3 Nutrisi Yang Bermanfaat Untuk Kecerdasan Otak Anak

3 Nutrisi Yang Bermanfaat Untuk Kecerdasan Otak Anak


Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, sehingga tidak heran jika para orang tua selalu berusaha untuk memberikan makanan-makanan sehat yang memiliki peranan penting dalam membantu tumbuh kembang si kecil.
Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi para orang tua untuk memberi makanan sehat sejak bayi agar pertumbuhan serta perkembangan anak bisa berlangsung dengan baik. Tidak hanya untuk pertumbuhan dan perkembangan, makanan sehat juga bisa meningkatkan kecerdasan si kecil.

Tentu ketika berbicara mengenai kecerdasan hal ini tidak akan lepas dari nutrisi makanan yang harus terpenuhi. Bagaimana pun, untuk mendukung hal tersebut anak juga membutuhkan asupan gizi yang tepat untuk meningkatkan daya ingat dan keterampilan.

Berikut 3 nutrisi makanan yang bermanfaat untuk kecerdasan otak anak, yaitu:

Ikan Salmon

Ikan adalah sumber makanan yang memiliki kandungan asam lemak serta omega 3 sehingga akan sangat membantu kesehatan otak hingga kecerdasan si kecil. 
Selain itu, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa nutrisi yang terkandung dalam ikan juga sangat bagus untuk tumbuh kembang anak. Salah satu ikan yang sangat kaya akan nutrisi dan gizi baik tersebut adalah ikan salmon.
Ikan salmon sangat baik untuk dikonsumsi untuk anak karena salmon sangat kaya akan kandungan asam lemak omega 3 seperti DHA dan EPA yang mana keduanya sangat penting sebagai pengembang yang sangat tepat dari otak.

Bahkan, sebuah penelitian juga membuktikan bahwa orang-orang yang banyak mengonsumsi ikan salmon cenderung memiliki daya ingat lebih tajam jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.
Oleh karena itu, memberi anak olahan makanan ikan salmon akan sangat baik untuk kebutuhan nutrisinya.

Susu

Susu memiliki kandungan protein yang sangat tinggi serta vitamin D dan vitamin B yang mana kedua vitamin otak ini  berperan aktif untuk menjaga serta memperbaiki sel-sel otak anak. 
Seperti yang kita ketahui, semua kandungan nutrisi penting merupakan kunci utama untuk pengembangan berbagai sistem di dalam tubuh seperti :
  • jaringan otak, 
  • neurotransmiter, 
  • neuromuskuler, dan 
  • enzim.
Dalam hal ini anak-anak serta kelompok usia remaja masih dalam tahap pertumbuhan sehingga mereka membutuhkan nutrisi yang banyak dan harus terpenuhi.

Kacang Hijau
Kacang hijau merupakan sumber makanan yang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk anak seperti vitamin C, zat besi, zinc, magnesium, mangan, potassium, asam folat, tembaga, fosfor, hingga thiamin yang mana kandungan-kandungan tersebut sangat penting untuk tubuh khususnya otak si kecil.

Kacang hijau dapat dikonsumsi dari bentuk biji-bijian, atau hasil olahan seperti minuman kacang hijau. 
Oh ya kalo kamu pengen beli minuman sari kacang hijau, coba kunjungi artikel di website Pickybest.id   Mereka tuh merekomendasikan produk minuman kacang hijau lengkap dengan harganya.
Yuk kita kepoin!

33 komentar

  1. Nah bener banget, di masa perkembangan anak memang penting untuk memberi asupan makanan yang bergizi seperti ini apalagi bermanfaat untuk mengembangkan kecerdasan. Susu utama, ya, gak heran karena sedari kecil yang dikonsumsi itu. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul susu buat anak-anak bisa pengganti protein yang terbaik

      Hapus
  2. nah anakku gak doyan kacang hijau nih mba, jadi pe er deh buat ngenalin dia ke olahan kacang hijau karena nutrisinya sangat baik untuk tumbuh kembang anak

    BalasHapus
  3. Setuju sekali mbak, asupan gizi yang seimbang diperlukan banget untuk perkembangan mereka terutama karena masih dalam usia pertumbuhan yaaaah. Salmon, susu dan kacang hijau ternyata banyak banget manfaatnya untuk tumbuh kembang anak yaaah

    BalasHapus
  4. Anakku udah remaja tapi doyaann banget minum susu mbaaa
    ya wis, gapapa lahh
    dia sering beli susu utk tambah tinggi badan :)
    trus aku stok juga yoghurt di kulkas.
    semoga anak2 makin sehat dan setroongg!

    BalasHapus
  5. Wah, ketiga bahan diatas bener bener banyak ya kandungan nutrisinya. Kacang hijau ini termasuk kecil tapi banyak banget manfaatnya, airnya aja bisa diminum gitu aja tanpa tambahan gula.

    BalasHapus
  6. Ikan salmon belum pernah tahu gimana rasanya, belum pernah juga kasih buat anak-anak.
    kalau susu dan kacang hijau sih sering kasih buat anak-anak. Susu dan sari kacang hijau tuh minuman kesukaan anak-anak saya

    BalasHapus
  7. Ikan salmon kesukaannya Marwah, dipanggang terus dikasi pepper, enak katanya. Emang harus memberikan nutrisi terbaik ya untuk anak - anak.

    BalasHapus
  8. Wah, kacang hijau bagus ya buat anak-anak? Huhu anak-anakku pada gak suka deh. Makan bubur kacang aja pada susah-susah. Aku malahan yang doyan banget. Alhamdulillahnya, mereka rutin minum susu. Jadinya aku gak terlalu ngerasa bersalah banget.

    BalasHapus
  9. Karena ikan salmon rada mahal ya mom Tanti,aku memberikan nutrisi untuk kecerdasan otaknya dengan kacang hijau.Bubur kacang hijau mereka suka.Biasanya kacang hijaunya lebih banyak dan santannya sedikit supaya tidak "eneg" ya mom.Tidak saja anak yang suka mom,aku juga banget suka deh

    BalasHapus
  10. Aank2ku doyan makan salmon, biasanya pas makan sushi gitu mbak :) Kalau susu, anakku yang sulu ng kurang suka, tapi anak bungsuku doyan banget. Kacang hijau seringnya sih beli, ga bikin sendiri hahaha emak males soalnya wkwkwkwk. Ketiga nutrisi tersebut cocok ya dipadukan dengan roti hehehe. TFS mak Tanti.

    BalasHapus
  11. Wah pas nih info sari kacang ijo, kebetulan aku and anakku juga suka minuman ini. Ingat anak masuh kecil aku, prepare banget deh masalah nutrusinya aku

    BalasHapus
  12. dari ketiganya yang agak mahal sih ikan salmon yaa... hmm bukan cuma soal harga mendapatkannya juga gak gampang, klo susu dan kacang ijo insyaAlah lah ya available dan affordable. Aku pernah dengar makneng ada ikan lokal yang zat gizinya bisa mereplace ikan salmon ini deh, kayaknya bisa jadi alternatif utk yang sulit dapet salmon

    BalasHapus
  13. Aku seneng deh kalo anakku doyan makan ikan terutama ikan salmon, jadi pas mpasi aku kenalin banyak jenis ikan, alhamdulillah dia suka dan gak ada alergi tapi saat usia 1 tahun ke atas, makannya ayam telur itu aja muter2, eh pas aku coba kenalin lagi ke ikan terutama ikan salmon, ternyata dia masih suka :)

    BalasHapus
  14. Kalau susu dan kacang hijau rutin jadi menu anak-anak di rumah, kalau salmon berhubung harganya yang lumayan ya kadang-kadang. Memang kandungan nutrisinya bermanfaat ya..Kalau minuman sari kacang hijau saya paling suka, mau kepoin ah pickybest id

    BalasHapus
  15. Dulu pas MPASI, anak anakku sering konsumsi ikan salmon
    Tapi pas Uda gede mereka nggak suka mbak
    Tapi kalo sari kacang hijau, mereka suka

    BalasHapus
  16. Salmon dan susu nih favorit anakku banget, tapi dia sayangnya kurang suka sama kacang hijau. Tapi gak hanya itu saja sih, semua jenih kacang-kacangan dia gak doyan. Walau pun pernah ya bikin sop kacang merah terus aku umpetin dalam nasi, dia tau wakakakaa

    BalasHapus
  17. Waaah aku suka nih mbak minuman sari kacang hijau. Apalagi kalau diminum dingin. Tadi dah meluncur ke pickybest kirain web luar negeri dari namanya. Ternyata artikel artikel berbahasa Indonesia yaa

    BalasHapus
  18. Alhamdulilah anak suka minum susu i, kalo sari kacang ijo dia kurang suka sih.. anak2 masa tumbuh kembang butuh asupan bergizi dan seimbang agar tumbuh sesuai usia n gak stunting.. semoga anak2 kita tumbuh sehat dan bahagia

    BalasHapus
  19. Masalh nutrisi buat anak ini emang penting banget buat dipikirin ya mak
    ANak2ku sampai sekarang masih minum susu walau skrng cuma jd camilan semata :D
    Ikan juga untungnya mereka suka, walaupun ya gak selalu salmon, ikan lokal juga untungnya jg banyak yang bagus2 :D

    BalasHapus
  20. Iya salmon, susu dan kacang hijau bagus untuk kesehatan dan kecerdasan anak yaa aku suka banget minuman sari kacang hijau, segar...

    BalasHapus
  21. Ikan salmon buat aku ya golongan mahal. Keponakanku makan itu dalam versi bubur bayi. Paling ikannya diganti sama Kembung. Susu dan kacang hijau bisa lah

    BalasHapus
  22. zaman sekarang saat pandemi banyak nutrisi yang diperlukan bagi kesehatan dan salmon, susu dan kacang hijau emang bagus deh

    BalasHapus
  23. jadi ingat pas mpasi anak aku bela2in beli salmon mba padahal harganya bergetar dompetttt
    tapi ya namanya ikhtiar ya. kalau selanjutnya tak kasih makan ikan aja wes digoreng pada senenggg

    BalasHapus
  24. Kalau Salmon mungkin kurang bisa terjangkau banyak orang, bisa menggunaka susu atau kacang hijau yaa..
    Jadi ada banyak cara bagi orangtua untuk penuhi nutrisi keluarga.

    BalasHapus
  25. Ketiga bahan pangan ini memang sudah diakui keunggulannya dalam memenuhi nutrisi anak. Makanan yang bergizi tuh investasi masa depan anak, bisa tumbuh sehat dan cerdas ya berkat semua yang dikonsumsi sejak kecil.

    BalasHapus
  26. Dua terakhir memang saya sediakan untuk anak anak. Tapi ikan salmon mah sesekali aja hihi kadang anakku pesen sushi toping ikan salmon, karena emang mihil dikit itu ikan yaa haha terus susah mengolahnya. Jadi sesekali kita jajan sushi toping salmon aja. Agar tetap bisa dapat nutrisinya.

    Btw wah senangnya tahu tempat beli minuman kacang hijau. Cus ah aku termasuk yang paling doyan minuman kacang hijau. Thanks mak Neng cantik.

    BalasHapus
  27. Kudu seimbang ya ketiga2nya dalam pemberian nutrisi ke anak ya kak,supaya hasilnya optimal,tengkyuh ilmunya jadi bisa diterapkan kalo pas udah punya anak.

    BalasHapus
  28. Aku selalu mengusahakan mengenalkan makanan-makanan ini ketika anak mulai MPASI. Namanya juga usaha ya kan.

    BalasHapus
  29. Nutrisi dalam ikan salmon memang bagus banget buat anak-anak. Dulu jaman anak-anak masih kecil saya selalu sediakan bujet khusus untuk asupan yang satu ini. Cuma sekarang ada alternatif lain yaitu ikan kembung yang kandungannya gak kalah dari salmon. Jadi makin banyak variasi bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak.

    BalasHapus
  30. Anak saya yang pertama seneng bantet sari kacang hijau. Apalagi kalau udah didingingin dulu. Makanya suka beli juga minuman ini. Banyak manfaatnya juga ya, Mbak

    BalasHapus
  31. Mom Tanti, kebetulan yang disebutin semua anak-anakku suka. Karena salmon mahal jadi diselang seling. He he he 2 anak kalo makan salmon suka lupa diri saking enaknya.
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  32. Wah susu, salmon, dan kacang ijo memang enak dan kaya protein. Yang sudah dewasa juga suka hehe.

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)