Saturday, August 30, 2014

DEAR ANAK INDONESIA, KAMU MASIH BISA BERMIMPI....

1. Taman Mainku Bukan di Jalan Raya

Ketika anak-anak mendengar kalimat 'main', reaksi pertama mereka adalah mata yang membesar dan bersinar-sinar, dengan sudut bibir terangkat ke atas membentuk senyuman. 

Tidak terkecuali dengan anak-anakku. 



               "Kapan, Ma? Aku mau main sepeda, aah..." kata Dio, si nomor 2 yang sedang 
                semangat bersepeda.
               "Aku mau beli barbie baru, Ma! Soalnya barbie-ku yang lama temannya sudah 
                rusak," teriak si cantik Icha dengan manja.

Sementara si bontot Derry dengan semangat langsung membawa bola sepak kesayangannya dan.. memasukkan bola tersebut ke dalam backpack karakter Spongebob kesayangannya.

See?
Main adalah kata yang ampuh untuk anak-anak. Usia berapapun mereka. Tapi.. pernahkah terlintas tempat bermain -yang gratis- seperti apa, yang sekarang tersedia untuk mereka?
Duh, main bolanya di jalan raya!
Courtesy : www.antarafoto.com
Main bola atau layangan di jalan
Bujurplanologi.blogspot.com
Ow, jadi apakah impian saya actually
Kalau ditanya impian, sepertinya sih... impian terbesarku adalah menghadirkan taman bermain super besar - lengkap sekaligus gratis!

2. Aku Ingin Bermain Di Tempat Yang 
Aman Dan Nyaman


Mimpi ini semakin menguat ketika setiap akhir pekan atau liburan, dan anak-anak mulai merengek untuk diajak pergi bermain. Bagaimana tidak? Dana untuk 'bermain' itu terkadang besaar.... sekali! Mulai dari transportasi, akomodasi hingga konsumsi. Tak usah bicara ke luar kota. Di dalam kota, rasanya sulit sekali mencari tempat bermain yang edukatif namun gratis.  

Well.. di kota-kota besar dan bahkan metropolitan, tempat bermain anak-anak ini terletak di dalam mal-mal megah. Tempat bermain yang luas dan indah, bisa kau kunjungi jika orangtuamu berkocek tebal. Jadi, tak salah bukan, kutuliskan impian sederhanaku untuk anak Indonesia dengan membantu mewujudkan juga impian mereka?

Nah, ketika aku diundang oleh www.campaign.com untuk menuliskan IMPIANKU UNTUK INDONESIA dengan hashtag IMPIANINDONESIA - yang terbayang adalah mimpiku ini. 
#ImpianIndonesia adalah sebuah kampanye sosial yang diselenggarakan untuk menghimpun impian dan harapan masyarakat untuk perubahan Indonesia yang lebih baik. 
Impian dan aspirasi masyarakat ini dikumpulkan dan disatukan untuk menjadi sebuah gelombang perubahan yang dapat menginspirasi setiap individu dan menjadi sebuah masukan dan suara dari bangsa Indonesia untuk para pemimpin negara ini.
Dalam imajinasiku, ada sebuah area yang luasnya kira-kira sebesar tanah pekuburan elite yang lokasinya di ujung DKI Jakarta *ayo, coba tebak kalo berani..  dan di dalamnya berisi taman, hutan buatan, area perkemahan eksklusif -terbagi dua- : untuk cewek dan cowok- dengan segala aktivitas anak-anaknya.

Kid's Library : Di bangunan moderen yang terpisah dari area bermain, ada sebuah perpustakaan sekaligus kafe sehat untuk anak-anak, lengkap dengan digital book, desktop dan sound system yang bernyanyi lagu anak yang riang. Mereka bisa membaca, bisa makan dengan menu sehat dan bisa beraktifitas bebas polusi. Ruangan terbagi menjadi beberapa bagian, dengan sofa-sofa dan karpet nyaman yang bersih.

Back to Nature : Anak-anak juga dapat bertualang di alam bebas dengan aman dan nyaman. Di tiap sudut terdapat kamar mandi bersih, musholla serta aula yang dapat dipakai untuk beribadat dan air isi ulang bebas. Mereka juga dapat mengabadikan momen-momen terindah dengan cara menuliskannya dan memotret dengan bantuan juru foto di area tersebut.

Let's play, Kiddos! Adalah area bermain menyediakan permainan yang tradisional, terbuat dari bahan-bahan alam dan membutuhkan aktifitas fisik ketika memainkannya. Ada dakon, gundu, layang-layang, bola, bola takraw, bulu tangkis, dan lain-lain.

Kitchen Kid's menampilkan koki anak-anak yang terlatih untuk membuat sekaligus ada dress table jika ada yang ingin belajar membuat masakan. Mereka dapat memilih menu dan membuatnya sendiri. Jika ada yang ingin melanjutkan ke tingkat advance, juga diberikan sertifikat bahwa mereka lulus uji coba.

DIY Art & Craft Kids mengajak anak berkreasi dan berkotor ria membuat kerajinan sederhana yang mereka sukai. Tersedia banyak ragam dan bahan daur ulang yang dapat mereka olah. 

Let's planting, kiddos! Disini anak-anak diajak menanam, memanen buah strawberry dan anggur, apel dan beberapa jenis tanaman lainnya. 

C'mon Recycling it! Mengajarkan anak membuang sampah organik dan an-organik. Ada sebuah lokasi pendaur ulangan sampah organik untuk dijadikan kompos ajaib, lengkap dengan alatnya yang tidak berbahaya untuk anak-anak.

Oya, tak lupa ada sesi presentasi untuk anak berprestasi, loh... mereka boleh bebas menentukan akan bersekolah dimana, karena mereka mendapat beasiswa di seluruh dunia!
  • Pelaksana Proyek : Tanti Amelia
  • Pembantu : Pakar dari Edukasi Anak - fasilitator
  • Pelaksanaan Proyek : 1 Januari 2014  - unlimited
  • Target : Menata ulang rencana tata kota dengan menyediakan lokasi bermain dan hutan buatan khusus untuk anak 
  • Tahap rencana : 
    • Merancang desain dibantu oleh konseptor Planologi - Dinas Tata kota - Gubernur DKI 
    • Berbicara pada pakar edukasi anak-anak
    • Mencari tahu jenis mainan tradisional yang aman dimainkan oleh anak
    • Mengundang para pakar dunia kuliner dari berbagai belahan dunia
    • Mengundang para pakar seni dan kerajinan tangan anak dari berbagai belahan dunia 

3. Wujudkan Keinginan Ini Bersama-sama,. Bisakah?

  •  Studi pustaka - internet surfing
  •  Penulisan naskah
  •  Mencari proofreader 
  •  Editing
  •  Pengiriman naskah (optional : fisik atau e-book)
  •  Menulis lagi :)
  •  Berdoa banyak-banyak ^^
Dear friends.... jadi adakah Impianmu untuk Indonesia? Share with me yaaa....
Fitri Rosdiani - www.rayafr.blogdetik.com
Dwina Yusuf - www.kamunaku.com
Lita Chan Lai - www.liliputdreams.wordpress.com
Mbak Nunik - www.nunikutami.wordpress.com
Mak Elisa Koraag - www.elisakoraag.com 
Ibu Fadlun Arifin - www.ibufadlun.com
Mbak Muna Sungkar - momtravelerblog.wordpress.com
Mbak Indah Nuria Savitri - indahnuria.blogspot.com



Demikian, Proyek #ImpianIndonesia ala Neng ini dimulai. Semangat!


Impian itu ada di depan mata, 
pilihan untuk mengejarnya ada di tanganmu 

4 comments:

  1. impian semua ini maaak....dan sebenarnya ngg susaaah yaaa...soalnya banyak contoh di negara lain...semangaaat..mari kita wujudkan satu persatu...

    ReplyDelete
  2. semangat, mendukung impiannya mak tanti agar tercapai untuk anak-anak Indonesia

    ReplyDelete
  3. Makasih kunjungannya mbak Indah Nuria dan mbak Lidyaaa...... semoga bisa saya edit lagi nih impian agar semakin terwujud amiieen yra

    ReplyDelete
  4. Itu kid's librarynya keren bangeeeetttt... impiin juga donk buat yg dewasa hihihiii....

    ReplyDelete

Thanks sudah mengunjungi blog Neng ya, sahabat ^_^