Sunday, April 27, 2014

INGIN MEMILIKI ANAK MUSLIM CERDAS?

Anak Muslim Cerdas 
Kisah petualangan memecahkan teka-teki di dalam Al Qur’an 
Nelfi Syafrina dan Sri Widiyastuti Rp. 52.500
DAR!Mizan - Juni 2013



Buku dengan cover menarik ini, berhasil memukau anak-anak di bab pertama. Bayangkan, mereka harus menebak bersama tokoh dalam cerita hingga ikut sibuk membuka Al Quran.. Tak salah jika aku mengacungkan jempol kepada kedua Penulis! Ide yang brilliant sekaligus unik dan tak membosankan!


Liburan Rahasia
Siapa yang tak ingin liburan? Apalagi kalau dijanjikan akan pergi ke luar negeri! Masalahnya, Mama dan Papa tidak menjawab, malah meninggalkan sebuah Al Quran  di meja belajar Akila! Akila harus mencari jawabannya sesuai dengan petunjuk yang diberikan papa. 

Petunjuk pertama adalah Siapa pencipta Al Quran. Ketika Akila bisa menjawab, Akila diberi sebuah kado berisi boneka sapi. Nah, petunjuk berikutnya apa bahasa arabnya sapi. Tentu saja dengan mudah Akila menjawab baqaratun.

Selesai? Tidak. Papa memberi secarik kertas berisi petunjuk ketiga berupa berupa angka 196. Berhasilkah Akila menebak tujuan liburannya? 

Tiga puluh misteri dan tiga puluh ayat yang berkaitan
Buku yang memuat tigapuluh cerita menarik ini, juga diberi judul yang sukses membuat kalian penasaran. Simak saja, ada Folly dan Monster Bermata Delapan, Misteri Kode, Misteri Hujan Separuh hingga Mencari Harta Karun. 
Tebak, setelah bab pertama, apa yang akan dibaca setelahnya? Yup! Semua yang berbau misteri dan monster.. ha ha.. 

Tak ketinggalan, penggalan ayat Al Quran yang menjadi kunci jawaban juga ada. Kalian bisa belajar banyak dari kisah-kisah di dalamnya. Dijamin, kalian akan semakin mencintai Al Quran sesudahnya!

Folly dan Monster Bermata Delapan
Rumah Folly Rubah kedatangan tamu tak diundang. Bukan hanya itu, 'monster' itu bersuara besar, memiliki mata delapan serta berbulu. Hiiy.. Folly pun berlari ke hutan. Ia meminta tolong kepada Chottu Badak,  yang akhirnya juga ketakutan. 

Dengan pasrah, Folly memutuskan untuk tidur di hutan. Untunglah Titi Kelinci bersedia membantunya. Berhasilkah Titi menangkap monster tersebut?  

Kompas Bintang
Pernahkah kalian tersesat? Apa yang harus kita lakukan, jika ternyata satu-satunya kompas penunjuk arah malah rusak? 

Pada suatu malam, tiga orang sahabat Syauqi, Umar dan Rafif mengikuti jurit malam dalam program perkemahan untuk pramuka siaga. Tak disangka, Rafif kebelet kencing dan meminta Syauqi dan Umar untuk menemaninya. Karena tidak meminta izin pada kakak Pembina, mereka ditinggalkan rombongan di tengah hutan yang gelap.

Untunglah, Syauqi teringat pada kata-kata Kak Iman, kakak Pembina mereka. Jawabannya ada di dalam Al Quran Surat An-Nahl. Tak lupa, mereka juga berdoa agar Allah menunjukkan jalan keluar dari hutan. Apa yang mereka alami sesudahnya? Berhasilkan mereka menemukan rombongan mereka?

Kekurangan dan Kelebihan Dalam Buku
Karena ditulis oleh dua orang, buku ini menjadi sangat 'hidup' karena cerita demi cerita bergulir dengan tanpa ketergesaan. Kalian bisa membaca kisah sehari-hari, namun diselingi oleh fabel. Pasti seru menebak apa teka-teki berikutnya sekaligus belajar pengetahuan tentang agama!

Tata letak buku juga didesain menarik, dengan tulisan yang mudah terbaca. Jadi, walaupun memuat tigapuluh cerita, kalian tak akan lelah. Gambar-gambar yang dimasukkan, walaupun sedikit tapi tidak mengurangi makna cerita. 

Hmm.. tunggu apa lagi? Beli yuuk, buat mengisi hari-hari liburan setelah ulangan!

16 comments:

  1. Mbak ini Resensi yang singkat tapi kok yangena banget sih ceritanya. Hem, punyaku panjang kali lebar mungkin kesannya nge-bosenin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah.. Ika, punyaku juga panjang kali lebar loh.. ha ha ... tapi makasih ya, jadi masukan banget nih..
      Bikin resensi buku tak harus panjang-panjang namun mengena!

      Delete
  2. Buku cerita untuk anak memang harus dikemas dengan renyah,gurih,menarik dan ada ilustrasinya ya Jeng.
    Paragrafnya biasanya singkat-singkat sehingga tak melelahkan anak-anak
    Apik resensinya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... apresiasi dari pakde selalu positip dan menyegarkan!

      Delete
  3. Terima kasih banyak untuk resensi buku kami mbak Tanti. Alhamdulillah... senang rasanya anak2 (dan emaknya juga) menyukai buku ini. *peluk hangat dari Bekasi* ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih juga mbak Nelfi, dan Oma Tutiii...
      horeee kunjungan penulis aslinya!

      Delete
  4. Anak2 butuh bacaan cerdas macam ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, makanya girang banget sesudah membacanya ^_^

      Delete
  5. Langsung prnasaran dg 196. :) IndyaAllah saya buka 196 deh, Mba.

    ReplyDelete
  6. senang mengetahui..bahwa sudah semakin banyak buku cerita untuk anak-anak muslim di indonesia....., semoga saja kedepannya makin bertambah lagi....
    keep happY blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.. terimakasih mas, sayang sampai sekarang belum berhasil komen di blognya :(

      Delete
  7. resensi mbak tanti selalu bikin aku penasaran deh. Pengen beliin ah buat nadia ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. horeee.... yang ini bagus mbak, beneran... soalnya pemenang buku muslim anak internasional

      Delete
  8. Bagus bangat bukunya, layak dibelikan orang tua bagi anak2nya sepertinya. Jadi pengen beli

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^