Thursday, April 3, 2014

Dari Acara DPTalk :Kopdar Sambil Belajar!

Sabtu pagi yang cerah, 
aku mengikuti acara Talkshow DPTalk yang diadakan oleh dariperempuan.com dan Rekening Ponsel ini. Sponsor utama tentu saja sebuah Bank yang mengenalkan sistem ini sedari awal, CIMB Niaga.





Acara "DPTalks :Transaksi Praktis dalam 1 Gadget" ini diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 22 Maret 2014 di Graha Niaga. Sayang sekali, sekuriti yang bertugas malah balik bertanya "DPTalk itu acara apa?"!


Acara dimulai tepat waktu, dengan MC Eddy memperkenalkan dua narasumber yang berasal dari Bank CIMB serta seorang narasumber dari Internet Sehat bernama Frenavit.  Para peserta Talkshow diminta juga bersiap dengan akun twitter mereka untuk aksi Live Twitter Competition.

ACARA BERTABUR LOMBA SERU!
Selain Live Tweet Talkshow DPTalk yang berhadiah uang tunai untuk dua orang dalam bentuk "Rekening Ponsel" dari CIMB Niaga. Ada juga lomba reportase berupa live report, woow.. 

Hadiah yang disediakan juga seru, ada nonton (sendirian -_-' ) untuk 4 orang pemenang, ada tabungan yang dimasukkan dalam ponsel, dan lain lain.
 
INTERNET SEHAT?
Frenavit memperkenalkan cara melakukan transaksi online yang aman serta melakukan aktivitas internet sehat. Frenavit membahas sejumlah hal mengenai keamanan bertransaksi di internet, diantaranya adalah tentang cara belanja online yang aman. 

Tips dari Frenavit antara lain :

1. Lindungi komputer kita dari ancaman gangguan keamanan atau hacker
    Salah satunya adalah dengan menggunakan antivirus yang selalu update.
2. Buatlah password yang aman. Jangan menggunakan password yang sama 
    untuk setiap akun yang berbeda. Misalnya akun Facebook, Twitter dan Email 
    kita jangan sampai menggunakan password yang sama -- *hiks gue banget!
3. Untuk merangkai password juga pilihlah kombinasi password yang tak 
    mudah ditebak, misalnya gunakan kombinasi dari huruf dan angka.
4. Ketik sendiri alamat situs yang akan dituju. Jangan terlalu mengandalkan 
    mesin pencari karena ada kemungkinan hacker akan memasukkan link atau 
    situs palsu via mesin pencari.
5. Pastikan bahwa informasi penting kita aman. Jangan mengunggah informasi 
    pribadi  di dunia maya tanpa proteksi. Misalnya nama ibu kandung kita, 
    tanggal lahir, nomor identitas dan hal-hal penting lainnya. 
6. Hanya gunakan komputer pribadi untuk melakukan transaksi online. 
    Misalnya saat melakukan transaksi internet banking, atau transaksi 
    bisnis online lainnya.
TRANSAKSI ONLINE DENGAN PONSEL  
Edgar dari CIMB Niaga menjelaskan panjang lebar mengenai apa yang dimaksud dengan "Rekening Ponsel" ini.

Rekening ponsel ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun 2013 lalu, namun masyarakat belum tersosialisasi dengan luas.

Produk CIMB Niaga ini juga sekarang sudah digunakan di beberapa bank besar. 

Kegunaan "Rekening Ponsel" :

  1. Melakukan aktivitas transfer. Kita bisa mentransfer uang ke seluruh nomor ponsel di seluruh Indonesia. Operator selularnya bisa dari kartu apa saja seperti Simpati, Mentari, Axis, XL, Smartfren dll.
  2. Melakukan setoran tunai 
  3. Cek Saldo
  4. Cek daftar 10 transaksi terakhir yang sudah kita lakukan
  5. Untuk berbelanja di merchant-merchant khusus tanpa harus membawa atau mengeluarkan uang tunai. Seperti di Seven Eleven, Cinema XXI, blitz, J.Co, BreadTalk, dll.
  6. Membeli pulsa prabayar untuk semua operator atau jenis kartu yang ada di Indonesia seperti Simpati, Mentari, Axis, XL, Smartfren, dll) 
  7. Untuk melakukan berbagai jenis  pembayaran tagih seperti tagihan listrik, air, internet, TV kabel, dll.
Cara membuka "Rekening Ponsel" 
Daftarkan KTP dan nomor ponsel, masukkan sejumlah saldo (ya iyalaah, masak uangnya tiba-tiba muncul -_-' ) kita bisa mendapatkan nomor rekening ponsel

Ya, hanya dengan menggunakan nomor ponsel yang kita miliki, baik itu ponsel canggih setara smartphone atau telepon selular biasa, bisa didaftarkan untuk mendapatkan nomor rekening ponsel.

Disarankan untuk menggunakan smartphone seperti BB, android atau Iphone, dan sebaiknya unduh aplikasi Go Mobile terlebih dulu.
 Caranya : ketik Go Mobile  kirim ke 1418. 
Setelah itu nomor ponsel Anda akan mendapatkan link untuk  mengunduh Go Mobile.


Untuk ponsel biasa yang bukan smartphone, cukup dengan menggunakan menu SMS, Anda sudah bisa memiliki sebuah rekening ponsel. Dan dengan memiliki "Rekening Ponsel" dari CIMB Niaga, kita  bisa melakukan transfer uang gratis antar nomor ponsel dan  nggak perlu harus memiliki rekening bank CIMB Niaga. Jadi praktis! 

DIGUNAKAN DIMANA SAJA? 
Untuk tarik tunai sih, bisa dilakukan di CIMB Niaga mana saja. Malahan, rekening ponsel CIMB Niaga ini juga bekerjasama dengan sejumlah swalayan seperti Indomaret dan Alfamidi. Jadi, kita bisa ambil uang kita di sana. Tak perlu  harus ke ATM. Cukup dengan memperlihatkan nomor rekening ponsel pada petugas terkait. Canggih kan!

Oya, di sesi tanya jawab ada pertanyaan, 
"Bagaimana kalau ponselnya hilang? Bahaya nggak buat dananya yang ada di rekening ponsel?"
Nah, mas Edgar menjelaskan bahwa jika seseorang pemilik rekening ponsel kehilangan ponselnya apakah dicuri atau sebab lainnya, maka dia harus segera melaporkan kehilangan tersebut pada pihak bank dan juga segera dilaporkan pada operator selular terkait. Maksimal dana dalam rekening ponsel adalah Rp 5 Jt saja, karena kan bersifat insidentil. Pemakaian selama sebulan dibatasi hingga Rp. 20 juta tanpa biaya administrasi.
Bagaimana jika hendak mengirimkan uang untuk kerabatnya yang ada di ujung Indonesia misalnya di Papua?
- Dian Kelana-
Mas Edgar  dari CIMB pun menjelaskan bahwa kerabat beliau atau si penerima kiriman di Papua tersebut, bisa mengambil kiriman uang tadi   melalui Alfa Midi terdekat. Karena CIMB bekerjasama dengan mal-mal, dan mini market seperti Indomaret dan Alfa Midi yang sudah tersebar diseluruh penjuru Indonesia.

Usai acara, seperti biasa.. kami makan-makaaaan.. bahagia bisa kopdar dengan emak-emak KEB cantik (mak Injul, Indah Nuria, Waya, Chi, Haya, Irha, Tri Sapta, Sri Sugiarti, Suria Riza, dll serta mak Ani Berta si penyelenggara ^_^) dengan ditunjang sponsor CIMB Niaga telah menyediakan sajian yang enak-enak! 
Terimakasih untuk ilmunya hari ini, dan sukses!


 

2 comments:

  1. di acara kopdar ini kita udah saling mengenal wajah hihi

    ReplyDelete
  2. akhirnya yaa mommy Chi ^^ eh.. jadikah mengambil tulisan kita di kelas? Atau tunggu saja hingga akhirnya dipublish?

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^