Wednesday, April 9, 2014

Ada Kartini Di Dadamu!

Ingin kurasakan lagi hadirmu
Yang selalu menyemangati jiwa
Dan mengingatkan kembali
Bahwa habis gelap pasti terbitlah terang

Sumber gambar dari www.arrohmah.com
THE GEN-X OF KARTINI 
Mungkin tak banyak yang tau apa yang memicu saya waktu pertama kali memutuskan untuk mengelola blog dengan baik. Pertama kali menjadi anggota satu komunitas blogger wanita yang ngetop dengan nama KEB -Kumpulan Emak Blogger- dan terserang syndroma takjub plus minder yang parah heu heu...

Rasanya satu komunitas itu isinya orang-orang keren, dengan jurnal berjibun, bla bla bla..  dan, siapalah saya ini, ibu rumah tangga di ujung depresi.. udah ga kerja, anak banyak, duit pas-pasan.. hahahaa.... 

Sosok wanita inilah yang sering saya sapa dan komentarin, karena saat itu saya merasa ada 'link' yang serupa, beliau staff administrasi di IPB, dan saya dulu sering praktikum di sana *eh, ga ada hubungannya banget sih, sebenernya, tapi yah dihubungin aja sendiri ^_^ 

Dari blognya, saya menemukan sebuah artikel yang pas untuk membuka wawasan dan keinginan wanita di Indonesia untuk mulai menulis atau blogging! Bertajuk :
BLOGGING AS WOMEN’S POWER
           Saya tidak sendiri. Jutaan perempuan di Indonesia,  siapapun dia, baik ibu rumah tangga, anak sekolah, mahasiswa, karyawan, pebisnis, politikus, seniman, penulis ataupun aktivis, juga telah memilih blog sebagai media aktualisasi diri.
Saya masih ingat perbincangan pertama saya dengan Arin sesudah ngubek-ngubek blognya - yang menurut saya padat dan bergizi itu. Ketika itu Arin baru memenangkan  Juara 3 Lomba Blog VOA “Perpustakaan Ramah Anak Untuk Indonesia Membaca” , penyelenggara Voice of Amerika, Jakarta, Oktober 2012. 

Tapiii.. menurut Arin, dia masih tidak pede untuk membukukan karya-karyanya *gubrak.. 
Nah, dari perbincangan itu, saya jadi pede untuk menulis dan blogging. 

Sebagian karena terpacu dengan semangat Arin mengkristalkan buah pikirannya dalam bentuk tulisan, dan sebagian lagi karena saya ingin menulis -dan tidak selalu harus berbentuk buku, bukan?

 Jaman udah moderen, tentunya era menulis juga sudah berubah... inilah semangat yang duluuuu .. banget didengungkan oleh Ibu RA Kartini!
               Saya melihat sinergisme antara manfaat blog dengan potensi perempuan. Blog mempunyai manfaat sangat besar bagi peradaban manusia era sekarang dan akan datang.

           Telah banyak diketahui blog bermanfaat untuk berbagi pengalaman, berbagi informasi, promosi produk, personal branding, sebagai catatan portofolio, sumber penghasilan, media berkreasi, media bersosialisasi, dan menyampaikan opini.
CONTENT OF DYNAMIC BLOG..
Dari potongan artikel di atas, ada beberapa hal menarik dan memotivasi wanita di seantero Indonesia yang didengungkan oleh seorang Arin :
1.  Wanita Indonesia tidak sendiri. Jutaan wanita di luar sana juga mengalamni hal yang sama dengan kita. Bosan dengan situasi yang ada, putus asa karena harga cabe kejar-kejaran dengan uang sekolah tapi yakinlah dengan menulis, kita bisa mengaktualisasi diri!

2. Yakinlah, tidak perlu menjadi penulis atau fotografer untuk bisa menjadi blogger.  Ada banyak genre blog, sesuai bidang keahlian masing-masing blogger.  Ada blog fashion, kerajinan tangan, cooking, menjahit, toko online, pertanian, pendidikan, fotografi, motivasi, teknik dan lain sebagainya. Ga usah ngarep harus jadi buku juga gapapa, kok..

3. Arin menyampaikan pesan Blogging as Women’s Power.  Caranya adalah dengan menjadikan blog sebagai contoh wujud kekayaan pemikiran perempuan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, ada dua pesan utama yang ia usung. 
Pertama, mengkampanyekan bahwa blogging itu mudah.  
Kedua, mengkampanyekan siapa saja boleh ‘ngeblog’.


Dari artikel tersebut, semakin membara semangat saya untuk terus menulis dan blogging. Karena dengan blogging, saya merasa terkoneksi kembali dengan dunia, dan keluar dari kegelapan pikiran. 


Sama seperti semangat pejuang moderen kita, Ibu RA KArtini. Terimakasih untuk artikelnya mbak Arin dan kesempatan untuk mengikuti kontes keren ini pakde Guslik Galaxy!



Artikel ini diikutkan dalam Giveaway Ada Kartini Di Dadamu

18 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Giveaway Ada Kartini di Dadamu di BlogCamp.
    Segera didaftar
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. tetap semangat mak, tetap berbagi kepada perempuan Indonesia melalui tulisan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks mak Titis .. senang sekali akhirnya bisa blogging !

      Delete
  3. aku juga ngefan sama mak Arin...setuju kartini modern

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. aku juga ngefans ama mak Ida Nur Laila, dan sudah di draft pula
      tapi daftar di blogku yang satunya loh mak ^_^

      Buatku Srikandi Blogger itulah Kartini di jaman moderen!

      Delete
  4. Kerennya... jangankan dirimu, mak. Aku sendiri aja suka merasa gitu. Aih, di KEB ini ternyata banyak kartini-kartini hebat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mak Mira Sahid,
      semoga mak Mira tetep jadi mak pon tercantik abad iniiiiii *pelci banyak banyak

      Delete
  5. sukseees kontesnya maaak....memang inspiratif sekali ya mak Arin...sesuai dengan gelarnya :)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eiitssss.. jangan salaaah, habis ini giliran mak Indaaah!!!

      Delete
  6. Semangat maaak ... Sukses buat kontesnya ... Dan selalu berkarya maaak ,,, Salam Hangat Tanpa Gosong Dari Jogja hehehe

    ReplyDelete
  7. woaaaaaaaaa.................... kita satu hati ternyata ya mak ... sama-sama ngefans sama nyonya bogor yang satu ini.

    Sukses ngontesnya ya mak ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih jeng Astriii...
      aku juga kagum deh dengan semangat blogmu itu!

      Delete
  8. Replies
    1. makasih Dwi Puspita ^^
      saya kunbal yaaa

      Delete
  9. Iya, mak murtiyarini ini hebat ya tanti. Prestasinya luar biasa.

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^