternyata sedang menggali passion dan Allahu alam, sumber berkahnya dia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaa iya juga ya,
      ternyata dia sedang "BERKARYA" yaaa, malu deh akoh udah usia segini, belum menghasilkan 1/100 anak itu seumur umur!

      Hapus
  3. Ahmed, keren banget sih kamu, usia 12 tahun udah punya penghasilan M M an.

    Saya beberapa hari terakhir ini juga baca beberapa artikel tentang NFT ini mbak, menciptakan tambang uang di dunia digital. Dan sampai sekarang masih dalam tahap ter wow... wow... gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya sih kembali ke "kesempatan" karena gak semua yang dilakukan orang lain sukses, di kita sukses ya mbak heheheee

      Hapus
  4. Masya Allah bermanfaat banget sharing ilmunya tentang NFT jujur aku baru tau lho mak, dan memang kita harus selalu tambah ilmu supaya bisa mengikuti jaman, welcome to dunia virtual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Kadang ga nyangka ada di era dimana semua dilakukan dalam dunia yang seolah tak nyata ini

      Hapus
  5. Bentar...aku belum mudeng nih bagaimana si Ahmed bisa menghasilkan begitu banyak uang tapi yang pasti aku tahu kalau dunia digital menawarkan banyak peluang jika kita sudah tahu jalan mana yang ingin dimaksimalkan tentunya sesuai minat, passion, dan hobi. Tapi kalau denger skin-skin games online seperti mobile legend, PUBG, dan lainnya mah sering, bahkan anakku yang kuliah dan SMP suka nabung buat beli skin...duh, kadang aku pikir buat apa tapi yah itu kita ngak bisa menilai sesuatu berdasarkan pengalaman kita saja melainkan harus masuk ke dunia mereka juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah mulai sekarang skinnya itu DIA BUAT SENDIRI - lalu DIJUAL
      gitu kira kira Mutia

      Hapus
    2. Programnya gitu kan yaa, kak Tanti?
      Aku juga salut nih..anak gen A ini beneran sangat mudah sekali menyerap ilmu di bidang digital.
      MashaAllah~

      Hapus
  6. Belajar adalah kuncinya dan hidup yang maju dan berhasil adalah menangkap peluang dengan menggunakan teknologi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju termasuk ngeblog ini kan juga dunia digital ya

      Hapus
  7. Beberapa hari yang lalu di salah satu WAG yang saya ikuti ada anggota yang bahas sekilas soal NFT ini. Saya ga ngeh. Dan setelah baca tulisan mba Tanti baru deh saya tau apa itu NFT. Luar biasa sekali ya peluang bisnis di era teknologi virtual ini. Duh saya berasa kudet banget nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekarang kayak "kalau kamu ngerti caranya - kamu akan ujug ujug kaya" gitu mbak hahaha

      Hapus
  8. Mak Tanti sy baca ini msh kurang mudeng lho maksudnya buat apa ya orng transaksi d dunia digital . Sy paham metaverse menuju ke hidup d dunia digital sm otak saya msh nglag menyatukan hahaha. Suami sy suka ngobrolin NFT , nyoba jualin digital art s sulung d NFT sy. Iya iya bari ga paham korelasinya kecuali ya kalau uangnya udah masuk rekening hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngg.. sebenernya aku nulis ini juga tahu arahnya tapi ga tahu cara mengejawantahkannya Rina

      Hapus
  9. Ini suka dapat juga notip Bitcoin...sementara aku fokus bantuin hitung duit ahmed aja dulu lah ha ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm ini bukan bitcoin notif mbak, kalo itu mungkin lebih ke penawaran saham

      Hapus
  10. Kerennya Ahmed... Bisa mengumpulkan uang yang nilainya fantastis. Memang sih, kemajuan teknologi itu membuat banyak hal bisa terjadi. Dan anak-anak spt Ahmed ini dengan cerdas memanfaatkannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat menginspirasi sekali ya. jadi pengin nginget-nginget waktu umur 12 tahun aku ngapain ya. Lagi sibuk-sibuknya belajar di bangku SMP keknya dan belum tahu cara cari duit dengan keringat sendiri.. :)

      Hapus
    2. wkwkwkkwk aku umur 12 masih mainan kapal klotok yang kalo di air dilarung bunyi itu loh.... terus mulai main tennis

      Hapus
  11. Akhirnya ada penjelasan jg soal NFT, blockchain, dll. Semoga kita bisa beralih untuk memiliki dan mengembangka aset2 digital seperti ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiiin .. sekarang terpikir untuk totalitas di dumay dengan beberapa cara ya

      Hapus
  12. Teknologi bergerak sangat cepat, dan banyak hal yang belum aku ketahui ternyata. Salut dengan produktivitas anak muda yang pola pikirnya out of the box seperti ini. Menjadi pionir, bahkan di usia yang masih sangat belia. Keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener mbaaaak .. jadi kan terbukti kalau dunia "mengecil" dengan caranya sendiri

      Hapus
  13. Asli aku baru tahu soal NFT dari postingan Mak Neng!

    Moral the above story from my perspective,

    Itulah kenapa kita kudu support buah hati jika mereka melakukan hal-hal yang digemarinya, dicintainya!
    Jangan pernah memaksakan kehendak kita ke buah hati!
    Sekedar memberi gambaran, masukan sih memang dianjurkan.

    Well Ahmed,
    Congratulations untuk menghasilkan jutaan dollar dengan NFT!
    Barokallah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes you're right!
      Then ... when we will start to make it?

      Hapus
  14. Anak zaman sekarang tuh keren-keren banget ya. Dulu kalau punya cita-cita tuh simpel. Sekarang, banyak banget peluang termasuk di dunia virtual kaya gini

    Mau intip deh biografi dari Ahmed ini

    BalasHapus
  15. Kemajuan teknologi sekarang makin keren ya mak, kalau ga dipelajari bisa ketinggalan jauh. Aku baru tahu soal NFT ini mak, bisa dipelajari, apalagi lihat Ahmed yang menghasilkan jutaan dollar. Terinspirasi.

    BalasHapus
  16. masih kecil, ganteng bisa menghasilkan jutaan dolar keren banget anak pintar ini mbak Tanti.
    Aku mencoba memahami soal NFT nih mbak dari penjelasannya. Jadi ini berhubungan dengan blockchain ya. Asyik juga ya kalau hasil dari NFT bisa diuangkan juga. Harus belajar banyak nih

    BalasHapus
  17. Keren banget ya kecil-kecil sudah bisa menghasilkan uang banyak apalagi dengan teknologi seperti ini jadi kepo lebih banyak tahu sehingga nanti anak-anak bisa lebih cepat Mandiri

    BalasHapus
  18. Teknologi bergerak dan berkembang secara cepat. Dan anak-anak belasan tahun yang hidup di sama kini memang sudah akrab dengan games dan teknologi. Jadinya memang pengetahuan seperti ini juga setidaknya dipahami oleh orangtua, biar mindset kalau main games bagi anak itu tidak selamanya tidak produktif. Malah kalau ternyata si anak berbakat, bisa dikembangkan potensinya dengan bantuan ahli.

    BalasHapus
  19. Mantab artikelnya Kak Tanti 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  20. Mak Tanti itu Ahmed brillian banget ya.Masih piyek tapi sudah menghasilkan jutaan dollar.Produktif sekali.Aku terkadang suka tegur anak kalau kelamaan main game,ternyata game itu banyak sisi positifnya dan bisa menghasilkan jika ditangan si kreaktif

    BalasHapus
  21. ckckck, keren banget deh Ahmed. Masih kecil udah jadi milyarder. Di era digital ini, semua orang punya kesempatan yang sama untuk jadi milyarder yaa, kuncinya ada di niat dan kesungguhan masing-masing

    BalasHapus
  22. Rasanya hidup berjalan cepet banget ya mba. Yang bisa adaptasi, yang bisa melihat peluang kayak Ahmed bener-bener bisa menghasilkan banyak bangeeet... Keren padahal masih 12 tahun :D Aku sempat juga cek-cek soal apa sih NFT ini kok rame banget tapi belum masuk sama sekali ke dunia itu.. Hihi

    BalasHapus
  23. Bagaimana masalah keamanannya, kak Tanti?
    Apa NFT ini termasuk alat tukar yang aman?
    cryptocurrency saat ini memang sedang digandrungi yaa.. Dan anak muda zaman now bisa menangkap arah dan tujuan masa depan ini, keren. Sukses selalu untuk semua anak muda yang memiliki inovasi dan prestasi di bidang blockchain NFT.

    BalasHapus
  24. Wah iya, lagi happening juga ya NFT ini
    Aku sendiri baru tahu lho mbak, pas baca artikel ini
    Nampaknya kudet banget aku ini
    Dunia digital bisa memberikan banyak peluang ya mbak

    BalasHapus
  25. Mbak Tanti, sejujurnya aku baru pertama kali mendengar tentang NFT ini. Kalau crypto sih lumayan familiar ya.

    Salut sih karena dunia digital ternyata sangaaaaatt luas. Segala hal bisa dijual dan dijadikan penghasilan. Bahkan anak hmur 12 tahun aja bisa, asal jeli melihat peluang

    BalasHapus
  26. Terus terang aq masih roaming dengan NFT ini. Tapi kayaknya bakal kupelajari pelan-pelan. Soalnya ini mungkin menjadi masa depan untuk anak-anak nanti. Mereka harus hebat di teknologi suoaya tidak ketinggalan.

    BalasHapus
  27. ga menyangka zzaman dusah berkembang secepat ini, setelah dulu kripto, kini muncul NFT, yg akan datang akan ada metaverse,- sebuah dunia digital dimana kita bisa hidup, bekerja dan bertransaksi di dalamnya.

    NFT ini membuka banyak sumber penghasilan dan muncul jenis pekerjaan baru,

    BalasHapus
  28. Aku ngertinya anak-anak beli skin buat FF atau ML mereka. Cuma sering kebayang aja, bakal untung banget nih pembuat skin-nya, secara jutaan anak di dunia berlomba-lomba beli skin terbaru setiap harinya. Ternyata salah satunya malah yg bikin masih anak-anak.Teknologi memang benar-benar membuka peluang yang dulu cuma ada dalam angan-angan, ya. Dan bener nih, NFT adalah salah satu hal yang bakal berkaitan erat dengan dunia anak-anak di masa depan.

    BalasHapus
  29. ethereum game I think this is an informative post and it is very useful and knowledgeable. therefore, I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article.

    BalasHapus
  30. wah mb Tanti, aku baru tahu malahan NFT ini. Tapi aku memahaminya kok jg belum paham ya. Misalnya ini nanti banknya ada pa enggak trus narik di ATM gitu bisa ga?

    BalasHapus
  31. Walaupun saya berkecimpung di dunia TI, sampai saat ini saya belum benar-benar paham dengan NFT. Namun saya tertarik dengan teknologi blockchain. Entah ya mungkin karena belum kenal jadinya belum sayang dengan bitcoin dkk. Salam hangat kak Tanti @depus

    BalasHapus
  32. Aku baru mau ngulik ttg NFT ini. Dan cari tahu gimana cara buat dan jualnya, krn ini merupakan potensi dan investasi masa depan yg cukup oke sih. Menurutku. Mau mengajarkan ke anak juga supaya bs berkarya dan menghasilkan uang lewat NFT :)

    BalasHapus
  33. NEST® is different. This is a Web3 / Metaverse super-app. It is a hyper-secured, real-world custody and provenance solution. This is the first confidentially controlled SSDID (Self-Sovereign Decentralized ID), with an ecosystem that permits real-world ownership, confidential and protected control of digital assets across blockchain networks of choice. NEST® addresses critical metaverse problems in the global market that existing solutions do not. Think of NEST® as a Web3, version 2.0 of Metamask with true omni-network minting, exchange and access-control. NEST® advantages are protected through novel combinations of market position (e.g. true individual privacy) and custom technologies (e.g. in-house L1, encryption and unlimited L2 extensions). create nft

    BalasHapus
  34. boba utc Thank you because you have been willing to share information with us. we will always appreciate all you have done here because I know you are very concerned with our.

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)