Ini Dia Judul Konten yang Bikin Orang Lanjut Baca



Jujur deh, apa sih yang membuat kamu memutuskan ingin membaca sebuah  cerpen, artikel atau novel?

Yup, karena tertarik dari judulnya! 

Sebuah judul bisa menjadi hook, atau pengait yang mengikat si pembaca yang bisa jadi penasaran, sehingga rela membaca hingga akhir artikel.
Meskipun tidak ada persentase pasti, beberapa penelitian pemasaran konten dan analisis data online telah menunjukkan bahwa judul yang menarik dapat meningkatkan tingkat klik atau pembacaan. 
Dengan rasa ingin tahu yang tinggi, aku pun akhirnya membuat riset kecil, apa sih yang membuat judul konten itu menarik? 

Mengapa orang tertarik untuk membaca? 

Dilansir dari kreativv.com ini dia tipe-tipe judul konten yang bisa menarik minat pembaca, check this out!

1. Curiosity Headline

Buat judul konten yang bikin pembaca penasaran, sehingga tidak cukup hanya membaca judulnya saja, harus lanjut baca isinya sampai habis. 

Misalnya “Ini rahasia sukses bisnis modal kecil dari rumah” atau “Sukses turun bobot 10 kg dalam 1 bulan, ini rahasianya!”

2. Fear Headline

Judul yang mengandung larangan seringkali menarik perhatian pembaca, terutama kalau topiknya berhubungan dengan mereka. Pembaca jadi penasaran dan ingin membaca apa saja yang dilarang dan kenapa. 

Contoh fear headline antara lain adalah “Hindari Menyesal di Masa Tua, Siapkan 5 Hal Ini” atau “Pastikan Nggak Melakukan 3 Hal Ini Supaya Nggak Naik Berat Badan.”

3. Segmented Headline

Judul yang menargetkan segmen tertentu juga bikin penasaran. Orang yang tertarik dengan topik tersebut akan klik kontennya dan membaca kontennya sampai habis. Ada banyak segmen yang bisa kita targetkan. 

Contoh segmented headline di antaranya adalah “5 Pekerjaan yang Cocok untuk Gen Z” yang menargetkan pembaca dari Gen Z dan “10 Lagu Patah Hati yang Pas Banget Buat Si Ekstrovert” untuk pembaca yang ekstrovert.

4. Benefit Headline

Kebanyakan orang akan tertarik dengan sesuatu kalau ada benefitnya, kan? Sama juga dengan judul konten. Kalau diberikan benefit di depan, maka pembaca akan tertarik untuk mencari tahu lebih jauh. Bagaimana cara mendapatkan benefit tersebut?

Contoh benefit headline di antaranya adalah “Bisa Dapat Beasiswa Penuh ke Korea Kalau Kamu Lakukan Ini”, atau “Gratis iPhone Terbaru Kalau Kamu Ikuti Tantangan Seru Ini.”

5. Question Headline

Judul konten yang bentuknya pertanyaan juga menarik agar pembaca terus lanjutkan membaca keseluruhan artikel, terutama yang berhubungan dengan mereka. 

Beberapa contoh question headline adalah “Sudah Ikut Diet Ini Itu Tapi BB Nggak Turun Juga?” atau “Sulit Fokus Saat Belajar? Ini Dia 5 Penyebabnya.”

6. Claim Headline

Judul konten yang mengklaim sesuatu menandakan kalau sesuatu itu pasti berhasil, jadi orang penasaran bagaimana caranya supaya bisa berhasil dan akhirnya membaca keseluruhan isinya. 

Contoh claim headline antara lain adalah “5 Cara Ini Bikin Kamu Mudah Menabung” atau “Coba 5 Hal Ini Selama 1 Minggu, BB Pasti Turun!”

7. The Reason Why Headline

Berikan alasan dari sesuatu di judul konten agar pembaca tertarik. Alasan itu bisa positif atau negatif. Jadi kalau alasannya negatif, bisa dihindari. Sebaliknya, kalau alasannya positif, maka bisa dicoba untuk dilakukan supaya lebih berhasil.

Contoh the reason why headline antara lain adalah “8 Alasan Kenapa Pakaianmu Bisa Mempengaruhi Interview Kerja” atau “10 Alasan Kenapa Gaji Kamu Selalu Nggak Bersisa untuk Ditabung.”

8. Command Headline

Jenis judul konten yang terakhir ini seperti komando atau perintah. Jadi isinya to the point mengomandokan pembaca untuk melakukan hal tertentu. 

Contoh command headline di antaranya adalah “Pakai Baju Simpel Ini ke Interview Kerja Supaya Sukses” atau “Lakukan 8 Hal Ini Supaya Lebih Produktif Saat Kerja.”

6 komentar

  1. Naah...pas banget nih tulisan ini buat aku yg paling gak pinter bikin judul. Biasanya akubikin judul belakangan ya karena susah mikir judul ygmenarik..haha.. Terima kasih sharing tips nya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi ternyata kita sendiri yang suka sulit bikin judul konten ya mbak

      Hapus
  2. Mantap Kak Tanti. Daku biasa punya 3-4 alternatif judul buat 1 tulisan. Nulis dulu baru milih judul belakangan.

    Tapi kalo headline yg click bait ya nggak banget wkwkw. Idih

    BalasHapus
  3. Jujurly beberapa headline di atas emang suka klick bait, 😂
    jadi ga heran kadang mudah bacanya karena penasaran dengan headline yang disajikan
    apalagi kalau yang sifatnya motivasi, macam fear n benefit headline
    udah pasti auto klik
    kok bisa nemu judul judul yang klick bait gini sih tehhh
    penasaran macam mana surveinya 😂

    BalasHapus
  4. Aku tipikel orang yang mau baca tulisan atau buku kalau itu judulnya releted sih Mba. Hehe.
    make sense juga, jadi ibaratnya itu tulisan ada nyawanya dan ngajak untuk dibaca. Sayangnya, aku sendiri kadang juga susah bikin judul, kalau asal klik bait aku masih kureng berkenan. Pengennya buat tulisan yang judulnya itu emang menggambarkan seluruh tulisan. Nah ruwet itu pasti.

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)