Monday, March 17, 2014

MANGROVE & TUPPERWARE SHE CAN YOU CAN!

ADA APA DENGAN MANGROVE?
Mangrove adalah jenis tanaman dikotil -buahnya berbiji berbelah dua- hidup di habitat payau. Kelompok pohon di daerah mangrove bisa terdiri atas suatu jenis pohon tertentu saja atau sekumpulan komunitas pepohonan yang dapat hidup di air asin. Hutan mangrove biasa ditemukan di sepanjang pantai daerah tropis dan subtropis, antara 32° Lintang Utara dan 38° Lintang Selatan.
Gambar mangrove dari pengertian-definisi
Hutan mangrove adalah ekosistem yang kompleks terdiri atas flora dan fauna daerah pantai, hidup sekaligus di habitat daratan dan air laut, antara batas air pasang dan surut. Berperan dalam melindungi garis pantai dari erosi, gelombang laut dan angin topan.  
Tanaman mangrove berperan juga sebagai buffer (perisai alam) dan menstabilkan tanah dengan menangkap dan memerangkap endapan material dari darat yang terbawa air sungai dan yang kemudian terbawa ke tengah laut oleh arus.
Sebagai bentuk kepedulian perempuan, maka Tupperware menggelar acara 
bertajuk “SheCAN , YouCAN : Women for Mangrove” pada Kamis, 13 Maret 2014 lalu. Bertempat di Grand Central Restaurat Bulungan, berbagai komunitas khususnya komunitas peduli lingkungan berkumpul dan saling berbagi informasi. 
Neng, aah.. nyempiil aja, numpang ngetop :P
Sebagai pembicara, yaitu Ibu Erna Witoelar pemimpin GPTP (Gerakan Perempuan Tanam & Pelihara) - Devi Suradji Direktur Marketing WWF, Murniwati Harahap yaitu aktivis pemulihan hutan bakau, dan Umayanti Utami selaku PR & Communication Manager Tupperware  dan  dengan moderator Shanaz Haque yang enerjik dan .. sumpah, lucu ya ternyata ^_^
Neng dengan ibu Erna Witoelar
Shahnaz yang cheerful
mbak Ratih Sang anggun banget yaaa

jiaah.. dapet tupperware lagiii ^_^
Acara diskusi ini merupakan pra event “FunWalk Woman for Mangrove 2014” yang akan dilaksanakan pada Minggu, 23 Maret 2014 di kawasan Senayan bertepatan dengan World Water Day 2014. 

PERAN TUPPERWARE, GPTP DAN MANGROVE
Perbaikan lingkungan itu memiliki banyak kegiatan atau solusi. Pembangunan kota Jakarta yang semakin agresif menyebabkan erosi dan abrasi di Pantai Utara Jakarta.

Tentu harus ada tindakan nyata untuk mengupayakan pelestarian hutan di kawasan Pantai Utara Jakarta. Tupperware sebagai perusahaan yang bahan dasar utamanya plastik berkualitas dan ramah lingkungan untuk keperluan rumah tangga, memiliki komitmen untuk menanam bakau dengan gerakan Fun Walk Woman for Mangrove. Kegiatan ini nantinya bergandeng tangan dengan  WWF (World Wide Fund) dan beberapa pihak terkait. Gunanya agar bermanfaat dalam menjaga kelestarian alam dan ketersediaan air bersih.  
Dengan peduli air, maka kita sudah peduli dengan lingkungan hidup” 
 Erna Witoelar

PERAN PEREMPUAN SHE CAN YOU CAN!
Perempuan itu makhluk yang mampu menyampaikan pesan secara berantai. Perempuan - menurut Devi Suradji dari WWF - juga adalah tulang punggung saat menghadapi isu global. Jadi, perempuan mengemban tugas sebagai agen perubahan!

Water crisis
Krisis air bersih merupakan isu global yang perlu mendapat perhatian khusus. Ketersediaannya semakin berkurang dari hari ke hari dan mulai sulit diperoleh, padahal kita tahu air bersih sangat dibutuhkan dalam aktifitas sehari-hari seperti mandi, minum, memasak, dll. Pada dekade 1980-an Indonesia masih termasuk negara yang memiliki ketahanan air yang baik. Namun kini, Indonesia telah memasuki era perebutan air bersih sebagai sumber kehidupan.a

TUPPERWARE FUNWALK 2014 WOMAN FOR MANGROVE 
Yang digelar oleh Tupperware pada hari Minggu, 23 Maret nanti memiliki rute Plaza Selatan Senayan – Sudirman – Semanggi – dan kembali lagi ke Plaza Selatan Senayan. 

Dengan jarak 5 km dan target peserta 5000 wanita, adalah aksi nyata kita sebagai perempuan sangat peduli dengan lingkungan.  Nah, untuk setiap peserta jalan sehat, artinya sudah turut menyumbang 1 pohon mangrove yang akan ditanam di Muara Gembong, Bekasi pada bulan April mendatang. 

Kegiatan penanaman ini akan dilakukan oleh para petani bakau yang disewa oleh WWF mulai dari edukasi, penanaman, hingga perawatannya. Maklum, penanaman mangrove itu susah – susah gampang. Ia butuh 5 tahun untuk akhirnya bisa dilepas.

Jika Anda ingin berpartisipasi dalam acara Fun Walk ini : hanya dengan 50 ribu rupiah, sudah mendapatkan 1 buah kaos Woman for Mangrove dan 1 ecobottle Tupperware yang telah diisi air putih. 

Dengan ecobottle ini artinya juga mendukung zero waste, anti kemasan air minum sekali pakai. Jangan khawatir, yang membawa suami dan anak akan disediakan playground, penitipan anak, dan permainan untuk para bapak-bapak di Plaza Selatan Senayan. 

Informasi pendaftaran bisa menghubungi Nayaprada di 021-9788 9039 atau Showroom Tupperware di 021-759 20565. 

12 comments:

  1. Kegiatan seperti ini selayaknya ditumbuh suburkan.
    Hari apa saja jangan lagi berisi hura-hura tapi diisi dengan hal-hal yang bermanfaat untuk memperbaiki negeri tercinta.
    Terima kasih infonya Jeng
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pakde, semoga Surabaya juga sama ya, membuat review ke beberapa tempat, atau mungkin kudu dicolek?

      Delete
    2. Kabar Kembira Sekrang Install Ulang Pke FD lebih Mudah dengan Aplikasi ini
      http://kask.us/hOzId

      Delete
  2. Liat potonya mupeng ajaaa..ada Mak Ica, Mak Tuning dll....keren infonya Maakkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mak Lies Hadi,
      kemaren ga ikutan ya, kejauhankah? See u di next kegiatan ya maaak

      Delete
  3. lanjutkan kegiatan positifnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mitra bibit, semoga rakyat Indonesia semakin rajin menanam bibit yaa

      Delete
  4. sepertinya aksi untuk menyelamatkan Mangrove sedang booming di negeri ini....di sulawesi juga aksi ini sedang gencar-gencarnya diadakan....semoga saja dengan aksi ini..bumi kita bisa terjaga kelestariannya....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Hariyanto,
      karena terbukti penanaman mangrove mengurangi dampak limbah di laut - mengurangi bau amis dan menahan massa pasir pantai hingga tidak erosi

      Delete
  5. Wiih.. pingin ikut world water day nya euy... heuheuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut aja mak Noe, dari WWF kok, buka situsnya dan ikut lombanya juga ada kalo ga salah

      Delete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^