Book Review : KEMBALINYA SANG PUTRI


Bacanya sambil dengerin musik boleh, kok...



Akhirnya... 
selesai juga saya membaca novel yang berjudul 'Kembalinya Sang Putri' karya Anthea Gillian. 

Novel ini sebenarnya sudah dikirim langsung oleh penulisnya sejak dua bulan yang lalu, tapi karena membacanya tidak rutin setiap hari, alhasil baru selesai semalam. Yaaaah,  as you all know, my little brother passed away two weeks ago.

Judul novel "Kembalinya Sang Putri" tentu saja membuat pembaca (baca : saya terutama) merasa  dahaganya "terpuaskan", setelah sedih karena tuntas membaca novel Putri Mahkota. 

Sedih?

Iya, karena rasanya ingin selalu berada di dekat para Putri dan Pangeran yang digambarkan humble, ganteng, cantik, sekaligus berkepribadian unik dan elegan!

Di novel Kembalinya Sang Putri, dikisahkan nama sang Putri tersebut, Mina Arshavina Ghauri - adalah seorang model berskala internasional. (Duh, nama-nama tokohnya kok bagus-bagus begini ya!)

Mina dipaksa untuk kembali pada akarnya oleh sang adik kandung, yaitu GRM Gentala Karunasankara Dumadi, karena sang adik dianggap belum cukup usianya menggantikan sang Raja yang sakit dan sedang kritis.

Berhasilkah Mina dan adiknya meraih kekuasaan tertinggi itu, atau malah kalah dari saudara sepupunya yang tak kalah tampan dan terlihat dari awal lebih berhak sebagai pengganti Raja?

Membaca novel ini, terasa sekali betapa kentalnya tali persaudaraan yang dibalut  cinta, cita-cita, dan kehidupan. Suasana Jawa dan Keraton Sitihinggil Jepara juga begitu kental terasa di novel ini. Sebagai orang (setengah) Jawa saya merasa bersyukur karena telah diingatkan tentang filosofi hidup orang Jawa. 

Bermula dari wattpad



Ini kali ke empat atau ke lima saya membaca buku milik Tara, a.k.a nama penanya Anthea Gillian atau antheafether, melalui wattpad.  Novel virtual pertama Thea yang kubaca adalah Putri Mahkota.

Tadinya tak pernah menyangka akan terjebak di dalam samudera kata yang ia rangkai. Terpesona, lebih tepatnya!

Awalnya tentu saja tertarik karena .. tahu sendirilah, yaaa... dunia kerajaan itu kan memang selain penuh Raja, Pangeran tampan, Ratu berikut Putri cantik, juga pasti penuh intrik.

Hal pertama yang kukagumi, adalah ide ceritanya!

Betapa luas dan dalamnya ide, serta keinginan sang Penulis untuk bersusah payah membuat riset dalam dunia kerajaan di Indonesia!

Anthea menggambarkan dunia keraton kerajaan di Jawa yang penuh dengan kemewahan. Ia bisa mengajak pembaca masuk ke dalam ruang-ruang rahasia di balik tembok keraton, seperti adanya paviliun khusus untuk para putri raja dan para selir yang disebut ruang keputren. 

Sekilas tentang tokoh Mina, yang menarik adalah karena ia adalah seorang putri yang lahir dari garwa ampeyan atau selir Raja. Setahuku, seorang selir adalah seorang perempuan yang diikat tali kekeluargaan oleh sang Raja, namun BUKAN berstatus ISTERI!

Status selir ini di bawah status Sang Permaisuri - isteri sah Raja. Dan, sangat umum untuk seorang Raja di Jawa memiliki selir, yang tak ada batasnya.

Menilik sejarah, Hamengkubuwono II memiliki 4 orang Permaisuri dan 30 selir. Pakubuwono X memiliki selir terbanyak yaitu 40 orang!

Keraton Javanese Dancers - sekaligus Selir
Sumber foto : Nice Kerosene Hanging Lamp and Two Pieces Wall Lamps, Javanes Dancer Probably in Keraton Solo.



Pangeran Ario Soerjodiningrat saudara dari sultan Yogyakarta 
dengan pangeran yang tidak di kenal, 1925
Sumber foto : Batik Through History


Para Raja dan Pangeran ini, tak boleh sembarangan masuk ke ruang keputren, begitu juga sebaliknya. 

Letak keputren juga berada di dalam lingkaran terdalam, dan tertutup rapat. Khusus Sang Raja, ia harus mentaati jadwal pertemuan dengan para selir yang telah diatur oleh seorang ajudan atau punggawa kerajaan.

Hal ini agar semua mendapatkan giliran yang sama dan menghindari Sang Raja hanya memanggil selir yang ia ingat.

Psst... tahu kan sekarang, mengapa percintaan sesama jenis menjadi marak di sini? Nanti ya kuulas lebih dalam tentang ini!

Kembali Pada Kearifan Lokal Di Tengah Modernisasi



Membaca serial Kerajaan Jawa yang ditulis oleh Anthea, membuat kita para pembaca berpacu emosinya. Mina Ghauri yang glamor dan melanglang buana dengan Mina yang aslinya berjiwa sederhana, dan diminta kembali pada akarnya, yaitu Keraton di Kerajaan Jepara. 

Pembaca juga menjadi melow karena justru yang mendukung Mina bukan sosok Ibu yang ia hormati selama ini, melainkan ayah tirinya!  Dan, ketika konflik meruncing, kayaknya kalau saya yang jadi Mina nih.. mending cabut angkat kaki deh, karena toh Raja, sang ayah kandung tak saya kenal dan di luar sana, saya sudah kaya dan terkenal! 

Tapi, Mina Ghauri malah memilih terus berjuang demi Aru!

Walau ada beberapa tokoh, tapi buatku lima tokoh dalam novel ini,  yang digambarkan sangat detail dan apik oleh Anthea, berbeda tak hanya dari sifat dan kepribadian, namun juga dari segi ekonomi dan gaya hidup. Kelima tokoh inilah yang menjadi tulang punggung dan alasan utama mengapa novel ini menjadi begitu berkarakter.
  • Aku bisa merasakan kehidupan Mina Ghauri sebagai seorang model yang glamor, sekaligus transisinya menjadi seorang Putri.
  • Kehidupan di seputar Mina tak terlepas dari tokoh Mbak Elena dan Mas Bobby. Mereka adalah manajer juga kadang bisa jadi kakak dan ibu!
  • Adik Mina, Kanjeng Pangeran GRM Gentala Karunasankara Dumadi yang ia panggil Aru juga sangat terasa. Tak terbayang, di usianya yang masih belia, Aru ini adalah dalang di balik fanbase Mina, jadi pasti pembaca bisa merasakan sakit hatinya ketika ia dianggap masih bocah oleh para petinggi kerajaan!
  • Tokoh yang menurutku juga penting, justru adalah tokoh ayah tiri Mina, Papa Yusuf. Beliau yang menyabarkan Mina, memberi dukungan layaknya ayah kandung yang tak pernah Mina miliki. 

Tokoh-tokoh yang lain, tentu saja tak kalah menarik, karena mereka adalah pria-pria yang membayangi langkah dan sepak terjang Mina. Ada Mahesa, Hestamma dan Yodha. 

Tak seperti di novel Putri Mahkota, dimana karakter tiga tokoh utamanya mendominasi (selain kucing Bram Stoker, definitely) - novel sekuel ini banyak tokohnya namun jalinan cerita tetap dijamin memikat!

Anthea berhasil menyeret pembaca ke dalam arus emosi yang tak terduga.  Alur buku ini cukup cepat, karena cerita dimulai saat Mina sudah menjadi model - hingga terpilihnya Sang Raja. 

Siapa? Ehem... kalau mau tahu, pastikan kalian langganan Wattpad dan follow antheafeather yaaa!

Tenang saja, alur yang cepat ini menurutku tidak jadi masalah karena ceritanya tetap jelas dan tidak terasa terburu-buru.

Oya aku sempat menyebut bahwa Kembalinya Sang Puteri adalah sekuel ya, sebenernya tak bisa dimaksud sekuel juga sih, tapi serial.

Novel-novel ini ada di dalam seri Kerajaan Jawa namun satu sama lain saling terkait. Boleh saja dibaca satu per satu, namun pasti kalian ingin tahu kisah sebelumnya, bukan? Nah ini dia rangkaian serialnya;
  • Putri Mahkota
  • Putra Mahkota
  • Pewaris Mahkota
  • Kembalinya Sang Putri
  • Kekasih Sang Putri
Di awal cerita, pembaca sudah disuguhi misteri, sekaligus konspirasi sehingga pembaca akan setia mengikuti alur cerita.

Aku sih berharap masih akan ada lagi cerita-cerita seperti serial Kerajaan Jawa ini. Selain karena aku seolah terseret ke milestone kemajuan di bidang teknologi, plus budaya milenial, aku juga berharap tema budaya kearifan lokal ini akan terus digali oleh para penulis sekaliber Anthea dan teman-temannya.

Karena... yeah...

"Manusia bukan cetakan tunggal mumi adam diatas bumi, yang ditaruh dalam gelas, tanpa sejarah, tanpa keterlanjutan kebudayaan.” - Goenawan Mohammad

My ratings : 4/5


Judul Buku : Kembalinya Sang Puteri

Penulis : Anthea Gillian

Penerbit : Penerbit Centaur

Tebal Buku : 353 halaman + epilog

© 2020 Anthea Gillian All Rights Reserved
https://www.wattpad.com/user/AntheaFeather

Harga : 74.000

Beli buku (online) : https://www.instagram.com/antheagillian/

48 komentar

  1. Foto orang jaman dulu koq pada tegang tegang ya. Maaf OOT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya ... Mungkin karena dulu kan fotonya pake tustel yang lamaaa gitu dan si obyek ga boleh gerak, kalo ngga goyang gambarnya!

      Hapus
  2. Mbak Tanti berapa lama selesaikan baca buku Kembalinya Sang Putri ini? Hebat ya si Thea ini bisa menggali lebih dalam tentang cerita keraton kerajaan Jawa sehingga cerita ini hidup dengan tokoh-tokoh menarik yang juga dikupas tuntas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu di paragraf pertama kutulis Dennis, 2 bulan kurang lebih karena adikku sejak stroke sampai ga ada aku bolak balik ke RS dan fokusku berubah total

      Hapus
  3. Wah, terharu banget. Ini pertama kalinya baca review buku sendiri. Terima kasih banyak Neng Tanti sudah meluangkan waktu untuk membaca dan membuat review novel saya. Semoga kita bisa bertemu kembali di karya-karya berikutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin... ceritanya keren, menarik dan berani mengungkap fakta yang ada!
      Terus berkarya yaaa Tara, love you!

      Hapus
  4. Menarik banget nih alur cerita Kembalinya Sang Putri. Saya udah lama banget gak baca novel, jadi kangen deh. Btw bukunya udah tersedia di iPusnas blum yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa baca ya, ada di wattpad kok, ga usah beli bukunya, pasti ga sempat! hihihihi

      wattpad yang kubaca yang berbayar, jadi aku bisa tuntas bacanya

      Hapus
  5. Wah jarang ada yang mengangkat cerita tentang sejarah apalagi kalau dari wattpad, keren ini kayaknya dari covernya juga cantik jadi penasaran. Terima kasih reviewnya.

    BalasHapus
  6. cerita yan diangkat unik dan mengandung kearifan lokal. untuk dunia per-wattpad-an sangat jarang yang mengangkat cerita bertema keraton kerajaan jawa begini. dari reviewnya aja udah menarik. aku jadi semakin tertarik untuk membacanya

    BalasHapus
  7. waaah setiing bersejarah yang juga didasari fakta ya mba. Aku jadi tertarik untuk membacanya, apalagi melihat ilustrasi foto - foto antik yang ditampilkan

    BalasHapus
  8. Mbaak tanti turut berduka cita yaa πŸ™πŸ™.
    Sukaak cerita tentang kerajaan biasanya lihat drakor kolosal ini ada yg membuat novel tentang kerajaan jawa.

    Mbaa kurang banyak ulasannya hehehe kepo maksimal pengen baca juga.

    BalasHapus
  9. Wahh keren ini ceritanya
    Aku jadi penasaran, aku suka baca novel setting sejarah seperti ini
    Btw baca novel ini butuh berapa hari mbak?

    BalasHapus
  10. Kalau cerita putri dari kerajaan gitu suka pengen baca. Dari dulu suka kisah-kisah kerajaan, karena banyak sejarahnya yang bisa dipelajari juga ya. Makasih reviewnya mak.

    BalasHapus
  11. Aku menunggu ulasan tentang percintaan sesama jenis, tapi sampai tulisan berakhir nggak nemu! Jadi mesti nunggu postingan selanjutnya nih?

    Keren ya penulis cerita ini, mengambil latar belakang kehidupan keraton. Terus bisa aja dia cari nama yang panjang dan bagus buat tokoh-tokohnya

    BalasHapus
  12. Tiba-tiba aku inget princes diary mbak. Tapi yg ini versi Indonesia ya. Setting nya keraton kerajaan di Jawa pula. Menarik nih

    BalasHapus
  13. Kereen euy jadinya. Kebetulan aku suka baca webnovel atau manhwa Korea dengan setting kerajaan/ kekaisaran Eropa begitu Mbak. Ternyata kalau backgroundnya mengambil setting kerajaan di Nusantara pun gak kalah keren ya, apalagi ini tentang budaya bangsa kita sendiri. Mau coba nanti aku kulik-kulik wattpadnya antheafeather juga ah. :D

    BalasHapus
  14. Aku selalu suka cerita sejarah, asli Indonesia tuh kaya banget akan cerita sejarah kerajaan ya Mba. MasyaAllah sukses buat penulisnya yang berani tampil beda dan ceritanya luar biasa jadi penasaran juga. Makasih reviewnya mba Tan

    BalasHapus
  15. Benar! Nama tokoh dalam cerita bagus bagus dan punya makna dalam. Panggilan juga sesuai dengan nama. Nah klo zaman now ,ada yg bagus tapi dipanggil dengan nama yg malah bikin 'lahhh...��

    BalasHapus
  16. Agak pusing bagi saya kalau mikirin kehidupan kerajaan. Meskipun terkesan glamor, tapi kayaknya ribet hahaha. Saya belum pernah membaca bukunya. Jadi belum tau apakah akan suka atau enggak. Tapi, saya terkesan dengan semua nama di nobel ini. Cakep-cakep banget namanya

    BalasHapus
  17. Saya jadi penasaran dengan buku ini, apalagi berseri gitu ceritanyay bundhe. Kayanya menarik menelisik kehidupan kerajaan di Jawa, sekaligus bisa belajar sejarah kali ya kalo baca buku ini. Hehehe

    BalasHapus
  18. Penasaran dengan isi bukunya ini kehidupan kerajaan gitu yah? Pasti pusing aku tuh hahaha

    BalasHapus
  19. Menarim nih ceritanya. Cerita tentang kerajaan memang selalu bikin penasaran. Ada tata krama atau peraturan yg dipegang teguh, tapi juga ada konflik besar di dalamnya.

    BalasHapus
  20. Di Wattpad banyak penulis cerita yg akhirnya bisa nerbitin buku yaa, salut sama komunitasnya deh. Aku terkaget-kaget pas Sunan punya selir sampe 40an loh! Banyak banget! Ga kebayang ya gimana kehidupan model internasional balik lagi ke keraton, penasaran lika liku ceritanya.

    BalasHapus
  21. menarik nih bukunya cerita tentang kerajaan gini tuh, apalagi nuansa kerajaan jawa yang kulturnya dekat sama kita yaaa mba, pengen baca deh selengkapnya

    BalasHapus
  22. Setting kerajaan yang diambil unik! Ku pikir kisah puteri raja modern ala barat ternyata Jepara! Wew, akupun yang Jawa enggak paham soal kerajaan. Baca novel ini sambil belajar kebudayaan dan tata krama yang njawani

    BalasHapus
  23. Penasaran juga nih mau baca juga apalagi settingnya kerajaan jaman dulu. Di perpusnas ada gak ya?

    BalasHapus
  24. Membaca 353 halaman ga bakalan kerasa cape karna kisah seorang Mina Arshavina Ghauri yang begitu menarik

    BalasHapus
  25. Salut kepada penulis yg msh mau kulik historis masyarakat Jawa di tengah novel teenlit2 yg membanjiri toko buku hingga dunia maya. Emg cerita2 di wattpad ini banyak banget diangkat ke novel krn emg ceritanya bagus2 sih. Jadi pgn beli novelnya tuh.

    BalasHapus
  26. Sudah lama banget kayanya gak baca cerita tentang kerajaan yang begini nih. ulasannya menarik, jadi pengin lanjut baca di wattpad juga.

    BalasHapus
  27. Menarik nih! Penasaran bagaimana ceritanya dan penulis 'meggambarkan' keraton Jawanya. Salut juga buat penulis mau mengangkat tema tentang kerajaan Jawa.

    BalasHapus
  28. Wah, kisah kerajaan memang enggak pernah membosankan ya. Selama ini malah lebih suka nonton drakor dengan tema kerajaan. Dari visual sampai jalan cerita keren semua. Kayaknya kudu cari bacaan atau tanyangan bertema kerajaan lokal juga. Mana tahu ketemu yang keren seperti ini.

    BalasHapus
  29. Aku amati kalau novel dari wattpad berarti dia dah populer dan bagus. Jadi kepo nih pingin baca Kembalinya Sang Putri. Untuk tokohnya kalau banyak yang diangkat suka suuzon jadi bosan, karena kurang ngulik tokoh utama. Tapi di sini kayanya tetep seru-seru aja ya. Dah lama bgt ga baca genre dengan latar jaman dulu gini

    BalasHapus
  30. Jalan ceritanya menarik kak, apalagi didalamnya ada unsur sejarah plus keluarga kerajaan gitu. Padahal kalau aku lihat di wattpad enggak banyak lho, yg ngangkat tema kayak gini. Menarik!

    BalasHapus
  31. jadi ini latarnya udah bukan kerajaan jaman dulu yaa, Mba, namun disesuaikan dengan masa kini. Membaca review ini langsung bisa menyimpulkan bukunya bagus dan layak dibaca oleh lebih banyak orang lagi

    BalasHapus
  32. Paling suka sih sama novel yg kerajaan gitu, trus ceritanya alurnya apik juga ya, dan banyak konflik yg malah membuat kita tambah penasaran, hehe jadi penasaran sama novelnya ini mbaa

    BalasHapus
  33. Jadi salfok dengan Pakubuwono X memiliki selir terbanyak yaitu 40 orang πŸ˜€ Apakah punya selir sebanyak itu masih berlaku pada raja-raja yang masih bertahta saat ini?

    Ulasan yang sangat menarik, Mbak Tanti. Aku merasa ditarik kuat buat ikut baca novelnya. Terima kasih sudah piawai bercerita πŸ‘πŸ˜˜

    -Katerina/Travelerien

    BalasHapus
  34. Karya novelnya bagus dengan jalan cerita yang oke, eh di komenin juga ya reviewnya ini sama penulis novelnya. Keren Mak Tanti

    BalasHapus
  35. Cerdas, penulisnya. Tidak mudah lho kak membuat sebuah alur cerita adaptasi dengan sejarah sebenarnya, bahkan mengungkap sesuatu yang belum diketahui banyak orang menggunakan sebuah konsep narasi yang "segar". Saya harus baca buku ini!

    BalasHapus
  36. Dari dulu suka banget baca kisah2 tentang kerajaan atau sejarah, kalaubkalau novel ini jadi ngerasa nostalgia. Alurnya menarik, mengungkap sesuatu yang belum diketahui banyak orang, keren banget

    BalasHapus
  37. wah keren banget penulisnya membuat cerita dengan latar belakang keraton yogya. pasti butuh riset yang mendalam ya, mbak. tapi saya baru tahu nih kalau sultan juga punya selir kayak di korea. heu

    BalasHapus
  38. wah sepertinya menarik nih seri kerajaan jawa. cerita sejarah yang juga dibalut modernisasi ����

    BalasHapus
  39. Banyak juga serial dari kembalinya sang putri ini ya mbak. Tapi klw ceritanya menarik pas bakal mau baca serialnya yg lain sampe habis

    BalasHapus
  40. wah sekilas jadi inget princess hours versi indonesia. kebetulan kemarin aku abis lihat keraton jogja, jadi ngebayangin kalau beneran kembalinya ada putri2 dan aktif memerintah negara gimana ya. hehe keren sih novel ini dari wattpad bisa naik cetak berarti banyak yang baca

    BalasHapus
  41. Mbaaakk bagus banget kayaknya bukunya, aku jadi pengen baca. Apalagi ini mengangkat kisah kerajaan jawa, yang jarang terjadi pada novel masa kini.

    Jadi ini masuknya novel based on history atau bukan mba?

    BalasHapus
  42. menarik mbak, cerita cerita soal kerajaan seperti ini memang beda sih alurnya menurutku
    dan nama Putrinya bagus banget itu, kerenn

    BalasHapus
  43. Bagus nih alur ceritanya. Kebayang kalau jadi film dengan background dan setting kerajaan Jawa. Wah, banyak yang tertarik pastinya

    BalasHapus
  44. Aku baca pelan pelan dan terhanyut, menarik juga ya ternyata novel debgan latar kerajaan jaman dulu. Dari yang kaka review itu hampir menggambarkan si isi novelnya yang bikin aku penasaran lebih jauh tentang novelnya

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)