Wednesday, November 13, 2013

Dio! Kerjakan PR Matematikanya!






123rf.com
PART 1

Tulisan ini saya buat setelah berkutat semalaman gara-gara membantu bang Dio mengerjakan PR Matematika-nya (dendam..)
The truth is...
Matematika itu bukan one of my lovely subjects to learn, bukan karena saya tidak mampu (^^) tapi mostly karena otak saya 'malas' mengutak-atik jalan dan strateginya. Tapi dari sini semua bermula.. drum rolls..

Naah,  coba kita tengok apa sih matematika itu sebenernya ?

Matematika means studi penalaran?


Dari mbah wikipedia, kutemukan matematika (dari bahasa Yunaniμαθηματικά - mathēmatiká)  berarti : studi besaranstrukturruang, dan perubahan

Para matematikawan sering mencari berbagai pola, merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksi yang kaku dari aksioma-aksioma  dan  definisi-definisi yang bersesuaian.

Sama-sama ga suka matematika :)
Terdapat perselisihan tentang apakah objek objek matematika seperti  bilangan  dan  titik  hadir secara alami, atau hanyalah buatan manusia.  

Melalui penggunaan  penalaran  logika  dan  abstraksi, matematika berkembang dari pencacahanperhitunganpengukuran, dan pengkajian sistematis  terhadap  bangun  dan pergerakan benda-benda  fisika. Matematika praktis telah menjadi kegiatan manusia sejak adanya rekaman tertulis!
 Nih, kata pakar Matematika :
wikipedia
Matematika  adalah  ilmu  yang menggambarkan simpulan-simpulan  yang penting 

ini foto pak Ben yang lahir di Salem, Massachusets (ini temennya Mas Paimo) tahun 1809 tanggal 4 April *eeh, bintangnya Aries- iish abaikan ^^
beliau adalah matematikawan di bidang aljabar dan filsafat matematika yang mengajar di Harvard University selama 50 tahun.

123rf.com

 Sejauh hukum-hukum  matematika merujuk kepada kenyataan, mereka tidaklah pasti; dan sejauh mereka pasti, mereka tidak merujuk kepada kenyataan.
 Albert Einstein

nah, kalo mbah Einstein, semua rata-rata sudah kenal! Ia juga seorang fisikawan yang menerima hadiah Nobel itu. Ia lahir di Ulm, Jerman tahun 1879 dan meninggal di Amerika tahun 1955.

Perkembangan Matematika

Melalui penggunaan penalaran logika dan abstraksi, matematika berkembang dari  pencacahanperhitunganpengukuran, dan pengkajian sistematis terhadap  bangun  dan  pergerakan benda-benda fisika. 

Matematika praktis telah menjadi kegiatan manusia sejak adanya rekaman tertulisArgumentasi kaku pertama muncul di dalam Matematika Yunani, terutama di dalam karya EuklidesElemen

Matematika selalu berkembang, misalnya di Cina pada tahun 300 SM, di India pada tahun 100 M, dan di Arab pada tahun 800 M, hingga zaman Renaisans, bla bla bla.. hehe..  
Kini, matematika digunakan di seluruh dunia sebagai alat penting di berbagai bidang, termasuk ilmu alamteknikkedokteran/medis, dan ilmu sosial seperti ekonomi, dan psikologi 

Matematika terapan

Kalo yang studi teknik -sepertiku- pasti tau ada yang namanya Matematika terapan, cabang matematika yang melingkupi penerapan pengetahuan matematika ke bidang-bidang lain. 
123rf.com
Ia mengilhami dan membuat penggunaan temuan-temuan matematika baru, dan kadang-kadang mengarah pada pengembangan disiplin-disiplin ilmu yang sepenuhnya baru, seperti  statistika  dan teori permainan.

Para matematikawan juga bergulat di dalam matematika murni, atau matematika untuk perkembangan matematika itu sendiri, tanpa adanya penerapan di dalam pikiran, meskipun penerapan praktis yang menjadi latar munculnya matematika murni ternyata seringkali ditemukan terkemudian.

OOT dan curcol : saya pasti ga akan pernah lulus, kalo ga inget dosennya keren, tinggi dan ganteng plus fakta bahwa kuliah subjek ini selalu dipenuhi mahasiswa Teknik Mesin dan Elektro hihihii .. uups intermezzo, sob! ck ck ck ga inget umur banget yak kalo nulis!

Matematika Secara Etimologi
Kata "matematika" berasal dari bahasa Yunani Kuno μάθημα (máthēma), yang berarti  pengkajianpembelajaranilmu, yang ruang lingkupnya menyempit, dan arti teknisnya menjadi "pengkajian matematika", bahkan demikian juga pada zaman kuno. 

Kata sifatnya adalah μαθηματικός (mathēmatikós), berkaitan dengan pengkajian, atau tekun belajar, yang lebih jauhnya berarti matematis. Secara khusus, μαθηματικ τέχνη (mathēmatik tékhnē), di dalam bahasa Latin ars mathematica, berartiseni matematika.

Bentuk jamak sering dipakai di dalam bahasa Inggris, seperti juga di dalam bahasa Perancis les mathématiques (dan jarang digunakan sebagai turunan bentuk tunggal la mathématique), merujuk pada bentuk jamak bahasa Latin yang cenderung netral  mathematica (Cicero), berdasarkan bentuk jamak bahasa Yunani τα μαθηματικά (ta mathēmatiká), yang dipakai Aristotle, yang terjemahan kasarnya berarti "segala hal yang matematis".[9] 

Tetapi, di dalam bahasa Inggris, kata benda mathematics mengambil bentuk tunggal bila dipakai sebagai kata kerja. Di dalam ragam percakapan, matematika kerap kali disingkat sebagai math di Amerika Utara dan maths di tempat lain.

Matematika di Sekolah Dasar
a.
       Pengertian Pembelajaran Matematika
123rf.com
Di Sekolah Dasar, pembelajaran Matematika diberikan dengan beberapa contoh soal cerita, dan penerapannya ke dalam kehidupan sehari-hari dengan mengenal rumus-rumus sederhana.

Komponen yang menentukan ketercapaian kompetensi adalah penggunaan strategi matematika yang sesuai dengan: 


1.      Topik yang sedang dibicarakan
2.
      Tingkat perkembangan intelektual siswa
3.
      Prinsip dan teori belajar
4.
      Ketertiban siswa secara aktif
5.
      Keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari
6.
      Pengembangan dan pemahaman penalaran matematis
b.
      Tujuan dan Fungsi Pembelajaran di Sekolah Dasar

Matematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bilangan dan simbol-simbol serta ketajaman penalaran yang dapat membantu memperjelas dan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. 
Simbol dasar tadinya cuman ini!

Simbol-simbol itu penting untuk membantu memanipulasi aturan-aturan dengan operasi yang ditetapkan. 

Simbolisasi menjamin adanya komunikasi dan mampu memberikan keterangan untuk membentuk suatu konsep baru.

Konsep baru terbentuk ---- karena adanya pemahaman terhadap konsep sebelumnya. 

Pemakaian simbol-simbol itu digunakan untuk mengkomunikasikan ide-ide secara efektif dan efisien. 

Nah, agar simbol-simbol itu berarti, kita harus memahami ide yang terkandung di dalam simbol tersebut.  (Hudoyo, 1988:54)

Contohnya : Kalo guru menulis 2 + 2 --- muridnya harus paham dong bahwa itu artinya si 2 yang pertama dimultiplikasi ke angka 2 selanjutnya! Ya ga, jeng!

Tujuan pembelajaran matematika di SD 

(1) Mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan dalam kehidupan melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran logis, rasional, kritis, cermat, jujur dan efektif;
(2) Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan; (3) Menambah dan mengembangkan ketrampilan  berhitung dengan bilangan sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari;
(4) mengembangkan pengetahuan dasar matematika dasar sebagai bekal untuk melanjutkan kependidikan menengah dan
(5) membentuk sikap logis, kritis, kreatif, cermat dan disiplin. (Depdikbud, 1996)


Udah dulu, yaaaa.....
----------------------------------------------------------------------------------------------
S U M B E R :
 http://dyahonblog.blogsppot.com
 Wikipedia. (2012). Matematika. [online]. tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Matematika·         Kecil, Lentera. (2011). Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. [online]. tersedia: http://lenterakecil.com/pembelajaran-matematika-di-sekolah-dasar/

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^